17 Tempat Wisata di Jepara

Jepara merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang terkenal akan keindahan ukiran ornamen atau mabelnya. Meskipun terkenal dengan keindahan ornamennya, ternyata di Jepara juga terdapat beberapa destinasi wisata yang cukup populer di kalangan banyak orang.

Jepara memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama teman, sahabat, atau bahkan keluarga. Jadi jika berkunjung ke Jepara, pastikan untuk mampir ke beberapa tempat wisata yang hanya tersedia di Jepara.

Sebelum pergi ke berlibur ke Jepara, pastikan untuk mengetahui informasi tentang Tempat Wisata di Jepara terlebih dahulu agar tidak bingung dalam menentukan tujuan wisata. Berikut ini beberapa saran dan masukan tempat wisata untuk kalian yang akan berlibur di Jepara.

1. Pantai Kartini

Pantai Kartini

Lokasi: Rw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Eljohnnews.com

Pantai Kartini merupakan salah satu objek wisata yang banyak digemari oleh wisatawan. Disini terdapat wahana yang menjadi andalan yaitu Kura-Kura Ocean Park. Pengunjung dapat melihat banyaknya spesies dan jenis kura-kura maupun penyu disini.

Pantai Kartini menyediakan fasilitas bermain seperti banana boat, perahu, dan wahana air lainnya. Pantai Kartini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Banyak pemandangan alam indah yang bisa dirasakan ketika mengunjungi pantai ini.

2. Pulau Panjang

Pulau Panjang

Lokasi: Ujungbatu, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Yousense.info

Destinasi wisata ini memiliki letak yang tidak terlalu jauh dengan Pantai Kartini. Jrak Pulai Panjang dengan Pantai Kartini hanya 2,5 km saja. Pulau Panjang menawarkan keindahan alam yang sangat eksotis dan indah. Hal tersebut akan membuat wisatawan betah untuk berlama-lama di pulau ini.

Pulau Panjang memiliki kedalaman air yang cukup dangkal sehingga wisatawan dapat melihat terumbu karang dengan jelas. Pasir yang ada di Pulau ini juga putih dan halus. Pulau Panjang cocok digunakan untuk berenang dan snorkeling karena airnya tidak berarus sehingga aman digunakan.

3. Pertapaan Ratu Kalinyamat

Pertapaan Ratu Kalinyamat

Lokasi: Sonder, Krajan, Tulakan, Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Situstravelmurah.com

Bagi wisatawan yang menyukai suasana mistis dan mencekam, Pertapaan Ratu Kalinyamat menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi. Pertapaan ini berlokasi di Desa Tulakan dan menjadi destinasi wisata yang cukup banyak menyimpan sejarah di dalamnya.

Banyak orang yang percaya jika destinasi wisata ini dulunya digunakan sebagai tempat pertapa Ratu Jepara pada zamannya. Namun, wisatawan yang ingin pergi ke tempat ini tentu harus memiliki nyali dan iman yang kuat untuk menghindari hal-hal buruk.

4. Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit

Lokasi: Rw. 5, Bucu, Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Photography.frydlewicz.de

Destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Jepara adalah Air Terjun Songgolangit. Air terjun ini memiliki keunikan yaitu terdapat pemandangan kupu-kupu di area sekitarnya. Hal ini tentu saja menjadikan objek wisata ini banyak diburu oleh wisatawan.

Banyak pemandangan alam yang sangat bagus untuk dilihat. Air yang mengalir juga deras, segar, dan jernih sehingga wisatawan akan betah dan suka untuk berada di sana. Air yang mengalir tersebut juga membentuk kolam sehingga tampilan Air Terjun Songgolangit sangat bagus dan cantik.

5. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa

Lokasi: Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Twisata.com

Destinasi wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di kalangan masyarakat bahkan wisatawan luar. Taman nasional ini menawarkan pemandangan alam yang indah disertai keeksotisan alam bawah lautnya.

Banyak akses yang bisa ditempuh untuk bisa ke Taman Nasional Karimunjawa. Destinasi wisata ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang suka melihat keindahan kehidupan biota laut. Banyak sekali jenis karang, ikan, dan biota laut lainnya yang ada di sini. Selain itu, terdapat wahana permainan yang seru seperti menyelam, memancing, dan snorkeling.

6. Danau Blingoh

Danau Blingoh

Lokasi: Desa Blingoh, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Tambo.co.id

Tempat wisata yang ada di Jepara berikutnya adalah Danau Blingoh. Danau ini pada awalnya merupakan bekas penambangan sehingga membentuk kubangan yang besar dan luas. Kubangan tersebut kemudian dipenuhi oleh air hujan sehingga membentuk danau yang sangat cantik dan indah.

Danau Blingoh sangat cocok dikunjungi dengan teman dan keluarga. Selain karena pemandangan alamnya yang cantik dan asri, air yang terdapat dalam Danau Blingoh sangat bersih dan berwarna biru bersih sehingga akan tampak cantik untuk dipandang.

7. Air Terjun Jurang Nganten

Air Terjun Jurang Nganten

Lokasi: Rw. 05, Tanjung, Pakis Aji, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelxtrans.com

Air terjun ini berlokasi di Desa Blingoh. Banyak masyrakat lokal maupun wisatawan luar yang sering mengunjungi destinasi wisata alam ini karena memiliki keindahan alam. pemandangan alam yang asri dan hijau menjadikan Air Terjun Jurang Nganten menjadi destinasi favorit oleh para wisatawan.

Air terjun ini memiliki air yang segara dan bersih. Selain itu, derasnya air membuat wisatawan ingin berenang dan bermain di sana. Air Terjun Jurang Nganten termasuk salah satu destinasi unggulan yang ada di Jepara.

8. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan

Lokasi: Jl. Jepara-Bangsri, Desa Bandengan, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Disparbud.jepara.go.id

Pantai ini juga bisa dikenal dengan nama Pantai Tirta Samudera. Destinasi wisata alam ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Jepara. Buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. Pantai Bandengan menampilkan pesona alam yang luar biasa dengan objek pantai yang cantik.

Pantai Bandengan memiliki pasir putih sehingga wisatawan akan nyaman berjalan diatasnya. Selain pantai, ada juga beberapa fasilitas yang disediakan untuk bisa menghabiskan waktu di Pantai Bandengan seperti naik perahu, permainan air, dan masih banyak lagi. Ada juga warung makanan di sepanjang garis pantai sehingga wisatawan tidak akan merasa lapar saat berada di sana.

9. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur

Lokasi: Jl. Teluk Awur, Telukawur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Iklantravel.com

Objek Wisata di Jepara ini bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis. Pantai Teluk Awur menyuguhkan pemandangan laut yang sangat sejuk, asri, dan indah untuk dinikmati. Disini juga terdapat kawasan hutan bakau yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang berada di sana.

Terdapat wahana air yang disediakan seperti banana boat, flying fish boat, jet sky, dan wahana lainnya. Pantai Teluk Awur juga dipercaya masyarakat sekitar untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit karena airnya yang mengandung khasiat. Pantai ini juga sering dijadikan tempat untuk diselenggarakannya event daerah.

10. Masjid Mantingan

Masjid Mantingan

Lokasi: Mantingan, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Bujangmasjid.blogspot.com

Selain terdapat wisata alam, di Jepara juga ada wisata religi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan khususnya umat muslim. Destinasi wisata religi tersebut adalah Masjid Mantingan. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Jawa setelah Masjid Agung Demak.

Masjid ini sudah berusia ratusan tahun sehingga penduduk sekitar sangat menjaga dan merawat masjid agar tidak rusak. Banyak peninggalan-peninggalan sejarah islam di Pulau Jawa yang ada di dalam Masjid Mantingan. Masjid Mantingan berlokasi di Mantingan, Tahunan. Untuk bisa kesana, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk.

11. Tiara Park Waterboom

Tiara Park Waterboom

Lokasi: Jl. Kenari, Purwogondo, Kec. Kalinyamatan, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelspromo.com

Tiara Park Waterboom merupakan salah satu wisata air yang terkenal di Jepara. Banyak wahana bermain yang disediakan seperti seluncuran, water playground, dan banyak wahana lainnya. Tiara Park Waterboom sangat cocok dijadikan wisata keluarga terutama keluarga yang memiliki anak.

Namun, tidak hanya anak-anak yang bisa menikmati fasilitas yang ada di Waterboom satu ini, ada juga wahana yang bisa digunakan untuk orang dewasa seperti lazy river, outbound, dan kolam arus. Biaya masuk yang harus dibayar adalah Rp 20.000 untuk wisata air dan Rp 50.000 untuk wahana wisata seperti Flying Fox, Bioskop 3D, dan lainnya.

12. Hutan Wisata Wono Sreni Indah

Hutan Wisata Wono Sreni Indah

Lokasi: Desa Bategede, Kec. Nalumsari, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Japaraspezial.blogspot.com

Bagi wisatawan yang suka menjelajah alam, Hutan Wisata Wono Sreni Indah menjadi destinasi wisata yag cocok dan pas untuk dicoba. Hutan wisata ini berada di kaki Pegunungan Muria. Banyak wisatawan yang sering mampir ke hutan wisata ini saat akan melakukan pendakian ke Gunung Muria.

Wisatawan dapat membangun tenda di hutan wisata ini. Terdapat pemandangan berupa pohon pinus yang ada di sekeliling hutan sehingga suasananya sangat sejuk dan menyegarkan. Kawasan yang mencakup Hutan Wisata Wono Sreni Indah ada sungai, sawah, bukit, dan kebun.

13. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk

Lokasi: Rw. 01, Mororejo, Mlonggo, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Pantai ini terletak 2 km dari Pantai Bandengan. Pantai Pungkruk menawarkan pemandangan alam yang cantik dan menawan. Pantai Pungkruk memiliki keunikan yang cukup berbeda dibandingkan dengan pantai biasa. Jika pantai biasa umumnya dipenuhi dengan pasir putih, maka Pantai Pungkruk lebih didominasi oleh karang dan bebatuan.

Wisatawan yang berkunjung tidak boleh terlalu dekat dengan pinggiran pantai karena banyaknya bebatuan karang yang mungkin cukup berbahaya karena tajam dan terjal. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keindahan Pantai Pungkruk.

14. Pantai Ombak Mati

Pantai Ombak Mati

Lokasi: Rw. I, Bondo, Bangsri, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Wikipedia.org

Sesuai dengan namanya, Pantai Ombak Mati merupakan destinasi wisata yang tidak memiliki ombak. Pantai ini memberikan kesan tenang dan nyaman karena suasananya yang tidak seramai pantai-pantai pada umumnya. Wisatawan dapat menenangkan diri ketika berkunjung ke sini sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Pantai Ombak Mati sangat cocok dijadikan spot berfoto karena pemandangan alamnya yang sangat cantik dan tenang. Pantai ini juga jauh dari keramaian kota sehingga wisatawan bisa melepas penat dengan mengunjungi Pantai Ombak Mati.

15. Wisata Sejarah Benteng Portugis

Wisata Sejarah Benteng Portugis

Lokasi: Jl. Benteng Portugis – Tayu KM. 48, Desa Banyumanis, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Panorama-jtb.com

Selain adanya wisata alam, edukasi, dan religi di Jepara, ada juga wisata bersejarah yang sangat cocok untuk dikunjungi sebagai bekal ilmu pengetahuan. Destinasi wisata tersebut adalah Wisata Sejarah Benteng Portugis. Tempat ini merupakan wisata sejarah pertama yang ada di Jepara sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota.

Benteng ini sudah dijadikan cagar budaya oleh pemerintah Jepara. Lokasi Wisata Sejarah Benteng Portugis berada di Desa Banyumanis, Kabupaten Jepara. Destinasi wisata ini banyak menyuguhkan ornamen dan bangunan sejarah yang berdiri kokoh. Selain itu, ada juga objek pemandangan bukit dan pantai yang terbentang.

16. Museum R.A Kartini

Museum R.A Kartini

Lokasi: Jl. Alun-Alun No. 1, Panggang, Kec. Jepara, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Panduanwisata.id

Jepara sangat terkenal dengan pahlawan nasional R.A Kartini. Maka dari itu, pemerintah membangun Destinasi Wisata di Jepara ini sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi perjuangan R.A Kartini dalam melawan penjajah. Museum R.A Kartini dapat dikunjungi pada pukul 08.00 – 16.00 WIB. Harga tiket masuk untuk berkunjung ke museum juga terbilang murah, yaitu sekitar Rp 2.000 untuk hari biasa dan Rp 3.000 untuk hari libur.

Di Museum R.A Kartini, wisatawan dapat melihat berbagai macam koleksi yang berhubungan dengan R.A Kartini sehingga wisatawan tidak akan lupa bagaimana perjuangannya dalam menghadapi para penjajah. Di museum ini juga terdapat ikan raksasa yang dulu ditemukan di Pulau Karimun.

17. Air Terjun Grenjengan Dowo

Air Terjun Grenjengan Dowo

Lokasi: Krajan Barat, Srikandang, Bangsri, Kab. Jepara, Jawa Tengah. – Image Credit by Travellink-indonesia.com

Bagi wisatawan yang menyukai wisata alam dan tantangan, berlibur ke Air Terjun Grenjengan Dowo menjadi salah satu pilihan yang patut untuk dicoba. Destinasi wisata ini berada di Desa Dudajawu, Kabupaten Jepara. Air Terjun Grenjengan Dowo menawarkan pemandangan alam yang hijau dan sejuk.

Untuk bisa berada di destinasi wisata, wisatawan diharuskan untuk melewati jalan yang cukup terjal dan menantang. Hal ini dikarenakan pemerintah belum membuat akses untuk bisa datang ke tempat wisata Air Terjun Grenjengan Dowo tersebut.

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa dijadikan bahan pertimbangan ketika berlibur ke Jepara. Pastikan untuk menentukan pilihan yang tepat sebelum pergi liburan ke Jepara. Dengan mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Jepara, itu tandanya Anda sudah mulai mengeksplorasi kekayaan alam yang ada di sana.