15 Tempat Makan Enak di Medan Favorit Wisatawan

Tempat Makan Medan

Ketika mengunjungi Medan, hal yang biasanya dilakukan adalah mengunjungi berbagai destinasi wisatanya. Medan sendiri memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang unik dan menari. Namun, tahukah Anda jika melakukan wisata kuliner di Medan juga layak dicoba?

Ada banyak sekali kuliner yang sangat menarik untuk dicoba. Anda bisa menjelajahi tempat-tempat makan enak dan mencicipi berbagai cita rasa rasa khas kuliner Medan. Mulai dari makanan berkuah hingga berat, semuanya akan membuat Anda tergoda.

Namun, jika Anda tidak mengetahui mana saja tempat kuliner yang enak. Tidak perlu khawatir. Maka berikut ini terdapat beberapa rekomendasi tempat makan di Medan dan harus Anda kunjungi.

1. Mie Sop Methodist

Mie Sop Methodist

Lokasi: Jl. Hang Tuah No.17, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan. – Image Credit by Travel.kompas.com

Mie sop yang ada di Medan ini hampir mirip dengan bakso. Hanya saja perbedaannya terletak pada banyaknya isian atau sayuran yang ada di dalamnya. Selain bakso, menu kuliner ini memiliki tambahan isian seperti kecambah, kwetiau, mie kuning, bihun, irisan daging dan juga jeroan.

Kuah bakasonya sangat segara. Dengan berbagai isian tersebut juga menjadikan rasa bakso ini menjadi lebih nikmat. Namun, bakso ini terbilang memiliki porsi yang besar, sehingga jika Anda terbiasa makan dalam jumlah sedikit, sebaiknya memesan setengah porsi.

2. Soto Kesawan

Soto Kesawan

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Menu yang ditawarkan oleh warung satu ini adalah Soto ayam dan daging. Anda bisa memilih salah satu diantaranya. Soto ini memiliki kuah yang gurih dan segar, sehingga sangat cocok disantap ketika momen apapun.

Nah, selain itu, ada beberapa isian yang semakin membuat soto ini tampak lezat. mulai dari udang, jeroan, hingga paru kering semuanya bisa Anda pilih. Tempat makan ini juga terbilang enak, karena suasananya sangat asri.

3. Mie Aceh Titi Bobrok

Mie Aceh Titi Bobrok

Lokasi: Jl. Setia Budi No.17D, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Jika Anda mengunjungi Medan, sebaiknya jangan sampai melewatkan kuliner satu ini. Mie satu ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan bakmie yang ada di Jawa, hanya saja warnanya terlihat lebih pekat.

Namun, hal yang membuat mie ini memiliki banyak peminat adalah karena rasanya yang sangat unik. Berbagai bahan rempah-rempah dijadikan satu sehingga dapat menghasilkan cita rasa yang unik.

4. Bihun Bebek Asie

Bihun Asie Kumango

Lokasi: Jl. Kumango No.15, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Ksmtour.com

Makanan unik satu ini sangat populer di kalangan wisatawan. Apalagi bagi Anda yang menyukai kuliner jenis bebek, maka wajib untuk datang makan di tempat ini. Bahan dasarnya adalah bihun yang dicampur dengan potongan daging bebek.

Anda bisa mencicipi rasa nikmat yang tak akan terlupakan. Tekstur daging bebek yang disajikan juga sangat lembut dan gurih. Biasanya makanan ini disajikan menggunakan piring plastik yang telah dilapisi daun pisang.

5. TST Pak Haji

Teh Susu Telur Pak Haji

Lokasi: Jl. Puri, Kota Matsum IV, Kec. Medan Area, Kota Medan. – Image Credit by Blog.reddoorz.com

Apabila Anda ingin menikmati kuliner sekaligus menambah stamina maka sebaiknya kunjungi saja tempat ini. Warung ini menyediakan minuman berstamina yakni campuran dari telur bebek dan juga susu. Bagi Anda yang belum pernah mencoba mungkin akan merasa jika minuman ini aneh, tapi lama-lama pasti akan menyukainya.

Warung ini sudah sangat legendaries dan dipercaya mampu memberikan stamina yang banyak kepada para pengunjungnya. Bahkan warung ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Maka tidak mengherankan jika ada begitu banyak pembeli yang tertarik.

6. Mie Pecel Pak Yus

Mie Pecel Pak Yus

Lokasi: Jl. Sei Putih Baru No.16, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Mungkin sebagian dari Anda masih sangat asing dengan kuliner satu ini karena memang hanya bisa ditemukan di Medan. Mie Pecal adalah menu yang merupakan campuran bihun dan juga mie kuning.

Di atasnya terdapat taburan daun bawang yang membuat aroma dan rasanya semakin lezat. Anda juga bisa menikmati siraman bumbu pecel di atas mie ini. Untuk lauknya Anda bisa memilih sendiri mulai dari gorengan hingga ikan.

7. Martabak Gapa

Martabak Gapa

Lokasi: Jalan letjend S. Parman, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. – Image Credit by Crazfood.com

Sepertinya hampir semua orang menyukai jenis kuliner satu ini. Ya, martabak memang memiliki rasa yang gurih dan nikmat sehingga banyak disukai oleh orang-orang. Warung ini memiliki menu martabak manis, martabak telur, dan juga roti tissue.

Untuk masalah rasanya Anda tidak perlu meragukannya lagi. Martabaknya memiliki ukuran yang sedang dan biasanya disajikan dengan minuman susu. Hal tersebut menurut para pengunjung dapat memberikan tambahan stamina.

8. Lontong Kak Lin

Lontong Kak Lin

Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No.8m, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Kuliner satu ini biasanya banyak dipilih sebagai menu sarapan. Warung ini sudah ada sejak tahun 1994 sehingga untuk rasanya tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa menikmati berbagai varian menu lontong.

Terdapat banyak sekali pilihan menu lontong, yakni seperti lontong ketupat, lontong pecel, lontong sayur, lontong tahu goreng dan juga lontong sayur. Tempat makan ini berada di pinggir jalan sehingga Anda bisa sambil menikmati hilir mudik orang-orang di jalan raya.

9. Kedai Ucok Durian

Durian Ucok

Lokasi: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.30-32, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan. – Image Credit by Presidentpost.id

Seperti namanya, tempat makan satu ini memang menyediakan berbagai menu hasil olahan durian. Anda juga bisa menikmati durian kupas dengan memilih sendiri mana yang ingin dimakan. Mulai dari ukuran kecil hingga besar bisa Anda pilih sesuka hati.

Selain itu, ada juga menu lainnya seperti pancake durian, durian beku, hingga es krim rasa durian. Bagi pencinta durian, tempat makan ini adalah surga. Apalagi kualitas durian yang dihadirkan selalu yang terbaik.

10. Mie Sop Multatuli 3D

Mie Sop Multatuli

Lokasi: Blok D, Jl. Multatuli, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Perpaduan antara mie dan sop ini menimbulkan cita rasa yang sangat nikmat. Isian yang ditawarkan cukup banyak, yakni meliputi daging ayam, irisan tahu, bakso, dan juga tambahan bihun yang melimpah.

Kuahnya berwarna bening sehingga lebih segar dan gurih. Namun, Anda juga bisa menambahkan beberapa saus dan kecap sesuai dengan selera. Tempat makan ini juga sangat terkenal dengan kebersihannya sehingga Anda tidak perlu khawatir.

11. Sate Memeng

Sate Memeng

Lokasi: Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Timur, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Medan memang memiliki banyak sekali kuliner nikmat yang sayang untuk dilewatkan. tak terkecuali dengan sate Memeng satu ini. Warung ini menyediakan sate daging ayam dengan ukuran jumbo sehingga Anda bisa puas ketika memakannya.

Bumbu kacangnya sangat gurih dan legit. Hal yang menjadikan sate ini istimewa adalah karena adanya campuran kuah Padang yang sangat lezat. Ditambah lagi Anda bisa memilih ingin dimakan bersama lontong atau nasi.

12. Wajir Seafood

Wajir Seafood

Lokasi: Jl. Kol. Sugiono No.31, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan. – Image Credit by Pinterest.com @Anton1203

Di mana saja, seafood memang tidak akan susah ditemukan. Makanan satu ini memiliki jumlah peminat yang cukup banyak. Anda bisa menikmati seafood yang sangat lezat dengan mengunjungi warung satu ini.

Terdapat beberapa olahan ikan laut seperti udang, kepiting, lobster, dan masih banyak lagi. Bumbu-bumbu yang dihadirkan juga banyak jenisnya. Anda bisa memilih varian bumbu yang cocok di lidah dan sesuai dengan selera.

13. Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Lokasi: Jl. KL Yos Sudarso No.21 K, Glugur Kota, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Makanmana.net

Es Pokat adalah salah satu minuman khas yang berasal dari Medan. Bahan dasarnya merupakan apukat yang dihaluskan. Lalu di atasya terdapat es serut yang memiliki jumlah sangat melimpah.

Terdapat juga tambahan topping seperti susu kental manis dalam berbagai rasa. Anda sebaiknya mengunjungi tempat satu ini ketika sedang musim panas karena saat itu memilih meminum es adalah salah satu pilihan yang tepat.

14. Kwetiau Ateng

Kwetiau Ateng

Lokasi: Jl. Wahidin No.11, Pandau Hulu I, Kec. Medan Kota, Kota Medan. – Image Credit by Crazfood.com

Hal yang membuat kuliner satu ini istimewa adalah karena adanya campuran udang yang melimpah. Para pengunjung bahkan banyak yang memilih untuk melakukan wisata kuliner di tempat ini.

Kwetiau gorengnya juga terasa gurih dan lezat. dipadukan dengan udang yang melimpah serta beberapa sayuran semakin menambah sensasi dari makanan satu ini. Selain itu masih ada banyak menu lain yang tak kalah nikmat untuk Anda pilih.

15. Nasi Goreng Wak Ribut

Nasi Goreng Wak Ribut

Lokasi: Jl. Multatuli No.83, Hamdan, Kec. Medan Maimun, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Nasi goreng adalah salah satu menu yang sangat sederhana dan selalu ada di setiap daerah. Namun jika Anda mengunjungi warung Wak Ribut pasti akan menikmati sensasi memakan nasi goreng yang berbeda.

Nasi goreng yang disediakan memiliki taburan irisan bawang merah. Uniknya, banyak orang yang menyukai tambahan topping bawang merah tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kuah semur sapi atau beberapa sate tusuk yang telah disediakan.

Melakukan wisata kuliner sebenarnya tak hanya mendapatkan pengalaman memakan makanan yang nikmat saja, akan tetapi juga dapat mempelajari budaya dari makanan tersebut. Nah, untuk itu jika Anda mengunjungi Medan, jangan sampai lupa untuk mencoba berbagai tempat makan enak di atas!