15 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tempat Wisata Pagar Alam

Sumatera Selatan sebagai salah satu provinsi di pulau Sumatera ini memang menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Salah satu kota di Provinsi ini yang menjadi tujuan destinasi wisata favorit adalah Pagar Alam. Pagar Alam sekilas memang belum terlalu familiar di telinga lantaran terbentuk sekitar tahun 2001.

Kota dengan jarak dari Palembang sekitar 298 km serta 60 km dari kabupaten Lahat. Pagar Alam dikenal kaya akan wisata alamnya yang masih alami dan tentunya menarik untuk dikunjungi. Penasaran dimana saja tempat wisata di Pagar Alam? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Tugu Rimau

Tugu Rimau

Image Credit: Kompas.com

Pagar Alam terkenal akan tempat wisata yang asri dengan pemandangan alam yang menaril. Tugu rimau merupakan tempat wisata yang berada di ketinggian sekitar 1800 mdpl sehingga cocok untuk Anda para pecinta olahraga Paralayang. Tugu rimau sekitar tahun 2004 sempat menjadi lokasi olahraga Paralayang pada event PON namun, kini menjadi spot wisata yang menarik dikunjungi lantaran kendahan alamnya. Belum lagi sekitar tugu rimau terdapat hamparan kebun teh yang hijau.

Di Tugu rimau pula terdapat tulisan besar Pagar Alam dengan cat putih. Untuk menuju ke Tugu rimau perlu ekstra tenaga lantaran jalannya yang banyak tikngan tajam serta kontur jalannya yang naik turun. Namun, semua itu akan terbayar tatkala melihat pemandangan yang ada di Tugu rimau.

Lokasi: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

2. Air Terjun Curup Mangkok

Air Terjun Curup Mangkok

Image Credit: Faliunsri.blogspot.com

Di Pagar Alam juga terdapat wisata air terjun Curup Mangkok. Berada di kaki Gunung Dempo, air terjun Curup Mangkok mengalir air yang mana berasal dari mata air gunung tersebut. Di sekitar lokasi juga menawarkan pemandangan yang indah, cocok untuk sekedar selfie mengabadikan momen.

Tak perlu khawatir, karena untuk menuju lokasi air terjun cukup mudah dengan adanya 2 jalur yang sudah dibangun dan bisa dilewati menggunakan kendaraan roda empat.

Lokasi: Dempio Makmur, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

3. Air Terjun Curup Embun

Air Terjun Curup Embun

Image Credit: Jelajahpagaralam.wordpress.com

Selain Curup Mangkok, ada pula air terjun Curup Embun yang tak kalah indahnya. Di Curup Embun mengalir dari atas tebing tiga air dan membentuk sebuah trisula.

Air terjun Curup Embun termasuk tempat wisata yang sudah terkelola dengan baik disertai dengan fasilitas yang cukup memadai. Diantara fasilitasnya adalah lahan parkir yang luas, gazebo, toilet, hingga stand makanan. Selain itu, jalur menuju lokasi wisata juga cukup mudah.

Lokasi: Curup Jare, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

4. Gunung Dempo

Gunung Dempo

Image Credit: Kompas.com

Gunung dempo menjadi tempat wisata lain di Pagar Alam yang wajib Anda kunjungi. Berada di ketinggian sekitar 3000 mdpl menjadikan gunung Dempo menjadi puncak tertinggi di Sumatera Selatan. Gunung yang masih status aktif ini memiliki pemandangan yang indah dengan hampir lerengnya berupa kebun teh.

Gunung dempo menjadi gunung yang cukup menarik bagi para pendaki. Pasalnya akses jalan menuju puncak gunung cukup menantang dengan kondisi jalan yang berbatu kasar, lereng yang sedikit curam dan tantangan lainnya.

Lokasi: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

5. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah

Image Credit: Kostisolo.co.id

Air terjun Lematang Indah sesuai namanya memiliki bentuk air terjun yang berbeda dari yang lainnya serta pemandangan sekitar yang indah. lokasi air terjun cukup strategis yakni berada di pinggir jalan sehingga mudah untuk menuju lokasi. Airnya yang jernih serta kolamnya yang dangkal membuat para wisatawan yang datang betah berlama-lama di air terjun. Selain bermain di air terjun Anda pun bisa mencoba sensasi lain yakni bermain arung jeram.

Lokasi: Prahu Dipo, Kec. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam.

6. Dempo Park

Dempo Park

Image Credit: Ourtraveling.id

Masih berada di kaki gunung Dempo terdapat Dempo Park yang merupakan sebuah taman wisata dengan spot yang banyak dan menarik. Selain taman wisata, di sekitar Dempo Park juga terdapat air terjun yang menjadi alternatif saat lelah bermain di taman.

Lokasi: Dempio Makmur, Kec. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam.

7. Air Terjun Pintu Langit

Air Terjun Pintu Langit

Image Credit: Wisatalengkap.com

Pagar Alam memang surganya air terjun dan air terjun Pintu Langit menjadi salah satu diantaranya. Air terjun ini berada di Dusun Tanjung Keling, Desa Burung Dinang, kecamatan Dempo Utara.

Air terjun ini memiliki tinggi tebing sekitar 50 meter dengan kedalaman kolam di bawahnya sekitar 50 cm. Untuk menuju lokasi air terjun Anda pun diharuskan untuk berjalan kaki menyusuri bukit terjal kurang lebih selama 10 menit.

Lokasi: Burung Dinang, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

8. Air Terjun Curup Maung

Air Terjun Curup Maung

Image Credit: Enaknyakemana.com

Bosan dengan air terjun itu-itu saja tak ada salahnya untuk berkunjung ke air terjun Curup Maung. Air terjun yang berada di daerah Dempo Selatan ini cukup unik dengan tebing air terjun yang penuh dengan tumbuhan serta rerimbunan pepohonan. Meski begitu, air yang jatuh dari ketinggian tetap bisa dinikmati dan justru semakin indah layaknya airnya bertingkat-tingkat dengan volume air yang banyak.

Lokasi: Atung Bungsu, Kec. Dempo Selatan, Kota Pagar Alam.

9. Green Paradise Pagar Alam

Green Paradise Pagar Alam

Image Credit: Sengpaku.blogspot.com

Green paradise ini merupakan tempat wisata yang cukup unik karena belum tentu Anda temukan mudah di daerah lain di Indonesia bahkan di dunia. Green paradise berada di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara. Di Green Paradise Anda bisa menemukan miniatur air terjun Niagara karena ada air terjun mungil yang bentuknya mirip dengan air terjun Niagara.

Selain itu, ada pula taman cantik dengan kolamnya yang tertata rapi. Untuk menuju lokasi cukup mudah karena lokasi yang dekat dengan pusat kota atau sekitar 15 menit jarak tempuh jika menggunakan motor.

Lokasi: Bumi Agung, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

10. Danau Merah Rimba Candi

Danau Merah Rimba Candi

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Selain gunung dan air terjun, Pagar Alam juga memiliki danau yang cukup menarik untuk dikunjungi yakni danau Merah Rimba Candi. Danau ini menurut kepercayaan setempat memiliki nuansa misteri yang begitu kental terlebih airnya yang berwarna merah serta dihuni oleh berbagai binatang yang tak biasa. Diantara satwa yang cukup unik adalah kelabang berukuran raksasa denga lebar 30 cm dan panjang mencapai 50 cm.

Ada pula burung raksasa serta lebah yang hidupnya berada di telinga kerbau. Danau Merah Rimba Candi berada di perbatasan antara Pagar Alam dan kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Untuk sampai lokasi Anda cukup sulit karena Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan dengan waktu tempuh sekitar 1-2 hari.

Lokasi: Jl. Rimba Candi, Candi Jaya, Kec. Dempo Tengah, Kota Pagar Alam.

11. Rumah Adat Baghi Suku Basemah

Rumah Adat Baghi Suku Basemah

Image Credit: Indonesiakaya.com

Pagar Alam selain memiliki wisata alam juga memiliki wisata sejarah yang unik yakni rumah adat Baghi milik suku Basemah. Rumah berusia ratusan tahun tersebut hingga kini masih berdiri kokoh dengan kondisi yang masih baik. Rumah adat tersebut berada di tengah sawah Desa Tegur Wangi yang di bawah kaki gunung Dempo.

Hal yang membuat rumah unik karena terbuat dari kayu yang dipasang tanpa menggunakan paku namun menggunakan pasak yang disambung kuat. Menurut warga sekitar, suku Bsemah merupakan nenek moyang mereka yang memang hidup di daerah Pagar Alam, Bengkulu serta Tanah Agung, Kebupaten Lahat.

Lokasi: Tegurwangi, Pagarwangi, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

12. Tangga 2001

Tangga 2001

Image Credit: Kurniawanpagaralam.wordpress.com

Tangga 2001 merupakan tempat wisata yang unik karena berada di tengah kota atau berada diantara kawasan wisata gunung Gare dan kompleks perkantoran walikota Pagar Alam. Untuk sampa ke lokasi, Anda pun diharuskan menaiki tangga yang berbentuk seperti undakan yang lebar.

Selama perjalanan, Anda akan melihat panorama indah kebuh teh dan gunung Dempo. Dinamakan tangga 2001 bukan karena jumlah tangga yang 2001 melainkan sebagai penanda bahwa kabupaten Pagar Alam terbentuk pada tahun 2001.

Lokasi: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam.

13. Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna

Image Credit: Southsumatratourism.com

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan dengan suasana berbeda dan sedikit antimainstream bisa mencoba permainan arung jeram. Arung jeram yang berada di sungai Manna, kecamatan Tanjung Sakti ini menawarkan suasana yang berbeda kantaran Anda harus menyusuri sungai sejauh 40 km menuju pusat kota. Arus sungai yang tidak terlalu deras sangat pas untuk dicoba dan aman untuk pemula meski tetap harus dibawah pengawasan pemandu.

Lokasi: Jl. Kombes H.Umar No.1 Kel, Basemah Serasan, Kec. Pagaralam selata, Kota Pagar Alam.

14. Paralayang Pagar Alam

Paralayang Pagar Alam

Image Credit: Wisatazainal.wordpress.com

Selain bermain arung jeram, Anda pun bisa mencoba bermain Paralayang. Permainan Paralayang ini mengharuskan Anda untuk menyusuri kawasan Gunung Dempo dari atas ketinggian sekitar 1900 mdpl. Tak perlu khawatir karena Paralayang di Pagar Alam telah bersertifikasi Internasional serta dipandu oleh guide yang berpengalaman dan profesional.

Lokasi: Gunung Dempo, Kec. Pagar Alam Selata, Kota Pagar Alam.

15.  Situs Megalitikum

Situs Megalitikum

Image Credit: Twitter.com @Pesonasriwijaya

Selain rumah adat, ada pula wisata bersejarah lainnya di Pagar Alam yakni situs megalitikum. Situs ini menurut penelitian tersebar ke dalam 22 titik area situs megalitikum di seluruh wilayah Pagar Alam.

Diantara benda purbakala yang ditemukan dalam bentuk artefak yang telah rusak serta beberapa benda purbakala yang masih terkubur di dalam tanah. Meski masih dalam tahap penelitian, situs ini bisa Anda kunjungi khususnya bagi pecinta sejarah masa lampau.

Lokasi: Pagar Wangi, Kec. Dempo Utara, Kota Pagar Alam.

Itulah 15 tempat wisata menarik yang ada di kabupaten Pagar Alam. Untuk menuju ke Pagar Alam bisa melalui jalur darat maupun jalur udara dengan mendarat di bandar udara Atung Bungsu. Selain berwisata alam tak lengkap rasanya jika tidek mencicipi makanan khas Pagar Alam yang dijamin membuat Anda ingin kembali mengunjungi kabupaten ini. Selamat menikmati akhir pekan.