10 Tempat Wisata di Prabumulih Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Prabumulih Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kota Prabumulih merupakan salah satu kota yang terkenal dengan gas alam dan sumber minyak di Sumatera Selatan. Produksi minyak bumi di Prabumulih setiap harinya sangat banyak. Selain sumber daya alam yang melimpah, Prabumulih juga memiliki potensi yang bagus terutama di sektor pariwisata.

Kota yang berada di Sumatera Selatan ini memiliki banyak tempat wisata yang bisa menjadi destinasi pilihan saat musim liburan tiba. Terdapat banyak pilihan destinasi wisata alam, wisata air, wisata kota, hingga wisata budaya yang patut untuk dikunjungi selama Anda berada di Prabumulih.

Beberapa tempat wisata yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi, baik wisatawan lokal maupun wisatawan yang datang dari luar Prabumulih perlu dicatat dalam daftar tempat yang wajib dikunjungi. Berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata keren dan menarik di Prabumulih, Sumatera Selatan yang wajib Anda kunjungi.

1. Kampoeng Wisata Prabumulih

Kampoeng Wisata Prabumulih

Lokasi: Muara Dua, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. – Image Credit by Wartawisata.id

Jika Anda dan keluarga ingin berlibur bersama, Kampung Wisata Prabumulih ini bisa menjadi alternatif yang tepat. Cocok untuk tempat liburan Anda bersama anak-anak, sahabat, dan orang-orang tersayang. Setiap waktu liburan tiba, tempat wisata yang tidak jauh dari pusat kota ini ramai oleh pengunjung.

Tempat wisata yang satu ini menawarkan tempat yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Pengunjung dapat menikmati wisata air seperti perahu bebek dan berenang di kolam renang yang sangat bersih. Setelah bermain, Anda bisa mengisi perut dan menikmati wisata kuliner yang disediakan.

2. Kolam Biru

Kolam Biru

Lokasi: Desa Muara Sungai, Kec. Cambai, Kota Prabumulih. – Image Credit by Wartawisata.id

Salah satu destinasi wajib saat Anda berada di Prabumulih adalah objek wisata Kolam Biru. Perjalanan dari pusat kota menuju tempat wisata Kolam Biru tidak terlalu lama. Jadi cocok untuk Anda yang ingin liburan di tempat-tempat yang tidak begitu jauh.

BACA:  10 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pengunjung yang datang ke Kolam Biru bisa berenang di kolam yang sangat jernih. Sesuai dengan namanya, daya tarik dari tempat wisata ini adalah warna air di kolam yang terlihat biru. Warna biru tersebut terjadi secara alami dan membuat kolam terlihat cantik.

3. Caroline Island

Caroline Island

Lokasi: Jl. Raya Prabumulih – Baturaja, Tj. Raman, Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih. – Image Credit by Tribunnews.com

Salah satu objek wisata air yang ada di Prabumulih ada di Caroline Island. Tempat wisata ini merupakan tujuan favorit bagi masyarakat Prabumulih yang ingin menghabiskan liburan dengan lebih menyenangkan. Caroline Islan memiliki kolam renang yang dilengkapi berbagai fasilitas.

Kegiatan menyenangkan yang bisa Anda coba adalah menaiki perosotan atau seluncur. Ada perosotan yang tidak terlalu tinggi untuk anak-anak dan ada pula perosotan yang berliku dan lebih menantang untuk dicoba. Satu-satunya tempat wisata air di Kota Prabumulih ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

4. Pantai Pasir Payuputat

Pantai Pasir Payuputat

Lokasi: Kel. Payuputat, Kec. Prabumulih Barat, Kota Prabumulih. – Image Credit by Wartawisata.id

Berada di sisi barat Prabumulih, Pantai Pasir Payuputat merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Pasir pantai berwarna kecokelatan membentang cukup luas di kawasan wisata ini. Kawasan wisata ini cukup menarik karena tidak berada di pinggir laut, melainkan di pinggir sungai.

Pantai Pasir Payuputat adalah lokasi yang tepat untuk Anda menikmati pemandangan dari Sungai Lematang. Bagi Anda yang suka berburu sunset, Pantai Pasir Payuputat adalah pilihan tepat untuk menikmati indahnya senja. Tempat wisata ini juga sering dijadikan lokasi balap perahu tradisional.

5. Monumen Patung Kuda

Monumen Patung Kuda

Lokasi: Muara Dua, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. – Image Credit by Khasnanas.wordpress.com

Spot menarik di Prabumulih yang cocok untuk Anda yang hobi berfoto adalah di kawasan Monumen Patung Kuda. Deretan patung kuda putih yang menjadi ikon Kota Prabumulih dapat menjadi latar belakang foto yang keren. Kawasan ini adalah tempat nongkrong bagi masyarakat Prabumulih dan sekitarnya.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba

Monumen Patuh Kuda yang berada di sisi selatan Prabumulih ini biasanya ramai di siang hari hingga menjelang sore. Masyarakat atau wisatawan dapat menikmati keindahan karya patuh sambil bercengkerama santai di sore atau bahkan malam hari.

6. Taman Wonosari

Taman Wonosari

Lokasi: Wonosari, Kec. Prabumulih Utara, Kota Prabumulih. – Image Credit by Wartawisata.id

Prabumulih memiliki taman yang bisa menjadi tujuan wisata atau untuk Anda yang membutuhkan tempat nyaman untuk bersantai. Dibangun dengan arsitektur yang bagus dan menarik, pengunjung bisa menikmati fasilitas yang sudah disediakan seperti gazebo.

Taman Wonosari memang tidak begitu luas, tetapi cukup menarik dari sisi arsitektur taman. Jadi Pengunjung bisa menikmati taman dengan nyaman. Taman ini juga menjadi lokasi favorit untuk nongkrong bagi masyarakat khususnya kaum muda di Prabumulih.

7. Masjid Darussalam

Masjid Darussalam

Lokasi: Muntang Tapus, Kec. Prabumulih Barat, Kota Prabumulih. – Image Credit by Flickr.com @baka_neko_baka

Masjid Darussalam merupakan salah satu bangunan religi di Prabumulih yang memiliki desain arsitektur klasik. Bangunan masjid yang megah ini bisa menjadi destinasi wisata religi bagi masyarakat Prabumulih dan sekitarnya. Keindahan bangunan masjid dapat dinikmati bahkan hingga malam hari.

Desain masjid secara keseluruhan didominasi oleh warna putih yang merupakan simbol dari kesucian atau bersih. Selain bangunan masjid yang megah, di sekitar lingkungan masjid pun bersih dan sangat luas. Anda bisa berjalan-jalan, berfoto, dan menikmati keindahan desain atau arsitektur Masjid Darussalam.

8. Islamic Center Prabumulih

Islamic Center Prabumulih

Lokasi: Jl. Lingkar, Kel. Gunung Ibul, Kec. Gunung Ibul, Kota Prabumulih. – Image Credit by Bujanglanang.blogspot.com

Bagi masyarakat Muslim yang ingin berkeliling Prabumulih sebaiknya tidak melewatkan tempat wisata yang satu ini. Islamic Center Prabumulih sebenarnya merupakan bangunan yang digunakan untuk ibadah dan berbagai kegiatan keagamaan. Selain itu, di kawasan ini juga bisa dijumpai kantor MUI.

BACA:  12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Islamic Center di Prabumulih merupakan salah satu masjid termegah di Prabumulih dan kini menjadi salah satu tempat wisata yang menarik terlebih dengan arsitektur bangunannya yang indah. Memiliki kubah dan menara yang dibangun dengan desain yang bagus.

9. Taman Kota Prabumulih

Taman Kota Prabumulih

Lokasi: Jl. Jend. A. Yani, Gn. Ibul, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. – Image Credit by Twenty20.com

Setiap kota biasanya memiliki taman yang dijadikan sebagai ruang terbuka untuk masyarakat umum. Kota Prabumulih sendiri memiliki taman kota yang bagus dan menarik. Taman yang dibangun di area bekas lapangan sepak bola ini merupakan salah satu ikon dari Kota Prabumulih dan bisa dikunjungi gratis.

Pada saat hari libur atau hari minggu, kawasan taman kota ini digunakan untuk car free day. Jadi masyarakat dan wisatawan yang sedang berada di Prabumulih bisa menikmati kota tanpa bising kendaraan. Taman ini dilengkapi dengan jogging tack, area kuliner, air mancur, hingga taman bermain anak.

10. Taman Gunung Ibul

Taman Gunung Ibul

Lokasi: Sungai Kelekar, Gn. Ibul, Kec. Prabumulih Timur, Kota Prabumulih. – Image Credit by Prabuproperty.com

Ada banyak pilihan tempat wisata di Prabumulih dan salah satunya adalah Taman Gunung Ibul. Memiliki kolam berbentuk cinta yang bersih dan tertata begitu rapi. Pengunjung dapat menikmati suasana yang menyenangkan di kawasan taman yang sedang hits di Prabumulih ini.

Berada di Prabumulih Timur, Taman Gunung Ibul kini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Selain berjalan-jalan, Anda juga bisa menikmati taman bermain dan spot foto selama berada di Taman Gunung Ibul. Suasananya pun cukup rindang dengan pepohonan di sekitarnya.

Itulah 10 tempat wisata di Prabumulih yang dapat dijadikan referensi liburan. Wisata alam dan kota yang menarik membuat Prabumulih patut menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Sumatera Selatan. Kota yang berjuluk kota nanas ini tentu masih memiliki banyak pilihan lokasi wisata dan tempat-tempat keren yang bisa Anda kunjungi.