Umbul Ponggok merupakan objek wisata air yang hits di Klaten yang menawarkan sensasi berbeda, kegiatan snorkling dan diving bukan di Laut tapi di kolam mata air alami yang menyegarkan.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Umbul Ponggok, bagi sebagian besar orang yang berasal dari Klaten dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan lokasi wisata ini. Tempat wisata yang menawarkan keindahan bawah air ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi wisatawan dari luar Klaten.

Objek wisata air pertama yang menawarkan pengalaman diving dan snorkeling tidak di laut melainkan di sebuah kolam yang memanfaatkan sumber mata air alami. Tempat wisata dengan air jernih dan segar ini menyuguhkan panorama bawah air yang memukau. Wisatawan akan dibuat terpanah menyaksikan keindahan bawah air objek wisata ini.

Tidak sedikit wisatawan yang menyebut tempat wisata Umbul Ponggok sebagai Bunaken Van Klaten dikarenakan menyelam disini memberikan sensasi seperti berada di area perairan Bunaken. Jika Anda penasaran dengan destinasi wisata ini, maka ulasan berikut bisa jadi jawabannya.

Daya Tarik yang Dimiliki Umbul Ponggok

Daya Tarik Umbul Ponggok
Image Credit: Google Maps (Septian Hendra)

Wisata bawah air yang hits ini memiliki area kolam seluas 50 x 25 meter2. Kolam ini dihiasi oleh pepohonan hijau dan asri serta di kelilingi oleh hamparan area sawah hijau. Selain itu masih banyak daya tarik yang dimiliki seperti berikut:

1. Pesona Kolam Air Alami

Kolam dengan air jernih ini menyajikan pemandangan dasar kolam yang indah dari perpaduan bebatuan, pasir, dan lumut sehingga bisa dilihat dengan jelas oleh wisatawan dari atas permukaan air. Kolam ini berisikan ikan dengan berbagai jenis, ukuran, dan warna yang mempercantik objek wisata ini.

Di kolam ini, wisatawan dapat menemukan berbagai macam properti yang menjadi daya tarik. Properti yang tersedia antara lain becak, sepeda motor, sepeda kayuh, tenda, set taman, dan sebagainya. Namun, perlu diketahui bahwa properti-properti tersebut tidak disediakan secara gratis sehingga wisatawan perlu menyewanya.

2. Snorkeling

Wisatawan tidak perlu pergi ke laut lagi untuk melakukan kegiatan snorkeling karena di Umbul Ponggok pun wisatawan bisa melakukan snorkeling. Objek wisata ini menyediakan alat untuk snorkeling yang dapat disewa secara terpisah sesuai dengan kebutuhan. Alat snorkeling yang tersedia antara lain, pelampung (life jacket), masker snorkle, dan kaki katak (fin).

Daya Tarik dari Umbul Ponggok
Image Credit: Facebook.com @qtiket

3. Diving

Selain snorkeling wisatawan juga bisa melakukan diving. Tempat ini menyediakan paket sewa untuk diving lengkap berupa tabung oksigen, kaki katak (fin), wet suit, dan googles. Tersedia juga paket underwater Walker Dive bagi wisatawan yang ingin berjalan-jalan di bawah air.

4. Sensasi Foto Dibawah Air

Objek wisata ini menyediakan jasa sewa kamera underwater beserta operatornya. Terdapat pula penyewaan properti untuk foto underwater yang membuat tempat ini menjadi lebih menarik. Jadi, jika Anda tidak membawa kamera anti air, Anda bisa memanfaatkan penyewaan ini sebagai solusi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Umbul Ponggok

Alamat Umbul Ponggok
Image Credit: Google Maps (Umbul Ponggok)

Umbul Ponggok terletak di Kabupaten Klaten, lebih tepatnya Desa Ponggok, Polanharjo. Destinasi wisata ini dibuka setiap hari termasuk pada hari libur.

Untuk jam operasional, wisata ini mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 16.00 WIB pada hari senin hingga Sabtu sedangkan, hari minggu atau hari libur mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Jasa penyewaan mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Objek wisata ini dapat diakses dengan mudah wisatawan dapat berkunjung menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Wisatawan bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi untuk menuju ke tempat wisata ini. Terdapat beberapa rute yang dapat wisatawan pilih untuk mencapai objek wisata ini.

Jika wisatawan memilih rute dari arah timur menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, wisatawan bisa berangkat dari Kota Solo Kartosura menuju ke Delanggu. Rute yang dilalui adalah dari Kota Solo Kartosura dengan mengambil arah ke kiri dan mengikuti Jalan Raya Klaten.

Setibanya di Delanggu belok ke arah kanan Jalan Delanggu Polanharjo sampai Ponggok. Objek wisata air ini terletak di pinggir Jalan Delanggu Polanharjo.

Apabila menggunakan bis, jalur yang ditempuh dari jalan Raya Klaten Solo sampai perempatan Karang atau Sub Terminal Delanggu belok ke arah kanan ikuti jalan lingkar Delanggu. Sesampainya di perempatan Taman belok ke arah kiri ikuti jalan Cokro Delanggu sampai pasar Cokro.

Selanjutnya, belok ke arah kiri untuk tiba di lapangan Karanglo dengan mengikuti jalan Cokro Tulung. Kemudian belok kanan ke arah jalan Delanggu Polanharjo sampai Ponggok.

Jika berangkat menggunakan rute dari arah Selatan jalur yang dilalui mulai dari kota Yogyakarta menuju ke Pertigaan Penggung dengan mengikuti Jalan Raya Yogyakarta Solo. Setibanya di Pertigaan Penggung belok kiri ke arah jalan Penggung Jatinom sampai di pertigaan Karanganom.

Dari pertigaan Karanganom belok ke arah kanan menuju jalan Karanganom sampai Ponggok. Rute lain yang dapat dipilih wisatawan menuju Umbul Ponggok adalah dari arah Barat.

Apabila berangkat dari Kota atau Kantor Kabupaten Boyolali melewati Jalan Raya Jatinom Boyolali ke arah timur mengikuti arah Jalan Nangka Gumulan. Kemudian, belok ke arah kanan dan ikuti Jalan Raya Jatinom Boyolali sampai ke Majegan.

Lalu dari Majegan belok ke kiri ikuti Jalan Majegan Jeblog. Terakhir menuju ke alam Delanggu Polanharjo dengan belok kiri dari Jalan Majegan.

Apabila menempuh rute dari arah Utara wisatawan dapat berangkat dari jalan tol Solo-Semarang. Setelah keluar dari pintu tol Boyolali ambil arah selatan sampai Jalan Raya Solo Boyolali belok ke arah kiri menuju ke Jalan Randusari Klaten sampai Lapangan Kopen. Selanjutnya, ke Jalan Kopen Janti dengan belok kiri dari Lapangan Kopen.

Dari Jalan Kopen Janti belok kanan ikuti arah jalan Tegalgondo Janti sampai ke Cokro. Setibanya di Cokro wisatawan dapat belok ke arah kanan dan mengikuti Jalan Cokro Tulung hingga sampai di Lapangan Karanglo. Dari Lapangan Karanglo belok ke arah kanan menuju ke arah jalan Delanggu Polanharjo sampai tuba di Ponggok.

Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten

Harga Tiket Umbul Ponggok
Image Credit: Google Maps (Erry Putra Setiawan)

Harga tiket masuk untuk wisata ini cukup terjangkau. Pada hari biasa wisatawan akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000,- per orang, sedangkan pada hari libur wisatawan akan dikenai tarif Rp 30.000,- per orang.

Biaya tiket masuk belum termasuk biaya lain-lain seperti penyewaan fasilitas yang ada di dalamnya. Bagi wisatawan yang ingin menyewa kamera underwater akan dikenai tarif Rp 60.000,- per 30 menit maksimal untuk 4 orang atau Rp 100.000 per jam maksimal untuk 7 orang.

Selain kamera underwater, objek wisata ini menyediakan paket power dive (walker) sudah termasuk dokumentasi foto dengan harga Rp 150.000,- dan Rp 200.000,- termasuk foto dan video.

Bagi wisatawan yang ingin menggunakan properti untuk menambah daya tarik foto bisa menyewanya dengan harga yang bervariasi. Contoh properti yang disewakan seperti set kursi dan tenda dikenai tarif sekitar Rp 100.000,-, sepeda dikenai tarif Rp 300.000,-, dan masih banyak properti lainnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Umbul Ponggok

Aktivitas di Umbul Ponggok
Image Credit: Twitter.com @afeezvanilla

1. Power Dive (Walker)

Pengalaman langka, wisatawan bisa berjalan-jalan di bawah air dengan menyewa penyewaan peralatan power dive (walker) sembari menikmati keindahan bawah air. Disini Anda akan mengenakan helm khusus untuk digunakan dibawah air, jadi tidak perlu khawatir untuk tidak bisa bernafas karena sudah dilengkapi dengan selang oksigen yang tentunya aman.

Dengan mengenakan perlengkapan ini, Anda bisa berjalan kaki di bawah air sambil melakukan berbagai hal yang biasanya sulit dilakukan di bawah air.

2. Diving dan Berenang

Selain snorkeling, wisatawan bisa melakukan diving di objek wisata Umbul Ponggok. Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di kolam ini adalah berenang. Perlu diketahui pada objek wisata ini juga tersedia kolam renang khusus untuk anak-anak sehingga anak-anak bisa bersenang-senang.

Wisata air ini memiliki kolam dengan kedalaman yang berbeda beda. Kolam renang anak ini dilengkapi berbagai macam wahana permainan sehingga anak-anak tidak akan merasa bosan.

3. Snorkeling

Memiliki panorama bawah air yang memukau, wisatawan dapat melakukan snorkeling. Wisatawan bisa menyelam di permukaan air, bermain dengan ikan yang hilir mudik, dan menikmati panorama bawah air yang terdapat di objek wisata ini. Bagi wisatawan yang belum pernah melakukan kegiatan snorkeling, tersedia panduan gratis dari pemilik tempat penyewaan peralatan snorkel.

4. Video Dibawah Air

Selain foto, lokasi ini juga sangat tepat untuk dijadikan spot membuat video di bawah air. Pemandangan di bawah air yang natural dengan pasir dan bebatuan yang menghiasi menjadi hal yang indah apabila di dokumentasikan dalam bentuk video.

5. Foto Underwater

Objek wisata ini menawarkan spot bawah air yang cantik sehingga dapat dijadikan sarana oleh wisatawan yang hobi melakukan kegiatan berfoto. Air yang bersih dan jernih membuat pemandangan bawah air terlihat jelas. Tersedia berbagai properti untuk foto underwater yang dapat disewa oleh wisatawan.

Kombinasi dari banyaknya ikan yang hilir mudik di kolam dengan segala elemen yang terdapat di kolam ini memberi kesan alami yang menakjubkan.

6. Bersantai

Kegiatan asik lain yang bisa dilakukan di tempat ini adalah bersantai. Terdapat sebuah kafe yang letaknya persis di pinggir kolam yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan untuk duduk santai sembari menikmati panorama alam dan kemeriahan wisatawan lain.

Menikmati secangkir teh atau kopi dan menyantap makanan sembari bercengkrama dengan orang yang diajak ke Umbul Ponggok ini akan terasa menarik.

7. Berkeliling Kolam

Tempat wisata ini tidak ada habisnya menyajikan hal menarik untuk wisatawan. Wisatawan dapat menyewa perahu untuk mengelilingi kolam alami sembari menikmati panorama alam sekitar.

Fasilitas yang Tersedia di Umbul Ponggok Klaten

Fasilitas di Umbul Ponggok
Image Credit: Google Maps (Juntrung Puji Ananto)

Objek wisata ini dikelola pribadi oleh warga setempat. Kawasan wisata Umbul Ponggok ini menyediakan berbagai macam fasilitas. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya kamar mandi, area kuliner, musala, ruang ganti pakaian, kolam air khusus anak, homestay, dan rest area.

Tersedia pelayanan jasa sewa antara lain Paket diving dan walker, paket alat snorkeling, dan wahana permainan air. Untuk menikmati jasa sewa wisatawan akan dikenai biaya tambahan.

Itulah ulasan tentang Umbul Ponggok yang ada di daerah Klaten. Objek wisata unik dan jarang ditemui di lokasi lain ini memang sangat sayang untuk tidak didatangi. Berbagai kegiatan menarik bisa Anda lakukan di lokasi ini seperti berfoto dan berjalan kaki di bawah air.