5 Wisata Museum di Medan yang Paling Favorit Dikunjungi

Kota Medan memiliki banyak bangunan museum sebagai bentuk penghargaan terhadap sejarah dan budayanya. Inilah daftar wisata museum di Medan yang unik dan sarat nilai sejarah.

 Sebagai ibukota provinsi Sumatra Utara, Kota Medan memiliki masyarakat yang dinamis yang terbuka dengan perubahan. Dengan kegigihan masyarakatnya, Kota Medan juga mendapatkan julukan sebagai kota pusat industri terbesar ke empat di Indonesia. Meskipun demikian, masyarakat Medan juga terkenal sebagai masyarakat kota yang menjunjung tinggi nilai budaya dan sejarahnya.

Kecintaan masyarakat Medan terhadap budaya dan sejarah tercermin dari banyaknya bangunan museum yang dapat ditemui di kota ini. Bangunan museum yang berdiri di kota Medan juga merupakan simbol dari tingginya rasa tenggang rasa diantara masyarakat. Keberadaan museum di Medan memiliki sumbangsih yang cukup besar di dunia pendidikan yaitu sebagai sarana edukasi.

Selain sebagai sarana edukasi, museum juga menjadi salah satu produk unggulan wisata dari kota Medan. Tentunya, ragam bangunan bersejarah ini juga menambah panjang daftar wisata populer yang ada. Tak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota ini saat musim liburan. Berikut daftar wisata museum di Medan yang unik dan menarik untuk Anda kunjungi.

1. Museum Negeri Provinsi Sumatra Utara

Museum Negeri Provinsi Sumatra Utara

Image Credit: Google Maps (Rauzan Ahmad 079 KOMA)

Museum yang diresmikan pada tanggal 19 April 1982 ini juga dikenal dengan nama lainnya yakni; “gedung arca”. Julukan ini diberikan lantaran banyaknya jumlah koleksi arca yang disimpan di Museum Negeri Provinsi Sumatra Utara ini. Bangunan museum Negeri Provinsi Sumatra Utara ini dibangun pada tanah dengan luas lebih dari sepuluh ribu meter persegi.

Museum ini sendiri dikategorikan sebagai museum umum lantaran keragaman koleksinya. Hingga saat ini tercatat terdapat lebih dari 6.000 koleksi yang tersimpan di museum ini. Sebagian besar koleksi museum didominasi oleh benda-benda sejarah peninggalan masa pra-sejarah, masa klasik, masa Islam, hingga masa kini yang berasal dari Sumatra Utara.

Secara garis besar, bangunan museum ini nampak seperti bangunan rumah adat Provinsi Sumatra Utara. Memiliki halaman yang luas, di bagian depan museum terdapat dua buah meriam besar yang nampak terawat rapi. Pada bagian dinding depannya juga terdapat ornamen hiasan khas suku-suku dan beberapa ukiran wajah pahlawan dari Sumatra Utara.

Berkunjung kesini, Anda dapat menjelajah beberapa ruang galeri museum, seperti galeri masa klasik Hindu-Budha, masa kolonialisme, hingga masa perjuangan kemerdekaan. Salah satu unggulan dari museum ini adalah galeri kebudayaan Sumatra kuno. Memasuki galeri tersebut Anda berkesempatan menyaksikan naskah kuno Pustaha Laklak yang terkenal.

BACA:  15 Tempat Wisata di Nias Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. HM. Joni No.51, Teladan Barat, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

2. Rahmat Internasional Wildlife Museum And Gallery

Rahmat Internasional Wildlife Museum And Gallery

Image Credit: Google Maps (Nidatul Jamiati)

Rahmat Internasional Wildlife Museum And Gallery merupakan museum satwa yang pertama kali berdiri di Asia Tenggara. Museum ini merupakan salah satu museum terbaik yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga untuk berwisata sambil belajar. Letaknya yang strategis; berada di pusat kota Medan membuat museum ini mudah dijangkau oleh wisatawan.

Di museum Rahmat Internasional ini Anda dapat menyaksikan lebih dari 2.000 macam satwa yang diawetkan. Tak hanya satwa berukuran besar seperti gajah dan jerapah, Anda pun dapat menyaksikan berbagai macam jenis burung dan serangga dalam galeri museum ini. Bahkan, satwa yang tidak terdapat di Indonesia seperti beruang putih juga dapat Anda temui.

Secara umum, koleksi galeri di museum ini terbagi menjadi 6 kelompok. Kelompok pertama “Asian Big Five” yang mengusung tema lima mamalia terbesar. Kelompok lainnya adalah “Bear Random” yang menampilkan berbagai jenis beruang. “Birds Kingdom” dengan display ragam burung serta “Mountain of Goats Night” , “African Room”, dan “Indonesian Species”.

Museum ini juga menyediakan ruang pertemuan dengan kapasitas 500 orang maksimal; bernama “legendhall”. Legendhall merupakan hall yang juga dapat disewa oleh orang umum ataupun pengunjung.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya objek wisata ini juga menyediakan “kids corner” khusus untuk anak-anak. Selain itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan pengetahuan lebih lanjut Anda juga dapat menyewa jasa guide sebagai pemandu. Tiket memasuki wisata ini pun cukup murah yakni berkisar 32.000 rupiah saja.

Dengan segala keistimewaannya maka tak heran jika museum ini telah tercatat dalam Record Book dan telah memperoleh berbagai macam penghargaan di bidang konservasi satwa dunia.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:5l. S. Parman No.309, Petisah H10ulu, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

3. Museum Situs Kota Cina

Museum Situs Kota Cina

Image Credit: Google Maps (Krizt888)

Kota Medan juga memiliki hubungan sejarah dagang dan budaya yang kental dengan Kota Cina. Jika Anda penasaran bagaimana kekerabatan Kota Medan dengan Kota Cina, Anda dapat mempelajarinya di Museum Situs Kota Cina. Keberadaan situs Kota Cina sendiri baru diketahui pada tahun 1970 sedangkan peninggalan kunonya mulai terekspos pada 1986.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Medan Favorit Wisatawan

Situs Kota Cina di Kota Medan diyakini sebagai pelabuhan internasional terbesar di masa lalu. Sejak banyak ditemukan benda-benda bersejarah di situs Kota Cina pemerintah setempat pun mulai membentuk sebuah museum sebagai lembaga pelestari benda-benda bersejarah tersebut. Museum ini kemudian diberi nama dengan Museum Situs Kota Cina.

Galeri yang tersimpan dalam museum ini antaranya adalah prasasti-prasasti, mata uang kuno, porselen Dinasti Ming, pecahan kayu kapal kuno, hingga berbagai ragam keramik dan gerabah. Selain benda-benda bersejarah, museum ini juga menyajikan diorama dengan efek suara yang menyajikan gambaran kehidupan masyarakat Cina di Kota Cina pada abad ke 12.

Akses menuju museum ini dapat Anda tempuh dengan berjalan kaki. Hal ini lantaran kendaraan roda empat tidak dapat memasuki gang pintu masuk museum. Meskipun demikian Anda tak perlu khawatir karena jarak yang harus Anda tempuh dengan berjalan kaki hanya sekitar 500 meter.

Biaya masuk ke museum ini pun cukup terjangkau. Bagi pengunjung umum cukup membayar 8.000 rupiah, sedangkan mahasiswa 5.000 rupiah, dan bagi pelajar cukup membayar 4.000 rupiah saja. Jika Anda yang berencana mengadakan study tour ke museum ini Anda perlu mengajukan surat kunjungan terlebih dahulu, paling lambat 1 minggu sebelum kunjungan.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kota Cina, Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara.

4. Museum Uang Sumatra Utara

Museum Uang Sumatra Utara

Image Credit: Google Maps (Vina Apriliani)

Ingin belajar lebih dalam tentang peredaran uang di Indonesia; khususnya wilayah Medan? Maka Anda dapat berkunjung ke Museum Uang Sumatra Utara. Museum yang diresmikan pada bulan Mei 2017 silam ini merupakan museum uang pertama di Provinsi Sumatra Utara. Tiket masuk museum ini pun gratis sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang budget.

Sebagai museum yang memiliki program pendidikan dan berwisata, Museum Uang Sumatra Utara merupakan tempat yang cocok sebagai tujuan study tour wisata. Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpan banyak jenis uang yang beredar di Indonesia sejak zaman pra sejarah, masa klasik, pra kemerdekaan, pasca kemerdekaan, dan hingga sekarang.

Koleksi yang paling menarik dari museum ini adalah koleksi mata uang dalam bentuk kertas dan koin hingga alat tukar pembayaran yang syah pada zaman kolonialisme VOC dan kependudukan Jepang. Bahkan di museum ini juga terdapat koleksi koin kesultanan, seperti koin kesultanan Deli, kesultanan Aceh, koin kerajaan Banjarmasin, hingga koin Majapahit.

BACA:  10 Tempat Makan Romantis di Medan untuk Momen Spesial

Fasilitas lainnya di museum ini adalah adanya perpustakaan dan ruang inspirasi yang membuat museum ini semakin lengkap. Bagi Anda yang tertarik membawa pulang uang kuno, museum ini pun melayani tukar-menukar uang terbaru dengan uang lama. Pertukaran uang ini dapat Anda lakukan dengan nilai nominal paling kecil 10.000 rupiah saat ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pemuda No.17, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara.

5. Museum Perjuangan TNI Kota Medan

Museum Perjuangan TNI Kota Medan

Image Credit: Google Maps (Ferus Habitus)

Terakhir, saat berkunjung ke wisata museum Kota Medan, Anda juga wajib mengunjungi Museum Perjuangan TNI. Bangunan yang dulunya merupakan kantor asuransi kolonial Belanda ini, diresmikan sebagai museum pada tahun 1971. Di museum ini kurang lebih tercatat 555 benda sejarah yang tersimpan rapi dan terawat di bagian koleksi museum.

Apabila Anda penasaran, bagaimana kondisi bendera merah putih yang pertama kali dikibarkan di Kota Medan, maka berkunjung kesini tentunya akan menjawab rasa penasaran Anda. Selain bendera, Anda juga dapat melihat koleksi bambu runcing dan beberapa senjata daerah yang menjadi saksi perlawanan rakyat Medan melawan penjajah pada masa kolonial.

Berbagai macam senjata api juga nampak berjejer cantik memenuhi koleksi museum. Senjata api yang menjadi koleksi museum ini dulunya merupakan senjata miliki pemerintah Jepang dan Belanda yang dilucuti pasca perang dunia II. Dalam rangka menghargai jasa pahlawan Sumatra Utara di museum ini juga dipajang beberapa foto pahlawan yang telah berjasaBagi Anda yang tertarik mendapatkan informasi mendetail tentang museum ini, Anda dapat pula menyewa jasa pemandu (tour guide) sambil berkeliling objek wisata ini. Fasilitas lain yang dapat Anda temui di museum ini antara lain ruang baca dan ruang seminar. Jika Anda lelah, museum juga menyediakan cafe serta gazebo-gazebo sebagai tempat beristirahat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. KH. Zainul Arifin No.8, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Itulah rekomendasi wisata museum yang sarat nilai sejarah di Kota Medan. Banyaknya bangunan museum merupakan bukti bahwa masyarakat kota Medan memiliki penghargaan yang tinggi terhadap budaya dan sejarah. Kearifan lokal masyarakat ini merupakan nilai tawar tersendiri bagi Medan. Tak heran, banyak wisatawan lokal maupun mancenegara yang berwisata di kota ini.