Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Destinasi wisata Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu tempat yang ingin dikunjungi oleh banyak orang. Tidak hanya masyarakat lokal saja yang tertarik untuk datang ke pantai yang satu ini, melainkan juga banyak turis asing yang tertarik dengan tempat tersebut. Tak heran apabila destinasi wisata alam yang satu ini sangat terkenal di Indonesia dan bahkan hingga ke manca negara.

Menghabiskan waktu liburan di tempat wisata ini memang akan terasa sangat menyenangkan. Anda bisa memanjakan mata dan pikiran dengan berbagai keindahan alam yang ditawarkan oleh pantai tersebut. Oleh karena itu, wajar apabila banyak orang yang menyebut bahwa destinasi wisata ini merupakan surganya pantai yang ada di Belitung.

Sayang sekali apabila Anda tidak mengunjungi pantai yang satu ini ketika sedang menghabiskan waktu liburan di Belitung. Oleh sebab itu, sempatkan waktu untuk bisa menikmati keindahan pantai tersebut. Akan tetapi, sebelum berkunjung sebaiknya Anda sudah mengetahui berbagai macam informasi tentang pantai ini. Berikut ini berbagai informasi yang berkaitan dengan Pantai Tanjung Kelayang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Kelayang

Daya Tarik Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Twitter.com @indtravel

1. Terasa Pantai Pribadi

Hal pertama yang akan dirasakan oleh pengunjung baik lokal maupun asing saat ada di pantai ini yaitu suasananya yang sepi dan menenangkan. Berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Bali ataupun Jakarta yang dari dulu sudah menjadi langganan banyak pengunjung. Berbeda halnya dengan pantai eksotis di Belitung yang satu ini.

Dikarenakan pengunjung yang datang ke pantai ini tidak terlalu banyak, maka Anda akan merasakan sensasi seperti sedang berlibur di pantai pribadi. Anda pun bebas melakukan berbagai macam hal tanpa harus terganggu dengan ramainya orang lain. Hal ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bagi Anda yang ingin sejenak menghilang dari hiruk-pikuknya suasana perkotaan.

2. Terdapat Banyak Batu Granit yang Eksotis

Salah satu karakter tempat wisata pantai yang ada di Belitung dan masih jarang ditemukan di wisata lain di Indonesia yaitu adanya banyak batu granit yang ukurannya sangat besar. Batuan granit besar tersebut tersebar secara tidak beraturan pada sekitaran pantai. Akan tetapi tidak akan mengurangi keeksotisan pantai justru akan membuat semakin bersinar.

Adanya batuan granit dengan ukuran sangat besar ini mampu menjadi daya tarik paling utama dari Pantai Tanjung Kelayang yang satu ini. Warna dari batuan granit ini juga sangat menawan, yaitu dengan warna setengah hitam dan setengah putih.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Facebook.com @romeininik.hastuti

3. Pasir Putih

Pasir yang ada di pantai ini berbeda dengan kebanyakan pasir yang ada di tempat lainnya. Pasirnya sangat indah karena berwarna putih. Warna pasir yang putih tersebut membuat pantai semakin terlihat bersih. Lebih indah lagi saat siang hari pasir akan terlihat berkilauan karena terkena sinar matahari. Hal itu semakin menambah keindahan dari pantai yang satu ini.

Selain warnanya yang sangat unik, tekstur dari pasir yang ada di pantai ini juga sangat lembut dan halus. Oleh karena itu, tidak akan terasa sakit apabila pengunjung berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki. Pengunjung yang membawa serta anak kecil juga dapat mengajaknya bermain pasir putih di pantai ini.

4. Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi

Pantai ini pernah sangat terkenal di masyarakat di seluruh Indonesia karena menjadi lokasi syutingnya film yang berjudul “Laskar Pelangi”. Dari film itulah, keindahan dari pantai ini mulai terekspos hingga ke kanca Internasional. Apalagi, film tersebut juga sangat melejit dan sukses, maka tak heran apabila pantai ini juga dilirik oleh banyak penonton.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Kelayang

Alamat Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (Glenn Manusama)

Pantai cantik ini merupakan tempat wisata yang berada di bilangan Sijuk Belitung. Tepatnya berada di Jl Raya Tanjung Kelayang, Desa Sijuk, Kec Sijuk, Kab Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai yang satu ini terletak di sebelah Utara dari Kota Tanjung Pandan sebagai ibukota Kab Belitung.

Lokasinya memiliki jarak sekitar 30 km serta bisa dilalui dengan waktu kurang lebih 30 menit melewati jalan raya yang sepi dan mulus. Pantai ini juga terletak paa sebuah semenanjung sisi Barat Laut dari Pulau Belitung. Dekat juga dengan pertemuan perairan Selat Gaspar, yang merupakan pemisah antara Pulau Bangka dengan Pulau Belitung.

Jarak pantai ini dari Kota Tanjung Pandang kurang lebih 27 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dengan waktu kurang lebih 20 menitan saja. Apabila Anda sedang ada di Tanjung Pandang, Anda pun dapat memakai bus gratis yang sudah pemerintah daerah setempat sediakan guna menuju ke arah tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Kelayang

Harga Tiket Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (NY Rita)

Disamping mempunyai berbagai macam keistimewaan, harga dari tiket masuk ke pantai yang satu ini juga terbilang sangat murah. Untuk satu orang pengunjung akan dikenakan tarif dengan harga 8 ribu rupiah. Akan tetapi, panorama alam yang ditawarkan oleh pantai ini tidaknya murahan.

Hal ini tentu cocok untuk Anda jadikan pilihan jika ingin berlibur di tempat wisata yang eksotis, namun dengan harga yang terjangkau. Namun, harga tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan yang pasti. Oleh karena itu, Anda bisa menghubungi pengelola Pantai Tanjung Kelayang melalui call center yang tersedia untuk memastikan berapa harga tiket masuk yang sedang diberlakukan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tanjung Kelayang

Aktivitas Dilakukan di Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (Parjuni Parjuni)

1. Bermain Jet Ski

Pemerintah daerah setempat saat ini terus berupaya untuk mengembangkan wahana bermain jet ski yang ada di pantai ini. Hal itu karena minat pengunjung yang sangat tinggi untuk bermain jet ski di pantai ini. Dermaga juga akan segera dibangun di pantai ini supaya jetski dapat bersandar. Selain itu, juga bisa mempermudah naik dan turun pengunjung yang ingin mencoba untuk bermain jetski.

2. Bermain Air

Bermain air di pantai ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat seru bagi banyak pengunjung di sana. Airnya yang bersih dengan warna kebiru-biruan membuat pengunjung ingin membasahi diri di sana. Ombaknya yang tidak terlalu besar juga membuat pengunjung bisa merasa tenang saat bermain air di sana. Anak kecil pasti sangat gembira apabila diajak untuk melakukan kegiatan menarik tersebut.

Aktivitas di Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Twitter.com @BelitungTourism

3. Berfoto

Kegiatan menarik yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur di Pantai Tanjung Kelayang ini yaitu berfoto. Pasalnya ada banyak objek foto dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya. Sehingga, hasil dari jepretan Anda nantinya akan terlihat semakin bagus. Selain itu, Anda juga bisa melakukan sesi foto prewedding di pantai ini dengan latar belakang lautan atau batuan granit yang cantik.

4. Piknik

Piknik merupakan kegiatan yang bisa membuat suasana hati dan pikiran semakin tenang dan nyaman. Anda bisa menjadikan pantai yang satu ini sebagai tempat untuk piknik bersama keluarga maupun sahabat tercinta. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa alas atau tikar serta berbagai macam makanan untuk melengkapi kegiatan piknik agar semakin terasa menyenangkan.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Tanjung Kelayang

Penginapan Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Agoda.com

1. Kelayang Beach Hotel

Hotel yang paling dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang tidak lain yaitu bernama Kelayang Beach Hotel. Fasilitas populer yang ada di hotel ini yaitu sarapan gratis, wifi gratis, tempat parkir gratis, dan akses pantai. Sedangkan fasilitas pendukung lainnya misal seperti AC, kolam renang, restoran, room service, dan masih banyak lagi lainnya. Harganya sendiri dibandrol sekitar 330 ribu rupiah untuk per malamnya.

2. Swiss Belresort Belitung

Pelanggan bisa menginap di hotel ini dengan harga mulai dari 547 ribu rupiah saja untuk satu malamnya. Dengan harga segitu, Anda sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang menarik. Misalnya saja seperti wifi, akses ke pantai, resepsionis 24 jam, kolam renang, restoran, bar, room service, tempat parkir, dan jemputan bandara.

3. Quins Style Resort Belitung

Hotel yang satu ini juga kerap menjadi pilihan para turis lokal maupun asing yang sedang berlibur di pantai. Nuansa yang ditawarkan oleh hotel ini tergolong cukup mewah. berbagai fasilitas pun juga sudah tersedia. Misalnya saja seperti sarapan gratis, akses ke pantai, wifi, tempat parkir, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tanjung Kelayang

Fasilitas di Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Google Maps (Henry)

Fasilitas yang ada di wisata pantai ini sudah cukup lengkap dan memadai. Pasalnya disini sudah tersedia warung, penginapan, area parkir, toilet, tempat ibadah, cottage, dan masih banyak lagi yang lainnya. Seluruh fasilitas disini juga dirawat dan dikelola dengan baik. Hal ini tentu akan menjadikan liburan Anda di pantai ini bisa semakin nyaman dan seru.

Nah, itulah berbagai informasi yang berkaitan dengan tempat wisata Pantai Tanjung Kelayang yang ada di Bangka Belitung. Buatlah pengalaman yang seru dengan menghabiskan waktu liburan di tempat wisata alam yang satu ini.