Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Koto Berapak, Kec. Bayang, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Bayang Sani merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata alam yang ada di Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Sesuai namanya, objek wisata alam yang dimaksud di sini adalah air terjun. Indahnya aliran air yang tidak langsung turun ke bawah membuatnya sebagai destinasi wisata andalan bagi warga setempat. Sesekali terlihat turis asing yang mampir di sini.

Sumatera Barat memang dikenal sebagai salah satu provinsi yang berkontribusi dalam hal pariwisata. Dalam satu kabupaten saja, terdapat banyak objek wisata dari kategori air terjun. Meskipun ada banyak sekali yang dapat ditemui, namun masing-masing memiliki ciri khas dan sekaligus karakteristik. Jadi dijamin tidak membosankan menghabiskan waktu liburan.

Selain menawarkan pesona air terjun yang indah yang dikelilingi bebatuan cadas, Air Terjun Bayang Sani memiliki pesona alam dari perkebunan dan persawahan warga. Pemandangan ini dapat dilihat selama menempuh perjalanan ke lokasi. Hijau, rindang, dan menyejukkan, itulah kesan yang didapatkan sebelum tiba di lokasi air terjun.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Bayang Sani

Daya Tarik Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Google Maps Dudung Hartono

Tentunya wajib kita sadari bahwa setiap objek wisata memiliki daya tarik tersendiri. Pada umumnya, wisatawan yang datang tidak lepas dari daya tarik yang dimaksud. Demikian pula dengan Air Terjun Bayang Sani, ada banyak hal yang menarik wisatawan dan seolah menjadi magnet alami.

1. Sejarah Air Terjun Bayang Sani

Sejarah air terjun ini dimulai zaman penjajahan Belanda, dimana dulunya digunakan sebagai temapt mandi noni Belanda. Noni adalah sebutan wanita Belanda yang belum menikah, atau bisa disebut perawan. Tidak sedikit pria dewasa yang mandi di sini karena airnya yang jernih dan menyegarkan.

Sebelum dikenal dengan nama Air Terjun Bayang Sani, dulunya masih dikenal sebagai air terjun Welcome. Kata Welcome ini digunakan karena sesaat setelah memasuki kawasannya, mereka langsung disambut oleh keindahan alam yang mempesona. Oleh sebab lidah orang Indonesia yang berbeda, maka kata terebut menjadi Walikum.

Sejarah penamaan masih berlanjut, hingga sebelum tahun 80-an dikenal dengan nama Sarasah Ikua Kudo atau Air Terjun Ekor Kuda. Penggunaan nama ini bukan tanpa alasan, karena sekilas bentuknya memang mirip ekor kuda. Sementara setelah era1980-an diganti dengan nama lokasinya berada saat ini, yaitu Air Terjun Bayang Sani.

2. Air Terjun 7 Tingkat

Apa yang anda lihat ketika tiba di lokasi merupakan tingkatan air terjun yang paling bawah. Air terjun indah ini memiliki 7 tingkatan dengan jarak masing-masing yang lumayan jauh. Pengunjung harus berjuang untuk bisa menikmati keindahannya dari satu tingkat ke tingkat lainnya. Jarak tingkat pertama ke tingkatan kedua sekitar 15 menit melalui jalan setapak.

Sedangkan untuk tingkat ketiga tidak jauh dari lokasi tingkat kedua dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Jalur antara tingkat dua dan tiga ini berbeda, ada persimpangan yang menuju masing-masing tingkatan. Meskipun memiliki 7 tingkatan, namun untuk saat ini wisatawan harus puas degan tiga tingkatan saja, karena selebihnya belum ada akses jalan.

3. Air Terjun Terbesar di Pesisir Selatan

Air Terjun Bayang Sani masuk dalam kategori ai terjun terbesar di Kabupaten Pesisir Selatan. Air terjun yang dimaksud yakni tingkatan paling bawah, dimana yang paling mudah diakses wisatawan. Ketinggiannya mencapai 80 meter dan aliran airnya lumayan deras. Sedangkan untuk lebarnya sekitar 50 meter dan membuatnya menjadi yang terbesar diantara lainnya.

Sebagaimana air terjun pada umumnya, kali ini juga memiliki kolam. Untuk kolam di tingkat pertama cukup luas, namun airnya tidak terlalu jernih. Jika berusaha sedikit naik ke atas, anda pun mendapatkan kolam yang airnya lebih jernih dan menyegarkan. Pengunjung yang ke sini hampir tidak mampu menahan diri untuk menikmati kesegarannya.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Google Maps Puti Nel Hartania

4. Pemandangan Eksotis Air Terjun

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, yang mana aliran air langsung jatuh vertikal ke arah kolam. Air Terjun Bayang Sani tingkat pertama tidak demikian, karena aliran airnya mengalir diatas batuan cadas yang landai. Mirip seperti perosotan, itulah yang anda lihat. Batu tebing ini tampak eksotis dengan guratan alaminya, begitu juga tumpukannya.

Berbeda dengan tingkatan kedua, air yang jatuh langsung menuju kolam dan tebing hanya sebagai sandarannya. Di sekitarnya tumbuh subur pepohonan dari berbagai jenis, warna hijau pun didapatkan. Persamaan dari semua tingkatan di air terjun cantik ini tidak lain adalah batuan yang tersebar di hampir di sekitarnya.

5. Suasana Asri dan Alami

Pesona dan keindahan Air Terjun Bayang Sani bukanlah satu-satunya daya tarik. Suasana alam yang asri dan tampak hijau pun memberikan kontribusi untuk memikat hati wisatawan. Bagaimana tidak, selama perjalanan menuju lokasi sudah terlihat betapa indahnya objek wisata di Pesisir Selatan ini.

Hamparan sawah yang hijau merupakan pemandangan alam pertama yang didapatkan. Kemudian ditambah pohon perdu yang memayungi jalanan menambah asri dan suasana yang sejuk. Setibanya di lokasi air terjun, keasrian semakin terasa dengan butiran air halus yang beterbangan dari hasil percikan air yang mengalir.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Google Maps Rang Pasisia

Silahkan menuju ke Koto Berapak, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, jika ingin menikmati panorama Air Terjun Bayang Sani. Jarak dari pusat kabupaten cukup jauh, sekitar 66 kilometer. Sedangkan jika dari Painan, butuh waktu 40 menit untuk menempuh jarak sekitar 22 kilometer.

Wisatawan yang ingin datang ke sini bisa menggunakan jenis kendaran apapun, baik mobil maupun motor. Untuk akses rute nya sendiri tergantung dari arah kedatangan, namun mendekati lokasi lebih baik mengambil jalur di Jalan pasar Baru. Dari titik ini, lanjutkan hingga menemukan pertigaan dan belok kiri ke arah Rumah Makan Simpang Bayang Sani.

Perjalanan yang jauh dijamin tidak membosankan, pasalnya banyak pemandangan alam yang indah. Cuaca pun sejuk dna menyegarkan, jadi tidak perlu menghidupkan AC jika menggunakan mobil. Cukup buka jendela dan anda bisa merasakan udara alami pegunungan yang menyehatkan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Google Maps Muhammad Herdiansyah

Harga tiket masuk Air Terjun Bayang Sani tergolong murah meriah, hanya di banderol dengan harga 5.000 untuk satu pengunjung. Harga ini sudah lama berlaku, namun ada kemungkinan naik sewaktu-waktu. Bagi yang mengendarai motor, siapkan tambahan biaya sebesar 2.000 rupiah untuk sewa lahan parkir.

Sedangkan pengunjung yang membawa mobil diwajibkan membayar retribusi parkir sebesar 5.000 rupiah. Lain halnya dengan bus karena ukurannya yang besar, tiket parkir dikenakan 20.000 rupiah. Objek wisata alam ini dibuka setiap hari, namun tidak 24 jam. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 08.00 dan ditutup pukul 18.00.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Bayang Sani

Aktivitas Menarik Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Instagram IndoHomestay

Dari tujuh tingkatan Air Terjun Bayang Sani, yang paling banyak diminati wisatawan yaitu tingkat pertama. Ini dikarenakan akses jalannya yang mudah dan tidak jauh. Dari gerbang pintu masuk sudah terlihat keindahannya. Pengunjung yang datang ke sini melakukan berbagai aktivitas, berikut diantaranya!

1. Berenang dan Bermain Air

Air terjun ini tidak terlalu ramai ketika hari aktif atau hari biasa. Namun ketika hari libur, banyak wisatawan yang memadati setiap sudutnya. Sebagian besar aktivitas yang dilakukan yakni bermain air di tepi kolam. Ada juga yang menyempatkan diri berenang bagi yang hobi dan merasa memiliki skill renang.

Bagi ibu-ibu, mereka lebih memilih aktivitas bermain air di tepi kolam yang dianggap lebih aman. Sayangnya, kolam di Air Terjun Bayang Sani ini kurang cocok digunakan untuk lompat tebing. Pasalnya, batu berbagai ukuran tersebar hampir di semua titik. Maka dari itu, tidak disarankan juga bagi anda ketika berkunjung.

2. Hunting Spot Foto

Pesonanya yang indah membuat wisatawan tidak dapat menahan diri mengeluarkan kameranya. Meskipun berbekal kamera HP, namun hasilnya tetap memuaskan. Ini bukan karena pose atau resolusi kameranya yang bagus, namun pemandangan alam yang indah. Semua sudutnya cocok dijadikan latar belakang foto, baik batuan cadas atau air terjunnya.

3. Tracking yang Menantang

Air Terjun Bayang Sani tingkat pertama dapat dilihat dari lokasi parkir atau setelah memasuki gerbang. Tidak terlalu jauh memang, namun anda bisa melanjutkan perjalanan tracking yang lebih menantang ke tingkat berikutnya. Akses jalan yang minim petunjuk dan banyak bercabang merupakan tantangan tersendiri bagi jiwa petualang.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Air Terjun Bayang Sani
Image Credit: Twitter Padek

Air terjun cantik nan eksotis ini dikelola baik dan memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Ada area parkir yang luas, bahkan dapat menampung beberapa bus secara langsung. Bagi yang basah karena berenang atau bermain air di kolam Air Terjun Bayang Sani, ada kamar ganti yang telah disiapkan.

Pengunjung Muslim pun tidak harus meninggalkan kewajibannya karena ada mushola yang siap digunakan. Di sekitar air terjun banyak warung yang menual makanan, cocok juga dijadikan ajang wisata kuliner. Untuk harganya sendiri masih dianggap bersahabat, karena ada menu yang di banderol seharga 10.000 rupiah saja.

Penting sekali untuk mengetahui daya tarik, harga tiket masuk, dan juga fasilitas sebelum mengunjungi sebuah objek wisata. Jika dilihat dari review diatas, sepertinya Air Terjun Bayang Sani masih layak dijadikan tujuan utama. Khususnya bagi anda yang masih belum mendapatkan lokasi yang cocok, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan di sini.