Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-17.00WIB, Alamat: Tipang, Kec. Bakti Raja, Kab. Humbang Hasundutan, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Indonesia mempunyai segudang tempat wisata yang tersebar di berbagai wilayah. Setiap pulau di Indonesia memiliki beragam tempat wisata menarik mulai dari wisata sejarah, wisata alam, sampai dengan wisata kekinian yang hits di kalangan anak muda. Di Pulau Sumatera ada Air Terjun Janji yang merupakan tempat wisata alam menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Sebagian besar wisatawan lebih mengenal Danau Toba, tempat wisata yang menyimpan keindahan danau jenis vulkanik dengan cerita sejarah menarik. Di kawasan Sumatera Utara sendiri memang menyimpan banyak destinasi wisata bertemakan alam dengan sejarahnya masing-masing. Air terjun ini syarat akan nilai sejarah maupun nilai luhur dan sangat indah.

Tidak hanya menciptakan ketertarikan untuk wisatawan domestik saja, wisatawan mancanegara pun juga tertarik untuk mengunjungi air terjun tersebut. Air terjun dengan nama lengkapnya ‘Air Terjun Sampuren Janji’ ini menyimpan nilai luhur dan mampu melahirkan hikmah agar bisa dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Janji

Daya Tarik Air Terjun Janji
Image Credit: Facebook Pariwisata Humbang Hasundutan

1. Memiliki Cerita Sejarah Berkaitan dengan Para Raja

Air Terjun Sampureun Janji atau Air Terjun Janji erat kaitannya dengan cerita sejarah para raja Batak di kawasan Sumatera Utara. Lahirnya air terjun ini bermula dari janji dari Raja Maullang, Raja Sinambela, dan Raja Marbun yang merupakan tiga raja Batak. Ketiganya dipertemukan oleh raja bernama Sisingamangaraja di lokasi air terjun ini.

Di antara para raja tersebut, ada perjanjian damai yang harus dipatuhi antara lain: tempat ketiga raja mengucapkan janji sebelum keberangkatan dalam rangka berperang dan berjanji untuk tidak bertikai antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Jika janji dilanggar, air terjun akan menjadi seketika surut.

2. Mempunyai Arti Nama yang Menarik

Cerita sejarah itulah yang kemudian dipercaya oleh generasi selanjutnya. Sehingga air terjun yang ada di wilayah Sumatera Utara ini juga dipercaya oleh setiap orang yang melakukan sumpah janji disana bahwa janji mereka pasti akan bisa tertunaikan suatu saat nanti. Oleh karena itu, air terjun tersebut menjadi lokasi untuk bersumpah.

Air Terjun Janji dikenal juga dengan nama Air Terjun Sampureun Janji bukan tanpa sebab. Makna kata ‘janji’ adalah ‘sumpah’ dan makna kata ‘sampureun’ adalah ‘air terjun’. Sehingga maknanya adalah ‘air terjun sumpah’. Sehingga wisatawan maupun masyarakat bisa menirukan cerita para raja dan melakukan sumpah di dekat air terjun.

3. Terdapat Dua Kolam Pemandian untuk Pria dan Wanita

Daya tarik lainnya adalah adanya kolam pemandian berjumlah dua buah yang masing-masing digunakan untuk pria dan wanita secara terpisah. Aliran airnya berasal dari beberapa pipa berukuran cukup besar yang mana airnya sangat jernih dan bersih. Disana wisatawan bisa menikmati segarnya mandi tepat di bawah pancuran.

Wisatawan tidak disarankan mandi di bawah lokasi Air Terjun Janji karena debit airnya cukup besar. Di kolam pemandian terdapat pancuran atau shower berjumlah tiga buah yang mengalirkan air bersuhu kurang dari 20 derajat celcius di masing-masing kolam. Ada juga kolam kecil yang keberadaannya tidak jauh dari lokasi kaki air terjun.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Janji
Image Credit: Instagram Go Adventure Tour Indonesia

4. Muncul Pelangi di Lokasi Air Terjun

Semua orang pasti menyambut hangat datangnya pelangi. Demikian juga dengan pelangi yang muncul di lokasi air terjun ini. Percikan air yang tercurah di air terjun membentuk pelangi dalam bentuk melingkar di sekitarnya. Ketika cuaca sedang cerah, bias cahaya dari sinar matahari melimpahkan percikan tersebut.

Masyarakat setempat meyakini bahwa kemunculan pelangi di Air Terjun Janji dianggap sebagai suatu pertanda bahwa roh yang menghuni tanah disana sedang mandi. Sehingga pengelola tempat wisata ini memberikan ketentuan kepada wisatawan supaya selalu bersikap sopan dan juga mematuhi setiap peraturan disana.

5. Pemandangan yang Disuguhkan Memanjakan Mata

Air terjun setinggi 50 mdpl ini memiliki kondisi air yang bersih dan jernih. Udara di lokasi sangat sejuk karena terdapat banyak pepohonan di sekitar air terjun. Dari lokasi parkir, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan disana. Untuk bisa melihat air terjun dari jarak dekat, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 30 meter dari parkiran.

Pemandangan patung ikan dengan tinggi 2 meter yang terletak di dekat kolam ikan seolah menyambut hangat wisatawan yang datang berkunjung. Setelah lokasi kolam ikan, ada jembatan yang biasanya digunakan untuk spot selfie. Dari situ wisatawan akan melihat pepohonan jeruk Bali dan bebatuan yang dekat dengan lokasi air terjun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Janji
Image Credit: Instagram Go Adventure Tour Indonesia

Untuk menikmati pesona keindahan Air Terjun Janji yang memiliki nama unik ini, wisatawan bisa mengunjungi wilayah Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Humbang. Rute menuju ke lokasi bisa melalui jalur Dolok Sanggul-Bakara atau jalur Muara Taput-Bakara-Tipang. Jika wisatawan berangkat dari kota Dolok Sanggul, waktu tempuhnya kurang lebih 30-45 menit.

Sementara itu, jika wisatawan berangkat dari jalur Muara Taput-Bakara-Tipang, waktu tempuhnya sekitar 45 menit. Wisatawan dari luar daerah atau mancanegara yang berangkat dari titik lokasi Bandara Kualanamu Medan, bisa masuk ke jalan tol Medan-Pematang Siantar. Setelah itu perjalanan dilanjutkan melalui Jalan Lintas Tengah Sumatera.

Kemudian setela itu masuk ke Jalan Raya Muara menuju ke Jalan Litas Sumatera-Tapian Nauli. Untuk menuju ke lokasi, wisatawan bisa masuk ke kawasan Jalan Dolok Sanggul lalu menuju ke Jalan Bakkara dan berhenti di titik lokasi Marbun Toroan. Perjalanan menuju lokasi Air Terjun Janji bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Janji
Image Credit: Google Maps Fitra Nasution

Berwisata ke air terjun yang terletak di tepi Danau Toba ini menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat. Hal ini dikarenakan tidak ada pungutan biaya untuk tiket masuk sama sekali. Tidak adanya pungutan biaya merupakan bentuk kepatuhan masyarakat setempat atas amanat yang diberikan dari para sesepuh sehingga wisatawan bisa leluasa menikmati pesonanya.

Air terjun yang terletak di kawasan Desa Tipang ini dibuka untuk masyarakat umum setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Bagi wisatawan yang ingin menginap, tersedia penginapan kurang lebih 10 km dari titik lokasi air terjun. Biaya per malamnya rata-rata di bawah Rp 300.000. tergantung dengan fasilitas dan jenis penginapannya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Janji

Aktivitas di Air Terjun Janji
Image Credit: Facebook Wisata Alam Indonesia

1. Hunting Foto

Sejak dari lokasi parkiran, pesona keindahan Air Terjun Janji sudah terlihat meski samar-samar. Selain menikmati keindahannya, kawasan air terjun memiliki banyak spot berfoto yang menarik sehingga menjadi lokasi favorit para pecinta fotografi.

Salah satu spot menarik disana yaitu adanya tebing yang memiliki tangga alami. Wisatawan bisa menuju ke atas tebing melalui tangga tersebut. Sesampainya di atas, terdapat kolam kecil yang dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang.

2. Menikmati Pesona Keindahan Alam

Pesona alam yang terpancar dari tempat wisata ini membuat wisatawan betah berlama-lama disana. Rasa penat di pikiran seolah hilang begitu saja ketika wisatawan berwisata di air terjun ini. Keindahan danau toba yang merupakan danau vulkanik legendaris yang populer di dunia bisa dilihat di lokasi Air Terjun Janji.

Tentu saja pemandangan danau toba tampak berbeda jika wisatawan menyaksikan danau toba dari jarak dekat. Kecantikan danau toba dari atas ketinggian bisa disaksikan dari lokasi air terjun ini. Disana wisatawan juga akan menikmati udara sejuk dan suara gemericik air terjun yang menenangkan.

3. Berenang di Kolam Pemandian

Di Air Terjun Janji terdapat dua kolam pemandian yang masing-masing bisa digunakan untuk pria dan wanita. Kolam pemandian untuk wanita dipisah dengan kolam pemandian untuk pria sehingga sebagian wisatawan akan merasa lebih nyaman.

Suhu air yang mengalir di pancuran atau shower berjumlah tiga buah di area kolam pemandian adalah di bawah 20 derajat celcius. Wisatawan bisa mandi, berenang, berendam, atau sekedar membasuh wajah maupun mencelupkan kaki ke dalam air kolam. Mandi di bawah air terjun sangat tidak disarankan di Air Terjun Janji ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Janji
Image Credit: Google Maps hotlan siahaan

Terkait fasilitas, wisatawan tidak perlu khawatir. Disana terdapat fasilitas kolam pemandian yang terpisah antara pria dan wanita. Selain itu, ada juga jembatan yang dibangun di area taman seolah menyambut wisatawan yang datang ke lokasi.

Sambil menikmati udara segar di kawasan air terjun dan percikan dari titik-titik air yang cenderung dingin berasal dari air terjun tersebut, wisatawan bisa sambil makan dan minum yang hangat.

Karena di kawasan tempat wisata ini terdapat beberapa warung makan yang menyediakan beragam jenis makanan dan minuman hangat. Ada juga fasilitas toilet dan tangga yang terbentuk secara alami di tebing dekat air terjun.

Berwisata ke Air Terjun Janji merupakan pilihan yang tepat karena tempat wisata ini mampu membuat wisatawan merasa lebih fresh setelah menghirup udara segar dari pepohonan hijau yang mengelilingi air terjun tersebut.