Umbul Cokro Klaten, Destinasi Wisata Air Bermain Rafting dan River Tubing

Umbul Cokro Klaten, Destinasi Wisata Air Bermain Rafting dan River Tubing

Umbul Cokro salah satu pemandian alami yang ada di Klaten, Jawa Tengah. Objek wisata air yang memiliki pemandangan alam sangat yang memesona dan menyediakan wahana air seru seperti Rafting dan River Tubing.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Cokro, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Klaten adalah tempat yang memiliki segudang tempat wisata, salah satu yang paling terkenal yaitu wisata air. Wisata air yang banyak dikunjungi di Klaten yaitu wisata Umbul Cokro. Objek wisata ini merupakan wisata yang memiliki mata air alami.

Wisata air di Klaten ini tidak hanya memberikan kegiatan berupa berenang dan mandi saja, namun di pemandian ini memiliki banyak tawaran kegiatan menarik yang bisa dilakukan.

Umbul Cokro adalah tempat wisata air yang memiliki air yang jernih dan sejuk. Selain itu, lokasi wisata air ini juga memiliki suasana yang menentramkan hati. Anda bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat liburan selanjutnya di akhir pekan.

Daya Tarik yang Dimiliki Umbul Cokro

Daya Tarik Umbul Cokro

Image Credit: Goole Maps (Muhammad Zaky)

1. Banyak Spot Foto

Air sungai yang mengalir jernih ini dapat dijadikan sebagai tempat berfoto unik. Menyelam dan berfoto di dalam air menjadi salah satu tempat berfoto yang unik dan langka untuk dilakukan. Banyak pengunjung yang mengunggah foto cantik sambil menyelam di dalam air.

Bebatuan yang tersusun alami dan rapi di pinggir aliran air sungai menjadi lokasi berfoto yang keren. Selain itu Anda bisa berjalan-jalan di sekitar tempat wisata ini untuk mendapatkan spot berfoto yang cantik. Dengan keindahan alam yang disajikan di tempat ini tidak akan membuat Anda menyesal berlibur ke tempat ini.

2. Menyuguhkan Beragam Kegiatan Seru

Di Wisata Umbul Cokro Klaten ini Anda tidak hanya bisa melakukan kegiatan berenang, namun di wisata air ini akan memberikan Anda beragam kegiatan menarik dan seru dilakukan bersama teman dan keluarga.

Hal yang menjadi daya tarik menarik orang-orang berkunjung ke lokasi wisata ini adalah banyaknya wahana yang disediakan. Wahana-wahana ini disediakan bagi semua wisatawan yang ingin bermain.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Umbul Cokro

Alamat Umbul Cokro

Image Credit: Goole Maps (Dewa Gama)

Lokasi wisata air Umbul Cokro Klaten ini di Cokro, Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Dari alun-alun Klaten Anda bisa sampai selama 30 menit menuju lokasi. Jarak yang ditempuh yaitu sekitar 14.3 Km. Anda bisa menggunakan mobil atau kendaraan roda dua ke tempat wisata populer ini.

BACA:  33 Tempat Wisata di Magelang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Perjalanan yang akan di tempuh untuk bisa sampai ke lokasi ini yaitu dari alun-alun Klaten kemudian Anda bisa mengikuti jalan raya utama. Jalan raya utama ini akan membawa Anda ke arah Gor Gelarsena dan Monumen Joang 45.

Anda hanya perlu lurus saja sampai menemukan sebuah pertigaan kemudian belok ke arah kanan. Setelah itu, pilih kiri jika ada belokan. Tiba di desa Kadirejo Anda akan melihat sebuah pertigaan lagi. Di pertigaan tersebut pilih kiri, jika menemukan belokan lagi, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke kanan.

Anda akan menjumpai sebuah taman di ujung jalan dan lurus saja ikuti jalur. Kemudian Anda akan menemukan kantor desa gledeg. Pilih kanan jika Anda menemukan belokan besar. Tiba di sebuah tugu ikan dan belokan kendaraan Anda ke kiri. Kemudian selanjutnya Anda akan menemukan sebuah masjid dan lurus saja.

Anda akan bertemu sebuah pertigaan terakhir di dekat masjid. Anda akan segera sampai dengan lurus saja dan mengikuti jalur. Tidak jauh dari belokan tersebut Anda akan sampai ke tempat wisata air Umbul Cokro Klaten.

Pemadian alami ini memberikan tarif untuk tiket masuk per orang adalah sebesar Rp 15.000. Wisata air terkenal ini buka setiap hari, dengan jadwal jam buka yaitu dari jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore.

Selain tiket masuk Anda akan dikenakan biaya untuk parkir. Parkir motor umumnya dikenakan tarif sebesar Rp 3.000. Untuk tarif parkir mobil yaitu Rp 5.000.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Umbul Cokro

Aktivitas Menarik di Umbul Cokro

Image Credit: Goole Maps (Amir M)

1. Mengapung di Aliran Air

Tempat wisata ini memiliki aliran air yang jernih dan sejuk. Anda bisa mengapung di aliran air dari mata air alami ini. Sambil menikmati kesejukan kolam yang dikelilingi pohon-pohon besar dan hijau ini Anda bisa bersantai sejenak.

Aliran air sungai di tempat wisata Umbul Cokro Klaten ini sangat jernih dan menyejukkan. Aliran ini selain dijadikan sebagai wahana bermain, Anda dapat menghilangkan stress karena indahnya tempat ini.

BACA:  25 Tempat Wisata di Tegal Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

2. Bersantai di Gazebo

Jika Anda tidak ingin berenang dan basah-basahan, Anda bisa menikmati indahnya alam sekitar sambil berteduh di gazebo yang di sediakan. Anda bisa duduk santai sebagai alternatif untuk relaksasi. Anda juga bisa memperhatikan kegiatan-kegiatan menarik di Umbul Cokro.

Selain itu Anda bisa berbaring santai di gazebo ini. Banyak wisatawan juga beristirahat dan sembari makan dan menikmati bekal atau cemilan yang dibawa. Alternatif lain jika Anda tidak membawa makanan sendiri adalah memesan makanan dan cemilan enak di sekitar tempat wisata ini.

3. Berenang di Waterboom Cokro Tulung

Di tempat wisata ini terdapat sebuah kolam renang yang diberikan nama waterboom cokro tulung. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung anak-anak maupun orang dewasa.

Di kolam ini disediakan perosotan kecil untuk anak-anak. Ada juga perosotan untuk dewasa dengan jalur berliku-liku membuat seru tempat ini. Ada air mancur dan wahana air seru lainnya.

Yang membuat kolam renang cokro tulung ini digemari dan selalu ramai adalah karena air kolam renang ini berasal dari mata air alami. Sehingga sangat menyejukkan dan segar. Selain itu air kolam ini pun tidak berbau kaporit dan aman untuk anak-anak.

Aktivitas di Umbul Cokro

Image Credit: Goole Maps (Fery Dimas)

4. Rafting dan River Turbin di Aliran Sungai

Selain berenang dan mengapung di aliran air sungai, kegiatan air lainnya di tempat ini yaitu rafting. Di tempat wisata ini rafting merupakan kegiatan menarik dan terfavorit. Anda bisa menyusuri aliran air sungai ini sepanjang 3.5 Km. Jalur berbatu dengan aliran air yang deras membuat kegiatan ini menjadi seru.

Wisatawan yang ingin menyusuri sungai dengan melakukan rafting ini akan diberikan fasilitas berupa pelambung besar dan ban supaya aman. Kegiatan ini selalu menjadi kegiatan utama yang dilakukan oleh para pengunjung jika datang ke lokasi ini.

Jalur yang seru dan menantang ini bisa menciptakan momen yang indah untuk Anda. Di ujung jalur rafting, Anda akan disambut dengan kecantikan air terjun. Air terjun indah ini dapat dijadikan sebagai tempat berfoto cantik bersama teman-teman.

BACA:  10 Tempat Wisata di Bandungan Semarang yang Paling Hits

Bagi Anda pecinta tantangan, di lokasi wisata ini menyediakan wahana river turbin. River turbin ini adalah aktivitas yang dilakukan dengan menyusuri derasnya aliran sungai. Permainan ini pas untuk Anda yang ingin berpetualang di sekitar aliran sungai.

5. Outbond Seru

Di wisata air Umbul Cokro Klaten ini tidak hanya dilakukan kegiatan basah-basahan. Namun Anda bisa melakukan beberapa kegiatan menarik lainnya tanpa harus menyentuh air.

Outbond seru di lokasi wisata ini menjadi pilihan bagi beberapa wisatawan yang datang bersama kelompok organisasi atau teman. Kegiatan outbond ini selalu menjadi seru dan menarik jika dilakukan bersama-sama.

Di area outbond ini disediakan beberapa kegiatan yang bisa dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa. Kegiatan serunya yaitu bungge jumping yang dilakukan dengan terjun dari sebuah jembatan. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan satu tali saja. Permainan ini cocok bagi Anda yang suka tantangan.

Ada flying fox, yang bisa membawa Anda berseluncur dengan ketinggian kurang lebih 20 meter. Ada banyak kegiatan seru lainnya untuk bermain bersama. Ada mini trail yang menjadi permainan seru bagi anak-anak.

6. Jalan-Jalan Berkeliling Area Pemandian

Di area wisata ini terdapat sebuah aliran air buatan yang sengaja dibuat untuk memperindah lokasi ini. Di aliran air terdapat sebuah jembatan penyeberangan.

Di lokasi ini sering dilakukan jalan-jalan berkeliling dan menikmati keindahan alam di Umbul Cokro Klaten. Air jernih, sejuk dan berwarna kehijauan ini membuat pengunjung selalu ingin berlama-lama di lokasi ini.

Fasilitas yang Tersedia di Umbul Cokro Klaten

Fasilitas di Umbul Cokro Klaten

Image Credit: Goole Maps (Fachlul Bramasto_Aji)

Fasilitas yang disediakan di lokasi terpopuler di Klaten ini adalah tempat parkir, dan toilet. Selain itu ada beberapa gazebo tempat istirahat pengunjung. Ada warung yang menyediakan makanan dan minuman. Ada tempat penyewaan alat berenang.

Selain itu, di sekitar lokasi wisata ini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda sewa dengan harga yang disesuaikan fasilitasnya. Bagi Anda yang berasal dari luar daerah bisa bermalam di penginapan supaya keesokan harinya dapat melanjutkan traveling di tempat wisata ini.

Selain dijadikan sebagai tempat liburan, hiburan dan bermain bersama, masyarakat sekitar Wisata air Umbul Cokro juga melakukan tradisi Padusan di sekitar area wisata ini. Tradisi ini dilakukan sebelum memasuki Ramadhan. Sehingga tempat wisata ini tidak hanya ramai oleh wisatawan, namun juga oleh warga sekitar.