Pantai Teluk Awur salah satu objek wisata bahari yang populer di Jepara, Jawa Tengah. Wisata pantai yang menawarkan pemandangan yang indah, beragam olahraga air dan memiliki dermaga yang menjadi spot foto favorit pengunjung.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Telukawur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Beban kerja yang terlalu banyak dan menumpuk tentunya akan membuat Anda kelelahan. Oleh karena itulah perlu sesekali untuk melakukan liburan ke tempat-tempat yang dapat membuat Anda sedikit tenang. Berlibur di akhir pekan bersama dengan keluarga tentunya adalah ide yang sangat bagus untuk dilakukan. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda tuju.

Salah satunya yaitu di Pantai Teluk Awur di Jepara. Di kalangan masyarakat Jepara sendiri tempat ini sudah sangat populer. Selain karena tempat wisata ini merupakan salah satu dari destinasi wisata yang murah, namun juga keindahan yang dimilikinya begitu memukau. Wisata bahari yang satu ini memang menawarkan hal-hal seru yang bisa Anda lakukan di sana.

Selain itu pemandangan alam yang disuguhkan juga akan membuat Anda bisa rileks untuk sementara waktu. Berikut akan diulas lebih lengkap mengenai daya tarik, fasilitas, harga tiket, rute dan hal lain dari tempat wisata Pantai Teluk Awur ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Teluk Awur

Daya Tarik Pantai Teluk Awur
Image Credit: Twitter.com @wisatafavorit

Tak dapat dipungkiri memang bahwasannya pantai yang satu ini memiliki daya tarik yang begitu kuat sehingga membuat pantai yang pengelolaannya belum maksimal ini tetap mampu menggaet banyak pengunjung yang datang. Berikut adalah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Teluk Awur.

1. Festival Tradisional

Daya tarik yang pertama yaitu di lokasi wisata ini sering diadakan festival tradisional. Festival tersebut umumnya akan diadakan pada hari-hari suci seperti misalnya pada hari Syawal serta hari raya idul Fitri. Jika Anda datang ke pantai ini pada saat adanya festival tersebut, maka Anda akan melihat semaraknya pesta lomban.

Pesta lomban merupakan aktivitas di mana diadakan perlombaan sedekah laut di tempat tersebut. Setiap tahun Anda pasti akan menemukan festival-festival tersebut diadakan di kawasan pantai ini.

Festival tersebut dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan rasa syukur masyarakat terhadap Tuhan yang maha esa. Tentunya kegiatan ini memancing wisatawan untuk berdatangan karena merasa penasaran seperti apa kemeriahan acara tersebut.

2. Panorama Alam yang Indah

Setiap tempat wisata pastilah memiliki daya tarik berupa panorama alamnya yang indah. Begitu juga dengan Pantai Teluk Awur Jepara ini. Memiliki pantai berwarna putih dan lembut, serta kontur yang landai membuat pantai ini terasa begitu menarik. Berada di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan tersebut sambil melakukan aktivitas lain.

Selain memiliki pasir putih pantai ini juga ditumbuhi pohon mangrove di tepiannya. Pohon mangrove yang berguna untuk menahan proses abrasi tersebut semakin menambah elok pantai yang satu ini.

3. Kepercayaan Masyarakat Tentang Khasiat Air

Daya tarik lain yang membuat banyak wisatawan berdatangan ke Pantai Teluk Awur yaitu dikarenakan air di tempat ini dipercaya memiliki khasiat. Khasiat dari air tersebut berupa kemampuannya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu beberapa masyarakat yang datang ke tempat ini sengaja untuk mandi di pantai agar mendapatkan khasiat dari air tersebut. Bagi Anda yang penasaran bisa mencoba untuk mandi saat berada di tempat tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Awur

Alamat Pantai Teluk Awur
Image Credit: Google Maps (Rina Mufa)

Untuk menemukan lokasi wisata ini tidak terlalu susah, karena memang pemerintah setempat melengkapi tanda penunjuk jalan untuk menuju ke Pantai Teluk Awur. Aksesnya pun terbilang sangat mudah. Pantai ini berada dekat dari kota Kudus, hanya membutuhkan waktu setidaknya satu jam untuk mencapai pantai dari kota Kudus.

Sedang jika Anda berangkat dari pusat kota Semarang, maka waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai tempat ini yaitu kurang lebih dua jam. Agar lebih mudah tentunya Anda perlu membawa kendaraan pribadi menuju tempat ini.

Mengenai masalah berapa besar tiket yang perlu Anda bayarkan, terbilang sangat terjangkau. Karena seperti yang telah disebut di atas bahwa Pantai Teluk Awur merupakan salah satu destinasi wisata yang murah. Anda tidak akan mengeluarkan banyak uang dengan berkunjung ke tempat ini.

Saat Anda mendatangi tempat ini di hari aktif yaitu pada hari Senin hingga Kamis, maka Anda tidak akan dikenakan tiket sama sekali. Dengan kata lain Anda dapat masuk ke pantai tersebut secara gratis. Namun jika Anda datang pada hari Jumat Sabtu dan Minggu, maka nantinya Anda akan ditarik tiket dengan harga yang sangat murah, yaitu sebesar Rp 2.000 untuk tiap orang.

Sedangkan di hari-hari besar seperti hari raya idul Fitri, harga tiket yang dikenakan bisa mencapai Rp 10.000. Namun harga tersebut masih terbilang sangat terjangkau. Jika Anda membawa kendaraan pribadi ke tempat ini, untuk kendaraan roda dua tidak akan dikenakan biaya parkir. Biaya parkir hanya dikenakan untuk kendaraan roda empat saja yaitu sebesar Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Teluk Awur

Aktivitas Dilakukan di Pantai Teluk Awur
Image Credit: Twitter.com @pipiiitt__

Ada banyak ragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Beberapa aktivitas tersebut akan diulas di bawah.

1. Menikmati Pemandangan Matahari Tenggelam

Pemandangan alam saat matahari tenggelam memang selalu mampu memukau mata siapa saja yang melihat. Terlebih jika Anda melihat pemandangan tersebut dari Pantai Teluk Awur. Pemandangan sun set yang ditawarkan oleh pantai ini begitu luar biasanya.

Anda akan dapat melihat langit dengan taburan warna jingga yang dijamin akan membuat tertegun saat melihatnya. Suasana di pantai yang begitu tenang sangatlah mendukung aktivitas yang satu ini.

Suara ombak serta desau angin tentunya akan semakin membuat suasana saat matahari tenggelam begitu menenangkan pikiran Anda. Terlebih ketika Anda datang ke tempat ini untuk menikmati sunset bersama pasangan, tentunya akan mendapatkan momen yang begitu spesial dan harga.

2. Menikmati Kuliner

Kegiatan lain yang tak kalah seru untuk dilakukan di pantai ini yaitu menikmati sajian kuliner. Di tempat tersebut nantinya Anda akan melihat banyak warung-warung yang berjualan aneka makanan khas.

Sehingga ketika Anda telah menghabiskan waktu seharian untuk bermain di pantai, maka Anda bisa dengan puas menikmati masakan yang ada di warung-warung sekitar. Banyak sekali ragam menu sea food yang ditawarkan.

Anda tinggal memilih mana yang cocok untuk Anda. Jika Anda hanya ingin sekedar nongkrong maka dapat dilakukan di kafe daerah pantai ini. Anda bisa duduk bersantai di kafe tersebut sambil menikmati pemandangan alam Pantai Teluk Awur Jepara.

Aktivitas di Pantai Teluk Awur
Image Credit: Twitter.com @juristhegreat

3. Mandi dan Menikmati Wahana Air

Terlepas dari apakah Anda percaya dengan mitos bahwa air di tempat tersebut berkhasiat atau tidak, Anda tetap perlu mencoba untuk mandi di pantainya. Karena dengan Anda mandi di pantainya, Anda dapat merasakan kesegaran air pantai yang begitu jernih. Selain jernih air di pantai tersebut juga begitu bersih.

Jadi Anda tidak perlu takut gatal-gatal nantinya. Anda juga bisa menikmati beberapa wahana yang ditawarkan. Seperti misalnya jet sky, flying fish boat, banana boat dan masih banyak lagi lainnya. Untuk dapat menikmati wahana tersebut tentunya Anda perlu mengeluarkan biaya lain.

4. Kegiatan Memancing

Bagi Anda yang hobi sekali memancing di tempat ini, Anda juga bisa menyalurkan hobi tersebut. Pantai Teluk Awur diketahui memiliki banyak sekali jenis ikan menarik. Sehingga sangat wajar ketika banyak orang yang berdatangan ke tempat ini untuk sekedar memancing.

Jika Anda tidak ingin suasana yang terlalu ramai oleh pemancing, maka Anda bisa datang di hari-hari selain hari libur. Karena memang pada saat itu tempat ini akan banyak dipenuhi oleh para pemancing. Anda bisa membawa perlengkapan sendiri dari rumah atau membeli dari toko peralatan pancing yang berada di area pantai ini.

Penginapan Murah di Sekitar Teluk Awur Jepara

Penginapan di Sekitar Teluk Awur Jepara
Image Credit: Trivago.co.id

Bagi Anda yang berminat untuk bermalam di daerah tersebut, maka Anda bisa memilih salah satu dari tiga penginapan terdekat berikut ini.

1. Jepara Marina

Untuk dapat bermalam di tempat ini Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 500.000 dalam satu malam. Tentunya dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan fasilitas yang begitu lengkap. Seperti misalnya layanan kamar, restoran dan lain-lain.

2. Jepara Beach Hotel

Hotel yang satu ini harganya lebih murah yaitu sekitar 365.000 untuk satu malam. Beberapa fasilitas yang bisa Anda dapat seperti misalnya area parkir yang luas, wi-fi, restoran dan lain-lain. Kamar di tempat ini begitu nyaman untuk Anda tempati bersama dengan keluarga Anda.

3. Bayfront Vila

Memiliki tarif permalam sebesar Rp 550.000. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, seperti misalnya area bebas rokok, restoran, kolam renang, wi-fi dan lain-lain yang mendukung kenyamanan pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Teluk Awur Jepara

Fasilitas Pantai Teluk Awur Jepara
Image Credit: Twitter.com @garindocom

Fasilitas yang disediakan oleh Pantai Teluk Awur Jepara ini terbilang sudah cukup memadai. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan area parkir, warung makan, toilet umum dan lain-lainnya yang bisa menunjang aktivitas Anda selama berlibur di kawasan pantai cantik ini.

Pantai Teluk Awur yang berada di Jepara, Jawa Tengah menawarkan keindahan wisata bahari yang begitu menakjubkan. Anda yang belum sempat untuk berkunjung ke tempat ini disarankan untuk meluangkan beberapa waktu di hari libur untuk datang berkunjung.