Harga Tiket: Rp 17.000, Jam Operasional: 05.30–18.00 WIB, Alamat: Jl. Samarang Garut, Cisarua, Kec. Samarang, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Alam memang menjadi tujuan wisata paling di cari di tengah perkembangan dunia modern saat ini. Di Kabupaten Garut terdapat sebuah tempat wisata alam yang bernama Kamojang Ecopark. Tempat wisata alam ini menawarkan berlibur dengan unsur alam yang tenang dan asri. Sangat cocok untuk melepaskan kepenatan dan juga stres akibat pekerjaan atau keramaian.

Tidak hanya alam saja yang menjadi pemicu berbagai wisatawan untuk datang berlibur ke sini, namun ada beberapa spot foto yang menarik minat para wisatawan narsis untuk berburu foto yang instagramable. Ada banyak pohon pinus yang ditemukan di sekitar tempat wisata yang membuat lokasi wisata alam ini semakin diminati para wisatawan.

Tidak hanya itu, ada berbagai fasilitas tambahan lain yang menjadikan Kamojang Ecopark ini populer. Sebut saja cafe atau warung makan yang berada di tengah hutan dengan mengangkat konsep rumah pohon. Untuk para wisatawan makan di cafe tersebut merupakan pengalaman makan tersendiri bagi mereka.

Daya Tarik yang Dimiliki Kamojang Ecopark

Daya Tarik Kamojang Ecopark
Image Credit: Google Maps (Cep Aldy)

Ada beberapa daya tarik untuk menarik minat para wisatawan berdatangan ke tempat wisata alam ini. Mulai dari alamnya yang masih asri, pengalaman makan cafe berbentuk rumah pohon, hingga fasilitas tambahan yang sengaja dibangun untuk lebih menarik perhatian wisatawan. Berikut adalah beberapa daya tarik yang ada di Kamojang Ecopark.

1. Alam

Berada di daerah pedesaan dengan hutan dan pepohonan di sekitar membuat tempat wisata alam ini banyak digemari karena menawarkan suasana yang kental dengan keindahan alamnya. Tidak diragukan lagi jika rata-rata wisatawan yang datang ke wisata alam ini adalah mereka yang benar-benar membutuhkan refreshing dengan bersantai menikmati keindahan alam dan juga berfoto.

Ditambah dengan hutan pinus yang menjadi salah satu spot favorit untuk berfoto dan bermain beberapa wahana di sekitarnya membuat tempat ini makin populer. Saking populernya tempat wisata ini, tidak sedikit wisatawan yang datang berasal dari luar Kabupaten Garut. Hal ini membuktikan jika tempat wisata alam ini berhasil memanjakan wisatawan yang datang dengan alamnya.

2. Spot Berfoto

Berikutnya adalah spot foto yang instagramable, terdapat banyak spot foto yang bisa digunakan untuk berfoto bagi para wisatawan yang datang. Mulai dari balon udara, ayunan, hutan pinus, dan kursi yang dianyam dari akar pohon.

Tidak hanya mengandalkan alamnya saja, namun Kamojang Ecopark juga menyediakan tempat berfoto bagi para wisatawannya. Memang hal ini wajar mengingat tujuan wisatawan sekarang bukan hanya berlibur. Namun ada beberapa orang yang tujuannya hanya untuk berburu foto yang bagus. Alhasil di tempat ini kadang digunakan sebagai latar untuk foto pre wedding beberapa pasangan.

3. Rumah Makan Berbentuk Rumah Pohon

Daya tarik berikutnya adalah rumah makan atau cafenya. Dimana dengan bentuk yang unik yaitu seperti rumah pohon para wisatawan bisa menikmati makanan sambil berfoto di atasnya. Konsep yang sangat unik ditambah lokasinya yang berada di tengah hutan membuat rumah makan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk didatangi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps (Bredhy Yusuf)

Berjarak sekitar 22 kilometer dari Kota Garut yang dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor kurang lebih selama 54 menit melewati Jl. Raya Kamojang. Lokasi dari Kamojang Ecopark berada di Kecamatan Samarang, Cisarua, Kabupaten Garut.

Untuk rute perjalanan dari Kota Garut bisa dimulai dari Alun-alun Kota Garut di Jl, Pramuka menuju ke perempatan Jl. Bank lalu belok kiri menuju Atm BPR KS lalu belok kanan di Jl. Cimanuk hingga memasuki Jl. Raya Bandung – Garut kemudian belok kiri di perempatan menuju Jl. Raya Samarang.

Dari Jl. Raya Samarang terus lurus hingga menemukan pertigaan Atm BCA sesudah SMK Al Madani Garut, lalu belok kanan ke Jl. Raya Kamojang. Ikuti Jl. Raya Kamojang hingga menemukan lokasi wisata ini di sebelah kiri jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Objek Wisata
Image Credit: Google Maps (Bryan Riztama)

Untuk tempat wisata alam yang buka dari jam 05:30 sampai 18:00 waktu setempat ini memiliki harga yang berbeda-beda dari tiket, parkir, dan beberapa wahana di dalamnya. Dimulai dari harga tiket masuk ke Kamojang Ecopark adalah seharga Rp 17.000 per orang, kemudian untuk parkir kendaraan roda 2 adalah Rp 5.000 per unit, sedangkan parkir roda 4 adalah Rp 10.000 per unit.

Setelah memasuki tempat wisata ada tiket flying fox seharga Rp 30.000 per orang, menaiki replika balon udara seharga Rp 10.000, melakukan camping Rp 40.000 per orang dan menyewa tenda camping dengan kapasitas maksimum 4 orang seharga Rp 250.000 per tendanya. Ada pula beberapa spot foto yang bisa digunakan dengan harga Rp 5.000 per spotnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kamojang Ecopark

Aktivitas Menarik di Kamojang Ecopark
Image Credit: Google Maps (Dadang Kosasih Gayo)

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Kamojang Ecopark. Dari kegiatan yang dilakukan sendiri atau beramai-ramai. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata alam yang berlokasi di Kabupaten Garut ini.

1. Berfoto

Kegiatan pertama adalah berfoto. Kegiatan wajib yang harus dilakukan di tempat wisata alam ini. Dengan beragam spot foto yang menarik bisa membuat para wisatawan berburu foto yang bagus untuk di upload ke sosial media mereka.

Terdapat spot foto yang harus bayar sebelum mengambil foto, seperti ayunan dan replika balon udara. Ada pula tempat umum untuk berfoto tanpa harus membayar terlebih dahulu seperti hutan pinus yang rindang dengan pohon yang menjulang tinggi.

2. Bermain Sepeda

Terdapat jalur untuk mereka yang ingin bermain sepeda di dalam lokasi wisata alam Kamojang Ecopark. Namun, tetaplah bersepeda di jalur yang sudah tersedia dan tetap berhati-hati terhadap wisatawan lain baik mereka yang bersepeda juga atau mereka yang berjalan kaki agar tidak terjadi kecelakaan.

3. Bermain ATV

Tidak hanya bersepeda, namun di tempat wisata ini para wisatawan bisa bermain atv. Terdapat jalur atv yang bisa digunakan untuk para wisatawan lewati menggunakan kendaraan segala medan tersebut.

4. Flying Fox

Bagi kalian penggemar aktivitas yang satu ini, kalian bisa mencoba untuk meluncur di jalur flying fox yang ada di tempat wisata ini. Untuk melakukan flying fox para wisatawan harus membayar sebesar Rp 30.000 per orang. Dan para wisatawan akan dibantu oleh petugas untuk memasangkan perlengkapan keamanan sebelum meluncur ke titik berikutnya.

Aktivitas di Kamojang Ecopark
Image Credit: Google Maps (Dadang Kosasih Gayo)

5. Camping

Kegiatan berikutnya adalah camping atau bermalam di tempat wisata alam ini. Bagi para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan ini bisa membayar Rp 40.000 per orangnya untuk dapat bermalam di lokasi camping. Dan bagi mereka yang ingin camping namun tidak mempunyai tenda, bisa menyewa di lokasi camping dengan harga sekitar Rp 250.000 per tendanya.

6. Melakukan Kegiatan Outbound

Beberapa wisatawan yang datang ke wisata alam Kamojang Ecopark untuk melakukan kegiatan outbond yang seru. Hal ini sering terjadi karena lokasinya yang cukup jauh dari kota dan memiliki lahan kosong yang bisa digunakan untuk kegiatan tersebut.

7. Menikmati Alam Sambil Bersantai

Kegiatan berikutnya adalah bersantai bersama keluarga, teman, atau pasangan sambil menikmati alam di tempat wisata ini. Terdapat bangku yang bisa diduduki oleh wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati momen kebersamaan mereka.

8. Makan di Rumah Pohon

Kegiatan terakhir adalah mencoba makan di atas rumah pohon di tengah hutan. Suasana akan terasa berbeda jika makan di tempat yang unik ini. Pasalnya tidak banyak tempat makan yang menawarkan konsep makan di rumah pohon. Jadi jika sudah sampai di tempat wisata alam ini cobalah untuk merasakan sensasi makan di rumah pohon ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kamojang Ecopark Garut

Fasilitas di Kamojang Ecopark Garut
Image Credit: Google Maps (Hisyam Kholid)

Di Kamojang Ecopark terdapat beberapa fasilitas yang dibangun untuk menunjang kebutuhan wisatawan, sekaligus untuk menarik minat mereka untuk datang berkunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa ditemukan dan digunakan di tempat wisata alam ini.

1. Tempat Parkir Kendaraan

Yang pertama ada tempat parkir yang luas. Mengingat tempat wisata alam ini tergolong ramai dengan wisatawan membuat tempat parkir yang disediakan juga luas. Terdapat petugas yang akan menjaga kendaraan wisatawan sampai mereka pulang dari tempat wisata ini.

2. Warung Makan

Terdapat warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman bagi para wisatawan. Tidak hanya 1 namun ada beberapa warung makan yang ada di tempat wisata alam ini.

3. Panggung

Di Kamojang Ecopark juga terdapat sebuah panggung yang bisa digunakan untuk pentas seni. Jika para wisatawan ingin melakukan pentas musik atau sejenisnya bisa memanfaatkan panggung ini.

4. Wahana Permainan

Terdapat wahana permainan seperti flying fox, jalur sepeda, dan atv yang bisa ditemukan di dalam tempat wisata ini. Para wisatawan bisa menikmati bermain permainan tersebut di dalam area wisata.

5. Spot Berfoto

Berikutnya adalah spot foto. Ada beragam spot bagus yang bisa digunakan untuk berfoto, dari yang berbayar sampai yang gratis. Spot foto yang ekstrim juga ada seperti ayunan yang akan berayun di atas ketinggian. Ayunan tersebut aman karena sudah diikat dengan kuat di pohon sekitarnya. Para wisatawan yang naik ayunan tersebut juga akan diberikan pengaman khusus.

6. Tempat Camping

Fasilitas berikutnya berupa lapangan kosong khusus bagi mereka yang ingin bermalam menggunakan tenda di tengah wisata alam ini. Ada juga tempat penyewaan tenda camping bagi mereka yang tidak memiliki tenda camping namun ingin melakukan camping.

7. Mushola

Dalam Kawasan wisata alam Kamojang Ecopark juga tersedia mushola bagi umat muslim untuk melakukan ibadah. Jadi para wisatawan muslim tidak perlu khawatir ketika sudah waktunya sholat, cukup mencari mushola tersebut dan menunaikan ibadah sholat di sana.

8. Toilet Umum

Di dalam tempat wisata ini juga terdapat toilet umum bagi mereka yang ingin buang air besar dan kecil. Toilet-toilet tersebut dibagi menjadi toilet pria dan toilet wanita yang dijaga oleh petugas.

Kamojang Ecopark memiliki keindahan alam yang luar biasa indah. Dengan udara yang sejuk dan pepohonan yang tumbuh di sekitar lokasi wisata ini membuatnya terasa nyaman. Tidak hanya alam saja yang menjadikan tempat ini populer, namun fasilitas lainnya seperti spot foto dan area bermain membuat tempat wisata ini makin diminati oleh para wisatawan.