10 Wisata Kuliner di Purworejo yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Purworejo

Purworejo memiliki banyak makanan khas dengan citarasa unik yang patut dicoba. Daftar rekomendasi tempat wisata kuliner di Purworejo yang menggugah selera dan menjadi favorit wisatawan.

Purworejo menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain tempat wisatanya, jangan lupa juga untuk mencoba wisata kuliner Purworejo yang menarik untuk dicoba. Tempat-tempat wisata di daerah ini bisa menjadi kawasan yang paling mudah untuk menemukan beragam kuliner khas Purworejo.

Tempat wisata kuliner di Purworejo banyak yang menyediakan beragam kuliner khas, seperti dawet ireng, cenil, clorot, dan lain-lain. Namun ada juga yang menyediakan menu makanan biasa. Walaupun hanya makanan umum, cita rasanya tentu berbeda dan layak untuk dicoba.

Purworejo memiliki kuliner unggulan seperti sate winong, bebek kosek, kupat tahu, dan lain sebagainya. Jika Anda berencana mengunjungi Purworejo atau tertarik dengan wisata kuliner di daerah ini, berikut adalah beberapa pilihan tempat wisata kuliner yang menggugah selera dan menarik untuk dicoba.

1. Warung Bakmi SUKA

Warung Bakmi SUKA

Image Credit: Limakaki.com

Salah satu tujuan wisata kuliner di Purworejo yang banyak direkomendasikan adalah warung bakmi SUKA. Menu andalannya yaitu bakmi goreng sudah sangat terkenal akan cita rasanya yang lezat. Mulai dari bahan-bahan hingga proses pembuatan bakmi goreng yang tidak berubah menjadikan rasanya begitu khas.

Bakmi goreng di tempat makan legendaris ini terkenal dengan rasa gurih dan sedikit manis. Jika ingin lebih pedas, bakmi goreng dapat disiram sambal kecap yang sudah dicampur irisan cabai rawit hijau. Satu porsi bakmi goreng berisi bakmi kuning, daging ayam kampung, dan potongan kubis.

Pengunjung tidak hanya ditawarkan bakmi saja karena rumah makan ini juga menyediakan banyak pilihan menu lain. Menu yang ditawarkan antara lain nasi goreng, fuyung hay, misoa, sup jamur, dan lain-lain. Harganya cukup terjangkau untuk setiap porsi menu yang mengenyangkan tersebut.

Lokasi: Jl. KH. A. Dahlan No.161, Tegalmalang, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

2. Bebek Goreng H Dargo

Bebek Goreng H Dargo

Image Credit: Misterlalu.blogspot.com

Referensi wisata kuliner di daerah yang terkenal dengan dawet hitamnya ini sangat banyak dan salah satunya adalah bebek goreng H. Dargo. Restoran spesial bebek goreng yang selalu ramai pengunjung. Tempat makannya pun bersih dan nyaman dengan fasilitas lengkap, mulai dari tempat parkir, mushola, dan hotspot area.

Menu andalan bebek goreng di tempat ini terkenal dengan dagingnya yang sangat empuk dan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging. Satu porsi bebek goreng disajikan dengan dua jenis sambal yaitu sambal cabai hijau dan sambal terasi. Menu bebek goreng di restoran ini sudah satu paket dengan sayur lalap sehingga lebih hemat.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Tegal Favorit Wisatawan

Makanan yang ditawarkan tidak hanya olahan bebek saja, namun menu lain seperti tahu, tempe, ayam goreng, ikan bakar, burung puyuh, bakmi goreng, sop, hingga aneka jeroan juga tersedia. Jika menginginkan porsi besar, tersedia menu bebek dan ayam utuh. Selain menu yang lezat, restoran ini juga terkenal dengan harganya yang terjangkau.

Lokasi: Jl. Mayor Jend. Sutoyo, Kepatihan, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

3. Soto Ayam Mbok Limboek

Soto Ayam Mbok Limboek

Image Credit: Maps.google.com @rully nugrahanti

Soto ayam di rumah makan Mbok Limboek ini adalah salah satu kuliner yang bisa dicoba saat berkunjung ke Purworejo. Warung soto sederhana yang berada di dekat bank ini terkenal dengan sotonya yang khas dan lezat.

Selain soto, rumah makan ini juga menyediakan berbagai pilihan menu makanan dan minuman. Aneka kuliner dengan cita rasa khas Purworejo mulai dari gudeg, empal goreng, pexel, dan sayur tersedia di rumah makan ini.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.34, Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

4. Soto Pak Rus

Soto Pak Rus

Image Credit: Celoteh4ti.wordpress.com

Kuliner yang bisa dicoba saat berada di Purworejo adalah soto khas daerah ini. Soto stasiun atau soto Pak Rus dapat menjadi pilihan untuk mencicipi kuliner berkuah tersebut. Menu soto yang disajikan di warung makan ini memiliki kuah bening yang segar dan gurih.

Penyajiannya terdiri dari potongan daging sapi, tauge, dan kuah soto khas Purworejo. Jika satu porsi soto terasa kurang mengenyangkan, rumah makan ini juga menyediakan berbagai menu untuk lauk nasi seperti sate ayam, tahu bacem, babat bacem, sate telur, tempe mendoan, dan perkedal.

Warung soto yang berada di dalam kawasan stasiun ini sudah ada sejak puluhan tahun silam. Tempat makan ini terkenal lezat dan harganya cukup ramah di kantong untuk satu porsi soto dan menu-menu lainnya.

Lokasi: Jl. Mayjen Sutoyo, Kepatihan, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

5. Sate Winong

Sate Winong

Image Credit: Prasmanan.com

Sate winong adalah salah satu referensi wisata kuliner di Purworejo yang wajib dicoba. Makanan ini dapat dijumpai di banyak rumah makan di Desa Winong. Sate winong dibuat dari daging kambing muda. Namun yang membedakan dengan sate lainnya adalah penggunaan kecap asli yang memang dibuat oleh rumah makan.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Pekalongan Favorit Wisatawan

Rasa sate winong sangat khas dengan daging kambing yang empuk. Proses pembakaran sate di atas bara dilakukan hingga daging benar-benar matang. Walaupun menggunakan bahan-bahan yang sederhana, daging kambing sate winong lezat dan tidak bau. Penyajiannya diberi potongan bawang merah dan juga jeruk nipis.

Lokasi: Winong, Kec. Kemiri, Kab. Purworejo.

6. Ayam Panggang Mbak Purwati

Ayam Panggang Mbak Purwati

Image Credit: Facebook.com @kantin mbak purwati

Warung makan lesehan yang satu ini merupakan salah satu tempat yang bisa dikunjungi saat berburu kuliner di sekitar alun-alun. Banyak masyarakat Purworejo termasuk anak-anak muda yang suka datang ke tempat ini untuk makan-makan dan juga nongkrong. Apalagi warung makan ini buka hingga malam hari.

Menu ayam panggang di warung Mbak Purwati ini menjadi salah satu yang favorit di Purworejo. Ayam dipanggang saat ada pengunjung yang memesan, jadi lebih fresh dan nikmat rasanya. Tekstur ayamnya lembut dengan aroma daging panggang yang menggugah selera.

Lokasi: Jl. Mayjend Sutoyo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

7. Bebek Kosek Warung Makan Pojok

Bebek Kosek Warung Makan Pojok

Image Credit: Dewanvision.com

Ada lagi menu olahan daging bebek yang dapat dicoba saat berada di Purworejo, yaitu bebek kosek di Warung Makan Pojok. Rumah makan ini dapat ditemui di sekitar kawasan alun-alun. Menu bebek kosek menjadi salah satu yang bisa dicoba jika Anda sedang berburu kuliner di daerah tersebut.

Rumah makan ini sudah terkenal dengan hidangan bebek koseknya yang lezat dan nikmat. Daging bebeknya tidak alot dengan bumbu yang terasa hingga ke bagian dalam daging. Bebek kosek digoreng hingga garing tetapi daging di dalamnya tetap empuk dan mudah untuk dikunyah.

Satu porsi bebek kosek biasanya disajikan dengan lalapan seperti mentimun dan daun kemangi. Bebek kosek juga ditaburi dengan kremesan yang berasal dari sisa bumbu ungkep yang sudah digoreng. Rasanya enak dan cocok untuk lauk makan nasi hangat dengan sambal cabai hijau.

Lokasi: Jl. Brigjend Katamso, Pangenrejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

8. Gurame Waroeng Lahap

Gurame Waroeng Lahap

Image Credit: Foursquare.com @ika hapsari

Gurame bumbu kemangi menjadi salah satu menu andalan di Waroeng Lahap ini. Ikan gurame segar yang diberi aneka rempah dan juga daun kemangi menjadikan menu ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Banyak pengunjung yang tertarik datang ke warung makan ini untuk mencoba menu gurame ini.

BACA:  14 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain ikan gurame, menu makanan yang enak di tempat ini adalah udang bakar madu. Cocok untuk lauk nasi hangat dengan sambal ijo atau sambal cabai rawit hijau. Jika masih kurang lauknya, pengunjung bisa memesan tahu isi dan menu gorengan lainnya. Harga satu porsi setiap menu di tempat ini bervariasi namun cukup terjangkau.

Waroeng Lahap tidak hanya menyediakan menu makanan yang lezat, tetapi juga tempat makan yang nyaman. Tersedia tempat parkir yang luas untuk para pengunjung warung. Tempat ini bisa menjadi pilihan untuk berburu makan siang atau makan malam bersama teman atau keluarga.

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso No.77, Pangenrejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

9. SOP Pak Giyo Kondang Roso

SOP Pak Giyo Kondang Roso

Image Credit: Maps.google.com @ero pranytri

Sop daging yang terkenal enak di Purworejo ada di Rumah Makan Sop Pak Giyo Kondang Roso. Rumah makan sederhana yang menyajikan sop daging dengan porsi yang pas dan cukup untuk mengganjal perut. Kuahnya segar dengan daging sapinya yang enak dan empuk.

Penyajian sop khas Purworejo ini biasanya disiram langsung ke nasi putih dengan dicampur mie bihun. Cocok untuk makan siang atau makan malam. Jika satu porsi sop dirasa kurang, pengunjung bisa menambahkan lauk pelengkap lain seperti sate telur, mendoan, bakwan jagung, atau perkedel.

Soal harga juga tidak perlu khawatir karena menu makanan dan lauk pauk di warung soto ini sangat terjangkau. Selain makanan, pengunjung juga bisa memesan berbagai jenis minuman seperti es teh dan kopi susu.

Lokasi: Jl. Urip Sumoharjo No.89, Purworejo Tuksongo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo.

10. Kupat Tahu Bu Yani

Kupat Tahu Bu Yani

Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Kupat tahu menjadi salah satu makanan yang bisa dicoba saat berburu kuliner di Purworejo. Salah satu tempat untuk menikmati kuliner ini ada di Warung Kupat Tahu Bu Yani. Tampilan makanan ini hampir mirip seperti tahu lontong dan juga ketoprak, namun kupat tahu memiliki kuah yang berbeda.

Kuah yang digunakan untuk kupat tahu biasanya dibuat dengan campuran kecap manis. Kuahnya tidak kental dengan rasanya yang sedikit pedas. Kupat dan tahu goreng yang sudah dipotong-potong dicampur dengan taoge dan irisan kol. Selanjutnya kupat tahu disiram kuah kecap dan ditaburi irisan daun bawang serta bawang goreng.

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro, Kutoarjo, Kec. Kutoarjo, Kab. Purworejo.

Itulah daftar rekomendasi wisata kuliner di Purworejo yang bisa dicoba. Daerah ini tentunya masih memiliki banyak tempat wisata kuliner yang menawarkan makanan-makanan lezat dengan cita rasa yang khas asal Purworejo.