Siapa sih yang tak kenal dengan Garut? Kabupaten ini memang familiar, apalagi soal kelezatan dodolnya. Kalau Anda pergi ke Garut hanya untuk memburu dodolnya, pastinya akan kehilangan moment yang berharga. Pasalnya, kota dodol ini punya beragam tempat wisata yang dijamin panoramanya indah.

Soal destinasi wisata, pemandangannya terlihat memesona, sama seperti destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia. Sangat cocok dikunjungi untuk orang-orang yang ingin mencari suasana sejuk karena lokasi Garut memang berdekatan dengan Kota Bandung yang berada di dataran tinggi.

Bagi Anda yang hobi selfi atau hunting, Garut termasuk salah satu tempat yang paling direkomendasikan. Banyak spot foto yang menarik, tidak hanya menakjubkan di mata, tapi juga menakjubkan di postingan media sosial. Supaya Anda ikut terkesan, nih rekomendasi Tempat Wisata di Garut yang bisa Anda kunjungi.

1. Kawah Papandayan

Kawah Papandayan
Image Credit: Youtube.com

Garut punya wisata ikonis yang cukup melegenda, namanya gunung papandayan. Selain kegagahan gunungnya, ternyata tempat ini punya wahana wisata yang sangat memikat, yaitu kawah papandayan. Meskipun baru saja diresmikan, tempat ini sudah jadi incaran banyak masyarakat.

Di sana, Anda bisa berendam air panas sambil menikmati keindahan alam gunung papandayan. Jika Anda suka jalan-jalan, tak ada salahnya menyusuri gardu Pandang Papandayan, lokasinya ada di camping Ground, Desa Sinarjaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat.

2. Kolam Air Panas Cikarees

Kolam Air Panas Cikarees
Image Credit: Instagram.com @reny_a.shanty

Kolam renang Air Cikarees merupakan tempat tersembunyi yang belum banyak dikunjungi. Kolam renang dengan keasriannya ini berada di sekitar pegunungan. Tempat wisata ini sangat pas untuk menikmati keindahan alam sambil berendam di kolam.

Wisata Kolam Air Panas bukannya kolam dengan air panas buatan, namun alami dan langsung berasal dari sumber air panas Kawah Telaga Bodas. Selain alami, berendam di air panas ini juga bermanfaat untuk menyehatkan tubuh.

Ada tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi di area ini berupa danau yang berada di sebelah Kolam Air Panas. Di tempat ini selain asri, juga sangat bersih dan terjaga. Banyak spot foto yang menanti Anda.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukasono, Kec. Sukawening, Kab. Garut, Jawa Barat.

3. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong
Image Credit: Superadventure.co.id

Keindahan alami dari pesona alam rasanya tidak akan habis jika diselami. Salah satu surga keindahan tersebut ada di Leuwi Tonjong yang berlokasi di Desa Jayamukti. Tempat wisata ini memang populer bagi banyak wisatawan, pengunjung akan meningkat terutama saat liburan.

Di sana Anda akan menemukan air terjun mini yang berkolaborasi indah dengan tebing alam. Warnanya hijau bikin pandangan sedap di mata. Anda tidak akan bosan menyusuri berbagai keindahan panorama yang menakjubkan tersebut. Fasilitasnya juga lengkap, ada mushala, toilet, dan tempat makan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat.

4. Pantai Taman Manalusu

Pantai Taman Manalusu
Image Credit: Google Maps (S. Marup)

Pantai Manalusu dikelola oleh pemerintah Garut. Namun kini tempat ini sudah tidak terurus lagi. Tempat ini belum banyak pengunjungnya. Hanya terlihat beberapa perahu-perahu para nelayan yang berjejer di tepi pantai.

Ada para pemancing ikan dan warga sekitar yang meramaikan pantai ini. Selain itu, ada beberapa warung menyediakan jajanan dan makanan berupa lemu yang harus Anda coba. Aktivitas lainnya berupa olahraga main bola, main voly, dan lainnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cigadog, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat.

5. Situ Bagendit

Situ Bagendit
Image Credit: Radiorugeri.com

Objek Wisata di Garut yang kental akan legenda pasti akan Anda temukan ketika mampir ke Situ Bagendit. Danau satu ini termasuk wahana wisata favorit karena legendanya yang terabadikan dalam kisah nusantara. Lokasinya terletak di Kecamatan Banyuresmi, jalannya juga terbilang mudah untuk dijangkau.

Selain panoramanya yang menawan, Anda bisa menyelami danau dengan berlayar menggunakan rakit bambu. Atau jika ingin bersenang-senang dengan keluarga, Anda bisa menggunakan fasilitas bebek air yang menggemaskan. Di sana juga ada arena bermain untuk anak-anak. Kalau ingin membeli oleh-oleh, mampirlah ke pasar tradisional yang terletak di sekitar danau.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Bagendit, Kec. Banyuresmi, Kab. Garut, Jawa Barat.

6. Bukit Pilar Angin

Bukit Pilar Angin
Image Credit: Instagram.com @herculesega

Puncak Bukit Pilar Angin memiliki padang savana luas dan indah. Destinasi wisata ini merupakan tempat tervaforit bagi banyak para pendaki. Selain indah, di padang rumput ini Anda juga bisa berkemah bersama teman Anda.

Di kawasan tersebut juga banyak dihiasi kawanan Domba dan Anda dapat menyaksikan indahnya senja dari atas bukit. Selain itu, lokasi ini merupakan spot foto terbaik. Tak heran jika Bukit Pilar Angin ini diberikan julukan Sumbawa Van Garut.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Belakang Bukit Cikajar, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat.

7. Karacak Valley

Karacak Valley
Image Credit: Reginaristiana.blogspot.com

Perkebunan kopi dan hutan pinus memang berpotensi untuk dijadikan tempat wisata yang menarik. Sajian panoramanya dijamin bikin siapa saja jadi kagum. Selain ada di Kota Malang dan Kota Yogyakarta, ternyata hutan pinus juga ada di Garut, namanya Karacak Valley.

Di sana, Anda bisa menuntaskan lelah, sekaligus menghirup aroma segar yang bercampur pada hijaunya pepohonan. Selain itu, ada juga air terjun yang sering dijadikan spot foto menarik bagi banyak wisatawan. Anda pun juga bisa memanfaatkan camping ground untuk berkemah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karacak Valley, Margawati, Garut Kota, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kab. Garut, Jawa Barat.

8. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
Image Credit: Google Maps (Indra Kristiawan)

Candi ini merupakan sebuah bangunan peninggalan bersejarah yang masih utuh sampai sekarang. Candi Cangkuang berdiri megah di atas tanah seluas 125 hektar.

Selain bangunan kuno, terdapat juga sebuah danau dan gunung di sekitar Candi ini. Di dalam candi terdapat Arca Dewa Syiwa. Bagian selatan Candi Cangkuang juga terdapat makam kuno.

Makam kuno tersebut miliki seorang penyebar agama Islam bernama Arif Muhammad. Konon katanya Arif Muhammad sempat singgah di Candi ini dan menyebarkan ajaran agama Islam di sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Darajat Leuwigoong, Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut, Jawa Barat.

9. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa
Image Credit: Jejakpiknik.com

Bunga mawar pasti identik dengan perjalanan cinta yang romantis. Karena itu, bunga ini sering dijadikan sebagai hadiah untuk orang tersayang. Kalau Anda suka bunga atau ingin memberikan kejutan spesial, kebun mawar situhapa jawabannya. Lokasinya ada di Jalan Kamojang, Samarang.

Meskipun memiliki tempat wisata dengan kata mawar, di sana Anda akan menemui beragam bunga yang aromanya semerbak. Keindahannya juga bisa Anda abadikan.

Harga Tiket: Rp 17.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kamojang KM.5, Samarang, Sukakarya, Kec. Garut, Kab. Garut, Jawa Barat.

10. Leuweung Oko D’Great

Leuweung Oko D’Great
Image Credit: Google Maps (Muhamad Rifqi Waldani)

Tempat ini merupakan tempat wisata baru di kawasan perbukitan Garut. Nama panjang dari tempat Leuweung Oko berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti hutan indah dengan deretan pohon Pinus di dalamnya. Tempat destinasi wisata Hutan Pinus disulap menjadi tempat dengan spot foto yang banyak dan unik-unik.

Dimana di setiap pohon dipasangi papan yang dicat warna-warni dengan tulisan yang berisi macam-macam, salah satunya adalah pemberian tempat dan nama lokasi yaitu Tangga Alay dan penulisan aturan-aturan bagi yang mendatangi tempat ini. Dan ada jalur sepeda bagi Anda yang mau menikmati keindahan alam sambil bersepeda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cirapuhan, Selaawi, Kab. Garut, Jawa Barat.

11. Talaga Bodas

Talaga Bodas
Image Credit: Pergidulu.com

Ingin merasakan wisata yang tak biasa? Talaga Bodas jawabannya. Di sana Anda bisa mandi sekaligus bermain air di tengah kawah gunung berapi yang masih aktif. Tapi, tenang saja di destinasi wisata di Garut ini keamanannya tetap terjaga karena pihak pariwisata selalu memantau aktivitas gunung vulkanis tersebut.

Air panas yang ada di kawasan ini selain bikin nyaman, ternyata juga berefek baik bagi kesehatan. Anda tentunya bisa bersantai sekaligus menatap indahnya perbukitan dan pepohonan yang berkombinasi apik dengan telaganya yang berwarna putih.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wanajaya, Jl. Telaga Bodas No. 5, Sukamenak,  Kec. Wanaraja, Kab. Garut, Jawa Barat.

12. Puncak Guha

Puncak Guha
Image Credit: Google Maps (Dwi Pangestu)

Destinasi wisata bernama Puncak Guha berada di atas bukit pinggir pantai. Tempat ini menjadi wisata terpopuler dengan keasriannya. Banyak pelancong wisata yang belum menjamah keseluruhan lokasi.

Ada aliran sungai yang jernih dan bersih di pinggiran sawah. Bukitnya yang diselimuti rerumputan membuat tempat ini semakin disukai dan banyak yang antri untuk berfoto di bukit ini. Selain itu, ada sebuah goa karang yang ditempati oleh kelelawar di area Puncak Guha.

Beberapa wisatawan lokal banyak yang berkemah di Puncak Guha. Menghabiskan malam bersama teman-teman. Tempat ini sangat cocok bagi pecinta alam. Jika tidak ingin berkemah Anda bisa menginap di penginapan terdekat yang sudah disediakan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sinarjaya, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat.

13. Sabda Alam Waterpark

Sabda Alam Waterpark
Image Credit: Explorewisata.com

Sabda alam waterpark termasuk tempat wisata yang ramah untuk anak-anak. Lokasinya ada di Jalan Raya Cipanas. Tempat wisata ini seru, sangat cocok dikunjungi oleh keluarga. Wahana yang disajikan ada beraneka ragam sehingga siapa saja tidak akan pernah bosan bermain di sana.

Ada beberapa wahana permainan yang bikin pengunjung jadi betah, mulai dari Waterboom, Kuda Laut, Kolam Arus, Goa harimau, dan lain-lain. Kalau ingin berolahraga, cobalah berenang di kawasan ini karena airnya berasal dari sumber air panas yang ada di Gunung Guntur Damai. Fasilitasnya juga memadai.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat.

14. Bukit Palahlar

Bukit Palahlar
Image Credit: Instagram.com @waragan_rahman

Kepala desa Cikarang yang berusaha membenahi fasilitas di tempat wisata ini sudah berhasil dengan adanya penyediaan tempat solat, toilet dan gazebo-gazebo tempat istirahat. Rencana selanjutnya berupa wisata kuliner di Bukit Palahlar. Supaya menambah ramai pengunjung di Bukit ini.

Di bukit ini disediakan keindahan pesona Indonesia yang sangat menawan hati. Ada lokasi berselfie ria, taman bunga, papan berbentuk love di pinggir bukit merupakan tempat rebutan bagi para pengunjung yang ingin berfoto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. St. K.A. Bumi Waluya, Desa Cikarang, Kec. Malangbong, Kab. Garut, Jawa Barat.

15. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig
Image Credit: Sportourism.id

Di Garut, ada juga tempat wisata dengan nama yang cukup menyeramkan, yaitu Leuwi Jurig yang artinya kolam setan. Meskipun memiliki nama yang menakutkan, panorama di sana dijamin bikin Anda ketagihan. Ada sungai yang warnanya jernih, berbalut secara sempurna dengan tebing-tebing batu yang tinggi.

Ketika sampai, Anda juga bisa mencoba berenang di sungai tersebut. Rasanya sejuk bersama suara air yang menenangkan hati, mirip seperti grand canyon luar negeri. Bedanya di sini lebih berukuran mini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cihikeu, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat.

16. Pusat Konservasi Elang Kamojang

Pusat Konservasi Elang Kamojang
Image Credit: Google Maps (Bredhy Yusuf)

Tempat Konservasi Elang merupakan lokasi yang berfungsi untuk melindungi beberapa jenis Elang yaitu Elang jawa, Elang hitam, Elang brontok dan Elang tikus.

Tempat wisata konservasi ini memiliki 85 elang yang dilindungi dari kepunahan. Elang tersebut didapatkan dari beberapa warga dan penyitaan dari orang-orang yang memelihara secara illgal. Namun tidak seluruh Elang dapat dipamerkan di tempat ini, hanya beberapa saja, karena beberapa Elang masih dalam proses penyesuaian dan rehabilitasi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Kamojang, Sukakarya, Kec. Samarang, Kab. Garut, Jawa Barat.

17. Graha Liman Kencana

Graha Liman Kencana
Image Credit: Twitter @jelajah_garut

Objek wisata yang berkonsep budaya dan edukasi ada di Graha Liman Kencana. Lokasinya terletak di Jalan Ki Hajar Dewantara. Ketika sampai, Anda akan disuguhi nuansa kerajaan mirip Keraton Yogyakarta. Masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Kampung Bali.

Di sana, ada banyak replika candi dan patung yang memiliki nilai bersejarah. Jadi, jangan heran jika tercium aroma dupa di sekitar tempat wisata ini. Selain replika candi dan patung, Anda juga akan menemukan koleksi benda pusaka khas nusantara, salah satunya tongkat komando miliki Presiden Ir. Soekarno.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantara No. 17, Cibunar, Kec. Cibatu, Kab. Garut, Jawa Barat.

18. Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk
Image Credit: Google Maps (firdha sarah k)

Pantai Cijeruk dijuluki dengan pantai perawan. Karena suasana pantai yang masih sepi dan jarang dikunjungi. Pantai ini juga merupakan pantai yang asri, damai dan memiliki air pantai yang jernih, dikelilingi perbukitan. Pada umumnya beberapa traveler menjadikan tempat ini sebagai tempat berkemah dan piknik bersama teman atau keluarga.

Selain hunting foto, ada fasilitas berupa toilet. Keadaan pantainya masih sangat terjaga dan bersih. Meski lokasinya yang terpencil dan jarang dikunjungi, tapi bisa jadi referensi liburan menarik.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sagara, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut, Jawa Barat.

19. Rumah Pohon Bukit Nangklak

Rumah Pohon Bukit Nangklak
Image Credit: Ujwar.com

Tempat wisata dengan konsep outbound bisa Anda temukan saat berkunjung ke Kampung Nangklak, namanya rumah pohon bukit nangklak. Objek wisata ini cocok bagi Anda yang ingin memacu adrenalin. Suasana alamnya yang terbalut asri dengan alam akan lebih memacu semangatmu.

Melalui lintasan sepanjang 30 meter yang dipasang di antara pohon pinus, Anda bisa melakukan skybike. Tak perlu takut karena peralatannya sudah sesuai standar sehingga keamanannya bisa dibilang terjamin. Selain skybike, Anda juga bisa mencoba berbagai permainan, seperti paintball dan flying fox.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat.

20. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps (Stephanus Ste)

Pantai yang indah bernama Pantai Rancabuaya merupakan salah satu pantai yang dikelola oleh pemerintah Jawa Barat. Tarif masuk ke Pantai ini sangat murah. Ada wisata kuliner dengan khas makanan garut dan seafood yang segar langsung dari pantai.

Ada beberapa hal menarik di sekitar Pantai Rancabuaya yaitu adanya air terjun yang menghadap ke pantai. Selain itu adanya pasir halus dan bersih. Ada tebing-tebing yang berdiri di sekitar pantai menjadikannya sebagai tempat berfoto yang unik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat.

21. Bukit Lolongokan

Bukit Lolongokan
Image Credit: Garuthome.blogspot.com

Ingin merasakan sensasi wisata yang masih perawan? Bukit Lolongokan adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, tempat ini masih belum populer sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung. Lokasinya terletak di perbatasan Kabupaten Bandung dan Cianjur, cukup jauh jika dijangkau dari pusat Kota Garut.

Meskipun masih perawan, soal keindahannya jangan ditanya, pasti indah dan menakjubkan. Lolongokan sendiri bermakna menengok. Jadi, lewat panoramanya yang memesona dijamin siapa saja akan datang untuk menengoknya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukamulya, Kec. Talegong, Kab. Garut, Jawa Barat.

22. Curug Cikawung Garut

Curug Cikawung Garut
Image Credit: Instagram.com @sandiwahyudi97

Curug yang satu ini selain indah dan istimewa, Anda hanya bisa menikmati keelokannya pada musim hujan saja. Hal ini disebabkan karena tidak adanya sumber mata air di area ini.

Curug Cikawung sangat istimewa dan unik karena aliran air yang jatuh pertama menuju ke undakan tebing yang lebih rendah. ini terlihat seperti ada dua air terjun dari jauh. Wisatawan yang berkunjung disarankan untuk mandi di kolam di bawah air terjun. Tidak disarankan untuk mandi langsung di air terjun yang mengalir karena derasnya air.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Girimukti, Kec. Cisewu, Kab. Garut, Jawa Barat.

23. Kebun Jeruk Cigedug

Kebun Jeruk Cigedug
Image Credit: Picswe.net

Garut punya kebun buah jeruk yang menjadi wisata favorit banyak orang. Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai kunjungan keluarga. Lokasinya berada di Desa Situgede, terletak sekitar 20 km dari pusat kota Garut. Di sana, akan diberikan edukasi berupa cara pembudidayaan jeruk yang efektif.

Dengan membayar tiket 50 ribu per orang, Anda bisa diberikan perlengkapan lengkap untuk memetik jeruk segar langsung dari pohon. Untungnya, pertumbuhan jeruk garut tidak mengenal musim sehingga Anda bisa datang kapan saja.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Cikajang KM. 24, Mekarsari, Kec. Cikajang, Kab. Garut, Jawa Barat.

24. Curug Cibadak

Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps (Msudirman Channel)

Air terjun Cibadak berada di kaki Gunung Salak. Sangat indah dan menarik perhatian para wisatawan. Di sekitar air terjun banyak dipenuhi deretan pohon Pinus dan Rasamala yang hijau. Air terjun ini berada di ketinggian 900 mdpl.

Curug indah yang tersembunyi ini, jika dilihat dari kejauhan seperti ada tiga aliran air yang jatuh dari ketinggian tebing. Curug Cibadak ini termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat.

25. Gunung Guntur

Gunung Guntur
Image Credit: Kukurusukadventure.wordpress.com

Bagi Anda pencinta ketinggian yang gemar mendaki, gunung Guntur bisa jadi alternative ketinggian. Gunung ini terletak di atas permukaan laut yang memiliki tinggi sekitar 2.249 meter dan merupakan gunung berapi aktif pada tahun 1800 di Pulau Jawa. Di atasnya terdapat kaldera besar yang di dalamnya tampak jejak letusan.

Di beberapa kawasan, Anda akan menemukan sekumpulan rumput yang mirip dengan savanna. Di gunung bagian atas, Anda juga akan menjumpai tanaman kantilever dan pohon pinus yang banyak tumbuh.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sirnajaya, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat.

26. Batu Patapaan

Batu Patapaan
Image Credit: Instagram.com @nomadicmind18

Batu Patapaan merupakan batu bersusun secara acak. Formasi yang terbentuk di Batu Patapaan sangat unik. Bentuk batu yang unik ini menjulang ke langit dan disebut batu raksasa. Tebing batu raksasa ini banyak di singgahi dan dijadikan spot foto yang unik.

Batu tinggi ini berada di pinggir jalan di sekitar perkebunan Teh. Dinamakan Batu Patapaan karena batu ini sangat cocok untuk tempat bersemedi. Adanya batu ini memiliki kisah legenda berupa, peninggalan sepasang kekasih yang tidak berakhir ke pelaminan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cikajang, Tanjungjaya, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut, Jawa Barat.

27. Leuwi Paranje

Leuwi Paranje
Image Credit: Ceritaparapejalan.blogspot.com

Sungai juga dijadikan tempat wisata keren oleh masyarakat Garut, namanya Leuwi Paranje. Tempat wisata ini berlokasi di desa Bojong. Di sana, Anda bisa melakukan river tubing atau menyusuri sungai dengan seru dan menantang. Apalagi, pemandangan dari tebing-tebing menjulang akan membuat mata menjadi terkesima.

Aktivitas river tubing bisa Anda lakukan dengan membayar harga yang terjangkau. Dengan harga tersebut, Anda bisa mendapatkan peralatan yang keamanannya sudah sesuai standar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bojong, Kec. Banjarwangi, Kab. Garut, Jawa Barat.

28. Gunung Piramida Sadahurip

Gunung Piramida Sadahurip
Image Credit: Google Maps (Husni Jaelani)

Gunung Piramida ceritanya menyimpan harta karun dulunya. Namun kini sudah tidak seheboh waktu dulu. Karena penduduk sekitar gunung tidak terlalu mempedulikan cerita tentang harta karun. Malah, sekarang masyarakat sekitar menjadikan tempat di sekitar bawah gunung ini sebagai ladang menanam sayur-mayur.

Jika dilihat dari kejauhan, gunung Piramida sangat mirip bentuknya seperti piramida. Sehingga banyak pengunjung luar daerah mendatangi dan berwisata di tempat ini. Di bebatuan dekat gunung ini terdapat tulisan yang katanya mirip huruf penulisan Mesir Kuno

Menurut beberapa peneliti, gunung ini merupakan gunung purba. Dimana pintu masuk ke dalam piramida yang diceritakan tersebut hanyalah sebuah goa biasa dengan luas beberapa meter. Namun, hingga sekarang tempat ini masih banyak dikunjungi dan dijadikan objek wisata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sindanggalih, Kec. Karangtengah, Kab. Garut, Jawa Barat.

29. Leuwi Jubleg

Leuwi Jubleg
Image Credit: Garuthome.blogspot.com

Objek wisata satu ini juga wajib Anda coba saat berkunjung ke Garut, yaitu Leuwi Jubleg. Lokasinya terletak di Kampung Cikupa, Kecamat Bungbulang. Berdasarkan namanya, Jubleg memiliki arti sebagai alat tumbuk tradisional yang wujudnya berupa bebatuan di sekitarnya yang sama dengan jubleg.

Di sana, airnya jernih dan suasananya sejuk. Selain itu, Anda bisa berendam di kolam penampungan hasil dari aliran air terjun mini.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cihikeu, Kec. Bungbulang, Kab. Garut, Jawa Barat.

30. Curug Nyogong

Curug Nyogong
Image Credit: Google Maps (Ade Mardiah)

Curug nyogong memiliki air yang jernih, dengan nuansa khas pegunungan. Air Terjun Nyogong tidak terlalu tinggi namun lumayan lebar dengan air yang deras. Di sini bisa melakukan aktivitas mandi dan berendam di bendungan air di bawah curug. Karena jika langsung ke air yang jatuh sangat berbahaya.

Tempat ini belum dikelola dengan baik, hal ini terlihat dari belum lengkapnya fasilitas di sekitar curug ini. Beberapa penjual hanya datang berjualan di akhir minggu saja. Selain itu suasana di sini akan sepi.

Curug indah tersebut jika dilihat dari ketinggian seperti aliran air yang membelah bukit karena air yang jatuh pertama mengalir menuju curug yang kedua. Perjalanan ke tempat ini sangat tidak bersahabat, jadi Anda harus berhati-hati jika melalui jalan tersebut saat hujan.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat.

31. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang
Image Credit: Jabarprov.go.id

Masih membahas objek wisata untuk pencinta ketinggian, kali ini julukannya Kawah Kamojang. Terletak di wilayah Samarang, Kabupaten Garut. Di sana, suhu udaranya terbilang dingin karena ketinggiannya mencapai kurang lebih 1.730 mdpl.

Kawah Kamojang kemudian dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi. Di beberapa kawasan, terdapat 23 titik kawah yang dua kawahnya membentuk danau uap. Banyak masyarakat yang percaya bahwa uap Kawah Kamojang baik untuk kesehatan kulit, serta aromanya bisa melancarkan sistem pernapasan dan peredaran darah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perbatasan Kab. Bandung dan Kab. Garut, Jawa Barat.

32. Darajat Pass Water Park

Darajat Pass Water Park
Image Credit: Jejakpiknik.com

Rekomendasi Destinasi Wisata di Garut untuk rekreasi keluarga bisa mengunjungi Darajat Pass Water Park. Terletak di desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi. Objek wisata ini menyajikan berbagai keseruan lewat beragam wahana permainan yang menyenangkan. Ada juga yang menguji adrenalin.

Jika Anda suka berolahraga, di sana Anda bisa ikut kegiatan outbound. Jika Anda suka ketinggian, Anda juga bisa bermain flying fox. Anak-anak pun juga bisa mengikuti outbound sesuai arena khusus yang telah disediakan, jadi pasti aman.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Darajat KM.14, Pasirwangi, Kec. Karyamekar, Kab. Garut, Jawa Barat.

33. Papandayan Leisure Park

Papandayan Leisure Park
Image Credit: Papandayanleisurepark.com

Baru-baru ini Garut punya objek wisata yang hits di sosial media, namanya Papandayan Leisure Park. Berlokasi sekitar 2 km dari Kawah Papandayan. Meskipun baru diresmikan awal tahun 2017, peminatnya semakin banyak.

Di sana, fasilitasnya lengkap, dimulai dari gazebo, wahana permainan, serta kegiatan yang menguji adrenalin, seperti hiking dan flying fox. Akses menuju ke tempat ini terbilang mudah, bisa dijangkau hanya dengan waktu selama 30 menit dari pusat kota Garut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat.

Demikian informasi tentang 33 tempat wisata di Garut yang keren dan instagrammable. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda ketika berkunjung ke Kota Dodol ini.