20 Wisata Kuliner di Sukabumi yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Sukabumi

Sukabumi merupakan sebuah kawasan di pesisir selatan Propinsi Jawa Barat yang berkembang menjadi tempat wisata unggulan. Banyaknya daya tarik alam yang dimiliki Sukabumi menjadikannya tujuan wisata utama di Jawa Barat.

Berkunjung ke Sukabumi tak lengkap rasanya jika tidak menyantap kuliner khas daerah ini. Anda tidak perlu khawatir karena di kawasan ini menyediakan bermacam-macam kuliner, mulai dari makanan berat, cemilan, hingga minuman khas. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata kuliner yang ada di Sukabumi.

1. Geco

Geco

Lokasi: Jl. Sarasa, Babakan, Kec. Cibeureum, Kota Sukabumi. – Image Credit by Inilah-sukabumi.blogspot.com

Geco merupakan singkatan dari taoge tauco. Sesuai namanya kuliner ini berbahan dasar taoge disajikan dengan ketupat dan tahu lalu disiram dengan saus tauco.

Walaupun tergolong makanan lawas, namun masih banyak kedai atau warung yang menyediakan menu makanan ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir kesulitan menemukannya.

2. Gado-gado Ujang

Gado-gado Ujang

Lokasi: Jl. A. Yani, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Genpi.co

Gado-gado Ujang memiliki kekhasan yang membedakannya dengan gado-gado lain, yakni pilihan sayur-sayuran segar dan terbaik Sukabumi.

Racikan bumbu kacangnya juga pas. Perpaduan manis, gurih dan pedas yang seimbang menambah cita rasa kuliner ini.

3. Bubur ayam Bu Nut

Bubur ayam Bu Nut

Lokasi: Jl. Siliwangi No.93 1, RW.02, Cikole, Kec. Sukabumi, Kota Sukabumi. – Image Credit by Ikutilangkahkaki.com

Salah satu bubur ayam yang legendaris di Sukabumi adalah Bubur ayam Bu Nut. Bubur ayam di sini tidak memakai kacang dan daun bawang sebagai pelengkap, namun tetap terasa sedap dan gurih.

Anda bisa melengkapi cita rasa bubur dengan minum teh rempah yang juga disediakan kedai ini. Hangatnya teh berpadu dengan rempah semakin memanjakan lidah.

4. Nasi uduk ungu

Nasi Uduk Ungu

Lokasi: Mangkalaya, Kec. Gn. Guruh, Kota Sukabumi. – Image Credit by Travel.tribunnews.com

Nasi uduk milik Mamih Ungu ini terbilang unik karena nasi yang dihidangkan berwarna ungu berbentuk tumpeng kecil lengkap dengan berbagai lauk di sekelilingnya.

Warna ungu didapat dari ubi ungu yang dihaluskan. Selain ungu, Anda juga bisa mencicipi nasi uduk hijau dari campuran daun bayam.

5. Mie goreng khas Sukabumi

Mie goreng khas Sukabumi

Lokasi: Jl. Pajagalan, Nyomplong, Kec. Warudoyong, Kota Sukabumi. – Image Credit by Trestefanus.blogspot.com

Kuliner populer lainnya adalah mie goreng khas Sukabumi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, terlebih saat musim liburan.

Sajian mie goreng dilengkapi dengan sayur dan aneka topping yang diolah dengan bumbu-bumbu pilihan menjadikan mie goreng ini salah satu kuliner andalan Sukabumi.

6. Baso Cenghar

Baso Cenghar

Lokasi: Karang Tengah, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. – Image Credit by Idntimes.com

Jika Anda penyuka pedas, tidak ada salahnya mencoba bakso Cenghar di daerah Palasari. Di sini bakso disajikan dengan kuah yang pedas namun masih terasa gurihnya.

Anda dapat memilih tambahan toping seperti ceker, puyuh, atau toping sayur. Jika tidak begitu menyukai rasa pedas, Anda dapat memesan bakso dengan level tidak pedas.

7. Mie bakso super H. Achmad Sudja’i

Mie bakso super H. Achmad Sudja’i

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.3, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Food.detik.com

Kuliner legendaris lainnya adalah mie bakso super yang menyajikan mie bakso dengan rasa khas. Berlokasi di tengah kota Sukabumi, kedai mie ini sangat mudah ditemukan.

Selain rasanya yang lezat, harga seporsi mie bakso super ini sangat bersahabat dan tidak menguras kantong.

8. Tutug oncom

Tutug oncom

Lokasi: Jl. Cikole Dalam, RT 3 RW 7, No.17/21, Belakang Bunut, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Nasi-tutug-oncom-to-teh-ita.business.site

Tutug oncom merupakan kuliner yang banyak dijajakan di angkringan sekitar Sukabumi pada malam hari. Makanan ini berbahan nasi yang dicampur dengan oncom goreng atau oncom bakar.

Kuliner ini memang lebih sedap jika disantap saat masih hangat. Namun, kini Anda bisa membawa makanan ini sebagai oleh-oleh karena sudah tersedia tutug oncom instan.

9. Leor daging

Leor daging

Lokasi: -,- Image Credit by Putratravel.net

Makanan khas Sukabumi satu ini berbahan leor atau pipi sapi yang diolah dengan berbagai macam bumbu dan rempah sehingga memperkaya cita rasanya.

Anda bisa menemukan leor daging pada beberapa kedai makan. Biasanya disediakan sebagai pilihan menu lauk selain menu-menu lainnya.

10. Pepes ikan

Pepes ikan

Lokasi: Jl. Gotong Royong, RT. 02/08 No. 64, Gunungpuyuh, Kec. Sukabumi, Kota Sukabumi. – Image Credit by Islampos.com

Sukabumi memang terkenal akan hasil lautnya, maka tak heran jika pepes ikan menjadi salah satu kuliner khas Sukabumi.

Selain dinikmati langsung di restaurant, ternyata beberapa merek pepes ikan dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Sukabumi.

11. Sate aci

Sate Aci

Lokasi: Jl. Surya Kencana, Gg. Tirta No.III, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Sukabumixyz.com

Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa sate ini berbahan dasar aci atau tepung tapioka. Aci dibentuk kotak-kotak kecil dan kemudian ditusuk dengan batang lidi.

Sebagai pelengkap, sate aci diberi bumbu kacang yang gurih. Anda bisa menikmati sate ini sebagai cemilan unik saat berada di Sukabumi.

12. Roti Priangan

Roti priangan

Lokasi: Jl. Parigi, Nyomplong, Kec. Warudoyong, Kota Sukabumi. – Image Credit by Genpi.co

Oleh-oleh legendaris Sukabumi ini wajib Anda coba. Kuliner yang dapat dinikmati seluruh kalangan ini telah ada sejak tahun 1943.

Yang khas dari roti ini adalah teksturnya yang lembut dan tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti kismis, coklat, dan gula susu. Harga yang dibandrol pun cukup murah yakni mulai 6 ribu rupiah.

13. Moci Kaswari

Kue Mochi

Lokasi: Gunung Kaswari No.19, Selabatu, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by News.detik.com

Oleh-oleh lain dari Sukabumi yang terkenal adalah kue mochi. Kue berbentuk bulat dan kenyal ini memiliki rasa manis.

Memang banyak toko yag memproduksi kue moci ini, namun yang paling populer adalah mochi yang diproduksi beberapa toko di gang Kaswari di Sukabumi.

14. Bandros Atta

Bandros

Lokasi: Jl. Gudang, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Menuresepkue.com

Mencari kue bandros? Di mana lagi kalau bukan di Bandros Atta. Kue berbahan tepung beras, santan dan kelapa ini tersedia dalam berbagai rasa, seperti vanila, coklat dan keju.

Selain bandros, di sini juga menyediakan aneka minuman hangat seperti stmj, susu, kopi dan teh. Harga yang bersahabat juga menjadi alasan banyaknya wisatawan berkunjung ke sini.

15. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore

Lokasi: Jl. A. Yani No.293, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Kaskus.co.id

Sekoteng Singapore sangat cocok untuk dinikmati saat malam hari. Minuman ini terdiri dari air gula dengan campuran jahe dan susu disajikan hangat.

Di dalamnya terdapat kacang hijau, pacar cina dan kolang-kaling. Yang membedakan dengan sekoteng dari daerah lain adalah adanya tambahan roti jahe dan biskuit.

16. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Lokasi: Jl.Ciaul Baru No.16, Subangjaya, Kec. Sukabumi, Kota Sukabumi. – Image Credit by Openrice.com

Kue sagon merupakan oleh-oleh khas Sukabumi dengan cita rasa perpaduan gurih dan manis. Bahan utamanya adalah parutan kelapa.

Kue berbentuk kotak ini dapat Anda jadikan cemilan menikmati kota Sukabumi selain juga sebagai oleh-oleh. Rasanya yang khas menjadi daya tarik tersendiri.

17. Piscok Cakra

Pisang Coklat Cakra

Lokasi: Jl. A. Yani No.8, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Abowlofclover.com

Kuliner ini terdiri dari bahan utama pisang dan coklat yang dibungkus kulit lumpia lalu digoreng. Biasanya ditambahkan toping coklat dan keju.

Rasa coklat yang lembut dan berlimpah menjadikan Piscok Cakra tidak pernah sepi pengunjung. Anda dapat memilih porsi besar atau kecil, dengan rasa yang sama istimewanya.

18. Deblo singkong

Deblo

Image Credit by Cookpad.com

Salah satu cemilan khas Sukabumi ini dibuat dari singkong yang dibumbui bawang, garam, merica dan kunyit sehingga menghasilkan cita rasa asin dan gurih.

Memang sudah agak sulit menemukan makanan ini. Namun, Anda masih dapat mencicipi deblo di warung-warung kecil sekitaran Sukabumi.

19. Ciuk

Ciuk

Lokasi: -,- – Image Credit by Kaskus.co.id

Kuliner bernama ciuk ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur bumbu bawang dan kacang. Rasanya perpaduan asin dan gurih dari aroma kacang.

Kuliner ini tergolong langka, namun saat bulan Ramadhan, banyak pedagang yang menjajakan makanan ini sebagai kudapan berbuka puasa.

20. Surabi Sukabumi

Surabi Sukabumi

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.73, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi. – Image Credit by Reresepan.com

Ke Sukabumi tidak lengkap jika belum mencicipi surabi khas Sukabumi. Beberapa kedai menyediakan menu ini sebagai kudapan sore hari.

Yang khas dari surabi Sukabumi adalah penambahan durian pada adonan surabi sehingga menambah cita rasa legit dan aroma wangi.

Terasa kurang rasanya jika berwisata tanpa mencicipi kuliner khasnya. Beberapa rekomendasi kuliner khas Sukabumi di atas semoga dapat menjadi referensi Anda saat berwisata ke Sukabumi.