Taman Satwa Cikembulan, Destinasi Wisata Favorit di Garut

Taman Satwa Cikembulan Garut

Lokasi: Cikembulan, Kec. Kadungora, Kab. Garut.
MapCek Lokasi

Liburan adalah waktu yang dinanti oleh setiap orang, karena ini adalah kesempatan untuk melepas penat selama bekerja. Saat ini liburan sudah hampir tiba, apakah Anda sudah rencana apa yang akan dilakukan saat liburan nanti? Atau Anda sudah memiliki mengunjungi sebuah destinasi wisata bersama keluarga tercinta?

Bagi Anda yang menginginkan kesan liburan yang berbeda dan masih bingung menentukan rencana liburan. Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak disediakan destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi, salah satunya adalah Taman Satwa Cikembulan yang terletak di Garut, Jawa Barat.

Taman satwa merupakan salah satu destinasi wisata yang memberi kesempatan untuk Anda melihat berbagai macam hewan yang dipeliharanya dalam ekosistem buatan. Nah, bisa dibayangkan bukan jika Anda berlibur ke taman satwa, maka tidak hanya sekadar berlibur biasa, karena secara tidak langsung pengetahuan Anda tentang berbagai jenis hewan juga akan bertambah.

Lokasi Taman Satwa Cikembulan

Lokasi Taman Satwa Cikembulan

Image Credit: Armitafibri.com

Lokasi Taman Satwa Cikembulan berada di kaki Gunung Haruman, Kampung Jati, Desa Cikembulan, Kadungora, Kabupaten Garut. Bagi Anda yang memutuskan berlibur ke tempat ini tapi berasal dari luar Kota Garut tenang saja, karena akses menuju destinasi wisata ini mudah dijangkau. Lokasinya Taman Satwa ini berjarak kurang lebih 2,5 km dari jalan utama Bandung-Garut dan tidak jauh dari pusat Kota Garut.

Selain itu, untuk memudahkan pengunjung di setiap sudut jalan juga disediakan papan petunjuk menuju destinasi wisata. Tidak hanya itu, selain menggunakan kendaraan pribadi Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke lokasi.

Dengan akses yang mudah ini, Taman Satwa Cikembulan sangat direkomedasikan untuk liburan Anda. Selain itu, berlibur ke tempat ini juga membuat liburan Anda lebih bermakna, sebab tidak hanya sekadar berlibur Anda juga bisa menimba ilmu sebanyak-banyaknya tentang satwa-satwa langkah di tempat ini

BACA:  15 Taman Keren di Bandung untuk Mengisi Akhir Pekan

Harga Tiket Masuk Taman Satwa Cikembulan

Harga Tiket Masuk Taman Satwa Cikembulan

Image Credit: Rri.co.id

Harga tiket di Taman Satwa Cikembulan pun terbilang sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 12.000 per orang  untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa melihat semua jenis satwa yang ada di dalam loh. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati semua fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Harga tiket yang murah ini menyebabkan Taman Satwa Cikembulan tidak hanya dikunjungi oleh wisatwan lokal, tetapi wisatawan asing pun banyak yang berlibur ke tempat ini. Wisatawan asing tersebut biasanya berasal dari Belanda,India, Australia, dan beberapa Negara lainnya.

Tidak hanya buka saat musim liburan saja, Kebun Binatang Cikembulan ini buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB. Jadi Anda bisa mengunjungi destinasi wisata ini kapan saja. Meskipun saat liburan jumlah pengunjung akan meningkat, tetapi hal ini tidak akan mengurangi kenyamanan Anda berlibur di tempat ini.

Melihat Berbagai Jenis Hewan di Taman Satwa Cikembulan

Melihat Berbagai Jenis Hewan di Taman Satwa Cikembulan

Image Credit: Radarpriangan.com

Bagi Anda yang memutuskan mengunjungi destinasi wisata ini, maka Anda akan memiliki pengalaman yang luar biasa, sebab di tempat ini Anda akan diberi kesempatan sepuasnya satwa yang ada di dalamnya.

Taman Satwa Cikembulan sendiri terdapat 456 satwa dari 108 spesies.  Terdapat 216 satwa dari 58 spesies yang dilindungi dan 246 ekor satwa dari 50 spesies hewan yang tidak dilindungi.

Satwa liar dan jinak bisa Anda temui disini. Berbagai jenis satwa mamalia dan unggaspun bisa Anda lihat. Hewan mamalia yang bisa Anda temui misalnya, babi hutan, kanguru, macam tutul, rusa dan masih banyak hewan mamalia lainnya.

BACA:  Telaga Remis Kuningan, Wisata Alam Nan Asri & Cerita Mitosnya

Selain mamalia, Anda juga dapat menemui hewan reptil seperti ular dan buaya. Selain itu, juga terdapat hewan unggas misalnya kasuari, burung elang, angsa hitam dan putih, burung rangkong, pelican, merak, dan belibis.

Banyaknya satwa yang terdapat di destinasi wisata ini Anda juga akan menemukan hewan langka yang jarang Anda lihat bahkan belum pernah melihat sebelumnya, misalnya Harimau Sumatera. Jadi tunggu apalagi? Ayo susun rencana liburan Anda untuk  berkunjung ke Taman Satwa Cikembulan. Dan buat kesan yang berbeda dengan liburanmu.

Bercengkrama dengan Orang Utan Kalimantan

Bercengkrama dengan Orang Utan Kalimantan

Image Credit: Garutplus.co.id

Keunikan dari destinasi wisata ini yang tak mungkin Anda temui di taman satwa manapun adalah Anda bisa bercengkrama dengan primata yang sengaja di lepas di kandang terbuka, yakni Orang Utan Kalimantan.

Primata ini telah menjadi daya tari sendiri bagi pengunjung. Jadi, ketika pengunjung sedang ramai Anda harus antre dulu untuk sekadar mengambil foto bersama orang utan.

Primata ini adalah primata yang memiliki perilaku unik dan sangat ramah kepada pengunjung, jadi Anda bisa mengajaknya berselfie ria. Jadi, tidak hanya berlibur dengan melihat satwa Anda juga bisa mengajaknya narsis bareng. Anda tidak perlu khawatir ketika berinteraksi dengan primate yang satu ini, sebab akan ada petugas yang selalu mengawasinya.

Nikmati Terapi di Kolam Ikan

Nikmati Terapi di Kolam Ikan

Image Credit: Tribunnews.com

Nah, bagi Anda yang ingin menghilangkan sel kulit mati juga bisa melakukan terapi ikan di kolam yang telah disediakan. Terapi ikan ini merupakan salah satu inovasi dalam medis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati untuk merangsang pertumbuhan kulit baru dan  menghilangkan bakteri di kaki.

Tidak hanya itu, terapi ikan ini juga dipercaya dapat menghilangkan stress, melancarkan aliran darah dan merilekskan tubuh. Jadi masih ragu untuk berkunjung ke Taman Satwa Cikembulan? Tidak hanya mengenal banyak satwa, Anda juga akan pulang dengan keadaan yang lebih sehat.

BACA:  21 Oleh-Oleh Khas Bandung Paling Populer

Wisata Edukasi Untuk Anak-Anak

Wisata Edukasi Untuk Anak-Anak

Image Credit: Garuthome.blogspot.com

Selain berlibur dan melepaskan penat, keunggulan destinasi wisata yang satu ini adalah destinasi wisata edukasinya bagi Si Kecil. Dengan mengenal ratus satwa dari beberapa spesies tentu saja akan menambah pengetahuan Si Kecil. Tidak hanya itu, destinasi wisata ini juga mengajarkan mencintai sesama makhluk hidup dan bersyukur atas ciptaan Sang Kuasa kepada Si Kecil.

Selain itu, di tempat ini juga disediakan fasilitas untuk Si Kecil yang tidak dipungut biaya lagi. Setelah lelah berkeliling lokasi untuk melihat satwa, Si Kecil bisa bermain seluncuran, kuda-kudaan dan ayunan dan masih banyak lagi fasilitas bermain lainnya.

Dapatkan Spot Foto Unik Taman Satwa Cikembulan

Dapatkan Spot Foto Unik Taman Satwa Cikembulan

Image Credit: Liputan6.com

Bagi Anda yang suka eksis dan jepret sana sini, lokasi wisatawan Kebun Binatang Cikembulan wajib Anda masukkan dalam list liburan kali ini. Destinasi wisata ini juga menyediakan berbagai spot foto unik yang bisa Anda manfaatkan untuk mengabadikan moment liburan Anda. Jadi, kalau berkunjung kesini jangan lupa membawa kamera ya.

Nah itu dia sekilas tentang Taman Satwa Cikembulan yang wajib Anda kunjungi saat liburan tiba. Tidak perlu ragu untuk mengunjungi destinasi wisata ini, selain harga tiket yang murah, Rute menuju destinasi wisata pun terbilang dapat mudah Anda akses.