Biaya Wisata: Mulai Rp 50.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Pegantungan, Kec. Badau, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Map: Cek Lokasi

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia, dengan jumlah puluhan ribu pulau. Salah satu pulau tersebut adalah Pulau Leebong yang terletak di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Daerah tersebut terkenal dengan pertambangan nya, namun dibalik itu tersimpan wisata alam yang cantik, eksotik dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat ini hampir sempurna keindahannya, bahkan banyak yang menganggap seperti Surga kecil di bumi Indonesia. Kecantikan tempat ini terlihat mulai dari pasir putih yang tertata rapi di tepi pantai, lautan biru yang terhampar sejauh mata memandang, hingga keindahan di dasar lautan.

Ada juga yang menganggap bahwa Pulau Leebong seperti Maldivesnya Indonesia, karena keindahan laut, pantai, dan hutan mangrove nya hampir sama. Jadi, jika anda ingin menikmati keindahan Pulau Maldives, namun terkendala waktu, biaya dan lain sebagainya, jangan bersedih dan jangan berduka, Pulau Leebong bisa sebagai gantinya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Leebong

Daya Tarik Pulau Leebong Belitung
Image Credit: Google Maps Lo Ellyn

Setiap orang pasti menyukai keindahan, kecantikan dan eksotisme alam. Hal ini dikarenakan menikmati alam dengan berbagai karakternya bisa memberi kepuasan, ketentraman dan ketenangan jiwa. Apalagi panorama alam bersatu padu, saling mengisi kekosongan sehingga membuat tempat tersebut sempurna. Daya tarik dari fenomena alam yang ada di sana membuat banyak wisatawan untuk berkunjung.

1. Dikelilingi Hutan Mangrove

Ekosistem alam perlu dijaga keseimbangannya, karena jika tidak dijaga dengan baik, akan berdampak mengganggu berlangsungnya ekosistem yang dapat menyebabkan kerusakan alam. Begitu juga dengan ekosistem di dalam laut, apabila tidak dijaga dengan baik, bisa dipastikan bahwa kehidupan di laut akan terganggu.

Seperti halnya di Pulau Leebong yang dikelilingi oleh Hutan Mangrove. Selain memberikan keindahan alam, ekosistem di sana terjaga dengan baik. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya jenis ikan dengan berbagai warna, terumbu karang dan keindahan lainnya.

2. Maldives-nya Indonesia

Liburan atau refreshing merupakan salah satu cara untuk mencari ketentraman, kenyamanan dan ketenangan jiwa. Untuk mendapatkan hal tersebut, banyak orang yang rela menghabiskan waktu, tenaga, dan bahkan biaya. Suatu misal liburan ke Maldives atau Maladewa, untuk berlibur ke tempat tersebut biaya yang harus disiapkan sebanyak puluhan juta rupiah per orang.

Biaya yang tidak sedikit untuk sekadar liburan, dan itu semua hanya mencari kepuasan jiwa. Namun, kini ada tempat liburan dengan kualitas seperti di Maldives dengan biaya hanya ratusan ribu hingga jutaan rupiah saja. Tempat tersebut adalah Pulau Leebong atau Maldives nya Indonesia.

3. Hamparan Pasir Putih Bersih

Pasir putih menjadi daya tarik tersendiri bagi mata yang memandang, karena dengan melihatnya seolah mata ini tenang, sejuk dan menyehatkan. Apalagi jika pasir putih tersebut berada di pantai dihiasi pohon hijau di sekitarnya, seperti pohon kelapa, mangrove dan lainnya.

Panorama alam itu dapat anda saksikan dan nikmati ketika berada di pulau cantik ini. Hamparan pasir putih bersih di bibir pantai, dan berbagai pohon hijau yang setia menemaninya. Selain itu, birunya air laut yang di tutupi birunya langit dan hembusan anginnya membuat suasana hati semakin mengharu biru.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Leebong Belitung
Image Credit: Twitter Anies Ulani

4. Rumah Pohon Menghadap Pantai

Rumah pohon merupakan suatu tempat yang unik, asyik dan menarik untuk dinikmati. Dengan berada di sana, anda bisa melihat keindahan di sekitarnya dan merasakan hembusan angin yang datang. Apalagi jika rumah pohon tersebut berada di pantai, tentu semua orang ingin menikmati suasana di tempat itu.

Di Pulau Leebong, rumah pohon menghadap pantai sudah tersedia dan siap melayani wisatawan yang datang. Keindahan pantai pasir putih yang terhampar, birunya lautan sejauh mata memandang, hembusan angin sepoi-sepoi, pohon hijau yang melambai seolah memanggil seperti sahabat lama yang lama tidak jumpa.

5. Gazebo di Atas Laut

Sudah hal biasa jika Gazebo berada di café atau rumah makan. Sangat banyak Gazebo di taman atau di tempat lainnya. Namun, hal yang luar biasa adalah Gazebo berada di atas lautan. Anda akan menemukan Gazebo tersebut ketika berada di Pulau dengan panorama alam eksotis ini.

Betapa uniknya tempat itu, sangat asyik dan menariknya suasana di sana. Dengan duduk santai di atas Gazebo sambil melihat lautan dan langit yang biru, memberikan kepuasan yang tidak bisa dinilai dengan materi. Hal ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Leebong Belitung
Image Credit: Twitter Kelinci Paskah

Letak Pulau Leebong tepatnya berada di Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Jarak tempuh menuju ke pulau tersebut sekitar 3 km dari pesisir pantai Pulau Belitung. Sedangkan waktu yang dibutuhkan sekitar 45 menit dari Tanjung Pandan.

Untuk menuju tempat tersebut, anda bisa menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan. Namun yang lebih disarankan adalah menggunakan transportasi penyeberangan laut menggunakan kapal Ferry. Selain lebih murah, kendaraan tersebut juga lebih cepat dibandingkan harus menggunakan transportasi darat.

Estimasi Biaya Wisata ke Pulau

Tiket Pulau Leebong Belitung
Image Credit: Google Maps Friandi Marta Stiawan

Rute menuju lokasi dilalui dengan berbagai kendaraan seperti halnya berpetualang. Hal ini mengharuskan anda menyediakan uang untuk memenuhi kebutuhan membayar berbagai jenis tiket. Beberapa tempat dan harga tiket yang harus dilalui adalah sewa speed boat dari pelabuhan menuju pulau dengan biaya sekitar Rp. 50.000 per orang.

Harga tersebut masih belum termasuk biaya tiket masuk sebesar 50.000 rupiah. Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. Saat berada di lokasi dan ingin menggunakan fasilitas tambahan, maka bisa membayar langsung dengan harga yang sudah tertera. Begitu juga saat ingin menginap, berbagai macam villa sudah tersedia dengan harga sekitar Rp. 4.800.000 per malam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Leebong

Aktivitas Pulau Leebong
Image Credit: Google Maps Mariani tjio

Suasana syahdu, ombak yang menggulung malu, pantai pasir putih bersih, pepohonan hijau memukau, sungguh sangat disayangkan jika tidak ada aktivitas yang menarik Pulau Leebong. Apalagi jika banyak fasilitas yang tersedia di sana. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berada di pulau tersebut!

1. Menaiki Paddle Board

Tidak perlu memanggil tukang sulap jika ingin berdiri di atas laut atau pantai, dengan menaiki Paddle Board atau Papan Dayung anda juga bisa melakukan hal itu. Fasilitas tersebut tersedia di pulau cantik ini. Berdiri sambil mendayung, melihat panorama alam yang indah, menghirup udara segar dan kaya oksigen, merupakan aktivitas yang sangat menarik untuk dilakukan. Apalagi ombak di sana tidak terlalu besar, ombak tersebut berjalan tersipu malu.

2. Snorkeling

Snorkeling atau menyelam adalah aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan. Laut biru terhampar dengan hutan mangrove yang lebat, bisa dipastikan bahwa kehidupan di bawah laut tersebut sangat indah. Berbagai hewan dan tumbuhan laut beraktivitas di sana, seperti terumbu karang, aneka warna ikan dengan berbagi jenisnya dan hewan lainnya. Semua dapat dilihat dan akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

3. Berenang di Pulau Leebong

Selain menyelam, berenang juga sangat menyenangkan di Pulau Leebong. Keindahan laut, kejernihan dan kesegaran airnya bisa dirasakan dengan saksama dalam tempo sesuai keinginan. Sensasi berenang di tempat tersebut tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Aktvivitas Seru Pulau Leebong Belitung
Image Credit: Google Maps ar hakam

4. Menikmati Sunset

Melihat sunset di bukit merupakan hal biasa, namun saat menikmati Sunset di pantai dengan keindahan alam yang nyaris sempurna adalah suasana yang luar biasa. Saat keindahan alam dengan suasana terang sinar matahari, seketika itu perlahan melambai menyapa berubah warna menjadi jingga, hingga matahari sesaat sirna berubah gelap gulita.

5. Bermain Voli Pantai

Pasir putih bersih dan lembut terhampar luas di bibir pantai tidak cukup hanya disaksikan saja. Bagi yang hobi bermain voli, tempat tersebut sangat sempurna untuk melakukan olahraga ini. Bersama keluarga atau teman kerja saat berkunjung ke sana, olah raga tersebut merupakan aktivitas yang menyenangkan, menyehatkan dan untuk menghilangkan ketegangan.

6. Bersepeda

Olahraga menarik lainnya saat berada di Pulau Leebong adalah bersepeda. Keindahan tempat tersebut dapat anda nikmati dengan perlahan dalam setiap sudutnya, sambil menghirup udara segar dan hembusan angin yang sedikit menampar, memberikan kesehatan dan sensasi tersendiri saat bersepeda. Apalagi aktivitas tersebut lebih menarik dilakukan bersama dengan teman maupun keluarga tercinta.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau Leebong Belitung
Image Credit: Twitter Kelinci Paskah

Menjadi tempat wisata kelas dunia menjadi beban sekaligus tantangan. Jika fasilitas yang disediakan tidak memuaskan, maka menjadi beban tersendiri bagi pengelola. Namun saat fasilitas yang tersedia dapat memuaskan wisatawan, hal itu menjadi kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Seperti halnya di Pulau Leebong, berbagai fasilitas utama di sana sudah lengkap sehingga pihak pengelola merasa senang dan puas.

Hal itu juga didukung dengan fasilitas lain yang menambah kelengkapan dan kesempurnaan fasilitas yang ada. Sebagai contoh adalah toilet untuk wisatawan dan kamar mandi bagi pengunjung yang gerah dengan situasi dan kondisi. Selain itu, ada juga kamar bilas saat pengunjung selesai melakukan aktivitas berenang atau menyelam.

Adanya minimarket yang tidak jauh dari lokasi wisata utama menjadi pelengkap fasilitas yang dimiliki. Anda bisa belanja makanan ringan sebagai teman saat nongkrong di pantai atau lautan. Fasilitas lain yang ditemukan adalah tempat ibadah dan berbagai penginapan dengan paket menarik khusus wisatawan.

Liburan ke Maldives sendirian bisa membiayai liburan ke Pulau Leebong sekitar sepuluh orang. Begitulah perkiraan perbandingannya, namun kualitasnya tidak jauh berbeda. Jika memilih antara dua tempat tersebut, maka pilihlah liburan ke Maldives nya Indonesia agar anda bisa liburan bersama teman atau keluarga.