Sejak kemunculan film Laskar Pelangi, Belitung menjadi salah satu pulau dengan destinasi wisata paling ingin dikunjungi oleh para wisatawan. Sebelumnya, masih banyak orang yang tidak menyadari keindahan dari Belitung dan menganggapnya sebagai pulau terpencil. Padahal, pulau yang lokasinya bersilangan dengan Pulau Bangka ini menyimpan sejuta keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak wisata alam berupa pantai yang pesonanya sangat berbeda dengan pantai-pantai di tempat lainnya. Keindahannya masih murni dan alami, bahkan layaknya surga tersembunyi. Untuk itu, jika Anda sudah memiliki rencana liburan tetapi bingung menentukan tempat yang tepat, Belitung bisa menjadi pilihan terbaik. Berikut ini ulasan 35 rekomendasi tempat wisata di Belitung yang wajib dikunjungi saat bertandang ke pulau satu ini.

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas
Image Credit: Piknikdong.com

Hal yang menarik dari Pulau Lengkuas adalah keberadaan mercusuar berwarna putih yang sangat tinggi. Letaknya berada di tengah-tengah pulau sehingga tidak heran apabila banyak menarik perhatian publik.

Para pengunjung bisa menyaksikan cantiknya Pulau Lengkuas dengan dari jarak ketinggian mercusuar tersebut. Apalagi deretan bebatuan yang disapu ombak semakin membuat pulau ini mempesona.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

2. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong
Image Credit: Twitter.com @detikcom

Pantai ini dekat dengan lokasi dua buah batu granit raksasa yang dijuluki Bukit Beginde. Di sini Anda menemui pemandangan indah dari pantai berpasir putih dengan airnya yang biru kehijauan. Suasananya cukup tenang mengingat pengunjung di sini belum terlalu ramai.

Anda dapat menikmati bersantai di bawah pepohonan atau berjalan-jalan mengelilingi pantai. Di tempat ini juga terdapat warung makan, sehingga tidak perlu repot membawa bekal untuk makan di sini. Selain itu, pemandangan yang indah dan menyejukkan dari pantai seolah membuat Anda rileks. Di pulau terpencil ini Anda akan menemukan banyak spot foto yang menarik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang Kandis, Kec. Membalong, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

3. Pantai Punai

Pantai Punai
Image Credit: Ksmtour.com

Ciri khas dari pantai ini yang membedakannya dengan pantai-pantai lainnya di Belitung adalah penampakan batuan granit yang cukup banyak. Batu granit tersebut banyak dimanfaatkan sebagai spot foto oleh pengunjung karena tampilannya yang beragam.

Selain itu ada juga pasir putih yang siap mempercantik pemandangan pantai ini dan membuat suasana menjadi lebih tenang. Anda bisa bermain pasir putih sambil menyaksikan ombak pantai yang berkejaran.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Kelumpang, Kec. Dendang, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

4. Museum Kata

Museum Kata
Image Credit: Facebook.com @belitongtourism

Siapa yang tidak menyukai Laskar Pelangi? Kisah yang tertulis baik di novel maupun di film ini menceritakan tentang anak-anak yang berjuang mewujudkan mimpi mereka. Museum Kata, sebuah bangunan yang berisi koleksi-koleksi dari sang pencipta novel fiksi tersebut, Andrea Hirata.

Museum ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. Didirikan oleh Andrea Hirata sendiri sebagai pengingat untuk mencintai dan menghargai karya sastra baik dari dalam negeri maupun negeri lain. Di sini Anda dapat melihat koleksi yang menggambarkan isi novel Laskar Pelangi dari awal hingga akhir yang dipajang dalam bentuk foto.

Untuk memasuki museum ini, wisatawan tidak dipungut biaya sepeserpun. Anda dapat menikmati waktu Anda sepuasnya sambil mengapresiasi karya-karya yang ada di dalam bangunan tersebut.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

5. Danau Kaolin

Danau Kaolin
Image Credit: Pakettourbelitung.net

Tampilan dari Danau Kaolin sering diartikan sebagai surga dunia yang tersembunyi. Di bagian permukaan danau tampak berwarna biru pekat, tetapi dibingkai oleh daratan dengan warna pasir yang putih berkilauan.

Di bagian tengah danau terdapat semacam bukit kecil yang merupakan gundukan tanah beku. Anda bisa bermain air sepuasnya karena danau ini memiliki air dengan kandungan mineral tinggi yang biasa digunakan sebagai bahan kosmetik.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perawas, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

6. Pantai Serdang

Pantai Serdang
Image Credit: Google Maps (Andini Maheswari)

Pantai ini merupakan tempat yang cocok untuk melihat matahari terbit. Anda juga dapat melihat pemandangan menyegarkan dari pepohonan pinus yang tumbuh berjejer di pinggir pantai. Terdapat banyak spot foto selfie dengan latar belakang pepohonan atau daerah pantai yang indah.

Ombak di tempat ini cenderung besar, butuh keberanian untuk berenang di Pantai Serdang. Selain itu, pemandangan pantai yang memiliki pasir putih bersih dan air lautnya yang biru sangat mengagumkan. Di sekitar sana terdapat banyak warung makan yang menjajakan dagangannya. Jangan lupa mencicipi kopi di sana, seperti yang diketahui bahwa Kota Manggar dikenal sebagai Tempat 1002 Kopi.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Baru, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

7. Batu Mentas

Batu Mentas
Image Credit: Pegipegi.com

Jika bosan dengan destinasi wisata pantai, Anda bisa beralih ke Batu Mentas yang merupakan sebuah kawasan hutan lindung. Di dalam hutan ini terdapat beberapa jenis satwa yang lucu dan langka, seperti misalnya Pelile’an.

Suasana di hutan ini juga tampak sangat asri karena di sekelilingnya banyak terdapat pohon-pohon menjulang tinggi dengan berbagai jenis. Jika mengunjungi Batu Mentas, setiap pengunjung bisa menikmati dua hal, satwa lucu dan suasana asri pepohonan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kacang Butor, Kec. Badau, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

8. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang
Image Credit: Google Maps (Budiman Budi Cs)

Pulau ini berjuluk Pulau Babi, dengan luas sekitar 12 hektar, pulau ini menjadi yang terbesar di antara gugusan yang ada di sekitarnya. Di sini juga terdapat sebuah pantai berpasir putih yang indah berhiaskan batuan granit raksasa yang menambah keestetikanya.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah dari pantai berair biru terang tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menjajal kesempatan untuk mengeksplorasi kekayaan bawah air pantai ini. Tenangnya ombak dan semilirnya angin pantai seolah menambah kenyamanan wisatawan ketika berkunjung kemari.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Keciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

9. Wisata Laskar Pelangi

Wisata Laskar Pelangi
Image Credit: Kamarhotel.web.id

Sudah bukan rahasia lagi apabila film Laskar Pelangi mampu membuat Belitung menjadi sangat terkenal. Maka tidak heran hingga akhirnya muncul tempat wisata satu ini. SD yang dulunya sebagai tempat syuting, disulap menjadi tempat semacam museum.

Di dalamnya terdapat berbagai koleksi tentang film Laskar Pelangi. Mulai dari novelnya, lukisan, aksesoris, hingga berbagai hiasan yang berhubungan dengan film. Semua ditata layaknya museum dengan sangat indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

10. Pulau Lutong

Pulau Lutong
Image Credit: Belitungisland.com

Pulau dengan semenanjung pasir putih nan halus ini memiliki banyak keindahan yang masih belum diketahui banyak orang. Dengan hiasan air laut yang kehijauan indah dengan batu granit yang ada, Pulau Lutong sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Di sini terdapat banyak pepohonan ketapang dan kelapa yang menghiasi pinggiran pantai. Anda juga bisa berkeliling pulau yang menawan ini perlahan sambil bersantai menikmati waktu liburan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

11. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi
Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Tanjung Belitung memiliki ciri khas berupa bebatuan dengan ukuran besar dan berada di pinggir pantai. Para pengunjung biasanya menjadikan batuan tersebut untuk tempat duduk atau pengambilan foto estetik.

Ombak yang halus ditambah dengan pasir putih yang lembut, semakin membuat suasana pantai menjadi sangat menyenangkan. Bahkan hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pohon yang ada di pantai ini akan membuat suasana hati membaik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

12. Tirta Marundang

Tirta Marundang
Image Credit: Google Maps (Hanum Salviana)

Tirta Marundang, merupakan sebuah destinasi wisata baru yang airnya berasal dari Sungai Marundang. Tempat ini memiliki pesona yang indah alami dengan perairan yang jernih. Saking jernihnya, Anda dapat melihat bebatuan yang ada di dasar kolam ini.

Pesona yang menjadi daya tarik di tempat ini adalah pemandangannya yang asri. Anda dapat menjumpai ikan air tawar berenang lincah di dalam kolam. Suasananya yang sejuk walau di hari panas membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Air Seru, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

13. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang
Image Credit: Ksmtour.com

Diantara pantai-pantai lainnya, Tanjung Kelayang adalah yang paling bagus dalam menampilkan pemandangan eksotis. Mulai dari terumbu karang, batuan besar, hingga pasir putih yang begitu halus menjadi keindahan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Uniknya, setiap bebatuan memiliki bentuk yang hampir menyerupai berbagai hal seperti sofa, bentuk hati, dan masih banyak lagi. Jika Anda memiliki hobi fotografi maka akan mendapatkan hasil memuaskan apabila menggunakan pantai ini sebagai objek.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

14. Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gurok Beraye
Image Credit: Twitter.com @arahdestinasi

Air Terjun Gurok Beraye, sebuah destinasi wisata yang ada di Belitung ini menawarkan perairan yang jernih. Debit air yang mengalir di air terjun tersebut akan menyesuaikan musim, jika musim panas maka air akan mengalir kecil dan sebaliknya.

Di sini juga tersedia pemandangan alam yang asri dan masih hijau, sangat cocok untuk merileks-kan tubuh. Spot foto yang ada di sini banyak, yang paling menarik adalah underwater photobooth. Di perairannya yang kehijauan jernih ini, Anda dapat melihat bebatuan di dasar sungai serta ikan kecil yang berenang ke sana-kemari dengan lincah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kacang Butor, Kec. Badau, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

15. Bukit Berahu

Bukit Berahu
Image Credit: Bangkatour.com

Apakah Anda membutuhkan tempat yang tenang dan santai? Jika iya maka Berahu adalah jawabannya. Tidak hanya memiliki fasilitas lengkap, bukit ini juga punya pemandangan visual yang begitu memikat.

Di sekeliling terdapat kolam renang yang ukurannya tidak terlalu luas. Deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi juga menjadi nilai plus dari bukit satu ini. Anda bisa melakukan piknik bersama keluarga sambil menikmati pemandangan yang eksotis.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

16. Air Terjun Kapala Kawai

Air Terjun Kapala Kawai
Image Credit: Tribunnews.com

Destinasi wisata ini berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Anda dapat berenang dan mengabadikan foto sepuasnya ketika berada di sini. Tempat ini menawarkan suasana sejuk hutan yang masih asri dan hijau.

Terdapat tujuh tingkatan di air terjun setinggi kurang lebih 15 meter tersebut. Suasana yang ada di sekitarnya juga sepi dan tenang, cocok bagi Anda yang ingin sejenak menenangkan diri dari kesibukan tempat kerja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpang Rusa, Kec. Membalong, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

17. Pulau Memperak

Pulau Memperak
Image Credit: Vemmedaily.com

Jika Anda punya hobi snorkeling maka tidak boleh melewatkan pulau satu ini. Pulau yang tidak memiliki banyak penghuni ini dilengkapi dengan banyak sekali pantai dan kesempatan untuk bisa melakukan snorkeling bagi para pengunjung. Olahraga air satu ini adalah yang paling disukai dan menjadi andalan pulau ini.

Sayangnya, Anda harus membawa sendiri peralatan snorkeling yang dibutuhkan karena petugas tidak menyediakannya. Nantinya Anda akan menikmati kekayaan biota bawah laut yang tidak ada duanya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Buku Limau, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

18. Air Terjun Marsila

Air Terjun Marsila
Image Credit: Marigentrip.com

Air Terjun Marsila merupakan salah satu dari deretan air terjun yang ada di Belitung. Di sini Anda dapat menemukan sebuah spot berenang dengan air jernih dan menyegarkan. Lokasinya dekat dengan hutan sehingga masih terasa asri dan menyejukkan.

Anda dapat berfoto di sini sepuasnya. Yang menarik di tempat ini adalah air terjun yang berbentuk seperti tirai serta perairannya yang kehijauan jernih. Anda dapat melakukan underwater photobooth saat di sini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bentaian Jaya, Manggar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

19. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai
Image Credit: Indonesiakaya.com

Dinamakan sebagai pantai Nyiur Melambai karena pantai ini terkenal dengan hembusan anginnya yang sepoi-sepoi. Hal ini karena di sepanjang pantai terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi dan membawa suasana teduh.

Lewat garis pantai yang panjang juga membuat pemandangan pantai ini tampak begitu jelas. Ketika pagi hari, para nelayan berjualan sayuran hasil dari panenan lewat pulau seberang. Pemandangan tersebut juga disukai oleh para pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lalang, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

20. Bukit Peramun

Bukit Peramun
Image Credit: Google Maps (Ginta Wiryanto)

Bukit Peramun adalah sebuah destinasi wisata yang terkenal dengan pemandangan dan satwa endemiknya. Pemandangan yang dilihat di sini adalah hamparan pepohonan hijau dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa Anda temui di sini. Salah satunya adalah jembatan merah yang menjadi alat penyeberangan menuju desa sebelah, mobil terbang, dan lainnya.

Satwa yang ada di sini yang juga menjadi daya tariknya adalah Tarsius. Hewan mungil lucu bermata besar ini dapat Anda temukan jika berkunjung ke sini. Bukit dengan ketinggian sekitar 129 meter ini dapat didaki selama 30 menit lamanya. Anda dapat menaiki beberapa anak tangga yang akan menuntun Anda ke puncak. Di sini juga terdapat banyak spot foto menarik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Peramun, Air Selumar, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

21. Pantai Penyak

Pantai Penyak
Image Credit: Niapolman.wordpress.com

Pulau Belitung memang memiliki banyak sekali destinasi wisata berupa pantai, termasuk Pantai Penyek. Pantai ini menjadi tempat penghasil kelapa muda paling banyak di Belitung sehingga mampu menarik banyak wisatawan.

Di sepanjang sisi pantai, terdapat pohon kelapa berukuran sedang yang melambai-lambai dihembus angin. Anda bisa duduk bersantai di atas pasir putih sambil memandang keindahan pantai yang tidak pernah mengecewakan.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Penyak, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

22. Gusong Bugis

Gusong Bugis
Image Credit: Google Maps (Eco Wisata Gusong Bugis)

Di tempat ini terdapat sebuah pantai yang tergabung dengan kawasan hutan bakau yang indah. Anda dapat menikmati pemandangan di sini sambil berlayar di atas perahu yang tersedia di sekitar sana.

Pemandangan yang paling dinantikan pengunjung di sana adalah ketika matahari tenggelam. Anda dapat menyaksikan fenomena tersebut sambil bersantai di saung yang sudah disediakan. Di sini juga terdapat sebuah jembatan kayu yang digunakan untuk wisatawan menyusuri hutan mangrove sambil bersantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gusong Bugis, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

23. Kampong Dedaun

Kampong Dedaun
Image Credit: Agoda.com

Kampong Dedaun merupakan kawasan pantai yang sering dijadikan sebagai tujuan utama oleh pengunjung. Pada beberapa sudut pantai, terdapat gazebo-gazebo yang sengaja disediakan untuk bersantai.

Hal yang menarik, setiap pengunjung bisa menyewa perahu kayak dan berkeliling menikmati keindahan pantai. Jangan lupa untuk terus berada di tempat ini saat matahari terbenam karena sangat indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sijuk, Tanjung Tinggi, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

24. Open Pit

Open Pit
Image Credit: Google Maps (Didik Itopurwonegoro)

Open Pit, kawasan ini adalah bekas pertambangan yang sudah lama tidak aktif. Di sini terdapat sebuah danau luas dengan perkiraan dalam sekitar 30 sampai 60 meter. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, biru gelap air danau sangat kontras dengan warna merah tanah dan pepohonan hijau di sekitarnya. Tetapi, di sanalah letak keindahannya.

Sayangnya, danau ini masih belum boleh didekati dalam jarak tertentu, serta belum boleh digunakan untuk berenang. Banyak orang mengkhawatirkan senyawa yang belum diketahui yang terkandung di air danau tersebut. Anda dapat menikmati pemandangan danau ini dari ketinggian bukit yang ada di dekat sana.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Senyubuk, Kec. Kelapa Kampit, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

25. Tanjung Binga

Tanjung Binga
Image Credit: Traverse.id

Tanjung Binga sering disebut sebagai desa nelayan karena memang dihuni oleh para nelayan. Tanjung ini layaknya surga tersembunyi di Belitung karena menyimpan keindahan yang masih alami. Kondisi tempat wisata ini juga sangat bersih dan asri sehingga liburan akan terasa menyenangkan.

Di bagian tengah tanjung terdapat jembatan kayu dengan gubuk-gubuk kecil. Jika Anda ingin sekedar melepas penat dan menikmati waktu liburan, maka sangat disarankan untuk mengunjungi tempat satu ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

26. Dermaga Kirana

Dermaga Kirana
Image Credit: Twitter.com @travelblog_id

Siapa yang tidak tahu film Laskar Pelangi? Di tempat ini terdapat replika SD Muhammadiyah dan Museum Kata Andrea Hirata yang merupakan penulis buku yang menjadi dasar pembuatan film tersebut. Di Dermaga Kirana juga terdapat beberapa rumah keong yang menjadi daya tarik di tempat itu.

Penamaan rumah keong berasal dari bentuknya yang menyerupai keong dengan lantai berbentuk zigzag. Bahan pembuatan rumah ini hampir menyerupai rotan dengan jeda pada tiap garis batangnya sengaja dibuat agar pengunjung dapat melihat penampakan langitnya. Wisata ini sangat cocok dikunjungi ketika hari cerah.

Selain itu, Anda juga dapat berfoto di dalam rumah keong tersebut. Jika ingin mencoba yang lain, Anda dapat menyewa sampan atau perahu dayung yang ada di sini. Bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar dari atas kapal.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

27. Pulau Pasir

Pulau Pasir
Image Credit: Bangkatour.com

Sesuai dengan namanya, pulau ini memang terkenal dengan pasir putihnya yang lembut. Bahkan lebih lembut dibandingkan pantai lainnya. Uniknya, di bagian tengah pulau terdapat fenomena yang cukup mengejutkan, yakni adanya pulau kecil di tengah laut.

Pasalnya, pulau kecil tersebut hanya akan muncul ketika sedang pasang saja dan akan hilang saat surut. Pulau ini secara umum memiliki perairan yang dangkal sehingga pengunjung bisa bebas bermain air.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Buding, Kelapa Kampit, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

28. Pulau Burung

Pulau Burung
Image Credit: Facebook.com @indonesianphotography

Nama unik pulau ini berasal dari sebuah batu berbentuk kepala burung yang ada di tengah pantainya. Pantai di sini memiliki pasir putih dan perairan yang tenang, minim ombak, sehingga cocok untuk berenang dan kegiatan bermain air yang lain.

Pemandangan di sini sangat indah dan menenangkan. Tempatnya masih sepi pengunjung, sehingga Anda dapat rileks sejenak ketika berlibur kemari. Layaknya pantai yang lain, di sini terdapat banyak spot foto yang menarik. Luas pantai ini kurang lebih sekitar 2 hektar dengan pepohonan ketapang yang ditanam untuk menambah kesegaran mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

29. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan
Image Credit: Belitungisland.com

Belitung tidak hanya punya banyak pantai, tetapi juga beberapa bukit yang indah. Bukit Pangkuan sebuah tempat agrowisata yang cocok dikunjungi oleh keluarga karena ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor.

Karena merupakan tempat agrowisata, setiap pengunjung diajak untuk memanen setiap buah yang telah siap. Mulai dari kelengkeng, rambutan, melon, jambu, hingga sirsak, semuanya bisa ditemukan jika berkunjung ke Bukit Pangkuan.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mentawak, Kec. Kelapa Kampit, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

30. Gunung Burung Mandi

Gunung Burung Mandi
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Burung Mandi merupakan salah satu objek wisata andalan Belitung yang sangat disukai oleh wisatawan. Daya tarik dari tempat wisata satu ini adalah karena di dekat gunung yang indah, disuguhi pemandangan pantai yang tidak kalah menarik.

Pantai tersebut juga dinamakan dengan Burung Mandi yang memiliki hamparan pasir putih sangat luas. Di sekeliling pantai terdapat ratusan jenis pohon pinus yang siap membuat suasana menjadi sangat teduh, Anda bisa mengambil foto yang instagramable di dekat pantai ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Damar, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

31. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam
Image Credit: Google Maps (Ekawati Fauzi)

Pantai Tanjung Pendam, salah satu destinasi wisata yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Tempat ini menawarkan pemandangan indah dari pasir putih halus dan air laut biru kehijauan jernih. Salah satu yang menjadi daya tarik pantai ini adalah pemandangan matahari tenggelamnya.

Banyak wisatawan kemari hanya untuk menyaksikan salah satu fenomena alam tersebut sembari duduk santai bersama keluarga di gazebo yang sudah disediakan. Bagi pengunjung anak-anak juga terdapat banyak permainan dan penjual camilan yang berjejer si pinggiran pantai. Lokasi ini sangat cocok untuk berlibur sambil menikmati pemandangan yang indah.

Ombak di pantai ini cenderung tenang dan perairannya dangkal, dengan begitu tempat wisata ini sangat cocok untuk berenang serta aman untuk anak-anak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemuning, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

32. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar
Image Credit: Pegipegi.com

Dinamakan sebagai Batu Berlayar karena di dalam Pulau ini terdapat formasi batu granit yang cukup unik. Terdapat dua jenis batuan granit dengan ukuran besar yang membentuk mirip seperti kapal hendak berlayar. Itulah mengapa pulau ini identik dengan kata berlayar.

Pulau ini memang sangat kecil, tetapi keindahannya tidak diragukan lagi. Airnya sangat jernih dan tidak terlalu dalam sehingga siapa saja bisa melakukan beberapa aktivitas air tanpa perlu takut. Ada juga hamparan pasir putih halus yang semakin menambah keindahan dari pulau ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

33. Bukit Batu Baginde

Bukit Batu Baginde
Image Credit: Facebook.com @tonytansitania

Bukit indah ini berada di bagian Selatan Belitung. Selain dapat melihat hamparan pepohonan hijau di depan mata, dari atas bukit ini Anda juga bisa melihat birunya air Pantai Penyabong. Keduanya memang berdekatan. Bongkahan batu granit yang disebut Bukit Batu Baginde ini ada dua jenis, Batu Betina dan Batu Jantan. Saat ini baru Batu Betina yang boleh didaki.

Untuk sampai kemari Anda harus melewati jalan panjang yang halus, lalu sedikit traking ke tengah hutan dengan jalanan becek dan sempit. Di akhir perjalanan, Anda akan memanjat dinding bukit tersebut sebelum akhirnya dapat melihat pemandangan dari atas ketinggian yang indah.

Destinasi wisata ini masih lumayan sepi, karena medan perjalanannya sedikit menantang. Tetapi dengan begitu, tempat ini cocok untuk Anda berlibur sambil menenangkan diri, menikmati ciptaan Tuhan yang mengagumkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang Kandis, Kec. Membalong, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

34. Pulau Leebong

Pulau Leebong
Image Credit: 1001Malam.com

Diantara pulau-pulau lainnya di Belitung, Leebong adalah yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau ini memiliki fasilitas hiburan yang sangat lengkap, seperti sarana olahraga, snorkeling, jet ski, banana boat, dan standing kayak.

Tidak perlu khawatir dengan masalah alatnya karena petugas telah menyediakan beberapa alat untuk disewakan. Di tengah-tengah pulau juga terdapat jembatan kecil yang kerap dijadikan sebagai spot foto. Keindahan pulau ini memang mampu membius siapa saja yang melihatnya.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pegantungan, Kec. Badau, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

35. Sail Belitung

Sail Belitung
Image Credit: Maritim.go.id

Rekomendasi objek wisata terakhir yang wajib dikunjungi saat ke pulau ini adalah Sail Belitung. Sail Belitung merupakan pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya dan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah adanya event internasional yang diadakan secara tahunan.

Pada event tersebut, ratusan perahu jenis Yacht dari berbagai negara berkumpul. Awalnya perahu-perahu Yacht tersebut berlayar dari Australia kemudian singgah di berbagai tempat menarik di dunia, termasuk Indonesia. Tidak hanya Belitung saja, ada banyak daerah lainnya yang juga dilewati oleh kapal ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Nah, itulah 35 tempat wisata terbaik di Belitung yang bisa mengisi jadwal liburan Anda menjadi lebih menarik. Sebagian besar tempat wisata memang didominasi oleh pantai, tetapi masing-masing pantai memiliki kecantikan yang sangat khas.