Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Bugis, Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pantai Bukit Berahu merpakan salah satu pantai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung dengan pemandangan alam eksotis. Memang tidak begitu terkenal jika dibandingkan dengan pantai lain di kepulauan yang sama. Akan tetapi setiap pengunjung yang datang dipastikan takjub dengan fenomena alam yang unik dan tidak biasa.

Setiap hari, lebih dari ratusan pengunjung yang datang untuk menikmati pesona alamnya. Bahkan jumlahnya selalu bertambah seiring dengan polaritas yang semakin naik, terutama ketika hari libur. Seperti halnya pantai yang ada di Pulau Belitung, ciri khasnya yakni banyak ditemui batuan granit yang tersebar di beberapa titik tidak merata.

Mungkin anda sepat bingung tentang namanya yang terdapat pantai dan bukit. Sebenarnya memang demikianlah adanya, pantai ini lokasinya dibalik bukit sehingga diperlukan sedikit perjalanan menurun untuk bisa sampai ke lokasi. Berahu dalam bahasa lokal artinya perahu, nama tersebut diambil karena bukit tempat persembunyian pantai cantik ini bentuknya mirip perahu yang terbalik.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bukit Berahu

Daya Tarik Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Google Maps Andaru Pinasthika

Selain kemungkinan ada pertanyaan mengenai nama Pantai Bukit Berahu, mungkin anda juga bertanya apa saja daya tariknya. Setiap objek wisata tentu mempunyai daya tarik tersendiri. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa pantai eksotis ini selalu ramai wisatawan, terutama bagi yang tinggal di sekitar daerah.

1. Keindahan Pantai Bukit Berahu

Keindahan, itulah daya tarik utama yang bisa anda dapatkan ketika mengunjungi lokasi wisata ini. Objek pertama yang bisa dinikmati keindahannya adalah hamparan pasir putih luas. Dari kejauhan, tampak pasir putih sedikit mengelukan pantulan cahaya jika terkena sinar matahari. Tekstur pasir dengan butiran halus dan lembut semakin menambah kenyamanan ketika anda berjalan di atasnya.

Belum sempat berhenti dibuat takjub, bongkahan batu granit berbagai ukuran turut menghiasi keindahan Pantai Bukit Berahu. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak seperti halnya di pantai Bangka Belitung lainnya, namun kehadirannya menambah panorama alam yang terbentuk secara alami.

Di siang dan sore hari, perahu nelayan yang berlabuh di tepi pantai tidak menghalangi keindahannya. Justru perahu dengan ukuran cukup besar tersebut menjadi pemandangan lain yang layak dinikmati. Di malam hari, perahu nelayan berangkat untuk mencari ikan dengan hiasan lampu berwarna warni sebagai alat keselamatan diri.

2. Warna Air Menawan

Daya tarik berikutnya adalah dari keindahan air yang ada di pantai cantik tersebut. Jika ditempat lain hanya ada satu atau dua warna, di sini anda mendapatkan tiga warna sekaligus. Di tepi Pantai Bukit Berahu dengan air biru tua, agak ke tengah airnya berwarna hijau tosca, dan di tengah pantai memiliki warna air biru muda.

Sesekali, ketiga warna air tersebut menjadi satu warna sehingga anda tidak bisa melihat keindahannya. Namun dari kejernihan air tetap sama, pengunjung bisa melihat biota dasar laut yang kebanyakan dihuni oleh terumbu karang dan ikan kecil di sekitarnya. Pesona air tidak berhenti sampai disitu, ombak yang datang menggulung air laut menambah eksotisme pantai menawan ini.

3. Perbukitan Elok

Jika anda pernah melihat Gunung Tangkuban Perahu, seperti itulah bukit yang menjadi tempat persembunyian pantai indah ini. Pesonanya bisa anda lihat dari kejauhan ketika sedang dalam perjalanan menuju lokasi. Bukan berarti keindahannya hilang begitu saja ketika anda tiba di lokasi. Seperti halnya perbukitan, berbagai pohon rindang menghiasi di setiap sudut.

Memang sedikit berbeda dengan pantai di tempat lain yang kebanyakan didominasi oleh pohon kelapa. Meski demikian, keindahan pohon nan hijau tersebut cukup elok dipandang mata. Jarak antara bukit dengan Pantai Bukit Berahu tidaklah jauh, pengunjung hanya perlu berjalan kaki menuruni bukit dalam beberapa menit saja.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Google Maps Porthos Hananto

Meskipun lokasinya terpencil dan cukup sulit dijangkau, namun bukan berarti tidak bisa ditemukan. Alamat lengkapnya berada di Jl. Bugis, Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Dari pusat Kota Tanjung Pandan, diperlukan waktu sekitar 45 menit dean jarak sekitar 30 kilometer.

Disarankan menggunakan kendaran pribadi atau rental ketika anda berkunjung. Alasannya, masih sangat minim transportasi umum yang ditemukan di Pantai Bukit Berahu. Bagi anda yang datang dari luar Kepulauan Bangka Belitung, silahkan naik pesawat dengan tujuan Bandara Hanandjoeddin. Dari titik tersebut, silahkan menggunakan kendaraan rental yang banyak tersedia.

Khusus bagi wisatawan lokal dan menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Sudirman. Setelah sampai, lanjutkan perjalanan hingga menuju ke Jalan Tanjung Pandan. Cari dan masuk Desa Tanjung karena lokasi wisata kali ini berada di desa tersebut. Jika anda sudah memasuki desa, seharusnya suara deburan ombak mulai terdengar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Google Maps yurizal aly

Menikmati panorama alam yang ada di Pantai Bukit Berahu tidak mengharuskan anda mengeluarkan banyak biaya. Untuk tiket masuk, anda hanya membutuhkan uang 2.000 rupiah per orang. Tidak ada perbedaan tarif antara dewasa dan anak-anak, kecuali bagi turis asing yang mungkin sedikit lebih mahal. Biaya tersebut digunakan untuk pengembangan potensi wisata yang semakin hits ini.

Selain harga tiket masuk yang telah disebutkan diatas, ada lagi biaya yang harus dikeluarkan. Biaya yang dimaksud adalah untuk parkir kendaraan. Cukup murah tentunya, hanya 2.000 untuk kendaraan roda dua dan 5.000 untuk mobil. Tentunya tiket parkir yang dimaksud hanya berlaku bagi anda yang datang menggunakan kendaraan pribadi.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Bukit Berahu

Aktivitas Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Google Maps Aaron Lisandrio

Banyak sekali aktivitas yang menarik dilakukan ketika mengunjungi Pantai Bukit Berahu. Mulai dari aktivitas ringan hingga berat, semua bisa anda lakukan di sana. Terlebih, sebagian besar aktivitas bisa dilakukan bersama rombongan. Seperti halnya aktivitas yang telah kami rangkum berikut!

1. Menikmati Keindahan Pantai Bukit Berahu

Dengan panorama alam lengkap yang telah disebutkan diatas, sayang sekali jika aktivitas ini tidak dilakukan. Keindahan pantai yang bersatu dengan bukit tentunya jarang ditemukan di lokasi lain. Di depan pandangan, terdapat ombak berkejaran yang menuju ke tepi pantai. Sesekali, ombak tersebut menabrak batun granit yang ada di tepian.

Perahu nelayan yang berlabuh tampak indah dengan berbagai warna cat cerah. Keindahan semakin terlihat ketika sinar matahari mencoba menembus cat perahu tersebut. Sementara di belakang, anda bisa melihat indahnya pesona bukit yang mirip dengan perahu terbalik. Di samping bukit dihiasi dengan berbagai pohon rindang. Di bukit tersebut juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang bagi wisatawan.

2. Menunggu Matahari Terbenam

Kegiatan yang paling tidak menyenangkan adalah menunggu, anda tentu setuju dengan hal ini. Namun menunggu matahari terbenam ketika berada di Pantai Bukit Berahu, hal ini layak dinantikan. Keindahan matahari yang sedang undur diri menjadikan pesona indah yang banyak ditunggu wisatawan.

Cahaya yang awalnya cerah perlahan berubah mejadi kuning jingga. Awan yang menghiasi langit menambah panorama semakin indah. Cahaya mentari yang menyinari gumpalan awan tersebut seolah tidak kuasa menembusnya. Keindahan tidak berhenti sampai disitu, cobalah lihat pantulan sinar orange yang ada di air laut, sungguh indah dan membuat suasana semakin syahdu.

Aktivitas Seru Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Twitter Belitungwonderful.com

3. Berburu Spot Foto

Aktivitas menarik yang bisa anda lakukan ketika berada di Pantai Bukit Berahu adalah dengan mencari spot foto. Tidak ada spot khusus yang sengaja dibangun, semua spot termasuk liar. Meski demikian, keindahannya tidak dapat diabaikan begitu saja. Sebagai contoh adalah tumpukan batu granit yang ada di tepi pantai. Dengan mengambil latar belakang laut, hasil jepretan dipastikan indah mempesona.

Contoh spot berikutnya adalah dengan mengambil background perahu nelayan. Variasi warna perahu tentunya dapat menghiasi warna latar belakang foto. Apalagi jika anda mengambil gambar ketika sore hari menjelang petang, dimana waktu itu merupakan fenomena alam yang ditunggu-tunggu, yaitu sunset.

4. Berenang di Kolam Renang

Meskipun sebenarnya anda bisa berenang langsung di Pantai Bukit Berahu, namun alangkah baiknya jika dilakukan di kolam renang. Inilah yang menjadi salah satu pembeda dengan pantai yang ada di lokasi lain. Di bagian bukit, tersedia kolam renang yang bisa anda jadikan aktivitas menarik lainnya.

Meskipun tidak tersedia banyak kolam renang, setidaknya bisa menambah serunya liburan. Apalagi jika anda bisa melihat pemandangan pantai dari atas ketinggian bukit. Jika cuaca cerah, keindahan yang ditampilkan akan semakin menakjubkan. Semilir angin khas pantai cantik ini juga semakin terasa ketika anda berada di kolam yang berada di puncak bukit ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Bukit Berahu Belitung
Image Credit: Twitter Ladang Tour_Travel

Sebagaimana objek wisata di tempat lain, pantai eksotis ini juga dilengkapi fasilitas pendukung kebutuhan wisatawan. Toilet atau kamar mandi tersedia dengan kondisi bersih dan cukup terawat.

Ada juga Mushola dan tempat parkir luas yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak pengelola. Bagi anda yang ingin menginap, silahkan gunakan fasilitas villa yang tersedia di bukit.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum berkunjung ke Pantai Bukit Berahu. Mulai daya tarik, alamat, harga tiket masuk, dan aktivitas menarik, semua sudah dijelaskan. Keindahan dan eksotisme nya tentu sayang untuk dilewatkan. Jadi pastikan anda berkunjung ketika berada di dekat lokasi wisata yang dimaksud.