12 Tempat Wisata di Pesisir Selatan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Pesisir Selatan

Pesisir Selatan merupakan bagian dari daerah Sumatera Barat yang menyimpan berbagai keindahan menakjubkan. Kebanyakan orang mungkin masih merasa asing dengan daerah satu ini karena letaknya yang tidak terlalu populer. Namun, bagi para pelancong, Pesisir Selatan adalah surge tersembunyi.

Sebagian besar destinasi wisata yang ditawarkan memang berhubungan dengan alam. Mulai dari pantai, pulau, hingga air terjun, semuanya menghadirkan keindahan alam yang sangat mempesona. Berbagai hal unik dan pengalaman baru juga bisa Anda peroleh lewat tempat wisata ini.

Maka dari itu, apabila Anda sedang bingung merencanakan liburan yang mengesankan, pilih saja beberapa tempat wisata yang ada di Pesisir Selatan. Tidak perlu khawatir mengenai destinasi wisata yang bagus karena berikut ini terdapat rekomendasi untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Carocok

Pantai Carocok

Lokasi: Painan, Kec. IV Jurai, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Afdhalilahi.com

Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Carocok akan membius siapa saja yang melihatnya. Pantai satu ini berbeda dengan pantai lainnya yang justru terlihat tidak terurus. Hal tersebut karena pantai ini dikelola dengan sangat baik hingga tersedia banyak spot foto menarik.

Biasanya banyak pengunjung yang memanfaatkan pantai ini sebagai tempat piknik. Menikmati gulungan ombak yang tidak terlalu besar ditambah lagi dengan angin sepoi-sepoi yang berhembus, menjadikan pantai ini tempat sempurna untuk melepas penat.

2. Taluak Sikulo

Taluak Sikulo

Lokasi: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Pinterest.ch @Clara10issaura

Tidak banyak orang yang mengetahui tempat wisata Taluak Sikulo karena akses atau rute perjalanan yang ditempuh memang cukup sulit. Anda perlu menikmati medan yang terjal dan curam ditambah lagi adanya bebatuan yang membuatnya semakin sulit.

BACA:  12 Tempat Wisata di Solok Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Namun, seluruh rasa lelah Anda akan terbayar lunas apabila menyaksikan keindahan Taluak Sikulo yang memang sangat mempesona. Terdiri dari beberapa gugusan pulau dengan air berwarna biru yang sangat jernih menambah pesona tempat wisata ini. Anda juga bisa berpose di beberapa spot foto terbaik yang telah disediakan.

3. Air Terjun Bayang Sani

Air Terjun Bayang Sani

Lokasi: Koto Berapak, Kec. Bayang, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Ksmtour.com

Air terjun Bayang Sani memiliki pesona istimewa yang tidak bisa Anda temukan pada air terjun lainnya. Terdiri dari tujuh tingkatan membuat air terjun ini tampak lebih banyak karena terlihat terpotong-potong, padahal sebenarnya hanya terdapat satu air terjun saja.

Debit airnya tidak terlalu deras dengan ketinggian yang cukup sedang. Banyak pengunjung yang bahkan menaiki tebing yang ada di sekitar air terjun ini untuk bisa menyentuh puncaknya. Tentunya hal tersebut sangat berbahaya jika Anda tidak memiliki keberanian yang tinggi.

4. Bukit Bendera Bayang

Bukit Bendera Bayang

Lokasi: Jl. Lubuk Pasing, Gurun Panjang, Kec. Bayang, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Rubrikrj.blogspot.com

Jika Anda adalah tipe orang yang senang mengunjungi tempat-tempat hijau, maka bukit ini adalah pilihan yang tepat. Hamparan pepohonan hijau yang membentang akan membuat perasaan Anda menjadi lebih baik setelah sebelumnya merasa penat berdiam diri di rumah.

Hal yang menarik dari tempat ini adalah spot foto yang disediakan. Biasanya memang tempat-tempat wisata sejenis bukit selalu menyediakan spot foto yang menarik untuk dicoba. Salah satu spot foto paling menarik adalah rumah pohon. Ketinggiannya yang mencapai 1 kilometer ini bisa menjadi pilihan spot foto paling mendebarkan.

5. Bukit Langkisau

Bukit Langkisau

Lokasi: Jl. Langkisau, Salido, Kec. IV Jurai, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Detik.com

Berbeda dengan bukit Bendera Bayung, Langkisau lebih banyak terdapat tumbuhan bunga yang mempesona. Hal yang menarik adalah bukit ini letaknya tak jauh dari Pantai Carocok sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan ombak yang bergulung.

BACA:  20 Makanan & Minuman Khas Padang yang Terkenal Enak

Selain itu, suasana alam yang dihadirkan sangatlah sejuk. Hamparan hijau yang membentang juga sangat bersih karena di setiap sudut sudah disediakan tempat sampah. Anda bisa berpiknik ria bersama keluarga sambil menunggu datangnya sunset.

6. Pulau Setan

Pulau Setan

Lokasi: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Posmetropadang.co

Anda tidak boleh terkecoh dengan nama pulau satu ini karena faktanya, keindahan yang dimiliki pantai ini sangat mempesona. Diantara pulau lain yang ada di Pesisir Selatan, Pulau Setan adalah yang paling banyak dikunjungi.

Tak hanya disuguhkan dengan pemandangan yang indah, Anda bisa menyaksikan deretan nelayan dengan perahunya yang unik. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat berbagai hasil ikan

7. Wisata Mandeh

Wisata Mandeh

Lokasi: Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Kumparan.com

Baru dibuka pada tahun 2015, destinasi wisata satu ini sudah banyak menarik para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pemandangan yang disajikan memang tampak sangat menawan. Anda juga bisa menyaksikan hamparan laut biru yang sangat menggoda.

Pada sisi pulaunya terdapat beberapa batuan karang yang tidak terlalu besar. Menjadi tempat wisata yang cukup diperhitungkan, Anda bisa menikmati spot surfing yang sangat menantang di pulau cantik ini.

8. Pantai Salido

Pantai Salido

Lokasi: Salido, Kec. IV Jurai, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Pantai-salido.business.site

Bukan rahasia lagi jika Pesisir Selatan memiliki cukup banyak destinasi wisata berupa pantai. Yang membuat pantai Salido tampak menarik dikalangan pengunjung adalah dominasi pohon pinus yang ada di sepanjang pantai.

Selain itu, pada hamparan pantainya terdapat batu kerikil kecil yang katanya bisa menjadi sarana terapi bagi Anda yang suka kambuh asam uratnya. Sayangnya di pantai ini tidak tersedia warung makan sehingga setiap wisatawan dihimbau membawa sendiri dari rumah.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

9. Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang

Lokasi: Puluik Puluik, Kec. IV Utara Nagari Bayang, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Jelajahsumbar.com

Sama seperti namanya, tempat wisata di Pesisir Selatan ini memang merupakan jembatan raksasa yang pada bagian bawahnya terdapat sungai cukup deras. Panjangnya sekitar 25 meter dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi.

Jika Anda adalah orang yang menyukai tantangan, maka jangan sampai ketinggalan mencoba jembatan satu ini. Namun, bukan berarti pemandangan yang ditampilkan tidak bagus karena Anda bisa menikmati suasa hutan yang sangat asri.

10. Konservasi Penyu Ampiang Parak

Konservasi Penyu Ampiang Parak

Lokasi: Amping Parak, Kec. Sutera, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Google.com (Subandi Sh)

Jika Anda mengunjungi pantai ini pasti akan bisa melihat pemandangan pantai layaknya di film-film. Hal tersebut karena keindahan yang ditawarkan memang sangat mempesona, terlebih ketika senja tiba.

Pengunjung diberikan fasilitas persewaan sampan jika ingin mengelilingi keindahan pantai yang tiada duanya ini. Di pantai ini Anda juga berkesempatan untuk menyaksikan perkembangbiakan para penyu yang sangat lucu.

11. Pantai Batu Kalang

Pantai Batu Kalang

Lokasi: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Barrabaa.com

Membicarakan destinasi wisata pantai di Pesisir Selatan memang tidak akan ada habisnya. Kali ini pantai yang selanjutnya adalah Batu Kalang dengan pesona pasir putih yang mengagumkan. Banyak pengunjung yang memanfaatkan pasir putih tersebut sebagai sarana berkreasi menciptakan bentuk-bentuk unik.

Selain itu, ombak yang ada di pantai ini tidak terlalu besar sehingga Anda tidak perlu takut untuk mendekat. Pemandangan ketika senja di pantai ini juga sangat menarik sebagai sarana pengambilan foto. Anda akan mendapatkan hasil foto yang terlihat estetik.

12. Simpang Tigo Buaya Putih

Simpang Tigo Buaya Putih

Lokasi: Nagari Taratak, Kec. Sutera, Kab. Pesisir Selatan. – Image Credit by Klikpositif.com

Meskipun tidak masuk dalam zona inti pariwisata, destinasi satu ini cukup favorit di kalangan para pengunjung, khususnya anak-anak. Destinasi yang merupakan hamparan sungai ini memang lebih dipusatkan menjadi tempat bermain air untuk anak-anak.

Petugas menyediakan persewaan pelampung air dengan berbagai karakter yang lucu agar menarik minat anak-anak. Di sekitar Simpang Tigo juga banyak pedagang baik mainan maupun makanan yang membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di tempat ini.

Nah itulah tadi beberapa destinasi wisata yang ada di Pesisir Selatan. Daripada Anda masih bingung dalam memilih destinasi yang menarik, maka sebaiknya langsung saja pilih di antara beberapa rekomendasi tersebut.