Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Ranca Buaya, Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Pantai Rancabuaya merupakan salah satu obyek wisata pantai yang berada di Garut. Pantai ini menghadirkan pasir yang berwarna putih bersih yang kontras dengan pemandangan alam. Karena warna pasirnya yang putih serta teksturnya yang halus menyatu dengan panorama yang disajikan, pantai ini menjadi favorit dikalangan wisatawan entah itu wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pemandangan luasnya lautan dari tempat ini seakan menghipnotis para pengunjung yang datang. Tak hanya itu, perpaduan warna biru dan hijau dari air laut turut andil dalam menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis. Desiran ombak dari bibir pantai serta hembusan angin sepoi-sepoi yang dibawa oleh ombak juga dapat Anda rasakan di pantai ini. Sangat direkomendasikan sebagai destinasi liburan.

Pengunjung Pantai Rancabuaya dapat merasakan kelengkapan fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola pantai. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap mulai dari area parkir yang luas, toilet, hingga banyak terdapat hotel untuk bermalam. Serta beberapa gazebo khusus untuk pengunjung yang ingin menikmati bersantai di pantai eksotis satu ini. Fasilitas yang tersedia dapat menunjang kebutuhan liburan wisatawan

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Rancabuaya

Daya Tarik Pantai Rancabuaya
Image Credit: Twitter.com @travellerKaskus

Pantai cantik ini merupakan salah satu tujuan favorit para palancong diantara banyaknya pantai-pantai yang berada di Garut. Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Rancabuaya karena tertarik akan daya pikat yang dimilikinya.

1. Panorama Eksotis yang Disuguhkan

Berdasarkan nama yang diberikan, Rancabuaya mengandung dua kata yaitu ranca yang berarti rawa dan kata lainnya yaitu buaya. Walaupun namanya terkesan menyeramkan, wisatawan tidak perlu khawatir akan hal itu. Bahkan, nama dari pantai ini berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada. Pemandangan eksotis yang disuguhkan sangat memukau dan tentunya jauh dari kata menyeramkan.

Pantai Rancabuaya memiliki bentang alam yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Putih bersih warna ombak yang tergulung-gulung di birunya lautan membawa angin sepoi-sepoi yang sejuk. Sehingga walaupun menjelang siang, udara di sekitar pantai tetap terasa sejuk. Bukan hanya ombaknya saja yang indah, perpaduan birunya laut dan pasir putih lembutnya pun turut menambah keindahan pantai ini.

Keindahan pantai ini juga dapat wisatawan rasakan dikala matahari terbenam. Sunset merupakan suatu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh penikmat senja. Nah, jika waktu sore hari menjelang, tepatnya sebelum matahari terbenam. Pantai ini akan memamerkan keindahan maksimal yang dimilikinya. View eksotis pun tak luput dari pantai berpasir putih ini. Dijamin pengunjung akan merasa puas berada disini.

2. Adanya Air Terjun yang Ikonik

Obyek wisata ini termasuk ramai pengunjung tepatnya disaat-saat seperti liburan Tahun Baru. Wisatawan mulai berdatangan karena pantai ini mempunyai pemandangan yang eksotis layaknya pantai yang berada di Bahamas. Bukan hanya pemandangan alamnya saja yang menjadi daya tarik, adanya air terjun yang mengalir di dekat pantai juga turut menjadi daya pikat lain dari yang lain.

Memang suatu hal yang mengherankan jika di suatu pantai terdapat air terjun. Posisi air terjun yang umumnya berada di ketinggian merupakan suatu hal yang mengherankan jika bersanding dengan pantai yang berada di daerah dataran rendah. Namun berbeda halnya dengan Pantai Rancabuaya yang eksotis ini. Selain memamerkan pemandangan yang tidak ada duanya, di pantai ini pun juga terdapat air terjun.

Air terjun yang terdapat di obyek wisata ini mempunyai air yang jernih dan jauh dari kontaminasi. Bukan hanya air terjunnya saja yang menjadi ikon, namun juga pemandangan hijau asri di sekitar air terjun yang menjadi favorit pengunjung. Pemandangan jernihnya air yang mengalir dan lumut-lumut hijau yang mengelilingi air terjun merupakan sebuah perpaduan ciamik yang hanya dimiliki oleh pantai eksotis ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps (Nurdin Jejak)

3. Keberagaman Biota Lautnya yang Indah

Daya tarik lainnya dari pantai eksotis ini adalah keberagaman biota lautnya yang indah. Bukan hanya memamerkan keindahan pantainya saja, obyek wisata ini juga memiliki keberagaman biota lautnya yang indah. Pantai Rancabuaya ini memiliki banyak sekali macam biota laut yang tidak kalah indah dari pantainya. Wisatawan yang mendapat kesempatan melihat indahnya biota laut ini dijamin akan merasa kagum.

Wisatawan tidak perlu susah payah menyelam ke kedalaman hanya untuk melihat keindahan biota lautnya, cukup menunggu saja air di pantai ini surut ketika sore hari maka akan terlihat berbagai biota laut yang pastinya eksotis. Banyak pula nelayan yang memanfaatkan kesempatan ini untuk berburu ikan yang berada di dekat terumbu karang.

Dengan adanya keberagaman biota laut di pantai ini, menjadikannya pantai favorit dikalangan wisatawan. Tidak hanya cantik dari penampilan saja, namun juga kecantikan biota laut dari pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang hendak datang membawa keluarga, dijamin akan menjadi pengalaman liburan yang paling mengesankan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Twitter.com @infogarut

Pantai Rancabuaya adalah salah satu pantai eksotis yang terletak di Garut, Jawa Barat. Lokasi wisata eksotis ini memiliki jarak tempuh sekitar 135 km dari pusat Kota Garut. Walaupun lokasinya terbilang jauh dari hiruk-pikuk Kota Garut, namun akses menuju pantai dinilai sudah memadai dan beralaskan aspal. Tentu hal ini menjadi sebuah kelebihan lainnya dari pantai eksotis ini.

Waktu tempuh untuk menyambangi pantai berkisar antara 4 jam dari Kota Garut. Waktu tempuh ini juga tergantung dari jumlah wisatawan yang datang, biasanya pada waktu liburan tahun baru dan cuti kerja telah menjelang maka jalan menuju lokasi akan sedikit ramai mengingat keindahan yang pantai ini hadirkan membuat orang berlomba-lomba untuk datang kesini.

Pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi layaknya mobil dan motor untuk menyambangi pantai. Wisatawan yang datang dapat memarkirkan kendaraan mereka di area parkir yang luas di Pantai Rancabuaya, jadi untuk pengunjung yang berniat menyambangi pantai ini tidak perlu khawatir mengenai area parkir yang sempit sebab pengelola pantai sudah memfasilitasi area parkir yang memadai.

Wisatawan yang berada di Garut bisa mengambil jalan raya Garut – Cikajang, lalu menuju ke Jalan Margawati. Setelahnya, lanjutkan perjalanan ke Bratayudha dan Jalan Pasundan. Kemudian ke Jalan Papandayan lalu ke Jalan Cimanuk. Setelah sampai ke Jalan Cimanuk, lanjutkan perjalanan ke jalan raya Cisarupan – Cikajang menuju Jalan Cidatar hingga menuju ke Jalan Amblas dan Cipang Ramatan.

Setelah sampai di Cipang Ramatan, lanjutkan perjalanan hingga ke Jalan Ciparay lalu ke arah selatan sampai menemui jalan raya Cihurip dan Cisompet. Setelahnya sampai ke jalan raya Cidogeg, ambil arah barat saat dipertigaan menuju Jalan Cilauteureun. Selepas sampai disini, teruskan perjalanan hingga menemui Jalan Rancabuaya. Lalu terus jalan hingga menemui obyek wisata yang dituju.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Objek Wisata
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Pantai Rancabuaya terletak lumayan jauh dari pusat Kota Garut, yakni 135 km. Walaupun lokasinya jauh pengunjung yang berkunjung ke pantai ini tak pernah sekalipun merasa rugi mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk menyambanginya. Karena wisatawan merasa puas melihat keindahan yang dipaparkan, mulai dari pasir putihnya, air terjunnya, warna biru lautnya, hingga sejuknya udara disini.

Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini bisa menaiki bus dari Garut-Pamengpeuk. Pengunjung yang menaiki bus akan dikenai tarif sebesar Rp 35.000. Kemudian dapat melanjutkan perjalanan menggunakan pick up menuju Shayangheulang dengan tarif Rp 15.000. Selepasnya, wisatawan dapat menyewa motor untuk sampai ke lokasi tujuan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Rancabuaya

Kegiatan di Pantai Rancabuaya
Image Credit: Facebook.com @rancabuayagarutselatan

1. Menikmati Sunset Ditemani View Eksotis

Sudah tidak diragukan lagi keindahan yang disuguhkan oleh Pantai Rancabuaya ini, terutama saat momen sunset menjelang. Wisatawan yang berkunjung, dapat bersantai ditemani view yang eksotis sembari melihat detik-detik tenggelamnya matahari. Hangatnya cahaya sore hari dengan cahaya oren remang-remang turut melengkapi keindahan sunset disini.

2. Memanjakan Mata dengan Pemandangan Air Terjun

Air terjun yang ada di sekitar pantai ini tidak kalah cantiknya dari obyek wisata utama. Dengan udara sejuk pepohonan hijau dan suara aliran air yang menenangkan jiwa, sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai memanjakan mata dengan keindahannya. Wisatawan yang berkunjung diharuskan menjaga kebersihan disini, itulah kenapa area disini sangat bersih dari sampah.

3. Melihat Beragam Biota Laut yang Memesona

Bukan hanya pemandangan Pantai Rancabuaya saja yang wajib dipuji, keindahan bawah laut dari pantai ini pun patut diacungi jempol. Wisatawan bisa melihat beragam biota laut yang hidup di bebatuan karang. Tidak perlu jauh-jauh menuju ke tengah pantai, wisatawan dapat menunggu saat sore hari menjelang. Air yang berada di pantai ini akan surut dan menampakkan sendiri keindahan bawah lautnya.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai
Image Credit: Agoda.com

1. Penginapan Rancabuaya

Penginapan satu ini merupakan penginapan terdekat yang berada 30 m dari bibir pantai. Dengan menginap di penginapan ini, pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan pantai tanpa perlu keluar area penginapan. Mengusung tema tradisional dengan ornamen kayu semakin membuat pengalaman liburan menjadi mengesankan.

2. Villa Jaya Sakti

Penginapan ini memiliki 3 lokasi yang berbeda yaitu ada Villa Jaya Sakti 1, 2, dan 3. Villa Jaya Sakti 1 menyuguhkan pemandangan langsung Pantai Rancabuaya. Fasilitas yang disediakan oleh villa ini sangatlah lengkap mulai dari AC, TV, kipas angin, kamar mandi dalam dan lainnya. Dekorasi yang ditata oleh penginapan ini memiliki kesan minimalis namun tetap tidak ketinggalan kesan mewah.

3. Nagla Beach Villa

Lokasi villa ini hanya berjarak 500 m dari obyek wisata pantai. Mengusung tema Bali dengan tambahan kolam renang di area villa membuat villa ini menjadi favorit. Tak hanya itu, penginapan ini pun difasilitasi oleh 5 kamar yang berukuran cukup besar dengan tambahan bungalow. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang lelah selepas bermain di pantai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Rancabuaya Garut

Fasilitas di Pantai Rancabuaya
Image Credit: Google Maps (Naha Asneverwas)

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata pantai ini sudah tergolong lengkap dan memadai. Pengunjung dapat menikmati panorama pantai sembari didukung oleh fasilitas yang ditawarkan. Seperti halnya pengunjung dapat melakukan piknik kecil di atas gazebo dengan makanan yang tersedia di warung makan. Tak hanya itu saja, fasilitas umum seperti halnya area parkir yang luas pun tersedia.

Demikianlah beberapa informasi menarik seputar Pantai Rancabuaya yang hits di Garut. Pantai ini masih tergolong asri dan sangat jauh dari kata sampah. Air terjun yang ada di pantai ini pun masih sangat jernih dan belum terkontaminasi. Tugas kita selanjutnya ialah menjaga kebersihan dengan cara membuang sampah pada tempatnya demi keberlangsungan lingkungan asri.