10 Taman Keren di Depok untuk Mengisi Akhir Pekan

Taman Keren Depok

Kota Depok memiliki taman-taman yang Indah bisa dijadikan tempat melepas penat atau mengisi akhir pekan Bersama orang tercinta.

Kota Depok yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat ini berada di sebelah selatan Jakarta. Kota ini menjadi bagian wilayah metropolitan Jakarta dengan singkatan yang dikenal sebagai “Jabodetabekpunjur”. Ikon yang menjadikan Kota Depok terkenal di seantero wilayah nusantara adalah keberadaan kampus Universitas Indonesia.

Meskipun Depok dikenal dengan kehidupan metropolitan dan juga salah satu pusat pendidikan terbaik di negeri ini, namun ternyata Depok juga memiliki beberapa tempat wisata alam sendiri. Hal itu memudahkan para warga untuk refreshing di akhir pekan bersama keluarga tercinta tanpa harus pergi jauh keluar kota.

Di bagian selanjutnya, akan dibahas beberapa taman di Depok yang bisa dijadikan tempat melepas penat di akhir pekan. Tidak hanya berfungsi sebagai destinasi wisata, pada akhirnya tempat-tempat tersebut juga mampu membangkitkan perekonomian warga lokal untuk mencari rezeki.

1. Taman Hutan Universitas Indonesia (UI)

Taman Hutan Universitas Indonesia (UI)

Image Credit: Pingpoint.co.id

Siapa yang tidak tahu tentang UI. UI masuk dalam jajaran tiga besar universitas terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan QS World University Rankings. Universitas dengan luas sekitar 320hm ini memiliki sebuah hutan di area kampus dengan total luas hampir 70hm.

Adanya hutan di area kampus, selain menjadi penyejuk para mahasiswa belajar juga dapat digunakan oleh masyarakat sekitar untuk melepas penat ataupun berolahraga. Taman di dalam hutan UI memiliki pemandangan yang indah. Hutan ini dibagi menjadi tiga area, yaitu: zona wales barat, zona vegetasi asli, dan zona wales timur.

Zona wales barat merupakan area yang diisi dengan tanaman dari daerah Indonesia bagian barat, zona wales timur untuk tanaman dari daerah Indonesia bagian timur, dan zona vegetasi asli untuk tanaman asli dari wilayah Depok dan sekitarnya. Ada setidaknya 186 tipe tumbuhan dari daerah-daerah di Indonesia di hutan ini.

Lokasi: Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Depok.

2. Taman Lembah Mawar

Taman Lembah Mawar

Image Credit: Merdeka.com

Taman ini seringkali digunakan oleh para anak usia muda untuk mengambil foto karena memberikan hasil yang cukup instagramable. Peresmian pembangunan taman dilakukan pada masa Muh. Idris Abd. Somad saat beliau menjabat sebagai wali kota Depok di tahun 2016.

BACA:  Wisata Edukasi Seru Desa Kampung Bambu Bogor

Di taman ini kita dapat ditemukan danau, dan beberapa area untuk mengambil foto secara selfie, dan pohon baobab. Pohon baobab adalah pohon berukuran sangat besar yang berasal dari daerah Afrika yang memiliki diameter mencapai 20m. Para pengunjung juga dapat menggunakan berbagai fasilitas lain di taman ini, yaitu, area bermain untuk anak kecil, serta pohon-pohon berukuran kecil.

Lokasi: Jl. Mawar Raya, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

3. Taman di Alun-Alun Kota Depok

Taman di Alun-Alun Kota Depok

Image Credit: Depok24jam.com

Di alun-alun kota Depok kita dapat menemukan taman yang bisa digunakan untuk bersantai. Di taman ini kita bisa menikmati keasrian pepohonan dan gemericik air yang berasal dari sungai kecil yang melintasi taman. Dengan kesejukan tersebut akan menciptakan suasana yang dapat membuat hati dan fikiran menjadi jernih.

Selain itu, di tempat ini juga dilengkapi dengan mushola, area berfoto, dan lapangan basket. Para pengunjung juga disuguhi dengan keberadaan Tugu Kontemporer berwarna emas yang dapat dijadikan sebagai bahan selfie. Di tempat ini para kaum muda juga bisa bermain skateboard, BMX park, wall climbing, dan juga skate park.

Lokasi: Jl. Boulevard Grand Depok City No.25, Jatimulya, Kec. Cilodong, Kota Depok.

4. Taman Lembah Ikan Gurame

Taman Lembah Ikan Gurame

Image Credit: Anandastoon.com

Seperti dengan nama taman, di taman ini para pengunjung dapat menemukan danau yang berisi ikan gurame. Taman berisi banyak pohon rindang yang asri sebagai penyejuk mata. Kita juga dapat menemukan lapangan futsal, dan lintasan untuk jogging.

Yang lebih menarik lagi taman ini dilengkapi dengan bangunan amphitheatre yang berfungsi sebagai area pertunjukan. Anak-anak kecil juga bisa membaca buku karena taman juga menyediakan fasilitas “Kotak Literasi Cerdas” yang berisi banyak buku.

Lokasi: Jl. Nangka Raya No.68, Depok Jaya, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

5. Taman Pemuda Pratama

Taman Pemuda Pratama

Image Credit: Tamanpratama.id

Taman yang satu ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama anak yang masih kecil, terutama di akhir pekan. Pengunjung dapat menemukan banyak wahana bermain anak di tempat ini. Tempat ini sebenarnya adalah area milik pribadi yang sengaja dibangun untuk wahana bermain anak dengan tarif yang relatif murah.

BACA:  Curug Cigentis, Objek Wisata Alam Nan Eksotis di Karawang

Pengunjung dapat bermain beberapa wahana, diantaranya, playground berpasir, wall climbing, wahana ATV, dan area memanah untuk anak. Selain itu, kita juga bisa memberi makan untuk ikan dan untuk kelinci yang ada di sana. Hal unik yang bisa ditemui di tempat ini adalah rumah lego dan lukis celengan berbahan keramik.

Lokasi: Tanah Baru, Kec. Beji, Kota Depok.

6. Taman Wisata Wiladatika

Taman Wisata Wiladatika

Image Credit: Dakatour.com

Taman yang juga dikenal dengan nama Wiladatika Recreation Park ini merupakan taman yang dapat digunakan oleh semua orang tanpa memandang usia. Beberapa fasilitas yang bisa ditemui di tempat ini adalah lapangan untuk tenis, area outbound, kolam renang, area bermain, kapal air, dan becak berukuran mini, serta bola air.

Kunjungan ke taman wisata Wiladatika tidak memerlukan biaya yang mahal. Tempat ini menyediakan berbagai wahana dengan tarif yang cukup terjangkau di kisaran 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Dengan harga yang murah, pengunjung tetap dapat menikmati fasiltas yang menarik.

Lokasi: Jl. Jambore No.1, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok.

7. Taman Godong Ijo

Taman Godong Ijo

Image Credit: Godongijo.com

Godong Ijo berarti daun hijau. Oleh karena itu, taman Godong Ijo memiliki makna taman yang didalamnya terdapat dedaunan berwarna hijau. Pengertian tersebut menunjukkan bahwa taman berisi dengan area yang begitu asri dan menyejukkan mata.

Selain memiliki pemandangan yang indah, tempat ini juga menyajikan berbagai wisata edukasi. Wisata edukasi yang ada, berupa belajar melukis, belajar membatik, belajar kesenian tradisional, dan belajar memasak. Banyaknya ragam wisata edukasi tersebut sangat bermanfaat untuk anak kecil yang sedang butuh banyak belajar.

Taman juga menyediakan area untuk memancing ikan, cafe yang memanfaatkan hasil pertanian organik, dan juga aula untuk acara formal seperti pernikahan. Berjalan-jalan di tempat ini akan memberikan energi baru untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Lokasi: Jl. Cinangka Raya No.KM 10 No. 60, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok.

8. Taman Wisata Pasir Putih

Taman Wisata Pasir Putih

Image Credit: Panduanwisata.id

Jenis wisata yang ditawarkan di sini memiliki kekhasan tersendiri, yaitu wisata air. Tempat ini menyediakan berbagai wahana air untuk pengunjung baik yang berumur dewasa ataupun anak-anak. Ada berbagai fasilitas yang disediakan, diantaranya, tempat menginap, area untuk memancing, dan taman untuk bermain.

BACA:  Taman Satwa Cikembulan, Destinasi Wisata Favorit di Garut

Meskipun ciri khas taman ini adalah wisata air, namun di sini pengelola juga menyediakan wisata darat berupa ATV dan permainan seru lainnya seperti flying fox. Di sini juga terdapat aula dan juga area yang bisa digunakan untuk kegiatan outbound. Berwisata di tempat ini sangat cocok dilakukan di saat musim kemarau yang panas.

Lokasi: Jl. Rw. Geni Raya No.1, RT.1/RW.7, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok.

9. Taman Wisata Permata Buana

Taman Wisata Permata Buana

Image Credit: Pesonawisataindonesia.com

Taman ini tepat dikunjungi jika ingin menghabiskan waktu untuk memancing dengan harga yang murah. Taman menyediakan fasilitas pemancingan lengkap dengan sewa untuk cottage dan juga pondok untuk memancing dalam waktu enam hingga dua belas jam. Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk ikan yang dipancing.

Biaya untuk ikan hasil pancingan sudah dihitung sejak awal pembayaran tiket. Fasilitas lain yang ada di tempat ini adalah tempat untuk karaoke, kolam untuk berenang, restoran, dan taman bermain yang disediakan untuk anak-anak kecil. Harga yang ditawarkan di taman wisata ini cukup murah dan terjangkau.

Lokasi: Jl. H. Hanafi No.33, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok.

10. Taman Mekarsari Depok

Taman Mekarsari Depok

Image Credit: Sketsaonline.com

Taman ini memang memiliki nama yang sama dengan nama taman di kota lain di daerah Jawa Barat. Tapi jangan sampai salah alamat. Karena, taman ini berada di daerah kota Depok. Taman ini tergolong destinasi baru di kota Depok karena baru diresmikan di tahun 2018.

Taman memiliki luas sekitar 957 meter persegi. Pengunjung dapat memanfaatkan taman bersama keluarga di akhir pekan. Terdapat banyak fasilitas yang disediakan di taman. Pengunjung dapat menemukan area untuk berfoto yang cocok untuk diunggah di media sosial, lintasan untuk berlari, lapangan untuk bermain badminton, area khusus untuk membaca, tempat bermain anak kecil, dan juga tempat untuk pertunjukan atau dikenal dengan istilah amphitheatre.

Lokasi: Jl. Raya No.15, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok.

Itulah 10 taman wisata di Kota Depok yang dapat dikunjungi sebagai tempat untuk refreshing di akhir pekan bersama keluarga. Berbagai taman yang ada di Kota Depok yang beragam membuat para pengunjung memiliki referensi tujuan wisata yang banyak. Selain itu, transportasi di kota ini sangat mendukung akses ke berbagai tempat tersebut.