Biaya Wisata: Mulai Rp 150.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Kelapa Kampit, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Pulau Pasir di Belitung memiliki sejuta panorama yang menarik kalangan muda hingga tua ingin selalu datang ke tempat ini. Gundukan pasir yang terlihat memukau menjadi keunikan yang membuat pulau ini semakin dikenal luas. Bahkan air laut yang ada di area tidak pernah keruh karena dijaga. Pemandangan laut tersebut begitu cantik dilihat dari dekat.

Setiap orang yang datang selalu membawa kamera sendiri untuk mengambil obyek gambar. Biasanya pada jam tertentu ada biota yang muncul seperti bintang laut hingga ikan kecil yang cantik. Pengunjung dapat melihat secara kasat mata serta menjepret biota itu. Pada area lain tampak tanaman seperti kelapa yang mempunyai pohon bercorak hijau dan tinggi.

Para tamu tidak pernah kecewa ketika liburan ke Pulau Pasir karena sepanjang pesisir menyuguhkan pemandangan indah. Bahkan disana sering digunakan untuk melihat fenomena matahari terbit dan tenggelam. Keindahan ini membuat semua mata merasa terkesima. Maka dari itu, siapkan waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pulau hits tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pasir Belitung

Daya Tarik Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Instagram Indonesia Traveler

1. Kecantikan Alam

Pulau Pasir yang membuat pelancong kagum menawarkan keindahan alam di setiap tempat. Pantai yang indah menjadi kecantikan alam yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Apalagi setiap Pantai di tempat ini tidak pernah terlihat kotor. Sepanjang kawasan pun mempunyai tempat yang bersih untuk dipakai sebagai spot duduk.

Di pesisir terlihat pohon serta tumbuhan lain yang melengkapi kesejukan. Pulau unik ini memang diketahui sangat asri karena banyak tanaman yang tumbuh subur. Hal itu juga mampu menjadi daya tarik karena menghasilkan udara bersih yang jauh dari polusi.

2. Pasir Putih

Pulau yang dilengkapi gundukan pasir putih tentu menjadi pemikat para tamu yang datang. Petugas menyarankan supaya pengunjung membawa sejumlah alat bermain untuk dinikmati saat berada di sepanjang pasir. Namun tetap jaga alam serta jangan buang sampah di sekitar spot ini.

Wisatawan dapat berfoto dengan berdiri di kawasan pasir sambil membelakangi laut. Hasil potret dijamin estetik karena tampak panorama alam yang dipakai sebagai latar dalam berfoto. Anda juga bisa menikmati sunrise dan sunset dengan duduk di pasir putih. Rasakan kelembutan pasir dengan melakukan sejumlah aktivitas yang disukai.

3. Laut yang Jernih

Pulau Pasir diketahui mempunyai daya tarik lain berupa air Pantai yang sangat indah. Laut yang tidak memiliki ombak terlalu ganas sangat mendukung pengunjung untuk berenang atau bermain wahana. Apalagi biasanya para tamu sering snorkeling karena ingin menikmati pesona bawah laut. Anda tentu dapat menemukan biota yang cantik di dalam laut itu.

Kejernihan laut juga membuat Pantai seperti mempunyai warna gradasi biru. Bahkan saat Anda berkunjung pada waktu cuaca sedang cerah dapat mengamati warna laut yang senada dengan awan di langit. Pelancong dijamin terpesona selama melihat laut secara langsung ketika berlibur.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Twitter @yukianggia

Pulau Pasir ini berlokasi di daerah Desa Air Itam, Pangkal Pinang, Belitung, Bangka Belitung. Titik lokasi Pulau cantik ini memang sedikit jauh dari kota karena harus melewati laut lepas. Wisatawan yang membawa kendaraan harus parkir di dekat pelabuhan. Selanjutnya Anda perlu menyewa speed boat atau perahu yang akan mengantarkan ke Pulau melampaui laut lepas.

Pengunjung dapat datang dari bandara Depati Amir jika berasal dari luar Pulau Belitung. Perkiraan estimasi menuju pulau 30 menit dengan speedboat yang telah disewa. Para tamu boleh memilih antara speed boat private atau umum selama kesana. Anda bisa booking kendaraan ini sebelum datang, tetapi juga dapat menyewa langsung saat di lokasi.

Biasanya traveller yang berkunjung sering memakai tour guide karena lebih aman dan terpercaya. Anda akan diajak mengelilingi laut cantik selama naik speedboat ke Pulau hits ini. Ketika sudah usai berlibur pelancong dapat kembali ke pelabuhan dengan naik perahu tersebut. Pastikan datang sesuai jam yang ditentukan dan nikmati perjalanan menuju Pulau.

Biaya Wisata ke Pulau Pasir

Biaya Wisata Lain Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Instagram Yehezkiel Fordianto

Pulau unik ini memiliki penawaran biaya wisata yang sesuai dengan kantong pengunjung. Ketika masuk ke dalam Pantai yang ada disana Anda tidak dikenai tiket masuk sama sekali serta dapat melihat kecantikan sampai sore. Disana memang banyak deretan Pantai yang menarik dikunjungi. Apalagi tersedia secara gratis agar siapapun bisa datang.

Harga yang perlu dibayar hanya biaya sewa perahu penyebrangan ke Pulau Pasir yang telah disewa. Tarif tergantung dari jenis speed boat, khusus private mulai Rp 300.000 dan umum Rp 150.000. Perkiraan harga ini termasuk murah karena Anda diantar mulai berangkat sampai pulang dari Pulau. Bahkan speed boat cukup nyaman dan telah mendapat penjagaan secara khusus.

Pelancong yang sudah ada di kawasan pulau dapat menyewa alat bermain air yang tidak menguras biaya. Tetapi sebagian orang lebih senang membawa sendiri sebelum pergi ke Pulau menawan itu. Disana juga tidak terlihat kios kuliner yang berjualan. Tempat parkir kendaraan yang ada di pelabuhan pun cukup terjangkau karena harga mulai Rp 15.000 saja.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Pasir

Aktivitas Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Facebook One day trip ke 3 pulau cuma 85rb/orang

1. Bermain Pasir

Pulau Pasir mempunyai keindahan pasir yang putih kecoklatan. Wisatawan yang menginjak kawasan ini tidak perlu pakai alas kaki karena cukup lembut. Apalagi sepanjang pasir tidak bercampur dengan batu karena masih bersih dari apapun. Selain itu pengunjung dapat menyiapkan sejumlah alat tertentu untuk membuat permainan pasir semakin seru.

2. Piknik

Warung penjual yang masih jarang di sepanjang pesisir membuat para tamu ingin menyiapkan camilan sendiri. Anda boleh membawa makanan sesuka hati sambil menggelar tikar di pasir untuk merasakan piknik bersama kerabat. Momen ini memang cocok dimanfaatkan sebagai kegiatan berkumpul dengan orang terdekat selama di Pulau.

3. Menyelam

Terumbu karang yang tersimpan di bawah laut menarik untuk dilihat secara kasat mata. Pelancong yang mahir dalam berenang sering kali mencoba menyelam. Apalagi keindahan itu terlihat memukau yang membuat wisatawan ingin snorkeling lebih lama. Laut yang bersih dan masih jernih tentu mendukung aktivitas menyelam di sekitar Pulau Pasir sehingga lebih menyenangkan.

4. Berkeliling

Pengunjung yang suka berjalan santai wajib berkeliling di pesisir Pulau. Kecantikan area masih alami dengan udara sepoi-sepoi yang membuat kegiatan tidak membosankan. Selain itu Anda boleh menyewa perahu untuk berkeliling di laut lepas. Disana para tamu bisa menikmati kejernihan laut yang mempunyai keunikan berupa panorama alam yang cantik.

Aktivitas Lain Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Instagram Belitung Nusantara Tour

5. Berenang

Pantai yang ada di Pulau Pasir di Belitung tidak mempunyai ombak ganas. Air laut yang cantik dengan deburan ombak kecil mampu menunjang kegiatan berenang. Anda dapat membawa pelampung atau langsung berenang di laut itu. Pelancong dijamin terkesima saat berenang karena laut yang bersih tampak menawan dan sering ada ikan kecil yang muncul di air ini.

6. Duduk Santai

Menghirup udara segar sambil melihat panorama pulau cantik ini sangat cocok bagi para tamu yang berkunjung. Gazebo yang dekat dengan pasir selalu digunakan duduk bersantai. Traveller akan nyaman karena di area ini terasa sejuk serta ada suara deburan ombak. Biasanya para tamu juga sengaja memutar musik untuk menjadi teman di kala bersantai pada Pulau itu.

7. Bermain Wahana

Wahana air mulai dari banana boat hingga jet ski tersedia di area Pulau meskipun tidak banyak. Pengunjung yang tertarik untuk bermain wahana bisa menyewa dan mengajak kerabat. Anda tidak perlu cemas karena petugas selalu memberikan pelampung untuk alat pelindung ketika bermain. Jadi selama di Pasir di Belitung traveller tidak akan pernah bosan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau Pasir Belitung
Image Credit: Twitter Afit

Pulau Pasir memberi kemudahan pelancong dengan menyediakan fasilitas penunjang. Toilet umum tampak tersedia di setiap Pantai yang ada pada kawasan pulau. Wisatawan boleh menggunakan dengan baik saat liburan. Tempat penyewaan bermain seperti pelampung serta alat snorkeling disediakan tetapi tidak terlalu banyak.

Mushola belum ada karena Pulau cukup jauh dari tempat ibadah. Khusus para tamu yang beribadah harus mengunjungi mushola di dekat pelabuhan. Jika Anda membawa kendaraan pribadi saat datang ke Pulau harus menitipkan di lahan yang telah disediakan. Penyewaan boat tersedia di sekitar pelabuhan untuk memudahkan perjalanan selama ke Belitung.

Traveller yang ingin menikmati makanan harus membawa bekal karena tidak banyak warung. Bahkan disana masih terlihat sepi sehingga tidak ada pedagang yang menjual kuliner. Pada kawasan Pulau juga ada perahu yang dapat dipakai berkeliling selama berkunjung. Sepanjang Pantai pun mempunyai gazebo yang berjejer di area pasir putih.

Nah, itulah ulasan lengkap Pulau Pasir di Belitung yang cocok digunakan sekedar bersantai. Pengunjung boleh liburan kesana sambil mengajak keluarga maupun teman. Pastikan sewa speed boat sesuai kapasitas kerabat yang akan berbondong-bondong menuju wisata. Potret foto atau rekam video sebanyak mungkin karena di sekitar destinasi memiliki pesona indah.