18 Minuman & Makanan Khas Medan yang Populer

Minuman Makanan Khas Medan

Salah satu daerah dengan kuliner berupa makanan dan minuman terenak di Indonesia berasal dari Medan. Tidak heran karena kuliner asal Medan memiliki beberapa perbedaan dan cita rasa yang berbeda dari daerah lainnya.

Ada berbagai pilihan makanan maupun minuman khas dari ibukota Sumatra Utara ini. Oleh karena itu, Anda wajib untuk mencicipi berbagai kuliner dari daerah ini karena rasanya tidak kalah enak dan lezat jika dibandingkan dengan kuliner khas daerah lainnya.

Anda bisa menjadikan makanan dan minuman khas kota Medan sebagai oleh-oleh ketika akan balik ke kampung halaman masing-masing. Berikut daftar kuliner khas kota Medan.

1. Bolu Meranti

Bolu Meranti

Image Credit by Hasanmuhamad.wordpress.com

Kue bolu ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang paling populer karena banyak pendatang yang membawanya sebagai buah tangan ketika balik ke daerahnya masing-masing. Jika dilihat sekilas maka Anda akan sadar bahwa kue satu ini mirip dengan kue lapir dari Surabaya. Namun, ketika mencicipinya Anda akan merasakan kelezatan dan nikmatnya kue ini.

Jika Anda berkunjung di Medan, Anda akan menemukan sampai 6 varian rasa seperti keju, kacang, stroberi, nanas, mocca, dan abon ayam. Kelebihan bolu ini terdapat dari isiannya yang berjumlah banyak sehingga Anda akan puas menikmati kue bolu satu ini.

2. Bika Ambon

Bika Ambon

Image Credit by Sajiansedap.grid.id

Makanan khas Medan satu ini telah dikenal oleh banyak orang karena rasanya yang enak dan legit. Makanan ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh karena keunikan rasanya. Namun, Bika Ambon bukanlah makanan yang tahan lama sehingga Anda harus segera menghabiskan makanan ini ketika sampai ke kota asal masing-masing.

Bika Ambon umumnya berwarna kuning dengan permukaannya yang dipenuhi dengan lubang kecil. Teksturnya sangat lembut sehingga semakin nikmat ketika dimakan. Memakan Bika Ambon akan lebih nikmat ketika masih hangat karena rasanya lebih terasa.

3. Pancake Medan

Pancake Medan

Image Credit by Deliserdangmall.com

Pancake merupakan makanan atau jajanan asal luar negeri yang terkenal. Namun, makanan ini justru diadaptasikan di Medan dan menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang harus Anda coba. Salah satu pancake terenak di Medan adalah pancake durian yang disajikan dingin. Jadi, kenikmatan dan kelembutan dan kelezatan pancake ini akan semakin terasa ketika cuaca panas.

Pancake durian terbuat dari daging buah durian asli yang memang mudah ditemukan di berbagai tempat di Kota Medan, kemudian durian ini dibalut dengan kulit pancake yang lembut dan tebal. Makanan ini tidak tahan udara panas sehingga harus cepat dimasukkan ke dalam kulkas agar tidak mudah basi dan mengurangi kelezatan rasanya.

4. Durian Medan

Durian Medan

Image Credit by Infobuah.com

Buah durian bukanlah hal baru lagi bagi masyarakat Indonesia karena hampir seluruhnya telah mencicip buah menyengat dengan kulit yang dipenuhi duri ini. Namun, jika berada di Medan Anda akan menemukan banyak sekali pedagang durian dengan harga yang sangat murah.

Harga durian di Medan lebih murah karena pemasoknya banyak berdatangan dari berbagai daerah Sumatera Utara. Jadi, Anda dapat menikmati buah ini dengan bebas, dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Lemang

Lemang

Image Credit by Sisternet.co.id

Makanan satu ini mudah ditemukan di berbagai daerah di Sumatera Utara terutama ketika saat hari besar seperti Idul Adha ataupun Idul Fitri. Karena, lemang sering dijadikan pendamping ketika memakan gulai daging ataupun durian.

Lemang biasanya terbuat dari beras ketan yang telah dicuci bersih dan dimasukkan kedalam tempat yang berbentuk tabung. Tempat yang dipakai biasanya bambu, beberapa lemang ditambah sedikit garam sehingga tambahan rasa. Kemudian, bambu ini dibakar di atas bara api sampai matang.

6. Teh Susu Telur

Teh Susu Telur

Image Credit by Siarandepok.com

Minuman khas Medan satu ini memiliki khasiat untuk menjaga stamina tubuh bagi masyarakat sekitar Medan. Karena, minuman ini terbuat dari susu kental manis, kuning telur ayam kampung atau bebek sesuai dengan selera kemudian diblender dan akhirnya ditambah teh manis.

Rasanya cukup nikmat karena bisa disajikan panas ataupun dingin. Anda akan merasakan bau dan rasa dari kuning telur tadi dan hal inilah yang membuatnya menjadi semakin enak. Namun, beberapa orang mungkin tidak menyukainya karena terdapat sedikit rasa amis.

7. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

Image Credit by Pegipegi.com

Kopi ini sudah dikenal bagi para pecinta kopi karena rasanya yang cukup pekat. Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari Kabupaten Sidikalang Sumatera Utara yang berada di ketinggian 1472 dpl.

Kopi Sidikalang memiliki kadar kafein yang cukup tinggi sehingga biasa dinikmati konsumen yang menyukai kopi. Namun, meminum kopi ini tidak dianjurkan bagi Anda yang kurang toleran terhadap kafein karena dapat menyebabkan jantung berdebar dan lain-lain.

8. Kue Lupis Medan

Kue Lupis Medan

Image Credit by Pegipegi.com

Kue lupis ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan kue lupis Jawa. Kue lupis asal Medan menggunakan beras ketan yang kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus sampai matang. Sedangkan kue lupis jawa terbuat dari tepung beras dan isian nangka atau pisang.

Kue ini biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan gula pasir ataupun cairan gula merah. Rasanya dijamin enak dan gurih sehingga Anda tidak akan puas jika hanya memakan satu potong saja.

9. Kolak Durian

Kolak Durian

Image Credit by Urbanasia.media

Makanan olahan dengan durian lainnya adalah kolak durian yang sangat nikmat karena bisa dinikmati dingin dan panas. Anda bisa menemukan makanan ini di kota Medan dengan sangat mudah. Makanan satu ini disajikan dengan kuah santan, susu kental manis dan daging durian.

Anda juga bisa menambahkan tape singkong atau ketan sebagai pelengkapnya. Kolak ini sangat nikmat ketika disantap dengan kondisi dingin di siang hari yang panas. Karena itu, Anda perlu mencoba kolak ini ketika berada di Medan.

10. Markisa Terong BelAnda (Martabe)

Markisa Terong BelAnda (Martabe)

Image Credit by Winny-figure.blogspot.com

Minuman ini terbuat dari buah markisa dan terong belanda segar yang kemudian diblender bersamaan. Biasanya, minuman satu ini ditambahkan dengan sedikit gula pasir dan es batu agar terasa semakin nikmat.

Rasanya tidak hanya nikmat dan manis namun juga segar karena terbuat dari buah segar. Minuman ini biasa disajikan di tempat makan di Medan sehingga mudah sekali ditemukan ketika Anda berkunjung ke kota ini.

11. Sirup Markisa

Sirup Markisa

Image Credit by Tribunnews.com

Sirup ini terbuat dari buah markisa asli yang memang banyak dibudidayakan di Medan kemudian ditambah dengan air dan gula. Rasanya enak dan manis sehingga sering dijadikan sebagai buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Medan.

Sirup ini cukup murah dan terdiri dari berbagai pilihan. Kebanyakan sirup markisa ditempatkan pada wadah botol kaca sehingga rawan pecah ketika terbanting. Namun, saat ini terdapat wadah plastik yang cukup kuat.

12. Soto Medan

Soto Medan

Image Credit by Citarasaindonesia.co.id

Soto di Indonesia sangat bervariasi karena hampir semua daerah memiliki makanan ini. Namun, jika Anda biasa menikmati soto dengan kuah bening, maka di Medan soto disajikan dengan kuah yang lebih pekat karena menggunakan santan pada kuahnya.

Rasa soto ini tidak kalah nikmat dengan soto lainnya dan dipastikan Anda akan ketagihan dengan cita rasanya. Persamaannya adalah Anda bisa memilih antara soto ayam dan sapi dengan tambahan sayuran berupa tauge, bawang goreng, tomat, daun bawang dan bumbu lainnya.

13. Bakso Daging Lembu

Bakso Daging Lembu

Image Credit by Travelingyuk.com

Untuk masyarakat Sumatera Utara sapi biasa disebut dengan lembu. Karena itu jika terdapat bakso lembu maka itu sebenarnya adalah bakso dari daging sapi. Namun, Anda harus tetap mencicipi bakso daging lembu ini karena terdapat beberapa perbedaan dari bakso lainnya.

Pertama, baksonya asli terbuat dari daging lembu atau sapi. Kedua, kuah baksonya sangat gurih dan lezat dan terakhir terdapat pelengkap lainnya yang terbuat dari sapi seperti kikil, potongan daging serta pangsit sebagai pelengkap. Anda bisa membeli bakso beku sebagai oleh-oleh.

14. Manisan Jambu

Manisan Jambu

Image Credit by Bukalapak.com (Medankali)

Makanan lainnya dari Medan yang bisa menjadi oleh-oleh adalah manisan jambu. Manisan ini memiliki rasa pedas dan manis yang sangat gurih dan nikmat ketika dimakan. Jambu yang digunakan merupakan jambu klutuk yang telah dipotong dan dibersihkan kemudian direndam dalam kuah khusus.

Memakan manisan ini akan semakin nikmat jika ditemani dengan minuman dingin di siang hari. Rasanya akan semakin segar dan enak jika minumannya terbuat dari sirup markisa dengan tambahan es batu.

15. Teri Medan

Teri Medan

Image Credit by Terikemasan.blogspot.com

Teri Medan memiliki perbedaan yang cukup khas karena umumnya berwarna putih dan ukurannya jauh lebih kecil dari teri lainnya. Ikan ini sering dimasak dengan kacang dan tempe goreng kemudian dicampur dengan sambal pedas yang nikmat dan gurih.

Karena rasanya yang sangat nikmat, banyak pedagang di Medan yang menjual olahan teri ini sebagai oleh-oleh. Biasanya terdapat dua varian rasa yaitu original serta pedas. Keduanya memiliki rasa yang nikmat dan gurih sehingga cocok menjadi pelengkap ketika makan menggunakan nasi putih yang hangat.

16. Kue Ombus-ombus

Kue Ombus-ombus

Image Credit by Ceritamedan.com

Kue satu ini berasal dari Tapanuli Utara dengan tempat lebih rincinya adalah Siborong-borong. Kue ini dibuat dengan tepung beras yang telah di isi dengan potongan gula merah kemudian dikukus beberapa menit.

Kue biasa ditaburi dengan irisan daging kelapa, namun ada juga yang tidak menggunakannya. Rasanya sangat lezat serta gurih sehingga Anda wajib untuk mencicipi kue khas daerah Sumatera Utara satu ini.

17. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk

Image Credit by Omiyago.com

Jajanan ringan satu ini merupakan hasil olahan Desa Sihobuk yang ada di Tapanuli Utara. Proses pembuatannya cukup unik karena menggunakan pasir sebagai media memasaknya.

Ketika pertama mencoba kacang ini Anda akan merasakan bau tanah yang cukup pekat serta ketika disentuh akan meninggalkan sedikit debu di tangan akibat proses memasak dengan memakai pasir. Namun, hal inilah yang menjadi ciri khas dari kacang Sihobuk sehingga terkenal di kalangan para wisatawan.

18. Roco Timun

Roco Timun

Image Credit by Youtube.com (Dapur Dina)

Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari mentimum yang di iris atau potong sesuai selera. Pembuatan minuman ini terdiri air kelapa muda, gula merah cair, dan daging kelapa. Olahan minuman satu ini juga dicampur dengan pandan sebagai penambah rasa.

Dari bahan-bahannya anda akan menyadari bahwa Roco Timun sangatlah sehat dan aman dikonsumsi. Selain itu, rasanya juga enak dan lezat terlebih jika disajikan dingin dan diminum saat siang hari, maka rasanya akan sangat menyegarkan.

Itulah makanan dan minuman khas Medan yang dapat Anda coba nikmati ketika berkunjung ke kota ini nanti. Semua makanan dan minuman tersebut sangat direkomendasikan karena cita rasanya yang luar biasa.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Tasikmalaya
15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-oleh Khas Tasikmalaya
9 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Paling Populer
Tempat Makan Karawang
14 Tempat Makan Enak di Karawang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak