Indonesia kaya akan destinasi wisata, bahkan sektor tersebut menjadi pusat perhatian dunia. Mulai dari danau, pegunungan, hingga pantai, semua ada di negeri tercinta ini. Sebagai contoh adalah provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan pesona pantai luar biasa. Salah satu kabupaten yang menyediakan banyak pantai sekaligus adalah Lombok Tengah. Banyak wisatawan yang penasaran ingin mengunjungi tempat tersebut, apalagi jika pantai di kabupaten ini mempunyai daya tarik tersendiri, selain pemandangan laut tentunya.

Selain terkenal dengan banyaknya masjid, pulau Lombok juga dikenal akan pantainya yang eksotis. Air laut berwarna biru yang dihiasi dengan batuan karang menjulang di tengah pantai menjadi pemandangan yang khas dan juga sebagai daya tarik wisatawan. Hanya dari satu kabupaten, anda bisa menemukan puluhan pantai menarik yang tidak dapat terlupakan.

Meskipun kebanyakan susah dijangkau, namun tidak menyurutkan niat wisatawan untuk menikmati keindahannya. Bagaimana tidak, anda bisa saja merasa sedang berada di surga ketika berkunjung ke salah satunya. Apa saja pantai cantik di Lombok Tengah yang dimaksud? Berikut rangkuman selengkapnya!

1. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Google Maps Anto AF

Di Bali juga ada pantai Kuta dengan pesona alamnya sendiri dan terkenal di seluruh dunia. Namun kali ini kita membahas pantai Kuta Lombok dengan keindahan luar biasa. Warna air laut biru yang cantik dan menyegarkan mata selama memandang menjadi daya tariknya. Selain itu, ada sebuah batu besar yang masih dalam satu garis pantai, namun sedikit berkelok.

Batu tersebut tampak seperti gunung mini, dimana bentuknya meruncing ke atas. Ada juga batu cantik di tengah pantai yang cocok dijadikan background foto. Jika anda ingin bermain pasir, pantai Kuta Lombok ini juga menyediakan pasir putih dengan butiran halus seperti tepung. Wisatawan juga sering memanfaatkan fasilitas penginapan yang ada di dekat lokasi, baik itu vila maupun hotel.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
Image Credit: Google Maps Jane N

Lokasinya berada di Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai dengan daya tarik perbukitan di sekitar lokasi ini juga wajib anda kunjungi. Meskipun letaknya menghadap persis di samudera Hindia, namun masih tergolong aman untuk melakukan aktivitas menarik seperti snorkeling atau surfing.

Pantai Selong Belanak mempunyai garis pantai cukup panjang dengan ketinggian mendatar dengan air laut. Jika tidak ada angin dan ombak, anda mungkin mengira pantai tersebut termasuk daratan. Fasilitas yang disediakan seperti halnya pantai pada umumnya, yaitu lazy sofa dan payung khas pantai. Untuk bisa sampai ke lokasi, anda perlu melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor selama 2 jam dari Mataram.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Mawun

Pantai Mawun
Image Credit: Google Maps Deeptha Madhuranga

Pantai cantik berikutnya yang layak dikunjungi adalah Pantai Mawun. Lokasinya berada di desa Tumpak, kecamatan Pujut, tidak jauh dari lokasi pantai Selong Belanak. Pengunjung juga bisa melihat perbukitan di setiap sisi pantai dengan bentuk mirip gunung. Airnya yang jernih dengan warna biru menjadi daya tarik bagi wisatawan yang jauh dari kehidupan pesisir.

Bagi yang suka menyendiri untuk mendapatkan ketenangan, Pantai Mawun cocok menjadi alternatif tujuan. Pasalnya, tidak banyak wisatawan yang mengunjunginya, setidaknya sampai saat ini. Sayangnya, tidak banyak fasilitas yang disediakan. Jadi anda harus menyiapkan peralatan sendiri, seperti tikar alas, payung, atau bahkan kursi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa tenggara Barat.

4. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk
Image Credit: Twitter IG : TRIPHEMAT

Keindahan Pantai Gerupuk tidak dapat dikesampingkan dalam daftar tujuan wisata anda. Bukan hanya mempunyai air jernih berwarna biru, namun juga pasir putih yang lembut dan aman untuk arena beramin anak-anak. Di tengah pantai ada sebuah batu besar menjulang tinggi, cocok dijadikan latar belakang foto untuk mengabadikan momen liburan.

Pantai ini dilengkapi dengan ombak tinggi dalam waktu tertentu. Hal ini justru menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin olahraga ekstrem seperti surfing. Jika anda mengunjungi Pantai Gerupuk dengan tujuan tersebut, sebaiknya datang pada bulan Oktober hingga april, dimana terdapat angin kencang yang membawa ombak di tepi pantai. Bahkan ombak yang dihasilkan bisa mencapai lebih dari 3 meter jika anda beruntung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung
Image Credit: Google Maps Kaitlind Marek

Dinamakan Pantai Batu Payung karena ada batuan besar yang menyerupai payung di tepi pantai. Memang tidak persis seperti payung yang digunakan sebagai alat berteduh, namun setidaknya anda bisa berteduh dibawah batu tersebut. Adanya batu tersebut menjadi daya tarik utamanya, dimana kebanyakan pengunjung memanfaatkannya untuk foto.

Lokasi destinasi bahari ini berada di Jalan Kuta Lombok, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah dengan akses jalan tidak mudah. Anda bisa menyeberang menuju lokasi menggunakan perahu sewaan, atau berjalan menyusuri bukit di ujung pantai Tanjung Aan. Bagi anda yang ada niat untuk berkunjung, sebaiknya datang pada sore hari. Dikatakan sebagai salah satu pantai cantik karena anda bisa menjadi saksi keindahan matahari terbenam.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta Lombok, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Google Maps Florian Rüegg

Berikutnya ada Pantai Tanjung Aan yang sangat unik karena terdapat dua jenis pasir berbeda. Pasir pertama yang anda temukan yaitu jenis pasir putih pada umumnya, dan kedua adalah pasir dengan butiran kasar seperti merica. Pantai ini juga dikenal dengan Pantai Merica karena keberadaan pasir tersebut.

Selain itu, ada keunikan lain berupa garis pantai yang sangat panjang. Panjangnya garis tersebut bahkan dibagi menjadi tiga dengan nama pantai yang berbeda. Ada nama Pantai Cemara, pantai Batu Kotak, dan yang terakhir adalah pantai Orong Pandan. Lokasinya tidak jauh dari desa Kuta, tepatnya di Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pengembur, Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Tanjung Bongo

Pantai Tanjung Bongo
Image Credit: Google Maps Ahmad Giffari

Bagi anda yang ingin menikmati banyak pemandangan alam sekaligus, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Tanjung Bongo. Termasuk salah satu pantai yang menawan karena anda bisa menyaksikan panorama batuan karang, tebing, bukit, dan kejernihan air laut dalam satu tempat. Garis pantainya cukup kecil, jadi masih sepi pengunjung meskipun hari libur.

Tentu saja hal ini justru menjadi daya tarik bagi wisatawan yang tidak suka keramaian atau dengan tujuan tidak ingin berbagi keindahannya dengan pengunjung lain. Alasan kenapa masih sepi dan tidak begitu banyak pengunjung dikarenakan lokasinya yang tersembunyi. Pengunjung juga harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke lokasi dengan menyusuri bukit Merese sebelah timur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Semeti

Pantai Semeti
Image Credit: Google Maps Prantto

Tidak seperti pantai pada umumnya dengan bentangan pasir putih cukup luas, Pantai Semeti justru banyak terdapat batuan karang kecil. Lokasinya yang tersembunyi membuat pantai cantik di Lombok Tengah ini masih sepi pengunjung. Meski demikian, keindahannya tidak dapat diabaikan dengan batuan karang besar yang menjorok ke pantai.

Bahkan akhir-akhir ini semakin populer dengan banyaknya wisatawan yang membagikan foto melalui media sosial. Supaya bisa sampai ke lokasi, ada yang harus diperhatikan terlebih dahulu, yakni tidak melakukan perjalanan ketika musim hujan. Hal ini dikarenakan jalan yang harus dilalui masih belum beraspal sehingga sering becek ketika terkena hujan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

9. Pantai Seger Lombok Tengah

Pantai Seger Lombok Tengah
Image Credit: Google Maps agung ramadhan

Sejarah dan keindahan, itulah yang anda dapatkan ketika berkunjung ke salah satu destinasi bahari yang dikenal dengan Pantai Seger. Sejarah yang dimaksud adalah legenda dari Putri Mandalika yang terjun ke laut dikarenakan keadilan nya untuk menanggapi lamaran dari banyaknya pemuda. Dengan kejadian tersebut, di lokasi pantai banyak ditemukan cacing warna-warni. Oleh sebab itulah pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Nyale, dimana mempunyai arti cacing dengan banyak warna.

Pantai ini juga dikenal akan kecantikan sunset, jadi pastikan anda mengunjunginya pada sore hari dengan keadaan cuaca cerah. Jika beruntung, anda juga bisa menyaksikan tradisi warga setempat yang dinamakan Bau Nyale, yakni berburu cacing. Tradisi tersebut disesuaikan dengan penanggalan suku Sasak, tepatnya pada tanggal 20 bulan 10. Selain daya tarik tersebut, anda juga sia menyaksikan monumen berupa patung Putri Mandalika di sekitar pantai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

10. Pantai Serenting

Pantai Serenting
Image Credit: Google Maps Yann J

Tidak jauh dari lokasi Pantai Seger, anda bisa menemukan pantai lain yang dikenal dengan Pantai Serenting. Jangan heran ketika anda tidak mendapati banyak pengunjung di lokasi, hal ini dikarenakan memang masih sepi pengunjung. Bukan berarti tidak ada keindahan atau daya tarik utamanya, karena memang lokasinya yang sulit dijangkau. Di lokasi pantai, anda bisa bersantai sambil menikmati panorama khas pantai, serta tiupan angin sejuk.

Selain itu, pasir putih yang terbentang luas juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi anak-anak. Birunya air laut yang jernih juga tidak bisa lepas dari pandangan, apalagi jika sejauh mata memandang, anda bisa melihat fatamorgana karena tidak ada batasan lagi antara air laut dengan langit biru. Jika anda ingin keindahan lebih, bisa juga mendaki bukit yang ada di ujung pantai untuk menyaksikan panorama pantai dari atas ketinggian.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Dari semua penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pantai di Lombok Tengah memang tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan pantai ditempat lain, terutama di Bali. Akan tetapi tidak ada salahnya jika anda kebetulan sedang berada di kabupaten Lombok Tengah, kemudian mampir di beberapa lokasi pantai yang telah disebutkan diatas.