15 Tempat Wisata di Pemalang

Pemalang menjadi salah satu destinasi liburan para wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Kota yang mendapat julukan sebagai kota Grombyang ini memang cukup terkenal dengan banyaknya tempat yang bisa dikunjungi baik itu untuk sekedar berfoto ria dan berlibur sejenak.

Kota dengan jumlah penduduk yang cukup padat ini mampu mendatangkan wisatawan setidaknya 300.000 pengunjung setiap tahunnya. Hal ini mampu meningkatkan pendapatan kota Pemalang dari sektor pariwisatanya.

Tempat Wisata di Pemalang cukup beragam karena letak kota ini yang secara geografis berada di ketinggian dan beberapa wilayah terletak pada dataran rendah. Jadi memungkinkan untuk terbentuk banyaknya tempat yang akhirnya diresmikan sebagai tempat pariwisata. Berikut ini beberapa daftar wisatanya:

1. Widuri Water Park

Widuri Water Park

Lokasi: Jl. Laksda Yos Sudarso No. 1, Widuri, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Obyekwisata.org

Arena taman bermain akan sangat dicari-cari bagi Anda yang berwisata dengan keluarga besar, maka Widuri Water Park menjadi pilihan yang tepat. Disini Anda dapat menikmati berbagai macam wahana baik yang didalam gedung, ataupun wahana air.

Untuk bisa masuk ke taman bermain ini Anda cukup menyiapkan dana sebesar Rp 13.500 di hari biasa dan Rp 15.000 untuk hari libur. Setiap hari tempat ini selalu ramai pengunjung khususnya di hari libur nasional dan liburan tahun baru.

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet

Lokasi: Kab. Brebes, Kab. Banyumas, Kab. Purbalingga, Kab. Tegal, dan Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Kaskus.co.id

Untuk Anda pecinta alam atau yang gemar mendaki gunung, belum lengkap rasanya jika belum merasakan keindahan puncak Gunung Slamet. Dengan ketinggian 3.428 mdpl gunung ini memiliki medan yang cukup menantang untuk didaki.

Letaknya yang berada diantara 5 kabupaten di Provinsi Jawa Tengah menjadi daya tarik tersendiri untuk gunung yang masih aktif ini. Tarif mendaki Gunung Slamet cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 5.000.

3. Pantai Widuri

Pantai Widuri

Lokasi: Jl. Laksda Yos Sudarso, Widuri, Kec. Pemalang, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Toplintas.com

Siapa yang tidak mengenal Pantai Widuri? Pantai yang terkenal akan keindahan ombaknya ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Keunikan lain dari pantai ini yaitu terdapat sebuah jembatan panjang yang terbuat dari kayu membentang sampai ke tepi pantai.

Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota yaitu berada di Jl. Yos Sudarso, Widuri, Kec. Pemalang membuat pantai ini mudah untuk ditemukan. Jalur yang dilalui pun cukup mudah jika memakai kendaraan roda 4.

4. Pantai Joko Tingkir

Pantai Joko Tingkir

Lokasi: Jl. Desa Kendal-Doyong, Nyamplungsari, Kec. Petarukan, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Twitter @GNFI

Banyak sekali pantai yang ada di Pemalang salah satunya Pantai Joko Tingkir, ombaknya yang tidak terlalu tinggi membuat Anda dapat bermain-main dengan air lautnya. Namun, tetap saja jika membawa anak-anak pengawasan orangtua tetaplah diperlukan.

Tarif memasuki kawasan pantai ini dipatok sebesar Rp 3.000 untuk setiap orang. Dengan luas 1,5 hektare memberikan setiap pengunjung bebas bermain dan berlarian di wilayah pantai ini. Pantai ini tidak kalah indah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kota Pemalang.

5. Telaga Rengganis

Telaga Rengganis

Lokasi: Desa Gapura, Kec. Watukumpul, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibaru.id

Destinasi wisata selanjutnya yaitu Telaga Rengganis adalah sebuah telaga yang menurut masyarakat Pemalang terdapat banyak sekali cerita legenda dan mitos yang dipercaya. Namun, jika dilihat dari sektor pariwisata telaga ini cukup menarik untuk dikunjungi.

Terletak di daerah Watu Kumpul, Pemalang membuat tempat ini cukup mudah untuk ditemukan. Selain menyajikan pemandangan telaga di tempat ini Anda juga dapat menikmati pemandangan alam lainnya seperti tanaman-tanaman yang tumbuh di sekitarnya.

6. Hutan Mangrove Mojo Pemalang

Hutan Mangrove Mojo Pemalang

Lokasi: Mojo II, Mojo, Kec. Ulujami, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Localguidesconnect.com

Selain wisata pantai, di Kota Pemalang juga terdapat sebuah Hutan Mangrove Mojo dengan luas wilayah sebesar 410 hektare. Di tempat ini juga terdapat sebuah area pertambakan yang cukup luas juga yaitu 1.940 hektare.

Untuk bisa masuk dan menikmati hutan mangrove ini secara langsung cukup siapkan dana sebesar Rp 10.000 untuk setiap pengunjung. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama penduduk lokal, namun wisatawan dari luar daerah juga tidak kalah antusias.

7. Gunung Gajah

Gunung Gajah

Lokasi: Desa Gongseng, Kec. Randudongkal, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Tanahnusantara.com

Jika Anda ingin mencoba untuk mendaki gunung namun belum siap dengan medan yang keras dan ketinggian gunung yang luar biasa, maka Anda dapat mencoba Gunung Gajah. Dengan ketinggian 1.110 mdpl gunung ini sangat cocok bagi pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki.

Disebut Gunung Gajah karena ketika dilihat dari atas bentuk gunung ini akan menyerupai seekor gajah. Di tempat yang masih terjaga kealamiannya ini masih terdapat beberapa ekor monyet yang menampakkan diri mereka kepada pengunjung yang datang.

8. Air Terjun Sibedil

Air Terjun Sibedil

Lokasi: Jl. Kyai Abdurrosyid, Karangbulu, Sima, Kec. Moga, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Morincirebon.blogspot.com

Yang senang bermain dengan air wajib bagi Anda untuk berkunjung ke Air Terjun Sibedil, letaknya yang tidak jauh dari perkotaan maka tidak akan sulit untuk menemukannya. Meskipun tidak cukup tinggi, namun air terjun ini cukup menarik perhatian untuk dikunjungi.

Disana terdapat beberapa spot foto dimana Anda bisa mengabadikan momen indah Anda ketika berkunjung. Dengan tinggi 10 meter air yang turun dari atas akan terjun di sebuah kolam yang menyatu dengan tebing air terjun ini, sangat menarik bukan.

9. Curug Pitu

Curug Pitu

Lokasi: Badak, Kec. Belik, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Google Maps (Rohman)

Curug yang dalam bahasa Indonesia berarti air terjun, dan Pitu yang berarti tujuh. Salah satunya curug pitu atau air terjun tujuh, disebut demikian karena keunikannya yaitu terdapat tujuh tingkat aliran pada curug ini.

Selain menikmati air terjun Anda juga dapat menyaksikan pemandangan alam yang masih sangat alami. Jalur yang ditempuh untuk mencapai tempat ini cukup menantang, selain dengan kendaraan Anda juga harus berjalan kaki.

10. Mata Air Moga Pemalang

Mata Air Moga Pemalang

Lokasi: Jl. Raya Moga – Pulosari Gamprit, Banyumudal, Kec. Moga, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Google Maps (Tatariani Trisaka)

Mata air moga adalah sebuah mata air alami berbentuk kolam yang sudah ada sejak lama, namun baru diresmikan sebagai tempat wisata sekitar tahun 2008. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berlibur atau berobat terapi dengan mata airnya.

Tarif yang dikenakan untuk bisa menikmati mata air moga ini sebesar Rp 2.000 untuk parkir. Pemerintah setempat terus meningkatkan fasilitas untuk Objek Wisata di Pemalang yang satu ini, salah satunya dengan menambah sarana umum seperti tempat ibadah dan warung makanan.

11. Kedung Bening

Kedung Bening

Lokasi: Desa Majalangu, Kec. Watukumpul, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Instagram @rozikin.nf

Disebut kedung bening karena air yang ada memang sangatlah bening, pasokan air ini berasal dari sumber mata air pegunungan. Tempat ini sangat diminati oleh wisatawan khususnya anak muda yang senang mengabadikan foto di tempat ini.

Meskipun akses yang dijangkau tidaklah mudah, namun pemandangan yang disajikan tidak akan mengecewakan. Untuk bisa merasakan sensasi kedung bening ini, pengunjung di beri tarif masuk sebesar Rp 0 atau gratis.

12. Goa Gunung Wangi

Goa Gunung Wangi

Lokasi: Desa Glandang, Kec. Bantarbolang, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Irmadamayblog.wordpress.com

Bagi Anda yang menyukai petualangan berkunjung ke Goa Gunung Wangi akan memberikan pengalaman yang sangat berkesan. Goa ini terdiri atas gugusan beberapa goa lainnya seperti goa siluman, goa pengantin, goa buyung, goa laren dan goa bandung.

Di dalam goa ini Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indah yaitu barisan stalagmit yang berbentuk seperti sebuah tirai, tidak hanya itu Anda akan merasakan atmosfer yang masih sangat alami ketika memasuki goa ini.

13. Telaga Silating

Telaga Silating

Lokasi: Desa Sikasur, Kec. Belik, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Wisatadipemalang.com

Terletak di desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang makan Anda akan menemukan Telaga Silating. Tidak seperti telaga pada umumnya disana Anda dapat menikmati memutari telaga menggunakan perahu angsa, juga terdapat beberapa wahana bermain untuk anak-anak.

Untuk bisa mengunjunginya Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 2.000 sampai dengan Rp 4.000 tergantung dengan harinya. Dengan harga yang cukup terjangkau Anda sudah bisa menikmati wahana yang ada di telaga ini.

14. Kebun Teh Semugih

Kebun Teh Semugih

Lokasi: Jl. Raya Moga – Pulosari, Simadu Barat, Banyumudal, Kec. Moga, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Jika sedikit ingin bersantai ketika berlibur mungkin Anda dapat mencoba untuk datang ke kebun teh semugih yang terletak di Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang.

Tidak hanya bisa menikmati suasana kebun teh, namun Anda juga dapat berfoto-foto pada beberapa spot yang telah disediakan dengan latar belakang kebun teh. Sangat menarik minat pengunjung khususnya para wanita.

15. Bukit Sukawera

Bukit Sukawera

Lokasi: Desa Sikasur, Kec. Belik, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelingyuk.com

Destinasi berikutnya yaitu Bukit Sukawera sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi dan terletak di desa Gombong. Bukit ini memiliki keunikannya sendiri yaitu sering terdapat sebuah kabut yang menyelimuti wilayahnya.

Banyak warga lokal dan pengunjung dari luar daerah yang selalu meramaikan bukit ini. Letaknya pun tidak jauh dari perkotaan dan mudah untuk dijangkau. Biaya yang dipatok juga cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 3.000.

Demikian ulasan mengenai beberapa Destinasi Wisata di Pemalang. Untuk Anda yang gemar traveling wajib untuk memasukkannya ke dalam daftar kunjungan. Jangan lupa menabung untuk bisa berlibur ke tempat-tempat indah yang ada di Indonesia.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak