16 Tempat Wisata di Klaten

Berwisata tidak harus dilakukan di kota-kota besar maupun di kota-kota tujuan pariwisata saja. Banyak kota kecil atau bahkan daerah kabupaten di Indonesia yang menyimpan tempat-tempat wisata nan indah dan menarik. Salah satunya adalah Klaten. Kabupaten Klaten terletak di Jawa Tengah, tak jauh dari Kota Jogja dan Solo.

Karena letaknya berada di antara dua kota besar, Klaten kadang dilewatkan begitu saja. Banyak wisatawan yang lebih memilih berwisata ke Jogja kemudian lanjut ke Solo, demikian pula sebaliknya. Padahal, di Klaten ada banyak sekali tempat tujuan wisata yang sayang jika tidak dikunjungi.

Kebanyakan tempat wisata di Klaten menyuguhkan keindahan alam. Wisata alam Klaten memang jempolan dan ada beragam, mulai dari embung (semacam waduk) hingga perkebunan. Klaten juga memiliki koleksi wisata historis, wisata kuliner dan lain sebagainya.

Apa sajakah tempat-tempat wisata populer dan menarik yang harus dikunjungi jika sedang berada di Klaten? Berikut ini adalah daftar Tempat Wisata di Klaten yang terpopuler. Semua tempat wisata di bawah ini tentunya menarik untuk dikunjungi ketika Anda sedang berwisata di daerah ini.

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Lokasi: Jl. Delanggu – Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Bumdes.id

Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Klaten. Tempat wisata ini sempat menjadi hits di sosial media dan diserbu oleh anak-anak muda kekinian. Umbul Ponggok menyajikan wisata air dimana wisatawan bisa menyelam di dalam umbul (semacam waduk) yang di dalamnya terdapat ikan-ikan cantik.

Pada saat menyelam, wisatawan akan difoto oleh petugas yang ada di sana. Foto menyelam bersama ikan-ikan ini yang kemudian hits di Instagram dan Facebook. Jika ingin ke sini, lokasi umbul ada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Tiket masuk berkisar Rp 5.000 (belum termasuk biaya untuk foto saat menyelam dan peralatannya).

2. Pabrik Gula Gondang Winangoen

Pabrik Gula Gondang Winangoen

Lokasi: Karang Asem, Jomboran, Kec. Klaten Tengah, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Beepdo.com

Bagi yang tertarik dengan wisata historis yang menarik, Klaten memiliki Pabrik Gula Gondang Winangoen. Pabrik gula ini menjadi salah satu yang tertua di Indonesia dan dibangun pada saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Di dalamnya, wisatawan bisa melihat berbagai macam alat-alat pabrik gula kuno yang dipajang dalam ruang khusus semacam museum.

Pabrik gula ini buka mulai dari jam 7 pagi dan tutup pada jam 3 sore. Untuk tiket masuknya cukup murah, hanya sekitar Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 30.000 untuk wisatawan asing.

3. Lepen Kencono

Lepen Kencono

Lokasi: Desa Polanharjo, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Kreesnaa.blogspot.com

Lepen Kencono adalah wahana bermain air yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Di dalam tempat wisata ini, ada beberapa kolam air dan permainan-permainan seperti papan luncur dan jembatan goyang. Para wisatawan yang datang ke tempat ini biasanya puas dengan semua fasilitas dan air Lapen Kencono yang jernih.

Untuk bisa menikmati semua fasilitas yang ada di Lapen Kencono, para pengunjung tidak harus membayar tiket masuk. Tiket masuknya gratis dan biasanya pengunjung hanya diwajibkan membayar biaya parkir.

4. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler

Lokasi: Dukuh Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Selain Umbul Ponggok, ada juga umbul lain yang terkenal di Klaten. Namanya Umbul Kapilaler. Umbul ini terletak di kawasan yang masih asri, lumayan jauh dari pinggir jalan sehingga suasananya tenang dan syahdu. Air di umbul ini juga dingin dan jernih sehingga terasa sangat menyegarkan.

Umbul Kapilaler bisa dikunjungi secara gratis. Namun, wisatawan bisa memasukkan sumbangan sukarela di kotak yang sudah disediakan pengelola. Di umbul ini, pengunjung bisa bebas bermain air dan berenang dari pagi hingga menjelang malam hari.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Lokasi: Desa Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Triptrus.com

Candi Prambanan berlokasi di antara kota Jogja dan Klaten, tapi karena lebih mendekati ke Klaten, maka banyak orang yang menganggapnya masuk ke dalam daftar Objek Wisata di Klaten. Candi peninggalan jaman kerajaan Hindu ini tidak perlu lagi diragukan kepopulerannya. Semua orang pasti tahu tentang Prambanan dan legenda Roro Jonggrang-nya.

Wisatawan biasanya datang ke Candi Prambanan di siang hari untuk menikmati arsitektur kunonya. Di malam hari, ada pertunjungan sendratari Ramayana yang digelar. Gala sendratari ini banyak didatangi oleh wisatawan asing. Untuk bisa mengunjungi Candi Prambanan, ada tiket masuk sebesar Rp 30.000 yang harus dibayar (bukan tiket untuk pertujukan Ramayana).

6. Mata Air Cokro Tulung

Mata Air Cokro Tulung

Lokasi: Jl. Cokro – Tulung, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Travelblog.id

Klaten memang wisata alamnya lebih condong ke wisata air. Hal ini dikarenakan banyak mata air di Klaten yang membuat daerah ini memiliki banyak embung, waduk, dan mata air buatan. Bicara soal mata air, salah satu yang paling terkenal di Klaten adalah Mata Air Cokro Tulung. Mata air ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi di musim liburan sekolah.

Selain mata air, di tempat ini tersedia wahana permainan flying fox yang biasanya sangat diminati oleh wisatawan. Tempat yang buka dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore ini mematok tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

7. Taman Hiburan Galuh Tirtonirmolo

Taman Hiburan Galuh Tirtonirmolo

Lokasi: Jl. Manisrenggo, Pemuktibaru, Tlogo, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Cybevasion.fr

Bagi yang memiliki anak-anak kecil dan ingin mencari taman hiburan untuk tempat bermain, datang saja ke Galuh Tirtonirmolo. Tempat ini adalah sebuah kolam renang besar dan lengkap, dengan berbagai wahana dan tempat permainan. Meski tidak ingin berenang, anak-anak tetap bisa bermain di taman atau wisata kuliner di foodcourt-nya.

Untuk bisa masuk dan berenang di tempat ini, harga tiket masuknya adalah Rp 25,000 per orang di hari Senin hingga Jumat. Pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, harga tiket menjadi Rp 30,000.

8. Puncak Clongop

Puncak Clongop

Lokasi: Desa Watugajah, Kec. Gedangsari, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Ngulikyukbro.blogspot.com

Puncak Clongop adalah wisata alam di Klaten yang cocok bagi mereka yang ingin menyaksikan pemandangan alam nan indah. Meski Klaten bukan daerah dataran tinggi, Puncak Clongop menghadirkan wisata di tengah bukit.

Tempat wisata ini membuat wisatawan yang bisa naik ke puncak akan disuguhi dengan pemandangan hamparan pepohonan hijau. Tempat wisata yang terletak di Watugajah, Gedangsari ini medannya cukup curam sehingga ada baiknya disiapkan fisik yang prima sebelum mencoba mendaki ke Puncak Clongop.

9. Desa Wisata Keprabon

Desa Wisata Keprabon

Lokasi: Desa Keprabon, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Ukmklaten.com

Masyarakat Klaten banyak yang masih melestarikan hal-hal tradisional, termasuk juga kerajinan tradisional. Salah satunya adalah kerajinan ukiran pada tanduk kerbau. Kerajinan unik ini bisa ditemukan di Desa Wisata Keprabon.

Hampir semua penduduk di desa ini memiliki kemampuan untuk memproduksi kerajinan tanduk kerbau yang unik dan cocok dijadikan sebagai souvenir. Pada saat berkunjung di desa wisata ini, wisatawan juga bisa menyaksikan sendiri proses pembuatan kerajinan tanduk kerbau dan berbelanja souvenir di berbagai toko yang ada di desa ini.

10. Taman Lampion Klaten

Taman Lampion Klaten

Lokasi: Gang Tidar, Bareng Lor, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Iniberitaaa.blogspot.com

Untuk wisata yang lebih modern dan kekinian, serta wisata yang lebih mengedepankan spot foto untuk Instagram, wisatawan bisa datang ke Taman Lampion Klaten. Taman wisata ini memiliki banyak koleksi lampion dalam berbagai bentuk yang akan menyala warna-warni di malam hari. Tentunya taman ini cocok dijadikan background saat foto-foto.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke taman lampion ini tentunya adalah pada malam hari. Pada saat malam hari, para wisatawan bisa menyaksikan lampion menyala sambil menikmati wisata kuliner di foodcourt yang tersedia di dalam area taman lampion ini.

11. Warung Apung Rowo Jombor

Warung Apung Rowo Jombor

Lokasi: Krakitan, Kec. Bayat, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Klatenews.blogspot.com

Mau wisata kuliner unik? Klaten punya destinasi wisata kuliner yang cocok untuk tujuan tersebut. Namanya warung apung Rowo Jombor. Seperti tertulis di namanya, spot wisata ini adalah berupa deretan warung yang terletak di tengah-tengah rawa besar. Untuk bisa sampai ke warung-warung tersebut, wisatawan harus naik semacam rakit.

Menu utama yang tersedia di hampir tiap warung di tengah Rowo Jombor adalah ikan air tawar bakar dan juga aneka ragam seafood. Rata-rata harga makanan di sini dibanderol antar Rp 50,000 hingga Rp 100,000.

12. Kebun Rambutan Desa Tulung

Kebun Rambutan Desa Tulung

Lokasi: Gedongjetis, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Google Maps (Anto Antok)

Klaten tak hanya memiliki wisata air, tapi juga ada wisata perkebunan atau agrowisata. Salah satu yang paling terkenal adalah agrowisata buah rambutan. Di Kebun Rambutan Desa Tulung, ada berhektar-hektar tanah yang ditumbuhi deretan pohon rambutan.

Ketika sedang musimnya, pohon-pohon ini akan penuh dengan buah rambutan merah segar yang siap dipetik. Saat yang tepat untuk mengunjungi kebun rambutan di Desa Tulung adalah sekitar bulan Januari hingga Maret di mana pohon-pohon rambutan sedang berbuah lebat-lebatnya.

13. Riverboarding Kali Pusur

Riverboarding Kali Pusur

Lokasi: Desa Kali Pusur, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Inibaru.id

Riverboarding adalah aktivitas outdoor nan menantang yang biasanya disukai oleh anak-anak muda. Kegiatan ini biasanya dilakukan di sungai dengan aliran air yang cukup deras sehingga wisatawan bisa naik ke atas papan dan meluncur di aliran sungai tersebut.

Kali Pusur di Klaten sering digunakan untuk melakukan riverboarding ini. Untuk bisa melakukan riverboarding, biasanya wisatawan diwajibkan membayar biaya sebesar Rp 50,000 (belum termasuk peralatan).

14. Candi Plaosan

Candi Plaosan

Lokasi: Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Selain Candi Prambanan, Klaten juga memiliki candi terkenal lainnya, yaitu Candi Plaosan. Meski tidak besar ukurannya, Candi ini memiliki arsitektur unik sehingga sering kali didatangi oleh para wisatawan, baik wisatawan asing maupun lokal.

Candi Plaosan dikelilingi oleh hamparan padang rumput yang hijau dan enak dipandang sehingga menambah asyik suasana wisata di area ini.

15. Hutan Kota Gergunung

Hutan Kota Gergunung

Lokasi: Jl. Ki Ageng Gribig, Kwarsa, Gergunung, Kec. Klaten Utara, Kab. Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Iniberitaaa.blogspot.com

Hutan Kota Gergunung adalah spot wisata yang cocok bagi mereka yang menggemari dunia hewan, terutama burung. Hutan kota yang penuh dengan pepohonan ini menjadi rumah bagi ratusan ekor burung dari berbagai jenis.

Tiap harinya, ada banyak burung yang bisa dilihat terbang dari pohon ke pohon atau berterbangan di langit atas hutan kota ini. Pengunjung biasanya mendatangi hutan ini pada sore hari menjelang matahari terbenam, di saat inilah banyak sekali burung yang terbang melintas pulang ke pohonnya masing-masing.

16. Agrowisata Bonsai

Agrowisata Bonsai

Lokasi: Desa Kebondalem Kidul, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. – Image Credit by Detik.com

Tempat wisata di Klaten terakhir yang ada di daftar ini adalah agrowisata bonsai. Bonsai adalah jenis tanaman kerdil nan unik yang biasa dikoleksi oleh pecinta tanaman hias. Di Klaten, bonsai bisa tumbuh subur dan dikembangkan menjadi agrowisata yang menarik ratusan wisatawan tiap harinya.

Agrowisata di Desa Kebondalem Kidul ini menyajikan aneka macam bonsai dalam pot-pot cantik yang tak hanya bisa dibeli dalam bentuk jadi saja, tapi juga bisa dibeli dalam bentuk bibit dan cangkokannya.

Demikian tadi daftar Destinasi Wisata di Klaten yang harus dikunjungi. Meski tidak sepopuler tempat-tempat wisata di Jogja ataupun Solo, tetap saja semua tempat di Klaten tadi menyuguhkan pengalaman wisata yang menarik bagi wisatawan. Karenanya, jangan bingung jika sedang ada di Klaten. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan.