Harga Tiket: Rp 12.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Bunga Rampai IV, Simalingkar B, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Kebun Binatang Medan merupakan salah satu wisata margasatwa yang terletak di wilayah Sumatra Utara. Tepatnya di Kecamatan Medan Tuntungan, Kelurahan Simalingkar B. Lokasinya cukup strategis sehingga mudah dijangkau para wisatawan.

Tentunya, kebun binatang ini berbeda dengan yang lainnya di Kota Medan. Area wisata edukasi ini sangat luas sekitar 30 hektar. Sehingga koleksi hewan yang tersedia cukup banyak, mulai dari 167 ekor burung dengan jenis yang berbeda-beda, 37 ekor reptile, 70 ekor mamalia dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, di Kebun Binatang Medan ini juga tersedia banyak sekali wahana permainan seperti flying fox, taman bermain untuk anak-anak, outbound dan masih banyak lagi. Fasilitasnya juga cukup lengkap, jadi tak perlu ragu untuk datang kesana, tempat ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Binatang Medan

Daya Tarik Dimiliki Kebun Binatang Medan
Image Credit: Google Maps Iyoss Wazzo

Jika kita berkunjung ke Sumatra Utara, kurang lengkap rasanya bila tidak mampir dulu ke tempat rekreasi ini. Destinasi ini sangat cocok digunakan untuk liburan bersama keluarga dan anak-anak. Selain liburan, kita juga bisa mengenalkan berbagai macam binatang kepada anak-anak. Dan juga, tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dari tempat wisata lain di Medan.

1. Memiliki Banyak Koleksi Binatang

Kebun binatang Medan ini memiliki area yang sangat luas yaitu sekitar 30 hektar, jadi tak mengherankan jika koleksi binatang di sana cukup banyak. Di sana terdapat binatang dengan jumlah 200 lebih spesies. Mulai dari mamalia sebanyak 70 ekor yang masing-masing ada 16 jenis, 167 ekor burung dengan 26 jenis, 37 ekor reptile masing-masing terdiri dari 6 jenis dan masih banyak lagi koleksi lain.

2. Pemandangan yang Indah

Tidak hanya koleksi binatangnya saja, pemandangannya yang mempesona juga menjadi daya tarik tersendiri. Sepanjang jalan dipenuhi dengan pohon-pohon yang rindang, suasana alam yang asri dan sejuk apalagi di waktu pagi hari. Anda seakan-akan sedang melakukan penjelajahan hutan.

Ditambah lagi dengan adanya sungai yang mengalir, sehingga menambah segar pemandangan di sana. Selain itu, ada juga ornamen-ornamen cantik yang melengkapi keindahan kebun binatang di sana. Seperti ornament kapal nabi Nuh, beberapa patung hewan dan masih banyak lagi.

3. Banyak Spot Foto dan Objek Foto

Di kebun binatang ini, kita bisa menjumpai banyak spot foto dan objek foto. Kita bisa berfoto dengan koleksi binatang yang ada di sana. Mulai dari berfoto dengan burung-burung cantik berwarna-warni, sampai hewan-hewan langka yang cuma bisa kita temukan disini.

Apalagi bagi pecinta fotografer, pasti betah bila harus berlama-lama berada di sana. Karena pemandangan alam yang sejuk dengan pepohonan di sana-sini, ada juga sungai yang mengalir, ditambah lagi berbagai macam binatang-binatang semakin menambah keindahan wisata ini.

Daya Tarik Kebun Binatang Medan
Image Credit: Google Maps Cut Shanaz Dhiya Shafira

4. Adanya Beberapa Hewan Langkah

Daya tarik lain yang dimiliki oleh kebun binatang ini adalah adanya beberapa hewan langkah yang tersedia di sana. Seperti Rusa Jawa, Rusa Sambar, Rusa Tutul yang memiliki tanduk panjang, Burung Pelikan atau Udan, yang berbentuk seperti angsa hanya saja mulutnya panjang dan lebar.

Ada lagi Tapir, yang saat ini sudah termasuk spesies langkah karena jumlahnya yang semakin sedikit di Indonesia. Hewan langkah selanjutnya ada kucing emas, kucing ini memiliki tubuh berwarna kuning langsat layaknya emas. Ada juga Buaya Sengulong, Beruang Madu yang warnanya hitam dengan mulut yang warnanya putih, serta masih banyak lagi hewan langkah yang lain.

5. Terdapat Klinik Hewan

Tak hanya berbagai macam hewan saja, di kebun binatang ini juga disediakan klinik hewan. Sebagai salah satu sarana perawatan bagi hewan-hewan yang ada di sana. Hewan-hewan yang mengalami stress dan sakit akan di rawat di klinik ini. Klinik di sini ditangani langsung oleh seorang dokter hewan bernama dokter Sucitrawan.

6. Memiliki Camping Ground

Berbeda dari kebun binatang lain, tempat ini memiliki area camping yang memang disediakan untuk para wisatawan. Di sana, kita akan merasakan bagaimana sensasi bermalam di tengah hutan dengan ditemani berbagai macam hewan dan pohon-pohon rindang yang menjulang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Kebun Binatang Medan
Image Credit: Instagram Hendri Xz – Financial Planner

Kebun Binatang ini berlokasi di Sumatera Utara, Kota Medan, tepatnya di Kelurahan Simalingkar B, Jalan Bunga Rampe, Kecamatan Medan Tuntungan. Jika kita melewati jalur darat, kita cukup mengikuti rute mulai dari Jalan Guru Patimpus, lalu ke Jalan Gatot Subroto, setelah itu ke Jalan Iskandar Muda kemudian ikuti petunjuk arah sampai ke lokasi wisata.

Bila melewati jalur laut, setibanya di Pelabuhan Belawan kita lanjutkan perjalanan dengan kendaraan roda dua dengan rute jalan pelabuhan, lanjut ke jalan tol belmera setelah itu kita tinggal ikuti saja petunjuk arah sampai tiba ke lokasi yang dituju.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Kebun Binatang Medan
Image Credit: Instagram ॐ 李漢興

Untuk dapat masuk ke dalam Kebun Binatang Medan ini, kita akan dikenakan biaya parkir dan biaya tiket masuk. Biaya parkir untuk kendaraan roda 4 sendiri kita harus membayar sebesar Rp 4.000,- sedangkan untuk kendaraan roda 2 kita hanya perlu membayar Rp 2.000,- saja.

Sedangkan untuk tiket masuk tarifnya berbeda antara hari biasa dan hari libur nasional atau weekend. Pada hari biasa, kita akan dikenakan tarif Rp 12.000,- per orang, sementara pada hari libur atau weekend kita akan dikenakan tarif Rp 15.000,- per orang, itu sudah mencangkup biaya asuransi. Bagi anak-anak berumur 1 tahun hingga 3 tahun bebas tiket masuk.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Kebun Binatang

Aktivitas di Kebun Binatang
Image Credit: Google Maps Tonny

1. Melihat Koleksi Binatang

Terdapat banyak sekali koleksi binatang yang bisa kita lihat. Mulai dari hewan jinak, hewan buas sampai hewan-hewan langkah. Dengan area kebun binatang yang cukup luas, serta koleksi yang banyak, kita bisa puas berkeliling sembari belajar di tempat ini.

2. Mengambil Foto

Selain melihat-lihat koleksi binatang, melihat-lihat indahnya pemandangan di sana, rugi rasanya bila tidak kita abadikan lewat kamera. Karena pemandangan yang disuguhkan di sana sangat mempesona, ditambah hewan-hewan yang berbagai macam dan cantik-cantik, sangat wajib untuk diabadikan.

3. Memberi Makan Hewan

Di Kebun Binatang Medan, kita tak hanya bisa melihat-lihat saja, tetapi juga bisa memberi makan hewan yang ada di sana. Seperti memberi makan rusa-rusa yang ada di sana dengan sayur-sayuran, memberi makan burung pelican dengan ikan, memberi makan gajah dan masih banyak lagi.

Aktivitas Menarik di Kebun Binatang
Image Credit: Instagram ika lubiss

4. Naik Kuda dan Gajah

Selain memberi makan binatang, di sana kita juga bisa mengendarai beberapa hewan seperti kuda dan gajah untuk berkeliling kebun binatang. Namun kita harus mengeluarkan biaya ekstra untuk bisa menaikinya. Biaya yang harus kita keluarkan bila kita ingin naik sepuasnya adalah Rp 200.000,- , tetapi jika hanya sekali putaran kurang lebih 50 meter, kita hanya perlu membayar Rp 5.000,- saja.

5. Mencoba Wahana

Banyak permainan yang di sediakan di sana, seperti permainan flying fox, outbound, paint ball. Bahkan ada juga permainan untuk anak-anak seperti sepeda air yang berbentuk angsa, mobil-mobilan, bungee trompolinee dan masih banyak lagi. Jadi setelah lelah berkeliling kita bisa bermain.

6. Camping

Di sana juga tersedia camping ground, jadi kita bisa merasakan sensasi bermalam di tengah hutan dengan di kelilingi hewan-hewan yang ada di sana. Kita bisa membawa perlengkapan dari rumah atau bisa juga menyewa di sana. Harga sewanya berkisar antara Rp 45.000,- hingga Rp 60.000,- saja.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Binatang Medan

Fasilitas di Kebun Binatang Medan
Image Credit: Google Maps Endah Rahmi

Sebagai tempat wisata yang cukup terkenal di Medan, Kebun Binatang Medan ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari fasilitas umum sampai fasilitas pendukung yang bisa mendukung kegiatan para wisatawan.

Fasilitas umum yang tersedia seperti toilet yang merupakan salah satu fasilitas terpenting, mushola, agar kita tidak terlambat menunaikan ibadah dan juga restoran, sehingga kita tak perlu takut kelaparan. Sementara fasilitas penunjangnya meliputi beberapa spot foto dan objek foto, taman bermain mulai dari taman bermain anak-anak hingga dewasa.

Ada juga fasilitas camping ground, jadi kita bisa merasakan bermalam di alam terbuka dengan dikelilingi berbagai macam binatang dan pepohonan. Beberapa hewan yang bisa kita gunakan untuk berkeliling kebun binatang dan masih banyak fasilitas lainnya.

Itulah tadi ulasan mengenai Kebun Binatang Medan yang wajib untuk dikunjungi jika kita berkunjung ke Kota Medan. Tak hanya pemandangan yang indah, koleksi hewan-hewan yang mempesona, tapi juga fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap dan menunjang kegiatan para wisatawan. Jadi, tempat wisata ini sudah tak perlu diragukan lagi, sangat cocok dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu akhir pekan.