Berwisata tidak harus dilakukan di kota-kota besar maupun di kota-kota tujuan pariwisata saja. Banyak kota kecil atau bahkan daerah kabupaten di Indonesia yang menyimpan tempat-tempat wisata nan indah dan menarik. Salah satunya adalah Klaten. Kabupaten Klaten terletak di Jawa Tengah, tak jauh dari Kota Jogja dan Solo.

Karena letaknya berada di antara dua kota besar, Klaten kadang dilewatkan begitu saja. Banyak wisatawan yang lebih memilih berwisata ke Jogja kemudian lanjut ke Solo, demikian pula sebaliknya. Padahal, di Klaten ada banyak sekali tempat tujuan wisata yang sayang jika tidak dikunjungi.

Kebanyakan tempat wisata di Klaten menyuguhkan keindahan alam. Wisata alam Klaten memang jempolan dan ada beragam, mulai dari embung (semacam waduk) hingga perkebunan. Klaten juga memiliki koleksi wisata historis, wisata kuliner dan lain sebagainya.

Apa sajakah tempat-tempat wisata populer dan menarik yang harus dikunjungi jika sedang berada di Klaten? Berikut ini adalah daftar Tempat Wisata di Klaten yang terpopuler. Semua tempat wisata di bawah ini tentunya menarik untuk dikunjungi ketika Anda sedang berwisata di daerah ini.

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok
Image Credit: Bumdes.id

Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Klaten. Tempat wisata ini sempat menjadi hits di sosial media dan diserbu oleh anak-anak muda kekinian. Umbul Ponggok menyajikan wisata air dimana wisatawan bisa menyelam di dalam umbul (semacam waduk) yang di dalamnya terdapat ikan-ikan cantik.

Pada saat menyelam, wisatawan akan difoto oleh petugas yang ada di sana. Foto menyelam bersama ikan-ikan ini yang kemudian hits di Instagram dan Facebook. Jika ingin ke sini, lokasi umbul ada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Tiket masuk berkisar Rp 5.000 (belum termasuk biaya untuk foto saat menyelam dan peralatannya).

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

2. Candi Lumbung

Candi Lumbung
Image Credit: Bumn.go.id

Candi Lumbung dibuat saat masa kerajaan Mataram pada abad ke 9. Kini, candi ini termasuk ke dalam warisan Dunia. Nama ini diberikan karena bentuk dari candi ini mirip tempat penyimpanan Padi di pedesaan yaitu Lumbung.

Di pintu masuk menuju ke Candi Lumbung terdapat patung pahatan wanita dan laki-laki. Candi yang berupa bangunan suci Buddha ini berada pada kompleks percandian, dimana halaman area ini terdapat Batu Adesit. Candi Lumbung dikelilingi 17 candi. Terdapat satu candi utama dan 16 candi perwana.

Candi Lumbung ini salah satu objek wisata terkenal di Jawa Tengah. Beberapa fasilitas yang ada di Candi Lumbung yaitu ada mushola, kamar mandi, taman yang menyejukkan, banyaknya spot foto dan tempat makan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

3. Pabrik Gula Gondang Winangoen

Pabrik Gula Gondang Winangoen
Image Credit: Beepdo.com

Bagi yang tertarik dengan wisata historis yang menarik, Klaten memiliki Pabrik Gula Gondang Winangoen. Pabrik gula ini menjadi salah satu yang tertua di Indonesia dan dibangun pada saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Di dalamnya, wisatawan bisa melihat berbagai macam alat-alat pabrik gula kuno yang dipajang dalam ruang khusus semacam museum.

Pabrik gula ini buka mulai dari jam 7 pagi dan tutup pada jam 3 sore. Untuk tiket masuknya cukup murah, hanya sekitar Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Asem, Jomboran, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

4. Candi Sewu

Candi Sewu
Image Credit: Situsbudaya.id

Candi Sewu didirikan oleh seorang raja yang berkuasa pada zaman dahulu yaitu Sri Maharaja Rakai Panangkaran. Candi Sewu adalah salah satu candi Buddha terbesar di Indonesia. Menurut beberapa kisah Candi Sewu lebih dulu didirikan dari pada Candi Borobudur.

Nama Candi Sewu diambil karena banyaknya bangunan candi di kawasan ini, seakan-akan ada seribu. Sewu yaitu bahasa Jawa yang artinya seribu. Walaupun sebenarnya di area ini terdapat 249 candi. Dari gerbang masuk Anda akan disambut oleh patung besar berukuran 2.3 meter.

Candi ini dijadikan tempat wisata bagi pengunjung penikmat sejarah. Namun, saat ini bagi para pengunjung belum diperkenankan mengunjungi candi utama.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

5. Lepen Kencono

Lepen Kencono
Image Credit: Kreesnaa.blogspot.com

Lepen Kencono adalah wahana bermain air yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Di dalam tempat wisata ini, ada beberapa kolam air dan permainan-permainan seperti papan luncur dan jembatan goyang. Para wisatawan yang datang ke tempat ini biasanya puas dengan semua fasilitas dan air Lapen Kencono yang jernih.

Untuk bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Lapen Kencono, para pengunjung tidak harus membayar tiket masuk. Tiket masuknya gratis dan biasanya pengunjung hanya diwajibkan membayar biaya parkir.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Polanharjo, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

6. Candi Merak

Candi Merak
Image Credit: Sportourism.id

Tempat wisata ini memiliki daya pesona yang sangat indah. Memiliki nilai sejarah yang unik. Dengan keindahan arsitektur Candi Merak ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan candi lainnya. Candi Merak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Karena Candi Merak memiliki keunikan yang tidak ada di tempat lainnya.

Candi Merak memiliki bangunan dengan gaya Hindu dan terdapat tiga bangunan kecil berupa perwira menghadap ke arah Barat. Terdapat Candi Induk menghadap ke arah Timur.

Pak Soekmono seorang ahli arkeologi pada tahun 1953 menyatakan bahwa sebelumnya Candi ini bernama Candi Batara Ghana karena adanya arca Ganesha yang di temukan di atas reruntuhan bangunan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Karangnongko, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

7. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Selain Umbul Ponggok, ada juga umbul lain yang terkenal di Klaten. Namanya Umbul Kapilaler. Umbul ini terletak di kawasan yang masih asri, lumayan jauh dari pinggir jalan sehingga suasananya tenang dan syahdu. Air di umbul ini juga dingin dan jernih sehingga terasa sangat menyegarkan.

Umbul Kapilaler bisa dikunjungi secara gratis. Namun, wisatawan bisa memasukkan sumbangan sukarela di kotak yang sudah disediakan pengelola. Di umbul ini, pengunjung bisa bebas bermain air dan berenang dari pagi hingga menjelang malam hari.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dukuh Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

8. Deles Indah

Deles Indah
Image Credit: Seputarwisata.com

Tempat wisata Deles Indah terdapat enam tempat yang bisa Anda kunjungi dalam satu kali jalan. Ada pesanggrahan Pakubuwono X. Bangunan ini digunakan Sunan Pakubuwono untuk bersemedi dan menenangkan pikiran.

Sekarang tempat ini dijadikan tempa wisata. Makam Kyai Mlayopati ini sering dikunjungi oleh masyarakat untuk berziarah dan melakukan acara adat yaitu Nyadranan. Sendang Kali Reno menyajikan sebuah sungai kecil nan indah dengan sumber mata air.

Taman Ngajaran yaitu tempat yang biasa digunakan untuk camping dan outbond. Bukit Pring Cendani adalah spot foto dari ketinggian. Terahir Gua Sapuangin berada di bawah Bukit Spring Cendani. Kedalaman Gua 8 meter ini menjadi tempat wisata yang unik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balerante, Kec. Kemalang, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

9. Candi Prambanan

Candi Prambanan
Image Credit: Triptrus.com

Candi Prambanan berlokasi di antara kota Jogja dan Klaten, tapi karena lebih mendekati ke Klaten, maka banyak orang yang menganggapnya masuk ke dalam daftar Objek Wisata di Klaten. Candi peninggalan jaman kerajaan Hindu ini tidak perlu lagi diragukan kepopulerannya. Semua orang pasti tahu tentang Prambanan dan legenda Roro Jonggrang-nya.

Wisatawan biasanya datang ke Candi Prambanan di siang hari untuk menikmati arsitektur kunonya. Di malam hari, ada pertunjungan sendratari Ramayana yang digelar. Gala sendratari ini banyak didatangi oleh wisatawan asing. Untuk bisa mengunjungi Candi Prambanan, ada tiket masuk sebesar Rp 50.000 yang harus dibayar (bukan tiket untuk pertujukan Ramayana).

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

10. Umbul Jolotundo

Umbul Jolotundo
Image Credit: Pinterest.com

Daya tarik dari tempat wisata ini yaitu adanya keindahan alam dengan tiga kolam renang. Umbul Jolotundo juga memiliki cerita legenda yaitu di kolam ini terdapat batu telapak kaki yang merupakan kaki Bisma seorang ksatria pada zaman dahulu.

Selain alami, air di kolam Umbul Jolotundo tidak mengandung kaporit seperti di kolam-kolam lainnya. Sehingga air di kolam ini sangat menyegarkan bagi siapa yang berendam dan langsung mandi. Ada tiga kolam tempat mandi dan berenang di lokasi ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Klaten–Jatinom No.7, Gedaren, Kec. Jatinom, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

11. Mata Air Cokro Tulung

Mata Air Cokro Tulung
Image Credit: Travelblog.id

Klaten memang wisata alamnya lebih condong ke wisata air. Hal ini dikarenakan banyak mata air di Klaten yang membuat daerah ini memiliki banyak embung, waduk, dan mata air buatan. Bicara soal mata air, salah satu yang paling terkenal di Klaten adalah Mata Air Cokro Tulung. Mata air ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi di musim liburan sekolah.

Selain mata air, di tempat ini tersedia wahana permainan flying fox yang biasanya sangat diminati oleh wisatawan. Tempat yang buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore ini mematok tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jurang Jero, Daleman, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

12. Umbul Manten

Umbul Manten
Image Credit: Bisniswisata.co.id

Umbul Manten berupa pemandian alami andalan di daerah ini. Karena sejuknya mata air di kolam ini, juga dikelilingi pepohonan di sekitarnya, menambah kesejukan. Saat hari libur, pemandian ini akan ramai diserbu pengunjung.

Pemandian alam ini memiliki kisah sedih yaitu dimana hilangnya sepasang kekasih calon pengantin. Ada tiga tempat yaitu kolam utama, ada kolam untuk anak-anak dan ada aliran sungai yang cukup dangkal.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

13. Taman Hiburan Galuh Tirtonirmolo

Taman Hiburan Galuh Tirtonirmolo
Image Credit: Cybevasion.fr

Bagi yang memiliki anak-anak kecil dan ingin mencari taman hiburan untuk tempat bermain, datang saja ke Galuh Tirtonirmolo. Tempat ini adalah sebuah kolam renang besar dan lengkap, dengan berbagai wahana dan tempat permainan. Meski tidak ingin berenang, anak-anak tetap bisa bermain di taman atau wisata kuliner di foodcourt-nya.

Untuk bisa masuk dan berenang di tempat ini, harga tiket masuknya adalah Rp 25,000 per orang di hari Senin hingga Jumat. Pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, harga tiket menjadi Rp 30,000.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Manisrenggo, Pemuktibaru, Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

14. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan
Image Credit: Jejakpiknik.com

Candi ini memadukan adat Hindu dan Buddha. Atap candi tersusun menjadi tiga bagian yaitu puncak, satu stupa besar, dan adanya puluhan stupa kecil. Di sekitar Candi Sojiwan dikelilingi padang rumput dan pepohonan yang asri. Dimana tempat ini selalu menjadi spot foto yang bagus.

Candi Sojiwan dibangun oleh seorang Raja Balitung sebagai penghormatan kepada Neneknya. Relief Candi Sojiwan dihiasi fable Garuda, Kera dan Kura-kura yang melambangkan hubungan cerita Jataka asal India.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Banjarsari, Kwaron, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

15. Puncak Clongop

Puncak Clongop
Image Credit: Ngulikyukbro.blogspot.com

Puncak Clongop adalah wisata alam di Klaten yang cocok bagi mereka yang ingin menyaksikan pemandangan alam nan indah. Meski Klaten bukan daerah dataran tinggi, Puncak Clongop menghadirkan wisata di tengah bukit.

Tempat wisata ini membuat wisatawan yang bisa naik ke puncak akan disuguhi dengan pemandangan hamparan pepohonan hijau. Tempat wisata yang terletak di Watugajah, Gedangsari ini medannya cukup curam sehingga ada baiknya disiapkan fisik yang prima sebelum mencoba mendaki ke Puncak Clongop.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Watugajah, Kec. Gedangsari, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

16. Umbul Tirto Mulyani

Umbul Tirto Mulyani
Image Credit: Ngulikyukbro.blogspot.com

Menurut beberapa cerita pemandian Umbul Tirto Mulyani sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Ada dua lokasi pemandian di tempat ini yaitu Umbul Lanang dan Umbul Wedhok yang terpisah 100 meter.

Di dasar pemandian ini disusun oleh bebatuan-bebatuan alam. Airnya segar dan dingin. Air Umbul ini berasal dari sumber mata air yang tidak pernah kering. Selain tempat wisata, di Umbul ini diadakan upacara tradisi syukur oleh masyarakat sekitar.

Fasilitas yang disediakan berupa tempat penyewaan pelampung untuk berenang, ada tempat bilas, dan juga ada ruang ganti pakaian.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karanglor, Pluneng, Kec. Kebonarum, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

17. Desa Wisata Keprabon

Desa Wisata Keprabon
Image Credit: Ukmklaten.com

Masyarakat Klaten banyak yang masih melestarikan hal-hal tradisional, termasuk juga kerajinan tradisional. Salah satunya adalah kerajinan ukiran pada tanduk kerbau. Kerajinan unik ini bisa ditemukan di Desa Wisata Keprabon.

Hampir semua penduduk di desa ini memiliki kemampuan untuk memproduksi kerajinan tanduk kerbau yang unik dan cocok dijadikan sebagai souvenir. Pada saat berkunjung di desa wisata ini, wisatawan juga bisa menyaksikan sendiri proses pembuatan kerajinan tanduk kerbau dan berbelanja souvenir di berbagai toko yang ada di desa ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Keprabon, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

18. Candi Bubrah

Candi Bubrah
Image Credit: Instagram.com @happy.photoscape

Candi Bubrah ditemukan dalam keadaan rusak saat itu. Dan warga memberikan nama sesuai dengan kondisi Candi ini saat ditemukan. Candi dengan 12 x 12 meter ini adala sebuah bangunan Candi Buddha yang berdiri di kawasan Candi Hindu. Bangunan Candi Bubrah yang tinggi memiliki satu atap stupa dan merupakan simbol Gunung Meru.

Candi Bubrah adalah Candi kesatuan Lumbung dan Candi Sewu dengan Candi Mandala di lokasi Candi Prambanan sebagai bangunan tempat beribadah. Fasilitas di sekitar kawasan berupa tempat ibadah, tempat istirahat, lapangan, taman, toko-toko seperti oleh-oleh dan kuliner.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

19. Taman Lampion Klaten

Taman Lampion Klaten
Image Credit: Iniberitaaa.blogspot.com

Untuk wisata yang lebih modern dan kekinian, serta wisata yang lebih mengedepankan spot foto untuk Instagram, wisatawan bisa datang ke Taman Lampion Klaten. Taman wisata ini memiliki banyak koleksi lampion dalam berbagai bentuk yang akan menyala warna-warni di malam hari. Tentunya taman ini cocok dijadikan background saat foto-foto.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke taman lampion ini tentunya adalah pada malam hari. Pada saat malam hari, para wisatawan bisa menyaksikan lampion menyala sambil menikmati wisata kuliner di foodcourt yang tersedia di dalam area taman lampion ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gang Tidar, Bareng Lor, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

20. Candi Gana

Candi Gana
Image Credit: Instagram.com @widhawatitok

Sebuah warisan peninggalan dunia, Candi Gana. Terletak di sekitar perumahan penduduk di luar pagar Candi Prambanan. Sehingga tidak banyak yang tahu lokasi candi ini. Candi Gana adalah salah satu dari empat candi yang berada di sekitar Candi Sewu. Candi Gana berada di bagian Timur Candi Sewu.

Di tangga saat memasuki Candi Gana terdapat simbol pepohonan yang merupakan simbol yang banyak ditemukan di Candi Buddha. Candi Gana dibentuk berdasarkan perbingkaian kaki, sisi genta dan belah rotan yang merupakan tanda-tanda bangunan di zaman abad ke 9. Candi ini dibuat atas perintah dari dinasti Syailendara.

Ada banyak arca yang berhubungan dengan Candi ini. Ada arca berwujud burung dan kepala anjing. Relief kepala anjing ini adalah alasan warga sekitar memberikan nama Candi Asu untuk Candi Gana ini.

Karena Asu berarti Anjing dalam bahasa jawa. Ada juga Relief berbentuk cakar. Terahir di Candi Gana ini ditemukan dekorasi mirip wanita yang memegangg ular kobra.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Sewu No.587, Bener, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

21. Warung Apung Rowo Jombor

Warung Apung Rowo Jombor
Image Credit: Klatenews.blogspot.com

Mau wisata kuliner unik? Klaten punya destinasi wisata kuliner yang cocok untuk tujuan tersebut. Namanya warung apung Rowo Jombor. Seperti tertulis di namanya, spot wisata ini adalah berupa deretan warung yang terletak di tengah-tengah rawa besar. Untuk bisa sampai ke warung-warung tersebut, wisatawan harus naik semacam rakit.

Menu utama yang tersedia di hampir tiap warung di tengah Rowo Jombor adalah ikan air tawar bakar dan juga aneka ragam seafood. Rata-rata harga makanan di sini dibanderol antar Rp 50,000 hingga Rp 100,000.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Krakitan, Kec. Bayat, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

22. Taman Kamboja Klaten

Taman Kamboja Klaten
Image Credit: Google Maps (Erlangga Pramusita)

Di taman ini Anda akan menemukan deretan pohon Kamboja yang berbaris rapi. Taman Kamboja banyak dikunjungi muda-mudi. Dimana tempatnya yang hits, unik dan antik menjadi daya tari tersendiri.

Hunting foto seru bersama teman-teman nongkrong di hutan Kamboja. Kamboja merupakan tanaman yang umum ditanam di pemakaman, sehingga di Taman Kamboja Klaten seperti meyisakan bau-bau mistis. Tapi, tidak mesti begitu bukan? Di Taman ini Anda akan terpesona dengan adanya kamboja ditanam rapi dan berbentuk lorong-lorong unik tempat berfoto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gayamprit, Kec. Klaten Selatan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

23. Kebun Rambutan Desa Tulung

Kebun Rambutan Desa Tulung
Image Credit: Google Maps (Anto Antok)

Klaten tak hanya memiliki wisata air, tapi juga ada wisata perkebunan atau agrowisata. Salah satu yang paling terkenal adalah agrowisata buah rambutan. Di Kebun Rambutan Desa Tulung, ada berhektar-hektar tanah yang ditumbuhi deretan pohon rambutan.

Ketika sedang musimnya, pohon-pohon ini akan penuh dengan buah rambutan merah segar yang siap dipetik. Saat yang tepat untuk mengunjungi kebun rambutan di Desa Tulung adalah sekitar bulan Januari hingga Maret di mana pohon-pohon rambutan sedang berbuah lebat-lebatnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gedongjetis, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

24. Umbul Nilo

Umbul Nilo
Image Credit: Instagram.com @kherry18

Destinasi wisata air Umbul Nilo adalah tempat paling terkenal saat ini. Dengan kesegaran dan kejernihan airnya yang beasal dari mata air membuat Umbul ini selalu ramai dikunjungi 24 jam tanpa ada batasan jam kunjungan.

Ukuran kolam di Umbul Nilo ini lebih kecil dibandingkan dengan Umbul lainnya. Namun keindahan yang disajikan sangat menawan hati. Di area ini ada parkiran yang sangat luas, tempat bilas, mushola, tempat istirahat dan warung makan yang menyediakan kuliner khas yang lezat. Selain itu ada spot foto underwater yang sangat bagus.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Daleman, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

25. Riverboarding Kali Pusur

Riverboarding Kali Pusur
Image Credit: Inibaru.id

Riverboarding adalah aktivitas outdoor nan menantang yang biasanya disukai oleh anak-anak muda. Kegiatan ini biasanya dilakukan di sungai dengan aliran air yang cukup deras sehingga wisatawan bisa naik ke atas papan dan meluncur di aliran sungai tersebut.

Kali Pusur di Klaten sering digunakan untuk melakukan riverboarding ini. Untuk bisa melakukan riverboarding, biasanya wisatawan diwajibkan membayar biaya sebesar Rp 50,000 (belum termasuk peralatan).

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cokro-Delanggu, Wangen, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

26. Umbul Gedaren

Umbul Gedaren
Image Credit: Instagram.com @obyekmenarik

Sumber Air kolam dari Umbul Kedaren ini berasal dari mata air alami sehingga air dari kolam selalu melimpah. Menurut cerita yang beredar, air Umbul Gedaren bisa menjadi obat yang menyembuhkan penyakit kulit, stroke dan saraf.

Air ini juga digunakan masyarakat sekitar untuk kebutuhan sehati-hari. Sumber air Umbul yang jernih ini berasal dari dua sumber yaitu Umbul Lanang dan Umbul Wadon yang keduanya kini masih dijaga oleh penunggunya yaitu Kyai Jegang Joyo dan Ny Dewi Siti Sundari.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Klaten–Jatinom No.7, Gedaren, Kec. Jatinom, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

27. Candi Plaosan

Candi Plaosan
Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Selain Candi Prambanan, Klaten juga memiliki candi terkenal lainnya, yaitu Candi Plaosan. Meski tidak besar ukurannya, Candi ini memiliki arsitektur unik sehingga sering kali didatangi oleh para wisatawan, baik wisatawan asing maupun lokal.

Candi Plaosan dikelilingi oleh hamparan padang rumput yang hijau dan enak dipandang sehingga menambah asyik suasana wisata di area ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

28. Embung Tirto Mulyo

Embung Tirto Mulyo
Image Credit: Instagram.com @pejalan.biasa

Embung ini diresmikan tahun 2017 lalu. Embung Tirto Mulyo berada di lereng Gunung Merapi. Fungsi utama embung ini yaitu untuk menampung air hujan dalam jumlah banyak dan dapat memenuhi kebutuhan sebagian masyarakat.

Tempat wisata Embung Tirto Mulyo ini dijadikan objek wisata pegunungan Klaten saat ini. Karena selain fungsinya yang menjadi penyedia sumber air bersih untuk masyarakat, Embung dengan luas 0.6 Hektar ini juga sangat menarik untuk tempat wisata.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pucang, Tegalmulyo, Kec. Kemalang, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

29. Hutan Kota Gergunung

Hutan Kota Gergunung
Image Credit: Iniberitaaa.blogspot.com

Hutan Kota Gergunung adalah spot wisata yang cocok bagi mereka yang menggemari dunia hewan, terutama burung. Hutan kota yang penuh dengan pepohonan ini menjadi rumah bagi ratusan ekor burung dari berbagai jenis.

Tiap harinya, ada banyak burung yang bisa dilihat terbang dari pohon ke pohon atau berterbangan di langit atas hutan kota ini. Pengunjung biasanya mendatangi hutan ini pada sore hari menjelang matahari terbenam, di saat inilah banyak sekali burung yang terbang melintas pulang ke pohonnya masing-masing.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ki Ageng Gribig, Kwarsa, Gergunung, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

30. Curug Indah Tegalrejo

Curug Indah Tegalrejo
Image Credit: Instagram.com @bangjack1210

Curug Indah Tegalrejo sangat pas dengan namanya. Airnya yang mengalir melewati tebing bebatuan dan memiliki tingat ini sangat mempesona ketika di depan mata. Pemandangan sekitar berupa pepohonan menambah indah Curug ini. Kedalaman kolam tempat mandi lumayan dangkal dan cocok untuk berendam.

Keindahannya yang tersembunyi di Gunung Kidul belum banyak yang menghampiri. Namun di tempat ini juga digunakan sebagai tempat outbond bagi banyak mahasiswa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cremo, Tegalrejo, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

31. Agrowisata Bonsai

Agrowisata Bonsai
Image Credit: Detik.com

Tempat wisata di Klaten terakhir yang ada di daftar ini adalah agrowisata bonsai. Bonsai adalah jenis tanaman kerdil nan unik yang biasa dikoleksi oleh pecinta tanaman hias. Di Klaten, bonsai bisa tumbuh subur dan dikembangkan menjadi agrowisata yang menarik ratusan wisatawan tiap harinya.

Agrowisata di Desa Kebondalem Kidul ini menyajikan aneka macam bonsai dalam pot-pot cantik yang tak hanya bisa dibeli dalam bentuk jadi saja, tapi juga bisa dibeli dalam bentuk bibit dan cangkokannya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kebondalem Kidul, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

32. Sendang Gemuling

Sendang Gemuling
Image Credit: Instagram.com @solo_cheaptrip

Sendang Gemuling berupa air terjun kecil. Selain itu ada tebing batu yang bisa Anda capai. Batu tebing ini memiliki bentuk yang sangat unik, eksotis dan alami. Di tebing batu ini banyak pengunjung mengabadikan foto.

Sendang Gemuling berada di lereng Gunung Merapi. Dengan keindahan Air terjun dan tebing, panorama alam dengan sejuknya hawa pegunungan menjadikan tempat ini hits di kalangan muda-mudi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sidorejo, Kec. Kemalang, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

33. Wisata Kali Talang

Wisata Kali Talang
Image Credit: Instagram.com @stephaniesisca

Destinasi wisata alam yang memberikan nuansa kemewahan Gunung Merapi. Puncak tempat wisata ini berada di tinggian 1.120 mdpl. Dengan ketinggian ini Anda bisa melihat kawah dan puncak Gunung Merapi lebih dekat. Di sekitar Bukit terdapat batu besar yang memanjang menyerupai jalur air sehingga bukit inipun diberikan nama Kali Talang.

Di sini Anda bisa berfoto dengan background gunung yang diselimuti awan, terlihat akan sangat bagus. Ada spot foto lainnya yang lebih bagus di Wisata Kali Talang. Salah satunya berupa tempat terbaik menunggu sunrise, ada jembatan gantung, Kursi-kursi dan tangga. Ditambah udara pegunungan yang mengusir penat di otak.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balerante, Kec. Kemalang, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

Demikian tadi daftar Destinasi Wisata di Klaten yang harus dikunjungi. Meski tidak sepopuler tempat-tempat wisata di Jogja ataupun Solo, tetap saja semua tempat di Klaten tadi menyuguhkan pengalaman wisata yang menarik bagi wisatawan. Karenanya, jangan bingung jika sedang ada di Klaten. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan.