Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Burong Mandi, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Bangka Belitung mempunya keindahan pulau dengan beragam tempat berlibur yang menarik, ada sejumlah pantai yang dapat didatangi salah satunya Pantai Burung Mandi. Penamaan pantai yang unik menjadi ciri khas pantai yang terdapat di Bangka Belitung. Nama Burung Mandi dipilih sebab dahulu banyak burung di pantai ini sedang mandi.

Sejarah dari nama pantai tersebut juga dikarenakan lokasinya yang dekat dengan Gunung Burung Mandi di Desa dengan nama yang sama. Tempat wisata yang cantik ini telah populer sejak zaman penjajahan Belanda. Lebih tepatnya lagi saat Belanda membangun pusat penerbangan yang berlokasi di Desa Damar.

Pantai yang eksotis tersebut juga banyak masuk pada paket tour perjalanan saat Anda ada di Bangka Belitung. Wisatawan banyak yang memberikan julukan kepada pantai ini sebagai Ancolnya Belitung. Pasirnya yang memiliki warna putih layaknya banyak pantai di pulau tersebut. Berikut ini beberapa hal seputar Pantai Burung Mandi yang harus diketahui.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Burung Mandi

Daya Tarik Pantai Burung Mandi
Image Credit: Google Maps Mars

1. Kater yang Disusun Berjejer Pada Sepanjang Pantai

Daya tarik pertama dari pantai indah ini adalah mempunyai susunan Kater dengan posisi berjejer pada sepanjang garis pantai tersebut. Karter sendiri adalah perahu bercadik yang dimiliki nelayan lokal dan biasanya digunakan ketika mencari ikan-ikan. Jenis Karter yang terdapat di pantai ini berwarna-warni dan layarnya memiliki motif unik.

2. Memiliki Latar Panorama Pegunungan

Pantai Burung Mandi merupakan satu-satu pantai di Bangka Belitung yang memiliki panorama pegunungan di belakang yakni pemandangan dari Anak Gunung Krakatau. Adanya latar panorama berupa gunung ini semakin menjadikan tampilan pantai lebih menarik dan pastinya unik.

3. Karter Dapat Dimanfaatkan Wisatawan untuk Memancing

Karter yang dimiliki oleh nelayan ini adalah peninggalan dari Geopark. Selain digunakan nelayan untuk menangkap ikan, dapat pula disewakan oleh wisatawan untuk memancing. Untuk jenis ikan yang kerap dijumpai di pantai memukau ini yaitu ikan kerisi.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Burung Mandi
Image Credit: Google Maps sri rezeki tjandra

4. Di Pesisir Pantai Terdapat Gazebo

Anda akan menemukan gazebo yang tersedia di kawasan pinggiran Pantai Burung Mandi. Beberapa ggazebo di sana dapat dimanfaatkan untuk wisatawan bersantai, meletakkan barang, dan juga sebagai tempat membakar ikan yang berhasil dipancing. Ya daya tarik lain dari pantai tersebut yaitu wisatawan dapat membakar ikan-ikan hasil tangkapan sendiri ataupun nelayan.

5. Dilengkapi Panggung Hiburan

Wisatawan juga akan melihat panggung hiburan ketika berkunjung ke pantai ini. Biasanya panggung hiburan itu digunakan dalam menggelar acara. Selain itu, juga dimanfaatkan oleh wisatawan yang sedang menyelenggarakan acara gathering ataupun outbound dengan rombongan.

6. Mampir Ke Vihara Sebelum Mengunjungi Pantai

Ada sebuah vihara yang lokasinya tak jauh dengan pantai, yaitu Vihara Budhayana Dewi Kwan. Vihara tersebut masih aktif dimanfaatkan sebagai rumah ibadah bagi umat Budha hingga saat ini. Keunikan di vihara tersebut adalah dibangun di atas sebuah batu granit yang besar.

Vihara ataupun klenteng tersebut merupakan bangunan ibadah bagi umat Budha yang tertua dan juga terbesar di Pulau Belitung, yakni kurang lebih sudah 300 tahun. Objek wisata religi tersebut cukup menarik dikarenakan wisatawan yang berkunjung dapat meramal kehidupan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Burung Mandi
Image Credit: Google Maps Aryl Iteza

Alamat dari Pantai Burung Mandi ada di Kecamatan Damar, yang mana masuk ke Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Untuk kode posnya sendiri adalah 33571. Rute perjalanan menuju ke lokasi pantai dapat ditempuh melalui jalur darat.

Dari Kota Manggar sebagai Ibu Kota Kabupaten Belitung Timur, maka dapat ditempuh jalur darat dengan jarak sekitar 20 kilometer. Jarak tersebut akan memakan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit.

Bila wisatawan asalnya dari Tanjung Padang, maka perlu menempuh waktu kurang lebih 90 menit di perjalanan sebab jaraknya terbilang jauh, yaitu 81 kilometer. Dari Bandara H. AS Hanandjoeddin saja memiliki jarak kurang lebih 70 kilometer.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Burung Mandi
Image Credit: Google Maps nuke ayundria

Harga tiket memasuki area pantai yang luar biasa indahnya ini sebesa 5 ribu rupiah saja untuk weekend maupun weekday. Biaya lainnya yang perlu dibayarkan oleh wisatawan yakni biaya parkir. Untuk harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, terlebih saat musim liburan sekolah tiba.

Sekarang ini pihak pengelola wisata di sana sudah mewajibkan setiap wisatawan untuk mematuhi aturan kesehatan yang ada. Wisatawan diwajibkan untuk mencuci tangan, mengenakan masker, mengecek suhu, dan juga scan barcode terlebih dahulu baru kemudian diperbolehkan memasuki kawasan pantai.

Jam buka untuk Pantai Burung Mandi sendiri adalah selama 24 jam non stop. Akan tetapi, saat malam hari pastinya panorama alam di sana tak dapat tampak secara jelas. Jadi, waktu yang paling disarankan untuk datang ke pantai tersebut adalah pagi serta sore hari saat matahari tak begitu terik.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Burung Mandi

Aktivitas di Pantai Burung Mandi
Image Credit: Google Maps Hendra Pardin

1. Memandangi Kecantikan Pantai

Memandangi kecantikan pantai dapat dilakukan dengan cara yang paling menyenangkan yakni duduk-duduk di pinggiran pantai atau gazebo sembari menikmati laut lepas. Santai sembari menikmati kecantikan lautan akan membuat tubuh semakin rileks dan juga segar.

2. Bermain Pasir

Pasir pantai warna putih tetapi tak layaknya pantai lainnya di Belitung yang memiliki batuan granit. Pasir pantai di sana bersih dan begitu cerah, sehingga nyaman saat diinjak kaki, membuat istana pasir, serta tempat berjemur. Wisatawan yang berkunjung dengan anak tak perlu ragu mengajaknya bermain pasir.

Pasalnya, main pasir ketika di Pantai Burung Mandi ini baik untuk kesehatan anak. Manfaat yang akan diperoleh antara lain meningkatkan motoric kasar anak, melatih ungkapan bahasa, membangun daya imajinasi, sebagai sarana belajar huruf ataupun angka, dan meningkatkan kreativitas.

3. Bermain Air

Bermain air pastinya merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu saat mengunjungi kawasan pantai. Hal itu karena pantai eksotis ini mempunyai air laut indah dengan warna biru kehijauan. Wisatawan dapat berenang di sana hingga puas. Tips saat hendak main air di pantai ini yaitu membawa baju ganti, khususnya bagi Anda yang mengajak anak.

Bermain basah-basahan di sana memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja seperti membantu mengatasi darah tinggi, mengatasi penyakit kulit, mengatasi insomnia, dan juga udara pantai yang segar da            pat meningkatkan imun tubuh.

Aktivitas Menarik di Pantai Burung Mandi
Image Credit: Google Maps rikie lim

4. Memancing Ikan

Kegiatan memancing di Pantai Burung Mandi dapat dilakukan dengan menyewa Karter kepada nelayan untuk dipakai sebagai kendaraan menuju titik dimana banyak ikan berkumpul. Memancing ikan dapat membuat pikiran menjadi tenang dan juga melatih kesabaran. Pantai ini pun menyediakan paket untuk melakukan kegiatan memancing.

Paket wisata tersebut terdiri atas alat pancing yang dilengkapi dengan umpan. Paket memancing tersebut tak dilakukan dengan naik Karter, tetapi langsung di bibir pantai. Untuk jenis ikan dan dapat dipancing biasanya adalah berbulus dan juga kirong-kirong.

5. Berjemur (Sunbathing)

Berjemur juga dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan menarik ketika berlibur ke pantai. Wisatawan luar negeri biasanya menyebut kegiatan berjemur ini dengan sunbathing. Sesuai dengan namanya, berjemur ini adalah kegiatan berjemur di bawah cahaya matahari secara langsung.

Manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai sumber vitamin D yang mana penting sekali guna meningkatkan imun tubuh seseorang. Vitamin D dimanfaatkan oleh tubuh dalam penyerapan kalsium agar tulang semakin kuat.

Manfaat berjemur yang berikutnya yaitu mengatasi penyakit kulit dan juga bisa memperbaiki keadaan mood serta mengurangi gejala depresi agar kualitas tidur makin membaik. Waktu berjemur yang paling pas yaitu pagi maupun sore hari.

6. Berburu Kuliner Khas Pantai

Bagi Anda yang doyan makan, maka wajib untuk berburu kuliner di Pantai Burung Mandi yang kebanyakan adalah seafood. Terdapat banyak warung di pinggiran pantai yang dijadikan tempat santai sembari menikmati kuliner enak dengan menu andalan berupa seafood.

Beragam kuliner seafood yang ditawarkan di sana merupakan hasil tangkapan para nelayan, sehingga dijamin masih segar. Menikmati seafood menjadi lebih enak apabila ditemani dengan kelapa muda yang baru saja dipetik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Burung Mandi
Image Credit: Google Maps agus syafiudin

Ada berbagai fasilitas yang mampu mendukung aktivitas berlibur wisatawan ketika ada di Pantai Burung Mandi yang cantik ini. Beberapa diantaranya adalah kawasan parkir kendaraan, kamar mandi untuk berbilas, mushola sebagai tempat beribadah, serta panggung hiburan untuk menggelar pertunjukan.

Selain gazebo, di pinggiran pantai pun terdapat fasilitas untuk duduk-duduk lainnya yaitu kursi malas. Sehingga, bagi wisatawan yang tidak kebagian gazebo bisa bersantai di kursi malas tersebut.

Beragam fasilitas yang tersedia di pantai tersebut juga didukung dengan kebersihan yang baik. Pihak pengelola wisata memang selalu membersihkan kawasan wisata itu agar seluruh wisatawan dapat berlibur dengan nyaman.

Sekian beberapa hal seputar Pantai Burung Mandi di Belitung Timur yang cukup unik. Pantai eksotis tersebut cocok dijadikan opsi perjalanan liburan yang seru dan nyaman.