19 Tempat Wisata di Belitung Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Belitung

Sejak kemunculan film Laskar Pelangi, Belitung menjadi salah satu pulau dengan destinasi wisata paling ingin dikunjungi oleh para wisatawan. Sebelumnya, masih banyak orang yang tidak menyadari keindahan dari Belitung dan menganggapnya sebagai pulau terpencil. Padahal, pulau yang lokasinya bersilangan dengan Pulau Bangka ini menyimpan sejuta keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak wisata alam berupa pantai yang pesonanya sangat berbeda dengan pantai-pantai di tempat lainnya. Keindahannya masih murni dan alami, bahkan layaknya surga tersembunyi. Untuk itu, jika Anda sudah memiliki rencana liburan tetapi bingung menentukan tempat yang tepat, Belitung bisa menjadi pilihan terbaik. Berikut ini ulasan 19 rekomendasi tempat wisata di Belitung yang wajib dikunjungi saat bertandang ke pulau satu ini.

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Image Credit: Piknikdong.com

Hal yang menarik dari Pulau Lengkuas adalah keberadaan mercusuar berwarna putih yang sangat tinggi. Letaknya berada di tengah-tengah pulau sehingga tidak heran apabila banyak menarik perhatian publik.

Para pengunjung bisa menyaksikan cantiknya Pulau Lengkuas dengan dari jarak ketinggian mercusuar tersebut. Apalagi deretan bebatuan yang disapu ombak semakin membuat pulau ini mempesona.

Lokasi: Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

2. Pantai Punai

Pantai Punai

Image Credit: Ksmtour.com

Ciri khas dari pantai ini yang membedakannya dengan pantai-pantai lainnya di Belitung adalah penampakan batuan granit yang cukup banyak. Batu granit tersebut banyak dimanfaatkan sebagai spot foto oleh pengunjung karena tampilannya yang beragam.

Selain itu ada juga pasir putih yang siap mempercantik pemandangan pantai ini dan membuat suasana menjadi lebih tenang. Anda bisa bermain pasir putih sambil menyaksikan ombak pantai yang berkejaran.

Lokasi: Tanjung Kelumpang, Kec. Dendang, Kab. Belitung Timur.

3. Danau Kaolin

Danau Kaolin

Image Credit: Pakettourbelitung.net

Tampilan dari Danau Kaolin sering diartikan sebagai surga dunia yang tersembunyi. Di bagian permukaan danau tampak berwarna biru pekat, tetapi dibingkai oleh daratan dengan warna pasir yang putih berkilauan.

Di bagian tengah danau terdapat semacam bukit kecil yang merupakan gundukan tanah beku. Anda bisa bermain air sepuasnya karena danau ini memiliki air dengan kandungan mineral tinggi yang biasa digunakan sebagai bahan kosmetik.

Lokasi: Perawas, Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

4. Batu Mentas

Batu Mentas

Image Credit: Pegipegi.com

Jika bosan dengan destinasi wisata pantai, Anda bisa beralih ke Batu Mentas yang merupakan sebuah kawasan hutan lindung. Di dalam hutan ini terdapat beberapa jenis satwa yang lucu dan langka, seperti misalnya Pelile’an.

Suasana di hutan ini juga tampak sangat asri karena di sekelilingnya banyak terdapat pohon-pohon menjulang tinggi dengan berbagai jenis. Jika mengunjungi Batu Mentas, setiap pengunjung bisa menikmati dua hal, satwa lucu dan suasana asri pepohonan.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Lokasi: Kacang Butor, Kec. Badau, Kab. Belitung.

5. Wisata Laskar Pelangi

Wisata Laskar Pelangi

Image Credit: Kamarhotel.web.id

Sudah bukan rahasia lagi apabila film Laskar Pelangi mampu membuat Belitung menjadi sangat terkenal. Maka tidak heran hingga akhirnya muncul tempat wisata satu ini. SD yang dulunya sebagai tempat syuting, disulap menjadi tempat semacam museum.

Di dalamnya terdapat berbagai koleksi tentang film Laskar Pelangi. Mulai dari novelnya, lukisan, aksesoris, hingga berbagai hiasan yang berhubungan dengan film. Semua ditata layaknya museum dengan sangat indah.

Lokasi: Lenggang, Kec. Gantung, Kab. Belitung Timur.

6. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Image Credit: Wikipedia.org

Pantai Tanjung Belitung memiliki ciri khas berupa bebatuan dengan ukuran besar dan berada di pinggir pantai. Para pengunjung biasanya menjadikan batuan tersebut untuk tempat duduk atau pengambilan foto estetik.

Ombak yang halus ditambah dengan pasir putih yang lembut, semakin membuat suasana pantai menjadi sangat menyenangkan. Bahkan hanya sekedar duduk-duduk di pinggir pohon yang ada di pantai ini akan membuat suasana hati membaik.

Lokasi: Desa Ciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

7. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Image Credit: Ksmtour.com

Diantara pantai-pantai lainnya, Tanjung Kelayang adalah yang paling bagus dalam menampilkan pemandangan eksotis. Mulai dari terumbu karang, batuan besar, hingga pasir putih yang begitu halus menjadi keindahan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Uniknya, setiap bebatuan memiliki bentuk yang hampir menyerupai berbagai hal seperti sofa, bentuk hati, dan masih banyak lagi. Jika Anda memiliki hobi fotografi maka akan mendapatkan hasil memuaskan apabila menggunakan pantai ini sebagai objek.

Lokasi: Pantai Tanjungm Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

8. Bukit Berahu

Bukit Berahu

Image Credit: Bangkatour.com

Apakah Anda membutuhkan tempat yang tenang dan santai? Jika iya maka Berahu adalah jawabannya. Tidak hanya memiliki fasilitas lengkap, bukit ini juga punya pemandangan visual yang begitu memikat.

Di sekeliling terdapat kolam renang yang ukurannya tidak terlalu luas. Deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi juga menjadi nilai plus dari bukit satu ini. Anda bisa melakukan piknik bersama keluarga sambil menikmati pemandangan yang eksotis.

Lokasi: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

9. Pulau Memperak

Pulau Memperak

Image Credit: Vemmedaily.com

Jika Anda punya hobi snorkeling maka tidak boleh melewatkan pulau satu ini. Pulau yang tidak memiliki banyak penghuni ini dilengkapi dengan banyak sekali pantai dan kesempatan untuk bisa melakukan snorkeling bagi para pengunjung. Olahraga air satu ini adalah yang paling disukai dan menjadi andalan pulau ini.

Sayangnya, Anda harus membawa sendiri peralatan snorkeling yang dibutuhkan karena petugas tidak menyediakannya. Nantinya Anda akan menikmati kekayaan biota bawah laut yang tidak ada duanya.

Lokasi: Pulau Buku Limau, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

BACA:  20 Tempat Wisata di Jambi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

10. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai

Image Credit: Indonesiakaya.com

Dinamakan sebagai pantai Nyiur Melambai karena pantai ini terkenal dengan hembusan anginnya yang sepoi-sepoi. Hal ini karena di sepanjang pantai terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi dan membawa suasana teduh.

Lewat garis pantai yang panjang juga membuat pemandangan pantai ini tampak begitu jelas. Ketika pagi hari, para nelayan berjualan sayuran hasil dari panenan lewat pulau seberang. Pemandangan tersebut juga disukai oleh para pengunjung.

Lokasi: Lalang, Kec. Manggar, Kab. Belitung Timur.

11. Pantai Penyak

Pantai Penyak

Image Credit: Niapolman.wordpress.com

Pulau Belitung memang memiliki banyak sekali destinasi wisata berupa pantai, termasuk Pantai Penyek. Pantai ini menjadi tempat penghasil kelapa muda paling banyak di Belitung sehingga mampu menarik banyak wisatawan.

Di sepanjang sisi pantai, terdapat pohon kelapa berukuran sedang yang melambai-lambai dihembus angin. Anda bisa duduk bersantai di atas pasir putih sambil memandang keindahan pantai yang tidak pernah mengecewakan.

Lokasi: Penyak, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah.

12. Kampong Dedaun

Kampong Dedaun

Image Credit: Agoda.com

Kampong Dedaun merupakan kawasan pantai yang sering dijadikan sebagai tujuan utama oleh pengunjung. Pada beberapa sudut pantai, terdapat gazebo-gazebo yang sengaja disediakan untuk bersantai.

Hal yang menarik, setiap pengunjung bisa menyewa perahu kayak dan berkeliling menikmati keindahan pantai. Jangan lupa untuk terus berada di tempat ini saat matahari terbenam karena sangat indah.

Lokasi: Jl. Raya Sijuk, Tanjung Tinggi, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

13. Tanjung Binga

Tanjung Binga

Image Credit: Traverse.id

Tanjung Binga sering disebut sebagai desa nelayan karena memang dihuni oleh para nelayan. Tanjung ini layaknya surga tersembunyi di Belitung karena menyimpan keindahan yang masih alami. Kondisi tempat wisata ini juga sangat bersih dan asri sehingga liburan akan terasa menyenangkan.

Di bagian tengah tanjung terdapat jembatan kayu dengan gubuk-gubuk kecil. Jika Anda ingin sekedar melepas penat dan menikmati waktu liburan, maka sangat disarankan untuk mengunjungi tempat satu ini.

Lokasi: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

14. Pulau Pasir

Pulau Pasir

Image Credit: Bangkatour.com

Sesuai dengan namanya, pulau ini memang terkenal dengan pasir putihnya yang lembut. Bahkan lebih lembut dibandingkan pantai lainnya. Uniknya, di bagian tengah pulau terdapat fenomena yang cukup mengejutkan, yakni adanya pulau kecil di tengah laut.

Pasalnya, pulau kecil tersebut hanya akan muncul ketika sedang pasang saja dan akan hilang saat surut. Pulau ini secara umum memiliki perairan yang dangkal sehingga pengunjung bisa bebas bermain air.

Lokasi: Pulau Pasir, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

15. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan

Image Credit: Belitungisland.com

Belitung tidak hanya punya banyak pantai, tetapi juga beberapa bukit yang indah. Bukit Pangkuan sebuah tempat agrowisata yang cocok dikunjungi oleh keluarga karena ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Karena merupakan tempat agrowisata, setiap pengunjung diajak untuk memanen setiap buah yang telah siap. Mulai dari kelengkeng, rambutan, melon, jambu, hingga sirsak, semuanya bisa ditemukan jika berkunjung ke Bukit Pangkuan.

Lokasi: Mentawak, Kec. Kelapa Kampit, Kab. Belitung Timur.

16. Gunung Burung Mandi

Gunung Burung Mandi

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Burung Mandi merupakan salah satu objek wisata andalan Belitung yang sangat disukai oleh wisatawan. Daya tarik dari tempat wisata satu ini adalah karena di dekat gunung yang indah, disuguhi pemandangan pantai yang tidak kalah menarik.

Pantai tersebut juga dinamakan dengan Burung Mandi yang memiliki hamparan pasir putih sangat luas. Di sekeliling pantai terdapat ratusan jenis pohon pinus yang siap membuat suasana menjadi sangat teduh, Anda bisa mengambil foto yang instagramable di dekat pantai ini.

Lokasi: Damar, Kec. Damar, Kab. Belitung Timur.

17. Pulau Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar

Image Credit: Pegipegi.com

Dinamakan sebagai Batu Berlayar karena di dalam Pulau ini terdapat formasi batu granit yang cukup unik. Terdapat dua jenis batuan granit dengan ukuran besar yang membentuk mirip seperti kapal hendak berlayar. Itulah mengapa pulau ini identik dengan kata berlayar.

Pulau ini memang sangat kecil, tetapi keindahannya tidak diragukan lagi. Airnya sangat jernih dan tidak terlalu dalam sehingga siapa saja bisa melakukan beberapa aktivitas air tanpa perlu takut. Ada juga hamparan pasir putih halus yang semakin menambah keindahan dari pulau ini.

Lokasi: Jl. Tanjung Kelayang, Kec. Sijuk, Kab. Belitung.

18. Pulau Leebong

Pulau Leebong

Image Credit: 1001Malam.com

Diantara pulau-pulau lainnya di Belitung, Leebong adalah yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau ini memiliki fasilitas hiburan yang sangat lengkap, seperti sarana olahraga, snorkeling, jet ski, banana boat, dan standing kayak.

Tidak perlu khawatir dengan masalah alatnya karena petugas telah menyediakan beberapa alat untuk disewakan. Di tengah-tengah pulau juga terdapat jembatan kecil yang kerap dijadikan sebagai spot foto. Keindahan pulau ini memang mampu membius siapa saja yang melihatnya.

Lokasi: Pegantungan, Kec. Badau, Kab. Belitung.

19. Sail Belitung

Sail Belitung

Image Credit: Maritim.go.id

Rekomendasi objek wisata terakhir yang wajib dikunjungi saat ke pulau ini adalah Sail Belitung. Sail Belitung merupakan pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya dan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah adanya event internasional yang diadakan secara tahunan.

Pada event tersebut, ratusan perahu jenis Yacht dari berbagai negara berkumpul. Awalnya perahu-perahu Yacht tersebut berlayar dari Australia kemudian singgah di berbagai tempat menarik di dunia, termasuk Indonesia. Tidak hanya Belitung saja, ada banyak daerah lainnya yang juga dilewati oleh kapal ini.

Lokasi: Jl. Kamboja II No.33 Rt.25/10, Pangkal Lalang, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

Nah, itulah 19 tempat wisata terbaik di Belitung yang bisa mengisi jadwal liburan Anda menjadi lebih menarik. Sebagian besar tempat wisata memang didominasi oleh pantai, tetapi masing-masing pantai memiliki kecantikan yang sangat khas.