Danau Kaolin menjadi saksi bisu kekayaan alam mineral di Kepulauan Bangka Belitung. Danau bekas tambang ini memiliki air yang jernih berwarna biru berdinding bebatuan berwarna putih yang menjadi perpaduan yang menakjubkan.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Apabila Anda sudah pernah mengunjungi destinasi wisata Danau Kaolin, pasti mata akan langsung takjub. Panorama alam yang dimiliki sangat indah dan tergolong berbeda dengan kebanyakan danau yang ada di Indonesia. Tak heran apabila masyarakat setempat banyak yang menyebut tempat wisata yang satu ini sebagai surganya danau eksotis di tanah air, khususnya Belitung.

Ketika berkunjung ke danau yang satu ini, Anda bisa menemukan bahwa dulunya danau ini merupakan bekas suatu proyek penambangan. Penambangan yang dimaksud tersebut tak lain yaitu penambangan timah. Oleh karena ini, pengunjung yang ada di sana tidak diperkenankan terkena air danau apalagi sampai berenang. Pasalnya, kandungan racun yang ada di dalam kaolin bisa berbahaya untuk manusia.

Kendati demikian, pengunjung dijamin tidak akan menyesal karena bisa menghabiskan waktu liburan menyenangkan di tempat wisata ini. Bagi Anda yang berkesempatan datang ke Belitung, maka sempatkan untuk berlibur di danau ini. Akan tetapi, sebelum berkunjung hendaknya mengetahui beberapa informasi berikut ini yang berkaitan dengan tempat wisata Danau Kaolin.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Kaolin

Daya Tarik Dimiliki Danau Kaolin
Image Credit: Twitter.com @ambarsariiiiiii

1. Kandungan Mineral Kaolin

Kandungan kaolin terdapat pada bebatuan, air, dan juga dasarnya. Untuk Anda yang belum tahu, kaolin tersebut adalah sebuah mineral natural yang tidak jarang dipakai untuk kebutuhan industri guna pewarna serta bahan reaksi kimia khusus. Umumnya, kandungan kaolin tersebut akan ditemukan pada bahan pasta gigi, makanan proses, kertas, kosmetik, dan masih bayak lagi yang lain.

Bahan yang satu ini terkenal mempunyai tekstur yang halus, kuat, putih, serta dapat menjadi suatu penghalang panas dan listrik. Banyak sekali pengunjung yang rela datang jauh-jauh dari luar daerah maupun luar negeri karena penasaran dengan kandungan kaolin yang ada di tempat wisata yang satu ini. Adanya kandungan ini juga lah yang menjadi asal-usul dari nama danau tersebut.

2. Air Danau yang Indah

Air yang ada di Danau Kaolin ini tidak memperlihatkan warna yang bening, akan tetapi malah lebih ke warna kebiruan cerah. Warna tersebut sangat indah ketika dipadukan dengan pantulan sinar matahari pagi yang menembus air danau. Hal itu menjadikan warna kebiruan air danau tersebut semakin terlihat lebih jelas lagi dan menghasilkan kilauan yang sangat indah.

Sinar matahari pagi tersebut juga mampu membuat warna dari batuan karang yang berada di sekitar air danau semakin terlihat. Apabila Anda berkunjung ke danau yang satu ini pastinya wajib untuk menyaksikan secara langsung pemandangan yang sangat indah ini. Tentu Anda akan merasa betah untuk menghabiskan waktu dengan berlama-lama di tempat wisata tersebut.

Daya Tarik Danau Kaolin
Image Credit: Google Maps (Muhammad Ichwan)

3. Tumpukan Kaolin Menyerupai Bukit Bersalju

Saking banyaknya kaolin yang ada di tempat wisata ini, hingga terbentuk menjadi tumpukan-tumpukan seperti bukit. Banyaknya tumpukan kaolin yang menyerupai bukit tersebut memiliki warna putih bersih yang mirip dengan salju. Maka tak heran apabila banyak pengunjung yang menyebutnya sebagai bukit salju. Hal ini tentu menjadi hal yang sangat menarik bagi kebanyakan orang di Indonesia.

Banyak juga yang menyebut bahwa bukit salju ini merupakan salah satu spot terbaik yang ada di danau tersebut. Adanya tumpukan kaolin yang menyerupai bukit salju dan ditambah lagi dengan udaranya yang agak dingin akan membuat Anda seolah-olah dapat merasakan sensasi berlibur di negara yang memiliki empat musim.

4. Pepohonan nan Hijau

Di sekitar Danau Kaolin ini, terdapat banyak pepohonan hijau yang tumbuh dengan baik. Pepohonan tersebut juga berukuran cukup besar dan tinggi, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berteduh dikala cuaca panas pada siang hari. Suasana yang ada di sana juga semakin terasa asri dan segar berkat ditumbuhi oleh pepohonan hijau tersebut. Panorama alam pun tampak semakin mempesona.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Kaolin

Alamat Danau Kaolin
Image Credit: Google Maps (Bankpro Photowork)

Danau yang disebut hampir mirip dengan salah satu danau di Islandia ini berada di Desa Air Bara. Lebih tepatnya lagi ada di Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Danau ini juga menjadi salah satu wisata andalan di Bangka Belitung. Akses perjalanan untuk menuju ke tempat wisata tersebut terbilang mulus dan lancar jika berangkat dari Pangkal Pinang.

Perjalanan menuju ke Danau Kaolin dapat Anda tempuh dengan mengendarai motor dengan waktu sekitar 1 hingga 1,5 jam saja. Tempat wisata yang satu ini berada tak jauh dari jalan lintas Provinsi Koba dan Toboali. Mulai dari jalan lintas itulah, Anda akan melalui jalan tanah yang jaraknya sekitar 200 m sampai akhirnya akan tiba di tempat tujuan.

Sebelum sampai di Desa Air Bara, maka akan ada simpang empat yang disebut dengan Simpang Bemban oleh masyarakat yang ada di sekitar sana. Nah, tak jauh dari simpang empat itulah, keberadaan dari danau tersebut akan mulai tampak. Apabila Anda ragu, maka sebaiknya memanfaatkan peta navigasi yang ada di handphone atau bertanya kepada masyarakat sekitar mengenai arah jalan.

Anda juga dapat melakukan perjalanan menuju ke danau ini dengan melalui Kota Toba. Dari Kota Toba, Anda dapat langsung memulai perjalanan menuju ke arah Jl Jendral Sudirman. Kemudian, dilanjutkan lagi ke arah Jl Namang-Koba, lalu menuju ke arah Jl Raya Gadung. Setelah itu belok kanan untuk tiba ke lokasi danau tersebut. Waktu tempuh kurang lebih 17 menit dengan jarak sekitar 12 km.

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Kaolin

Harga Tiket Danau Kaolin
Image Credit: Facebook.com @eka.w.kusuma.52

Banyak orang yang penasaran dengan harga tiket masuk wisata danau yang sangat eksotis ini. Umumnya, masyarakat awam mengira bahwa harga tiket masuk ke danau ini pasti sangat mahal. Pasalnya keindahan yang disajikan di kawasan tempat wisata tersebut tidak dapat diremehkan.

Namun, siapa sangka jika tempat wisata yang satu ini tidak memungut biaya sama sekali alias gratis kepada pengunjung yang datang ke sana. hal itu karena belum ada kebijakan resmi yang menerapkan mengenai harga tiket masuk ke Danau Kaolin yang ada di Bangka Belitung ini. Hal ini merupakan kabar gembira bagi Anda yang mencari tempat liburan indah dengan biaya yang murah.

Di sisi lain, informasi mengenai harga tiket wisata yang telah disebutkan tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Sehingga, pengunjung juga harus tetap menyiapkan sejumlah uang untuk mengantisipasi adanya perubahan kebijakan yang berkaitan dengan harga tiket masuk ke danau yang satu ini.

Oleh sebab itu, sebelum mulai melakukan perjalanan untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini, sebaiknya Anda menghubungi pengelola danau ini terlebih dahulu melalui call center yang sudah ada. Dengan begitu, Anda bisa menanyakan berapa harga tiket masuk yang masih berlaku saat ini. Hal tersebut akan mengurangi rasa khawatir Anda mengenai berapa biaya yang harus dipersiapkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Kaolin

Aktivitas Dilakukan di Danau Kaolin
Image Credit: Google Maps (Tom Gunawan)

1. Berfoto

Tempat wisata Danau Kaolin ini dari dulu sudah sangat populer di kalangan fotografer. Tidak lain pasti karena menjadi salah satu tempat yang memiliki objek foto dengan tema alamnya yang sangat memukau. Apalagi, saat pagi dan sore hari, maka pemandangan yang dapat dipotret di tempat ini akan menghasilkan foto dengan siluet yang sangat cantik.

Selain fotografer, pengunjung yang ada di danau ini juga tidak mau kalah untuk mengabadikan setiap momen seru yang dilakukan di tempat wisata tersebut. Pengunjung pun selalu tidak ingin ketinggalan untuk bisa memotret pemandangan sunset ataupun sunrise yang selalu tampak memukai di danau ini. Hal ini seolah-olah sudah menjadi salah satu kegiatan menarik yang wajib dilakukan saat berlibur ke sini.

2. Berjemur

Tempat wisata ini juga cocok dijadikan sebagai spot untuk berjemur karena mempunyai topografi yang lumayan terbuka. Anda dapat mulai melakukan kegiatan berjemur mulai jam 6 sampai dengan jam 8 pagi. Waktu itulah yang menjadi momen paling tepat untuk melakukan kegiatan berjemur ataupun menghangatkan tubuh.

Kegiatan ini juga sangat bagus untuk bisa meningkatkan imun tubuh supaya menjadi lebih tahan dari berbagai macam serangan penyakit. Dengan melakukan kegiatan yang satu ini, pikiran Anda juga bisa semakin lebih tenang dan damai. Sehingga, Anda akan siap untuk kembali memulai berbagai macam rutinitas sehari-hari.

Aktivitas di Danau Kaolin
Image Credit: Google Maps (Andi Mario Wawo)

3. Bersepeda

Kegiatan menarik selanjutnya yang dapat dilakukan oleh pengunjung di tempat wisata Danau Kaolin ini yaitu bersepeda. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda bisa mengelilingi kawasan danau ini tanpa harus capek berjalan kaki. Bersepeda juga dapat membuat tubuh lebih rileks dan ringan. Oleh karena itu, cobalah melakukan kegiatan yang satu ini saat berkunjung ke danau yang cantik tersebut.

4. Bersantai

Bersantai dengan cara duduk di area danau dan menikmati panorama alam merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda dapat merasakan menghirup udara segar secara perlahan agar mendapatkan suasana yang tenang dan damai dalam diri. Kegiatan yang satu ini juga bisa dilakukan secara sendirian jika tidak ingin ada gangguan.

Namun, jika Anda ingin bersantai sembari mengobrol, maka bisa mengajak teman maupun saudara. Akan lebih terasa menyenangkan lagi apabila ditemani dengan cemilan dan minuman hangat. Kegiatan ini cocok untuk Anda yang ingin membuat pikiran jernih dan menghilangkan stress akibat masalah yang sedang dihadapi.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Kaolin Belitung

Fasilitas di Danau Kaolin
Image Credit: Google Maps (Angelina Anggun)

Meskipun merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Bangka Belitung, akan tetapi fasilitas yang terdapat di sana masih belum lengkap. Hal itu karena lokasi tersebut belum dikelola dengan baik oleh pemerintahan setempat. Meskipun begitu, bukan berarti tempat wisata yang satu ini terbengkalai. Pasalnya, alamnya masih sangat alami dan pengunjung juga tidak merusak tempat wisata tersebut.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan di sana selama beberapa hari, maka bisa menginap di beberapa hotel yang ada di Kota Tanjung Pandan. Tarif yang dipatok setiap hotel pun berbeda-beda berdasarkan dengan fasilitas yang bisa diperoleh oleh pengunjung.

Namun, saat berkunjung ke danau cantik ini, Anda tidak harus repot-repot membawa bekal makanan dari rumah. Pasalnya sudah ada beberapa pedagang makanan yang berjualan dengan cara berkeliling di area danau tersebut.

Nah, itulah berbagai macam informasi yang berkaitan dengan Danau Kaolin. Jadikan tempat wisata yang satu ini sebagai referensi spot yang harus dikunjungi ketika liburan ke Belitung.