Umbul Sigedang merupakan objek wisata berupa pemandian alami di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kejernihan air kolam alami ini cocok untuk bermain air dan berenang di kawasan teduh dan suasana tenang.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Umbul Sigedang ini salah satu destinasi wisata di Klaten. Konon, tempat ini merupakan tempat pemandian para putri kerajaan. Air di wisata ini sangat jernih dan bersih, jauh dari kata pencemaran limbah maupun bahan kimia lainnya. Sehingga ia mendapat julukan sebagai kolam air mineral.

Sebelum menjadi wisata hits seperti saat ini, Umbul Sigedang merupakan tempat mandi para warga sekitar. Hingga suatu ketika banyak yang mengunggah panoramanya yang indah di sosial media. Semenjak itulah wisata ini memiliki banyak pengunjung yang datang. Meskipun tempatnya relatif sempit, Anda tetap bisa berwisata dengan nyaman.

Selain kejernihan air yang menjadi daya tarik utamanya, tempat ini juga memiliki pemandangan yang sangat cantik dan beragam. Baik dari segi floranya maupun faunanya. Dari segi floranya, tempat ini memiliki pepohonan hijau yang rindang dan bisa dibuat untuk berteduh, seperti pohon beringin. Adapun fauna ikan-ikan berenang yang cantik.

Daya Tarik yang Dimiliki Umbul Sigedang

Daya Tarik Umbul Sigedang
Image Credit: Google Maps (Fuzna Nuhasana Agia)

1. Memiliki Air yang Sangat Jernih

Umbul Sigedang memiliki air yang sangat bening dan bersih meskipun sering dibuat mandi. Bahkan saking jernihnya, air tersebut dijadikan air mineral oleh salah satu perusahaan di bidang tersebut yang sangat terkenal. Sehingga saat Anda mandi di tempat ini akan terasa mandi menggunakan air galon yang banyak.

Dengan demikian, air di tempat ini terasa sangat menyejukkan dan bisa membuat Anda merasa bugar dan segar. Oleh sebab itu, saat berlibur ke tempat ini Anda harus bisa menjaga kebersihannya. Misalkan Anda keramas jangan buang plastik shamponya di kolam agar tetap terjaga kealamiannya dan kebersihannya.

2. Pemandangan Ikan yang Menenangkan

Tempat ini juga memiliki ikan-ikan yang berenang dengan indah. Merekapun tampak betah berenang di tempat ini sebab airnya yang sangat bersih dan jernih. Biasanya ikan-ikan tersebut akan bersembunyi dibawah bebatuan yang ada di dasar Umbul.

Ada beberapa penelitian mengatakan bahwa, melihat ikan berenang dapat menghilangkan stress loh. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang berlibur dari penatnya bekerja atau mungkin berlibur dengan teman sekelas setelah ujian.

Bukan hanya itu, andapun bisa ikut berenang dengan ikan-ikan tersebut. Anda juga bisa bermain petak umpet dengan ikan-ikan ini, sebab terkadang ia bersembunyi di bawah bebatuan yang ada di dasar Umbul. Sehingga membuat Anda bisa semakin rileks saat berlibur di tempat wisata Umbul Sigedang ini.

Akan tetapi, ikan-ikan di tempat ini tidak boleh dipancing ataupun diganggu. Hal ini bertujuan untuk menjaga seimbangnya ekosistem dan menjadi nilai tambah bagi pemandian Sigedang ini.

3. Mitos yang Menarik

Seperti tempat alam lainnya, tempat ini juga memiliki mitos. Konon pemandian atau Umbul ini merupakan sebuah pemandian yang digunakan oleh para putri kerajaan. Tak heran jika pemandian ini tetap bersih meskipun sering digunakan berendam.

Bahkan saking bersihnya sampai tak ada keruh sekalipun. Selain itu, pemandangannya pun juga asri dan rindang. Semakin tak heran saja, kalau memang putri kerajaan betah berendam di Umbul ini.

4. Pemandangan Alam yang Indah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tempat ini memiliki panorama yang sangat menawan. Pepohonan rindang tumbuh indah di kawasan Umbul Sigedang ini. Pohon-pohon ini pun membuat suasana tenang, segar, dan nampak asri. Kealamiannya yang terjaga dengan baik membuat pepohonan tersebut tumbuh subur dan tinggi sehingga bisa untuk berteduh.

Apalagi pohon beringin yang tumbuh besar disana. Akar-akarnya yang berada di pinggir Umbul sangat cantik dan indah. Sehingga akar-akar tersebut sering dijadikan latar belakang spot foto para pengunjung. Hal tersebut pula menjadi salah satu spot foto hits di sosial media. Andapun tak ingin ketinggalan tren ini bukan?

Alamat & Rute Menuju Lokasi Umbul Sigedang

Alamat Umbul Sigedang
Image Credit: Google Maps (Umbul Sigedang-Kapilaler)

Pemandian alami ini berada di perbatasan antara Solo dengan Yogyakarta. Namun lebih rincinya, tempat ini berada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok. Sebuah desa yang berada di kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten di Provinsi Jawa Tengah.

Akses menuju wisata saat sampai di desa ini hanya bisa dimasuki oleh kendaraan sepeda motor dan juga mobil. Sebab jalan ini berukuran kecil. Jika nada ingin berolahraga andapun bisa berjalan kaki.

Meskipun demikian, tempat ini memiliki jarangan yang memadai. Sehingga Anda bisa memakai ponsel pintar Anda terutama untuk google maps, agar Anda bisa menentukan arah untuk pergi ke destinasi wisata Umbul Sigedang.

Adapun rute menuju tempat ini yakni, pertama Anda harus berada diarah barat jalan raya Solo – Jogja. Jarak tersebut sekitar 6 km. Namun jika Anda dari Boyolali bagian barat lanjutkan perjalanan Anda menuju Tulung kemudian Ponggok. Untuk arah Boyolali bagian utara silahkan Anda pergi ke arah Janti kemudian lanjut ke Cokro.

Saat sudah sampai di Cokro Anda pun bisa ke tujuan akhir yakni Ponggok. Adapun arah timur dari Solo yakni Anda tinggal lanjut ke Delanggu. Setelah itu Anda bisa pergi ke arah selatan dan melewati Yogyakarta, kemudian ke Klaten berlanjut ke Karanganom dan terakhir di Ponggok.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Umbul Sigedang Klaten

Harga Tiket Umbul Sigedang
Image Credit: Google Maps (Muhammad Nur)

Pemandian Sigedang ini menarik tiket masuk yang sangat terjangkau oleh semua kalangan. Harga tiket masuk tersebut adalah Rp 5.000 saja per orang. Dengan harga tersebut andapun bisa menikmati keindahan kolam alami ini mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore waktu setempat.

Namun, hal ini belum termasuk fasilitas toilet dan retribusi parkir. Sehingga untuk menggunakan fasilitas toilet Anda dikenai tarif sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk retribusi parkir dikenakan tarif tergantung kendaraan anda, umumnya kendaraan roda dua dikenai tarif Rp 2.000 per motor, untuk roda empat Rp 5.000 per mobil.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pemandian Sigedang

Kegiatan di Pemandian Sigedang
Image Credit: Google Maps (Janekexx Mj)

1. Bermain Air dan Berenang

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini tentunya adalah berenang. Jernihnya air di Umbul yang menjadi produk air mineral ini, ibaratkan berenang di dalam galon, yang ada tumbuhan indah di sekelilingnya.

Apalagi jika Anda snorkling di dasar Umbul, pasti akan membuat Anda takjub akan bebatuan yang dibuat sembunyi ikan-ikan. Namun Anda jangan khawatir jika Anda tidak bisa berenang. Andapun bisa berendam di pinggiran Umbul atau menggunakan ban. Sebab di tempat ini juga menyediakan persewaan ban untuk berenang.

2. Berburu Foto yang Menarik

Salah satu hal wajib saat berwisata bagi generasi milenial saat ini adalah berburu foto. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang hobi berfoto. Sebab ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda temukan.

Diantarannya adalah pohon beringin yang menyerupai gua. Pohon tersebut sudah terbentuk secara alami dan menjadi spot foto paling ikonik. Suasana alamnya pun akan terasa meskipun hanya melihat lewat foto.

Apalagi jika Anda mengambil fotonya saat berenang. Pasti akan nampak indah sebab berpadu dengan jernihnya air Umbul Sigedang yang membuatnya nampak berwarna biru.

Bukan hanya itu, andapun bisa berfoto bersama ikan-ikan dibawah umbul lho. Anda tak perlu khawatir gambarnya buram, sebab airnya tidak keruh meskipun sedang hujan. Sangat unik sekali bukan?

Namun Anda harus menyiapkan kamera anti air ataupun wadah anti air untuk ponsel Anda. Tak lupa kacamata berenang untuk menyelam di Umbul ini.

3. Bersantai Menikmati Pemandangan

Umbul Sigedang juga memiliki fasilitas untuk bersantai. yakni gazebo-gazebo yang banyak. Sehingga Anda bisa menikmati kesejukan alam sekitar pemandian. Hal ini juga sebagai salah satu alternatif bagi Anda yang tidak suka berenang.

Adapun solusi lain untuk Anda yang tidak suka berenang namun ingin bisa bersantai. yaitu anak tangga yang berfungsi untuk menuju ke air Umbul. Anak tangga tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai tempat duduk kemudian masukan kaki Anda ke dalam kolam.  Kesegaran air Umbul Sigedang ini pun akan terasa.

Fasilitas yang Tersedia di Umbul Sigedang Klaten

Fasilitas di Umbul Sigedang Klaten
Image Credit: Google Maps (Umbul Sigedang-Kapilaler)

Destinasi wisata satu ini sudah memiliki fasilitas yang menunjang kebutuhan para pengunjungnya. Fasilitas tersebut diantarannya adalah toilet, ruang bilas, tempat parkir, mushola, dan ruang ganti. Sangat lengkap sekali bukan? Andapun tak perlu khawatir jika waktu salat tiba, ataupun saat ingin ganti baju setelah bermain air di tempat ini.

Biasanya setelah berenang perut akan terasa lapar, sebab energi yang berkurang dari olahraga yang telah dilakukan tersebut. Anda tidak perlu bingung, tempat ini juga menyediakan warung-warung dengan berbagai menu. Baik makanan ringan maupun makanan berat.

Adapun gazebo-gazebo untuk Anda duduk-duduk beristirahat sambil makan-makan. Selain itu, di wisata Umbul Sigedang ini juga terdapat persewaan tikar-tikar untuk Anda duduk-duduk dan beristirahat. Siapa tahu gazebo sudah penuh dengan pengunjung lainnya, sehingga tikar tersebut sebagai alternatif lain untuk beristirahat.

Umbul Sigedang yang ada di Klaten memang cukup populer dan harga tiket masuknya sangat terjangkau. Selain itu fasilitasnya juga sudah memadai dan cukup lengkap untuk sebuah wisata pemandian. Adapun flora dan fauna yang menambah keindahan panorama wisata ini. Dengan begitu tempat ini cukup sempurna untuk Anda berlibur.