Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. KH Mas Mansyur, Mangunharjo, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Probolinggo memiliki sebuah tempat wisata alternatif yang cocok dikunjungi bagi keluarga. Tentunya yang dimaksud adalah alun-alun yang merupakan fasilitas publik. Ada bayak hal yang dapat dilakukan di Alun-alun Probolinggo, mulai dari piknik santai hingga melepas penat. Keindahan dan fasilitas yang disediakan menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Sebagaimana alun-alun pada umumnya, lokasinya dipastikan strategis dan muda dijangkau. Alun-alun ini berada di pusat kota, tepatnya di dekat stasiun kereta api. Selain itu, tempat rekreasi keluarga ini juga dekat dengan pelabuhan kota. Tidak jauh dari tanah lapang luas ini juga ada Masjid Agung Probolinggo yang menjadi salah satu ikon dalam hal agamanya.

Alun-alun merupakan sebuah tanah lapang yang ada di pusat kota. Semua kota yang ada di tanah air pasti memiliki fasilitas publik ini. Biasanya dibangun di depan kantor pemerintahan daerah dan beberapa kantor pemerintahan lainnya. Sebagai akses publik, artinya siapa pun boleh mengunjunginya tanpa terkecuali.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Probolinggo

Daya Tarik Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Google Maps Kurnia Cahyono

Meski ada banyak objek wisata yang banyak ditemui, nyatanya Alun-alun Probolinggo tidak pernah sepi pengunjung. Alasannya pasti karena daya tarik yang dimiliki. Mungkin ada yang bertanya mengenai daya tarik yang dimaksud. Pasalnya, kebanyakan alun-alun tidak jauh dari lapangan yang luas yang ditumbuhi tanaman.

1. Suasana Terkesan Asri

Bagi yang menganggap bahwa alun-alun hanya tanah lapang yang ditumbuhi pepohonan, anda memang tidak salah. Pasalnya, alun-alun memang tidak lepas dari kedua komponen yang dimaksud. Namun untuk tata kelola nya yang rapi menjadi salah satu kelebihan dari Alun-alun Probolinggo, sehingga suasana yang didapat terkesan asri.

Tentunya bukan di tengah alun-alun, karena cuaca lumayan panas jika di siang hari. Keasrian terasa ketika anda berada di bagian pinggir tanah lapang, dimana banyak sekali tumbuhan yang berjejer rapi. Biasanya, wisatawan menggunakan pohon tersebut sebagai tempat berteduh dan untuk melakukan aktivitas selama berkunjung.

2. Car Free Day

Untuk menghormati hak-hak pejalan kaki dan mengurangi polusi, hampir semua wilayah yang ada di Indonesia memberlakukan car free day. Biasanya, acara ini dilakukan pada hari libur, antara Sabtu dan minggu. Alun-alun Probolinggo juga demikian, ada acara car free day yang dilaksanakan pada hari Minggu pagi.

Pada saat cara ini, banyak sekali pengunjung yang berdatangan ingin melihat suasana pagi dan mengajak anak-anak bermain. Cara free day sendiri adalah hari dimana tidak diperbolehkan kendaraan bermotor melintas di suatu kawasan tertentu. Pada saat itu seringkali dibarengi dengan pameran atau wisata kuliner.

Daya tarik ini diminati semua kalangan pengunjung, baik pemuda maupun yang sudah berkeluarga. Biasanya, pemuda yang datang sengaja menghabiskan waktu dengan pasangan mereka. Lain hanya dengan kalangan keluarga yang mengajak anaknya bermain dan melihat keramaian. Bagi ibu-ibu, acara ini dimanfaatkan sebagai sarana untuk belanja.

3. Spot Foto Gratis

Selanjutnya adalah tersedianya sot foto gratis yang menjadi daya tarik Alun-alun Probolinggo. Mungkin anda tidak menemukan di tempat lain, karena pada umumnya memiliki fasilitas yang terbatas. Salah satu spot yang wajib menghiasi latar belakang foto adalah patung garuda. Di bawahnya terdapat ukiran timbul warna emas.

Patung garuda ini ukurannya cukup besar dan berdiri gagah diatas tembok yang terukir. Ukiran tembok berwarna emas tersebut menceritakan sejarah bangsa Indonesia selama penjajahan hingga merdeka. Supaya hasil foto terlihat bagus, anda harus pintar mengambil sudut yang tepat. Salah satunya adalah mengambil gambar dari jarak jauh.

Dengan mengambil jarah yang jauh, patung garuda dan ukiran akan terlihat jelas. Ukurannya yang besar tidak memungkinkan apabila anda mengambilnya dari jarak dekat. Spot lain yang tidak kalah menarik yaitu patung angsa yang posisinya sedang berenang. Patung angsa ini dilengkapi replika ombak yang mirip dengan aslinya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Twitter Jawa Pos

Alun-alun Probolinggo terletak di Jalan KH Mas Mansyur, Mangunharjo, Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Seperti yang dikatakan tadi, lokasinya sangat strategis sehingga tidak sulit menemukannya. Ada banyak patokan yang anda gunakan, tergantung dari mana arah datang.

Apabila anda datang dari arah Utara, gunakan stasiun Probolinggo sebagai patokan utama. Meskipun jaraknya lumayan jauh, anda dapat menggunakan patokan Museum Rasulullah SAW apabila datang dari arah Selatan. Untuk lebih jelasnya dan supaya tidak tersesat, ada baiknya anda manfaatkan aplikasi GGPS di HP.

Warga Probolinggo yang terkenal akan keramahtamahan nya pasti memberikan petunjuk arah apabila dan bertanya. Mendekati lokasi, ada rambu petunjuk yang biasanya terletak di seberang jalan. Apabila sudah tiba di lokasi, langsung saja cari tempat parkir yang nyaman. Satu-satunya biaya wajib ketika berkunjung adalah retribusi parkir sesuai jenis kendaran.

Aktivitas yang Menarik di Alun-Alun Probolinggo

Aktivitas Menarik Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Google Maps Roby Purbayana

Dari sekilas penjelasan diatas, ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Alun-alun Probolinggo. Bagi anda yang bertempat tinggal di perkotaan dan pernah mengunjungi alun-alun, beberapa aktivitas berikut mungkin tidak asing lagi!

1. Piknik Bersama Keluarga

Objek wisata alternatif di Probolinggo ini cocok dijadikan tempat piknik santai bersama keluarga, warga sekitar juga melakukan aktivitas ini, baik ketika pagi atau sore hari. Apabila datang di pagi hari, biasnya mereka memilih tempat teduh di bawah pohon rindang. Tidak perlu menggelar tikar, banyak wisatawan yang hanya beralaskan paving jalanan.

2. Bermain Bersama Anak

Tidak hanya piknik, Alun-alun Probolinggo pun sangat layak dijadikan tempat bermain bersama anak-anak. Dibangun diatas lahan luas, ada banyak jenis permainan yang dapat dilakukan di sini. Di salah satu titik tersedia area playground, anak-anak dijamin suka bermain di area tersebut. Melihat anak-anak berlari bahagia merupakan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua.

3. Olahraga Santai

Aktivitas lain yang dapat dilakukan di sini yaitu olahraga santai. Alun-alun kota lain juga cocok dijadikan aktivitas ini. Perbedaan hanya dari suasana yang didapatkan, untuk kali ini terkesan lebih asri karena banyak pohon peneduh di sekitarnya. Adapun jenis olahraga yang biasanya dilakukan yakni jogging santai, senam, dan jalan sehat keliling alun-alun.

4. Wisata Kuliner

Aktivitas Menarik di Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Google Maps imror el badri

Alun-alun Probolinggo semakin ramai ketika ada acara car free day. Bukan hanya ramai dari pengunjung, melainkan juga penjual. Salah satu yang dijual di sini yaitu berbagai jenis makanan dan minuman. Wisata kuliner dipastikan lebih asyik karena konsep alam terbukanya. Solah harga masih standar, bahkan bisa dikatakan sedikit lebih murah dari tempat lain.

5. Belanja Oleh-oleh

Ada aktivitas lain yang perlu kamu ketahui selain wisata kuliner. Tersedianya berbagai keperluan rumah dan pakaian membuat siapa saja betah berlama-lama selama di Alun-alun Probolinggo. Produk lain yang ditemukan adalah sandal, sepatu, dan bahkan mainan anak. Untuk mendapatkan harga terbaik pastikan bahwa anda pintar menawar.

6. Memberi Makan Merpati

Di salah satu titik tanah lapang terdapat sebuah kandang merpati yang lumayan banyak. Burung dara ini termasuk jinak sehingga tidak sedikit yang turun mencari makan. Bagi anak-anak, salakan memberi makan burung tersebut dengan segala jenis makanan, asalkan bukan makanan yang membahayakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Google Maps christian puguh

Alun-alun Probolinggo yang merupakan akses publik tidak memiliki banyak fasilitas di dalamnya. Bagi yang ingin buang air silahkan pulang terlebih dahulu atau mencari di dekat lokasi. Untuk keperluan ibadah, ada Masjid Agung yang dapat anda gunakan. Lokasi parkir nya tidak begitu luas, namun cukup menampung ratusan sepeda motor dan puluhan mobil.

Pergi berwisata tidak harus mengeluarkan banyak uang. Banyak objek wisata alternatif yang gratis dikunjungi, artinya tidak perlu tiket masuk. Dengan berbagai daya tarik dan banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan, mengunjungi Alun-alun Probolinggo sepertinya wajib dilakukan semua kalangan.