15 Wisata Pantai di Madura Paling Hits Dikunjungi

Wisata Pantai Madura

Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Madura, Jawa Timur. Destinasi Wisata Bahari yang Kaya Pesona, Populer, Eksotis & Paling Hits yang Cocok Dijadikan Tujuan Liburan Anda Selanjutnya.

Pulau Madura terkenal dengan budaya karapan sapi yang masih terjaga hingga kini. Selain memiliki ragam kekayaan budaya, Madura juga menyimpan banyak tempat-tempat yang begitu mempesona. Keindahan alam yang dimiliki Madura bisa Anda temui di beberapa daerah pesisirnya. Pulau Madura yang dikelilingi laut Jawa ini memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Ada banyak pantai dengan ragam keindahan dan keunikannya tersendiri. Mulai dari pantai berpasir putih yang eksotis hingga pantai dengan batuan karang. Jika Anda masih bingung, berikut deretan wisata pantai di Madura yang bisa menjadi referensi untuk liburan akhir pekan.

1. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang

Image Credit: Instagram.com @mas.indraena

Pantai Rongkang merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di Bangkalan, Madura. Menyuguhkan pemandangan pantai karang dengan ombak yang relatif tenang.

Wisatawan juga bisa melihat bukit karang setinggi 25 meter di salah satu sisi pantai. Sementara itu, di sisi barat Pantai Rongkang dapat terlihat Jembatan Suramadu yang sangat terkenal.

Lokasi pantai ini juga cocok untuk Anda yang ingin berburu sunset. Keindahan langit merah keemasan dan pantulan cahaya senja di permukaan laut membuat suasana Pantai Rongkang semakin romantis.

Lokasi: Kejawan, Kwanyar Barat, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan.

2. Pantai Gili Labak

Pantai Gili Labak

Image Credit: Ksmtour.com

Gili Labak terkenal sebagai salah satu destinasi wisata pulau yang eksotis. Memiliki pantai dengan pasir putih yang halus dan bersih. Pemandangan tersebut bersatu dengan air lautnya yang terlihat kebiruan.

Selain terkenal dengan pesona pantainya yang begitu indah, kawasan wisata ini juga menawarkan keindahan bawah lautnya yang tidak kalah memukau. Terumbu karang dan berbagai biota laut dapat dinikmati wisatawan yang snorkeling di sekitar kawasan pantai ini.

Lokasi: Desa Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

3. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan

Image Credit: Instagram.com @photomadura

Wisata pantai yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Madura adalah Pantai Sembilan. Lokasi wisata bahari ini berada di kawasan wisata Pulau Genting yang terkenal dengan pemandangannya yang eksotis.

Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru dengan ombak yang relatif tenang. Pasir pantai yang halus bisa menjadi tempat untuk wisatawan bersantai sambil menikmati pemandangan di sekitar Pantai Sembilan.

Suasana di pantai ini masih begitu asri dengan fasilitas yang sudah cukup memadai. Pantai dengan air laut yang begitu jernih ini juga bisa menjadi salah satu destinasi pilihan bagi Anda yang ingin snorkeling.

Lokasi: Jl. Raya Bringsang, Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep.

4. Pantai Sambilangan

Pantai Sambilangan

Image Credit: Twitter.com @syamlan7

Pantai berpasir putih dan air laut yang jernih menjadi sajian utama saat Anda berkunjung ke Pantai Sambilangan. Selain karena keindahannya, pantai ini juga sangat terkenal dengan bangunan mercusuar yang berada tidak jauh dari pantai.

BACA:  Pesona Coban Rondo, Sejuknya Air Terjun Eksotis di Batu Malang

Jika ingin melihat pemandangan pantai dari ketinggian, wisatawan bisa mencoba melihatnya dari atas mercusuar Sambilangan. Bangunan peninggalan masa kolonial tersebut memang menjadi salah satu ikon dari Pantai Sambilangan.

Lokasi: Desa Sambilangan, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan.

5. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng

Image Credit: Tribunnews.com

Destinasi wisata pantai yang terkenal di Madura ini memiliki garis pantai sekitar 6km. Area pantainya cukup landai sehingga nyaman untuk wisatawan yang ingin bermain di atas pasirnya atau berjemur sambil menikmati pemandangan laut yang biru.

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap, mulai dari gazebo, ayunan di pinggir pantai, tempat bermain anak, toilet, dan lain-lain. Wisatawan biasanya menggunakan fasilitas ayunan di pinggir pantai untuk keperluan foto.

Suasana pantai yang begitu tenang dan semilir angin yang sejuk dapat dinikmati pengunjung Pantai Slopeng. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba aktivitas seru lainnya di pantai seperti bermain voli pantai atau menunggangi kuda.

Lokasi: Jl. Raya Ambunten No.34, Kec. Dasuk, Kab. Sumenep.

6. Pantai Nepa

Pantai Nepa

Image Credit: Facebook.com @nur munawwir

Beberapa daerah pesisir di Pulau Madura memiliki pantai berpasir putih yang eksotis. Salah satunya adalah Pantai Nepa yang berada di Kabupaten Sampang. Pemandangan cantik dari pasir putih kecokelatan dan air laut yang biru akan menyambut kedatangan para wisatawan.

Selain pemandangan pantai yang indah, di sekeliling Pantai Nepa banyak terdapat pepohonan rindang yang membuat suasana pantai semakin sejuk. Pantai yang satu ini juga terkenal dengan hutan kera yang tidak jauh dari pantai.

Wisatawan yang berlibur ke Pantai Nepa bisa mampir ke hutan kera untuk melihat kawanan primata cerdas tersebut. Setelah bermain-main di pantai, Anda bisa mencoba keseruan untuk memberi makan kera.

Lokasi: Batioh, Kec. Banyuates, Kab. Sampang.

7. Pantai Jodoh

Pantai Jodoh

Image Credit: Facebook.com @potretmadura

Destinasi wisata pantai yang cukup hits di kalangan traveler adalah Pantai Jodoh. Sebuah daerah pesisir pantai di Kabupaten Sampang, Madura. Daya tarik objek wisata ini adalah banyaknya spot foto yang menarik yang dapat wisatawan temui.

Pemandangan cantik nan eksotis dari kawasan pantai bisa menjadi latar belakang foto Anda. Selain itu, fasilitas di pantai ini diberi nama-nama yang unik seperti kamar janda untuk tempat makan-makan, ayunan jodoh untuk wisatawan bermain ayunan, dan masih banyak lagi.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Jodoh menggunakan papan-papan nama unik untuk spot foto mereka. Namun jika ingin suasana yang lebih alami, Anda bisa berjalan kaki untuk lebih mendekat ke arah pantai. Anda bisa duduk-duduk di tepian pantai sambil menikmati pemandangan laut yang begitu menenangkan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Gresik Paling Populer

Lokasi: Jl. Batulenger, Sokobenah, Bira Barat, Kec. Ketapang, Kab. Sampang.

8. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning

Image Credit: Instagram.com @antiri92

Pantai Siring Kemuning terkenal sebagai salah satu tujuan wisata pantai di Madura. Pantai di Kabupaten Bangkalan yang tidak pernah sepi pengunjung ini memiliki pemandangan yang begitu mempesona.

Pantai dengan pasir putih kecokelatan ini memiliki ombak yang tidak begitu besar. Wisatawan dapat bermain dan berenang di sekitar pantai bersama teman atau rombongan lainnya. Selain berenang, aktivitas seru yang bisa dilakukan adalah berfoto-foto.

Pemandangan di sekitar pantai ini cukup indah dengan beberapa area pantai yang dihiasi bebatuan karang. Namun untuk fasilitas di pantai ini masih belum memadai. Jadi untuk Anda yang tertarik dan berencana mengunjungi Pantai Siring Kemuning sebaiknya mempersiapkan perlengkapan seperti bekal makanan, sunblock, tikar, dan lain-lain.

Lokasi: Macajah, Kec. Tanjungbumi, Kab. Bangkalan.

9. Pantai Jumiang

Pantai Jumiang

Image Credit: Facebook.com @masiwanmp

Pantai Jumiang merupakan salah satu objek wisata terkenal di Kabupaten Pamekasan, Madura. Menyuguhkan pemandang cantik dengan hamparan pasir pantai yang membentang luas dan berpadu dengan air laut yang kebiruan.

Objek wisata yang satu ini bisa menjadi alternatif liburan untuk Anda yang ingin menenangkan diri dan melepas penat. Suasana di sekitar Pantai Jumiah masih cukup asri dengan pemandangan pantai yang indah. Ombaknya pun tidak begitu besar sehingga aman untuk Anda bermain-main di bibir pantai.

Pemandangan yang disuguhkan Pantai Jumiah begitu mempesona. Semakin indah saat sore hari, wisatawan dapat menikmati momen matahari terbenam yang begitu hangat di pantai ini. Bias warna jingga yang menghiasi langit dan permukaan air laut di pantai ini menjadi pemandangan yang cantik untuk Anda nikmati.

Lokasi: Jl. Pantai Jumiang, Jumiang, Tanjung, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan.

10. Pantai Camplong

Pantai Camplong

Image Credit: Google Maps (Rusdi Zulkarnain)

Menikmati keindahan laut biru dan pasir putih dapat Anda lakukan di objek wisata Pantai Biru Camplong. Destinasi wisata yang begitu terkenal di Kabupaten Sampang, Madura. Hamparan pasir putih yang begitu luas dapat menjadi tempat yang nyaman untuk wisatawan bermain pasir, bermain voli pantai, dan lain sebagainya.

Wisatawan Pantai Camplong juga bisa berkeliling pantai dengan menyewa perahu nelayan. Biasanya waktu untuk berkeliling dengan perahu ini sekitar 20 menit Anda bisa melihat pantai dan beberapa spot yang biasa digunakan untuk menangkap ikan.

Pantai Camplong sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Wisatawan dapat berlibur dengan nyaman di pantai cantik ini dengan sederet fasilitas. Restoran dan hotel dapat ditemui di kawasan wisata ini.

Lokasi: Jl. Raya Camplong, Kec. Camplong, Kab. Sampang.

11. Pantai Lombang

Pantai Lombang

Image Credit: Twitter.com @jullyhoney

Pantai yang berlokasi di Kabupaten Sumenep ini menawarkan banyak pesona keindahan. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan Pantai Lombang yang begitu indah.

BACA:  5 Pulau Cantik di Jawa Timur Bisa Menjadi Tujuan Liburan

Pantai dengan ombak yang cukup tenang ini bisa menjadi alternatif liburan saat Anda berada di Madura. Pantai ini dikelilingi oleh banyak pepohonan yang membuat suasananya semakin sejuk.

Walaupun saat siang hari cuaca di Pantai Lombang cukup terik, wisatawan bisa bermain-main di bibir pantai dengan air laut yang begitu bersih. Setelah puas bermain di laut, Anda bisa duduk santai di bawah pohon sambil menikmati bekal makanan dan pemandangan Pantai Lombang.

Lokasi: Lombang, Kec. Batang Batang, Kab. Sumenep.

12. Pantai Gili Iyang

Pantai Gili Iyang

Image Credit: Google Maps (Fauzan Aja)

Destinasi wisata pantai eksotis di daerah Sumenep, Madura ini bisa menjadi pilihan liburan Anda bersama teman atau keluarga. Menawarkan pemandangan cantik dari pantai berpasir putih dan ombak yang cukup tenang.

Kawasan pantai di Gili Iyang terkenal dengan suasananya yang masih asri. Semilir angin yang segar dan pemandangan laut yang biru bisa menjadi terapi untuk melepas penat. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru di pinggir pantai.

Selain pemandangan pantai yang begitu mempesona, kawasan wisata ini juga terkenal dengan beberapa spot foto yang menarik. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pantai berpasir putih atau pantai dengan bebatuan karang.

Lokasi: Kec. Dungkek, Kab. Sumenep.

13. Pantai Batu Malang

Pantai Batu Malang

Image Credit: Google Maps (Ahmad Lutfiyanta)

Jika Anda ingin mencari wisata pantai yang menyuguhkan pemandangan laut dan jembatan Suramadu, Pantai Batu Malang bisa menjadi pilihannya. Pantai ini memiliki pemandangan cantik dengan ombak laut yang tidak begitu besar.

Wisatawan bisa mengunjungi pantai ini untuk sekedar bersantai atau berfoto-foto. Fasilitas di Pantai Batu malang masih cukup terbatas, sebaiknya Anda membawa perlengkapan wisata sendiri mulai dari tikar, bekal makanan, minuman, dan lain-lain.

Lokasi: Sukolilo Timur, Kec. Labang, Kab. Bangkalan.

14. Pantai Badur

Pantai Badur

Image Credit: Twitter.com @tadjuir

Pesona keindahan pantai di Madura ini terkenal dengan pemandangan lautnya yang begitu indah. Hamparan pasir putih kecolekatan begitu luas dan landai untuk tempat wisatawan bermain dan bersantai.

Selain pemandangan pantai, lokasi wisata ini juga terkenal dengan sebuah aliran air tawar yang terhubung ke laut. Beberapa area banyak dikelilingi bebatuan karang yang begitu indah. Semakin mempesona lagi saat sore hari atau saat matahari mulai terbenam.

Lokasi: Sergang, Kec. Batuputih, Kab. Sumenep.

15. Pantai Ponjok Timur

Pantai Ponjok Timur

Image Credit: Google Maps (Kukuh Prasetyo)

Salah satu wisata pantai yang bisa ditemui di Madura adalah Pantai Ponjok Timur. Kawasan pesisir cantik dengan pemandangan laut dan pantai karang yang begitu mempesona.

Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini untuk mengisi waktu liburan. Tidak heran jika pantai ini akan ramai saat akhir pekan atau saat musim liburan tiba. Pantai ini memiliki ombak yang tidak begitu besar sehingga wisatawan juga bisa bermain di sekitar bibir pantai dengan aman.

Lokasi: Galisek Daja, Kombang, Kec. Talango, Kab. Sumenep.

Itulah beberapa wisata pantai yang cukup terkenal di Madura yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya bisa menjadi referensi untuk liburan Anda bersama teman atau keluarga.