Rowo Jombor salah satu destinasi waduk di Klaten, Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi. Waduk ini menyuguhkan pemandangan alam yang memukau, spot sunset terbaik dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Krakitan, Kec. Bayat, Kab. Klaten, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Klaten merupakan daerah bagian dari provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak pilihan destinasi wisata alam. Jika pernah mendengar Rowo Jombor, maka pengetahuan wisata Anda tidak diragukan lagi. Inilah nama yang masuk dalam satu daftar kebanggaan dari kabupaten tersebut, pemandangan yang dikelilingi oleh perbukitan hijau menjadi daya tarik utamanya.

Rowo Jombor sendiri merupakan sebuah waduk yang dibuat untuk mengurangi dampak banjir saat musim hujan. Keberadaannya difungsikan untuk menampung air-air dari sungai yang sudah tidak tertampung lagi, sehingga tidak meluber ke pemukiman warga. Namun karena pesona dari alam sekitarnya, akhirnya banyak yang mulai menjadikannya sebagai tujuan wisata.

Apa yang menarik dari sebuah waduk buatan? Pasti itu yang ada dalam pikiran Anda saat ini. Kenali lebih dalam tentang pesona dan juga keindahan yang dimilikinya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Rowo Jombor

Daya Tarik Rowo Jombor
Image Credit: Google Maps (Dedy Mulyadi)

1. Pemandangan Perbukitan

Daya tarik utama yang dimiliki adalah pemandangan perbukitan yang terlihat asri dan juga sangat menyegarkan di mata. Keberadaannya menjadi penghias sepanjang waduk itu membentang. Dari ujung ke ujung pemandangan hijau dari rerimbunan daun di bukit terlihat cantik dan tidak ada habisnya untuk dinikmati.

Pemandangan asri di sekitaran tepi waduk selalu menarik pengunjung untuk singgah dan menghabiskan beberapa waktu saat melintasinya. Keindahan ini tidak hanya untuk dibayangkan saja, Anda bisa menikmatinya secara langsung dengan datang berkunjung langsung saat berada di sekitar daerah tersebut. Tentunya ini adalah satu kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

2. Rumah Makan Apung

Selain memiliki suasana dan pemandangan yang sangat mempesona dengan hiasan hijaunya dedaunan di bukit sekelilingnya, ada satu lagi keunggulan tempat ini yaitu adanya sebuah warung makan apung. Jika sebelumnya Anda pernah mendengar pasar apung di daerah Kalimantan Selatan, di Jawa juga bisa ditemukan lokasi dengan konsep serupa.

Rumah makan apung yang ditawarkan menjadi satu daya tarik pengunjung untuk datang dan merasakan sensasi kuliner yang berbeda dari biasanya. Di sana tersaji beberapa menu masakan laut yang bisa Anda nikmati sembari mengelilingi air waduk dengan perahu. Tentunya rasa dan sensasi yang diberikan akan berbeda ketika Anda menyantapnya di warung yang berada di daratan seperti pada umumnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Rowo Jombor

Alamat Rowo Jombor
Image Credit: Jejakpiknik.com

Bagi Anda yang baru mendengar akan keberadaan tempat wisata ini, alamat lengkapnya berada di Desa Krakitan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Posisinya sangat dekat sekali dengan pasar Jimbang, bagi warga sekitar tentu lokasi tersebut sudah tidak asing. Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan kunjungan atau berencana melakukan kunjungan bisa menggunakan maps sebagai alat bantuan.

Namun, ada juga alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengikuti beberapa rute terdekat dari daerah asal Anda. Jika berasal dari wilayah Surabaya dan sekitarnya bisa memulai dengan perjalanan menuju ke daerah Jawa Tengah yang dimulai dengan rute menuju wilayah Ngawi.

Setelah itu dilanjutkan ke arah Kartosuro melalui jalur To Ngawi. Lanjutkan menuju Klaten, kemudian Jimbung dan Rowo Jombor.

Jika Berangkat dari arah Yogyakarta bisa kemudian memilih jalur pertama menuju Maguwo, melewati kalasan, dan juga Prambanan. Setelah itu lanjutkan menuju Jagonlan, kemudian Klaten dan diakhiri dengan wilayah terdekat yaitu Jimbung selanjutnya sampai di tempat tujuan.

Jika Anda adalah warga sekitar Klaten tentu ini adalah kabar baik karena waktu perjalanan akan lebih singkat. Bisa dimulai melalui jalur Alun-Alun menuju ke Bukit Sidoguro. Setelah itu, Anda hanya perlu melewati wilayah stasiun Klaten menuju SDN I Jimbung. Dari sana belok kanan di perempatan menuju pasar Jimbung, lokasi berada tidak jauh dari sana.

Harga Tiket Masuk Wisata Rowo Jombor Klaten

Harga Tiket Rowo Jombor Klaten
Image Credit: Google Maps (Dedy Mulyadi)

Jika memiliki rencana berkunjung ke Rowo Jombor, Anda perlu menyiapkan uang untuk tiket masuknya yaitu seharga Rp 5.000,- per kepala. Harga ini tidak termasuk dengan sewa tempat untuk memancing, dan juga untuk parkir. Namun, secara umum ini termasuk ke dalam hitungan yang murah dan ramah di kantong. Karena Anda tidak dibatasi waktu dalam kunjungan tersebut.

Untuk jam bukanya bervariasi setiap spot biasanya memiliki ketentuan berbeda. Jika ingin menikmati wisata rumah makan apungnya bisa datang di jam 9 pagi dan sebelum 9 malam. Sedangkan untuk anda yang datang dengan tujuan memancing bisa datang kapanpun karena dibuka selama 24 jam tanpa ada batasan waktu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Rowo Jombor

Aktivitas Menarik di Rowo Jombor
Image Credit: Google Maps (Indri Yani)

1. Hunting Foto

Siapa di sini yang hobi fotografi? kabar gembira buat siapapun yang senang berburu lokasi untuk foto, karena ini adalah satu pilihan tempat yang menyimpan banyak spot untuk diabadikan. Pemandangan dari waduknya sendiri juga sudah cukup untuk dijadikan latar belakang yang cantik. Terlebih dengan perbukitan hijau di sekelilingnya tentu sangat cocok sekali untuk dijadikan objek utama.

Selain itu, kegiatan masyarakat sekitar juga bisa dijadikan satu spot menarik dalam jepretan foto Anda. Banyak sekali ragam pemandangan dan fenomena alam seperti sunrise dan sunset yang juga bisa diabadikan. Tentunya tempat ini bisa menjadi surganya para fotografer, terlebih biaya masuknya juga sangat murah. Selain itu, jam berkunjungnya juga tidak dibatasi.

2. Memancing

Hampir semua hobi yang Anda miliki bisa terfasilitasi, karena berbagai kegiatan menarik bisa di lakukan di sini. Selain menjadi satu lokasi terbaik untuk fotografer atau orang yang gemar mencari spot foto, juga sangat cocok bagi Anda dengan kegemaran memancing. Anda bisa memancing di Rowo Jombor hanya dengan membayar Rp 10.000,- saja.

Biasanya orang-orang yang datang memancing akan melakukannya sampai malam menjelang. Menurut pengelola, tempat tersebut di buka selama 24 jam tanpa batasan. Sehingga Anda yang sibuk dan bekerja sampai sore menjelang masih bisa datang untuk memancing saat malam tiba. Alat pancing bisa membawa sendiri dari rumah atau menyewanya di sana.

3. Wisata Kuliner

Jangan khawatir kehabisan ide dalam menghabiskan waktu Anda saat liburan di wisata Rowo Jombor, karena akan banyak sekali kegiatan menarik bisa dilakukan di sana, termasuk bagi yang gemar berkulineran. Di sana ada sebuah warung apung yang menjajahkan banyak jenis olahan masakan laut. Harga dan juga sensasi yang ditawarkan berbeda dan patut dicoba.

Selain itu, saat sore tiba akan banyak pedagang keliling menjajahkan dagangannya di sekitaran daerah waduk tersebut. Anda bisa menemukan penjual cilok, siomay, dan berbagai macam jajanan pinggir jalan lainnya yang tentunya cocok dinikmati sembari menunggu munculnya pemandangan sunrise di tepian waduk. Kegiatan ini sangat sederhana, ramah di kantong, dan juga mengenyangkan tentunya.

Aktivitas di Rowo Jombor
Image Credit: Google Maps (Afif Rianetik)

4. Menikmati Sunset dan Sunrise

Saat sore menjelang akan terlihat banyak orang yang singgah dan santai di pinggiran waduk sembari menanti datangnya cahaya indah matahari terbenam. Warna orange kemerahan di langit menyiratkan cahaya yang meneduhkan pikiran setiap orang yang memandangnya. Terlebih lagi pepohonan dan jajaran bukit di sekelilingnya menambah keindahan tersebut.

Waduk Rowo Jombor benar-benar di bangun di lokasi yang tepat dengan spot yang menarik. Bahkan kegiatan seperti ini juga bisa dilakukan di sana. Seolah menjadi satu tempat dengan sejuta fungsi dan juga pesona.

Begitulah kemudian orang-orang menghabiskan sorenya, menikmati hembusan angin semilir, memandang jauh ke arah perbukitan, dan melihat langsung semburan cahaya sunset yang luar biasa.

5. Berkeliling Naik Perahu

Waduk yang membentang seluas 198 hektar ini dapat dijelajahi dengan menyewa perahu. Anda bisa menyisihkan beberapa uang untuk membayar sewa dan mengelilingi setiap sudut yang ada di sana. Biasanya tiket yang dibebankan untuk fasilitas tersebut hanya berkisar sekitar Rp 10.000,- per orang, dengan ketentuan satu perahu diisi oleh 9 orang.

Jika Anda tertarik untuk melakukan kegiatan ini paling tepat datang saat pagi hari karena cuacanya tidak terlalu panas dan masih segar. Jika tidak bisa, juga bisa kemudian datang saat sore tiba, sembari menikmati sunset. Satu lagi jangan datang saat musim hujan, air akan meluap dan pengelola tidak akan memberi izin untuk melakukan aktivitas tersebut karena cukup berbahaya.

Fasilitas yang Tersedia di Rowo Jombor Klaten

Fasilitas di Rowo Jombor Klaten
Image Credit: Google Maps (Candra Kirana)

Terkait dengan fasilitas yang disediakan cukup lengkap karena tersedia lahan parkir yang luas dan bisa menampung kendaraan roda dua ataupun empat. Selain itu, juga terdapat sebuah toilet sebagai sarana umum yang bisa digunakan. Jika ingin melangsungkan ibadah wajib bagi beraga islam yaitu sholat fardu bisa menggunakan musholla yang sudah disediakan.

Begitulah gambaran singkat dari pesona dan keunggulan yang dimiliki oleh wisata Rowo Jombor Klaten. Tentunya membawa perlengkapan pendukung dari rumah lebih hemat dibandingkan harus menyewa, seperti alat pancing dan juga kamera untuk menfoto. Jika singgah saat pandemic berlangsung, jangan lupa untuk tetap mentaati protokol kesehatan agar liburan tetap aman.