25 Wisata Kuliner di Medan yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Medan

Di Medan, Anda bisa menemukan berbagai macam wisata alam yang memanjakan mata. Selain itu, Medan juga menyimpan segudang kuliner khas yang patut Anda coba saat berkunjung ke kota ini.

Di kota ini, Anda bisa menemukan kuliner yang berasal dari berbagai daerah. Tentunya kuliner tersebut bisa Anda jadikan sebagai pengisi perut saat berkunjung bersama keluarga ataupun teman.

Bagi Anda yang berkunjung ke Medan, pastinya tidak akan sah apabila belum mencicipi berbagai macam sajian di Medan. Oleh karena itu, dibawah ini ada rekomendasi 25 wisata kuliner di Medan yang populer dan wajib Anda coba.

1. Kedai Ucok Durian

Durian Ucok

Lokasi: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.30-32, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan. – Image Credit by Presidentpost.id

Seperti yang diketahui, Medan mempunyai durian khas yang memiliki rasa manis dan menggiurkan. Saat berkunjung ke kota ini, Anda bisa mampir ke kedai ucok durian yang sudah terkenal di kalangan para artis Indonesia.

Kedai ucok ini menawarkan berbagai macam sajian yang terbuat dari buah durian berkualitas. Mulai dari pancake, durian kupas, es krim durian dan juga durian beku.

2. Sate Memeng

Sate Memeng

Lokasi: Jl. Irian Barat No.2, Gg. Buntu, Kec. Medan Timur, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Salah satu kuliner di Medan yang menjadi favorit para traveller adalah sate memeng. Sate memeng menggunakan bumbu rahasia yang khas.

Di tempat ini, Anda bisa memilih berbagai macam jenis daging, mulai dari kambing, sapi dan juga ayam. Tentunya tempat kuliner yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai pengisi perut setelah puas berkeliling di kota Medan.

3. Lontong Kak Lin

Lontong Kak Lin

Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No.8m, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Kuliner di Medan yang bisa Anda jadikan sebagai menu sarapan saat pagi hari adalah lontong kak lin. Di tempat ini Anda bisa merasakan lontong khas Medan yang mempunyai rasa cukup unik dan patut dicoba.

Untuk harganya sendiri tergolong cukup murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 untuk dapat menikmati satu porsinya.

4. Mie Sop Methodist

Mie Sop Methodist

Lokasi: Jl. Hang Tuah No.17, Madras Hulu, Kec. Medan Polonia, Kota Medan. – Image Credit by Travel.kompas.com

Dinamakan demikian karena mie sop ini berada di samping kampus Methodist Indonesia. Anda bisa menikmati seporsi mie sop yang sangat lengkap, yaitu terdiri dari bihun, mie kuning, bola daging, kwetiau, jeroan dan juga kecambah.

Salah satu yang menarik dari mie sop ini adalah aroma dari kaldunya yang sangat sedap. Hal tersebut karena mie sop ini menggunakan bumbu khas yang tidak pernah berubah sejak awal berdiri.

5. Soto Sinar Pagi

Soto Sinar Pagi

Lokasi: Jl. Sei Deli, Silalas, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Bisniswisata.co.id

Jika mendengar kata soto, tentunya Anda akan langsung terbayang dengan makanan khas jawa. Berbeda dengan soto sinar pagi ini, yang menggunakan bumbu soto khas Medan.

Untuk dapat menikmati soto ini, Anda harus rela mengantre cukup lama. Hal tersebut karena soto sinar pagi selalu dipenuhi pengunjung mulai dari jam 07.00 pagi.

6. Kedai Kopi Apek

Kedai Kopi Apek

Lokasi: Jl. Hindu No.110, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Food.detik.com

Bagi Anda yang ingin bersantai sejenak dan berbincang dengan teman, maka kedai kopi apek adalah tempat yang tepat. Disini Anda bisa mencicipi berbagai macam makanan ringan khas Medan.

Anda bisa menikmati roti bakar, martabak telur dan juga kopi biji sidikalang khas Medan disini. Kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1992 ini menjadi favorit masyarakat Medan.

7. Martabak Piring Murni

Martabak Piring Murni

Lokasi: Jl. Tjong Yong Hian, Ps. Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Martabak piring murni adalah salah satu kuliner di Medan yang sudah cukup legendaris. Martabak piring murni masih menggunakan arang sebagai bahan bakarnya.

Selain itu, disini Anda juga bisa memilih berbagai macam jenis topping yang menarik. Mulai dari messes, cokelat ataupun keju dengan ketebalan yang juga sesuai dengan keinginan.

8. Bihun Asie Kumango

Bihun Asie Kumango

Lokasi: Jl. Kumango No.15, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Ksmtour.com

Sesuai dengan namanya, disini Anda bisa menikmati mie bihun yang sangat lezat. Disini Anda dapat mencicipi bihun yang dicampur dengan daging bebek.

Dengan menggunakan bumbu dan juga rempah pilihan membuat kaldu dari bihun ini memiliki aroma yang sangat menggoda. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 60.000 untuk setiap porsinya.

9. Rujak Kolam Takana Juo

Rujak Kolam Takana Juo

Lokasi: Jl. Mahkamah No.98-96, Mesjid, Kec. Medan Kota, Kota Medan. – Image Credit by Medanwisata.com

Disini Anda bisa mencicipi rujak khas Medan minang yang mempunyai gaya cukup unik. Makanan ini tentunya sangat pas bagi para pecinta pedas sekaligus menemani Anda di tengah kota Medan.

Harganya sendiri juga cukup murah, sekitar Rp 18.000 saja untuk tiap porsinya. Jam operasional dari rujak kolam takana juo sendiri mulai dari pukul 10.00 – 23.00 setiap harinya.

10. Soto Kesawan

Soto Kesawan

Lokasi: Jl. Ahmad Yani, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Anda bisa mencoba soto yang mempunyai rasa kuah cukup gurih. Soto ini dapat Anda jadikan sebagai pengisi perut saat berkunjung ke daerah Tjong A Fie Mansion yang merupakan objek wisata di Medan.

Setiap satu porsi soto keswan, maka Anda akan merasakan juga udang, daging sapi, daging ayam dan juga paru kering yang dicampur dalam soto tersebut.

11. Martabak Yurich

Martabak Yurich

Lokasi: Jl. Putri Merak Jingga No.8H, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Martabak yurich adalah salah satu kuliner yang hanya dapat Anda temukan di Medan. Tentu saja hal ini menjelaskan bahwa martabak tersebut berbeda dengan martabak lainnya.

Martabak yurich dibuat dengan bahan baku kelas premium yang berkualitas. Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai macam topping yang sangat nikmat untuk dipadukan dengan martabak.

12. Kari Bihun Tabona

Kari Bihun Tabona

Lokasi: Jl. Mangkubumi No.17, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Kari bihun tabona cocok untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata kuliner saat sedang berkunjung ke kota Medan. Pasalnya, kari ini adalah buatan warga Medan asli.

Disini Anda bisa memilih beberapa menu kari, seperti kari sapi, kari ayam ataupun bihun kuah yang sangat kental dan lezat. Harganya sendiri tergolong cukup murah, sekitar Rp 27.000 untuk setiap porsinya.

13. Mie Sop Multatuli

Mie Sop Multatuli

Lokasi: Blok D, Jl. Multatuli, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Mie sop yang satu ini sangat pas untuk dijadikan teman menikmati sore hari. Dengan kuah bening dan juga aroma yang sedap menjadikan mie sop multatuli sebagai sajian kuliner yang sangat populer di Medan.

Di dalam seporsi mie sop multatuli, Anda bisa merasakan bakso, tahu, daging ayam dan juga bihun.

14. Jalan Semarang

Jalan Semarang

Lokasi: Jl. Semarang No.76, Ps. Baru, Kec. Medan Kota, Kota Medan. – Image Credit by Asokaremadja.com

Jalan semarang adalah salah satu daerah di kota Medan yang menjadi pusat kuliner saat malam hari. Jalan semarang juga dianggap sebagai pecinan di kota Medan, sehingga Anda bisa menemukan berbagai macam sajian khas chineese di jalan ini.

Di jalan ini Anda bisa mendapatkan berbagai macam menu kuliner yang menarik, mulai dari wokfen, ciongfan, samcan goreng dan masih banyak lagi.

15. Roti Tisu Martabak Gapa

Roti Tisu Martabak Gapa

Lokasi: Jl. Perniagaan No.15, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Asokaremadja.com

Roti tisu martabak gapa adalah kuliner yang mempunyai tesktur hampir sama dengan krepes. Tetapi yang menjadi perbedaan, roti tisu ini disajikan dengan bentuk yang menjulang keatas menyerupai gunung.

Taburan keju dan juga lelehan susu kental manis menjadikan roti ini sangat pas untuk dinikmati saat malam hari bersama teman. Untuk harganya sendiri cukup murah, hanya sekitar Rp 25.000 setiap porsinya.

16. Teh Susu Telur Pak Haji

Teh Susu Telur Pak Haji

Lokasi: Jl. Puri, Kota Matsum IV, Kec. Medan Area, Kota Medan. – Image Credit by Blog.reddoorz.com

Minuman yang satu ini sangat cocok untuk menemani malam hari Anda saat sedang berada di Medan. Kuliner yang satu ini juga bisa bermanfaat untuk sekedar menghangatkan tenggorokan dan perut para traveller.

Disini Anda bisa memilih hendak menggunakan telur bebek atau ayam kampung. Penggunaan telur tersebut juga bermanfaat untuk menambah stamina, sehingga Anda dapat menjelajahi kota Medan.

17. Kuliner Pagaruyung

Kuliner Pagaruyung

Lokasi: Jl. KH. Zainul Arifin, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. – Image Credit by Crazfood.com

Kawasan yang sudah ada sejak 20 tahun lalu ini menjadi tujuan para traveller yang hendak berburu makanan. Pasalnya, disini Anda bisa menemukan berbagai macam sajian kuliner, mulai dari khas Medan ataupun kota lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan beberapa makanan khas india yang dijual disini.

18. Wajir Seafood

Wajir Seafood

Lokasi: Jl. Kol. Sugiono No.31, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan. – Image Credit by Pinterest.com @Anton1203

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyediakan berbagai macam olahan seafood yang nikmat. Salah satu menu favorit disini adalah kepiting lunak dan juga cumi telur asin.

Wajir seafood sangat cocok Anda kunjungi saat malam hari di Medan. Selain karena menu yang beragam dan rasa yang lezat, harganya juga terjangkau.

19. Mie Balap Mail

Mie Balap Mail

Lokasi: Jl. Gunung Krakatau No.105, Glugur Darat I, Kec. Medan Timur, Kota Medan. – Image Credit by Mhm.asia

Mie balap adalah sebuah nama makanan yang masih cukup asing di telinga para traveller. Mie balap adalah makanan tradisional yang disajikan diatas daun pisang, sehingga membuat para konsumen merasakan sensasi yang unik.

Di dalam satu porsi mie balap mai, terdapat kwetiaw atau bihun seafood dan juga telur. Sajian ini tentunya sangat pas untuk mengisi perut sebelum berkeliling di kota Medan.

20. Rumah Makan Sipirok

Rumah Makan Sipirok

Lokasi: Jl. Sunggal No.14, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan. – Image Credit by Goodindonesianfood.com

Di tempat ini, Anda bisa menikmati sajian sup daging yang konon paling lezat di Medan. Dimasak dengan menggunakan bumbu khusus membuatnya dapat meresap masuk ke dalam daging.

Daging yang disajikan disini juga memiliki tekstur yang sangat lembut. Anda dapat menjadikan tempat ini sebagai destinasi kuliner saat siang hari di Medan.

21. Nasi Ayam Mama Koki

Nasi Ayam Mama Koki

Lokasi: Jl. S. Parman, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. – Image Credit by Crazfood.com

Nasi ayam mama koki adalah salah satu wisata kuliner paling menarik di Medan. Disini Anda bisa mencicipi sajian ayam yang dibalut dengan saus manis, sehingga rasanya cukup lezat.

Harganya sendiri pun cukup murah, sekitar Rp 29.000 untuk tiap porsinya. Tempat makan yang satu ini buka mulai dari jam 10.30 – 21.30.

22. Mie Pecel Pak Yus

Mie Pecel Pak Yus

Lokasi: Jl. Sei Putih Baru No.16, Babura, Kec. Medan Baru, Kota Medan. – Image Credit by Travelingyuk.com

Hampir di semua sudut kota Medan Anda bisa menemukan mie pecal. Namun, mie pecal pak yus menawarkan harga yang murah dengan rasa yang sangat lezat.

Di dalam satu porsi mie pecal pak yus, terdapat mie kuning, bihun dan juga bakwan. Setelah lengkap, mie tersebut kemudian diberi siraman kuah pecel yang nikmat.

23. Restoran Tip-Top

Restoran Tip-Top

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani No.92 A-B, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Jenzcorner.net

Tempat kuliner yang satu ini sudah sangat legendaris di kalangan masyarakat Medan. Pasalnya restoran top-top sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Restoran ini menawarkan berbagai macam menu yang sangat lezat. Salah satu menu Andalannya adalah es krim homemade yang mempunyai cita rasa layaknya pada zaman belanda.

24. Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Es Pokat Kocok Simpang Glugur

Lokasi: Jl. KL Yos Sudarso No.21 K, Glugur Kota, Kec. Medan Barat, Kota Medan. – Image Credit by Makanmana.net

Kuliner yang satu ini cocok untuk menghilangkan dahaga saat siang hari di kota Medan. Dengan harga yang murah, Anda bisa menikmati es pokat kocok simpang glugur ini.

Namun untuk mencicipinya, Anda harus rela mengantre dengan waktu yang tidak sebentar. Pasalnya, tempat ini selalu dipenuhi konsumen, bahkan sering mencapai 100 nomor antrean.

25. Ci Cong Fan

Ci Cong Fan

Lokasi: Jl. Asia.kompleks asia mega mas.block N.depan J&T ekspres, Sukaramai II, Kec. Medan Area, Kota Medan. – Image Credit by Belanga.id

Ini merupakan salah satu makanan tradisional yang ada di Medan. Ci cong fan sendiri adalah olahan mie yang mempunyai bentuk layaknya kwetiaw.

Dalam satu porsi ci cing fan, Anda bisa mendapatkan daging sapi atau babi, mie dan juga sayuran. Untuk harga sendiri co cong fan dapat dikatakan tidak terlalu mahal, karena masih tergolong sajian tradisional.

Itulah 25 rekomendasi wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi. Tentunya tidak akan sah apabila berkunjung ke Medan tanpa mencicipi berbagai macam sajian kulinernya yang beragam.