Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00–20.00 WIB, Alamat: Jl. Balai Kota, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Medan terkenal memiliki tempat wisata yang terkenal unik dan kekinian di kalangan anak muda. Salah satu tempat menarik bagi anak muda masa kini yang cukup terkenal ini bernama Merdeka Walk. Sebuah destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan bagi pengunjung kota tersebut. Tidak hanya kalangan muda yang dapat mengunjungi tempat ini, kalangan orang tua pun banyak yang berkunjung ke tempat ini.

Keunikan dan fasilitas dari tempat wisata ini membuat masyarakat ingin berkunjung. Terlebih lagi, lokasinya berada di pusat kota, tempat orang-orang bermain sambil menikmati suasana kota. Terdapat pula bangunan zaman dahulu menambah keindahan kota. Destinasi wisata ini bisa menjadi solusi liburan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Kota Medan di siang ataupun malam hari.

Dengan minimnya pengeluaran saat berwisata namun dapat menikmati indahnya suasana kota membuat liburan menjadi menyenangkan. Merdeka Walk ini juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga besar untuk melihat keindahan dan keunikan Kota Medan. Berikut ulasan lengkap destinasi hits ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Merdeka Walk

Daya Tarik Dimiliki Merdeka Walk
Image Credit: Instagram.com @mirantyshmkn

Menurut para wisatawan dan masyarakat Medan sendiri, Merdeka Walk adalah tempat yang sangat menyenangkan di malam hari dan membuat nyaman di siang hari. Pengunjung lebih sering menyebutnya “MW”. Inilah sebagian daya tarik dari lokasi wisata ini:

1. Kuliner Khas

Destinasi wisata satu ini menyajikan kuliner-kuliner khas Medan itu sendiri. Stan-stan makanan pun ditata seapik mungkin mengelilingi meja kursi para pengunjung. Pengunjung bisa dengan bebas memilih jenis kuliner yang ingin dibeli.

2. Uniknya Tata Letak Lokasi

Kurang lebih sebanyak 700 tempat duduk tersedia disini, tidak akan membuat pengunjung kekurangan tempat duduk. Beberapa layar tancap juga dipasang di salah satu sudut lokasi ini. Selain itu, banyak pohon-pohon besar yang ditanam sejak masa penjajahan Kolonial Belanda. Terdapat pula bangunan-bangunan tua di sekitar Lapangan Merdeka yang menambah keindahan Merdeka Walk.

Daya Tarik Merdeka Walk
Image Credit: Google Maps (Kartika Hardo)

3. Adanya Film dan Live Music

Tempat wisata ini akan semakin indah jika pengunjung datang di malam hari. Lampu-lampu berwarna-warni bergantung di sudut-sudut lokasi, menjadikan suasana bertambah meriah. Film-film yang sedang hits atau siaran sepak bola akan diputar di layar tancap. Bahkan terkadang diadakan acara live music dari band-band lokal yang berasal dari Kota Medan dan sekitarnya.

Kemeriahan yang terletak di tengah kota itu akan membuat suasana kota semakin indah. Pengunjung bisa datang ke tempat ini untuk istirahat sambil menikmati makanan khas medan, atau menghilangkan penat setelah lelahnya bekerja. Kemeriahan dan kenyamanan lokasi ini dapat menghilangkan rasa penat para pengunjung setelah lelahnya beraktivitas.

4. Bagian dari Foodcourt Besar

Merdeka Walk ini memiliki kesamaan dengan berbagai foodcourt yang ada di festival kota-kota besar lainnya di Indonesia. Kota Medan sendiri menyajikan foodcourt besar ini, setelah Balikpapan dan Surabaya. Namun, Medan memiliki keunikan khas kuliner yang tidak akan ditemukan pengunjung di tempat lain. Salah satu kuliner khasnya yaitu soto medan dan pancake durian khas Medan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Merdeka Walk
Image Credit: Google Maps (Muhammad Satria Islami)

Merdeka Walk beralamat di Jalan Balai Kota daerah Kesawan, Kecamatan Medan Barat di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi wisata ini terletak di tengah kota, membuat pengunjung mudah menemukan lokasi ini. Selain itu, masyarakat Kota Medan pun sudah mengetahui lokasi ini sudah lama karena berada di jantung kota itu sendiri.

Cara pengunjung menuju lokasi ini bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum bagi masyarakat sekitar. Bagi pengunjung luar pulau seperti Jakarta, harus menggunakan pesawat sampai Bandara Kuala Namu terlebih dahulu. Setelah itu pengunjung bisa menggunakan transportasi umum untuk sampai ke tempat wisata tujuan.

Namun, selain menggunakan transportasi umum pada umumnya, wisatawan juga dapat menggunakan transportasi khas Medan. Medan memiliki beberapa transportasi umum yang unik dan biasa digunakan oleh masyarakat ataupun wisatawan yang berkunjung. Keunikan khas kendaraan pun membuat wisatawan ingin mencoba menaiki kendaraan tersebut.

Masyarakat medan membuat transportasi ini berbeda bentuk dari umumnya. Diantaranya 2 transportasi unik yang cukup terkenal yaitu Sudako dan Bentor. Sudako adalah Sumatera Daihatsu Company, mobil berwarna khas kuning. Uniknya, penumpang harus naik dan turun melewati pintu belakang dari kendaraan tersebut. Para pengunjung bisa menikmati keunikannya ketika berkunjung ke Kota Medan.

Selain Sudako, adapula Bentor. Bentor, adalah kendaraan yang sudah terkenal sebelum adanya Sudako. Bentor adalah singkatan dari Becak Motor. Bentor khas Medan biasanya melaju dengan sangat kencang, membuat pengunjung lebih hemat waktu dan hemat uang. Menggunakan Bentor untuk sampai ke Merdeka Walk dari Masjid Raya Medan memerlukan uang 10.000 rupiah saja.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional Merdeka Walk
Image Credit: Instagram.com @panorama_sumut15

Perlu diketahui, bahwa tiket masuk ke Merdeka Walk adalah gratis. Tempat wisata yang sangat indah dan nyaman ini disuguhkan secara gratis untuk masyarakat. Sehingga, berbagai jenis kalangan masyarakat dapat mengunjungi tempat wisata ini. Pengunjung yang kekurangan ekonomi pun dapat menikmati film atau musik yang berlangsung secara gratis.

Tempat wisata ini dibuka selama 24jam setiap harinya. Kalangan pelajar, pekerja, maupun masyarakat biasa bisa datang kapan saja ke tempat ini. Tempat wisata ini bisa menjadi tips untuk wisatawan luar kota yang ingin membawa keluarganya berkunjung untuk menikmati kenyamanan di kota besar ini.

Durasi bukanya lokasi membuat wisatawan yang jauh dari luar kota ataupun luar pulau tidak begitu terhambat. Wisatawan dapat berkunjung dan menikmati tempat wisata kapanpun dengan bebas. Lebih baik lagi jika para wisatawan berkunjung pada malam hari karena terdapatnya beberapa acara menarik yang sering diselenggarakan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Merdeka Walk

Kegiatan di Merdeka Walk
Image Credit: Google Maps (Bakti Batubara)

Kebanyakan orang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati keunikan yang terdapat di dalam lokasi wisata ini. Beberapa lokasi unik yang sering dikunjungi para wisatawan ketika berkunjung diantaranya sebagai berikut:

1. Center Piece

Center Piece merupakan tempat yang sering dikunjungi anak muda saat datang ke Merdeka Walk. Banyak kalangan anak muda yang sengaja datang untuk berfoto di center piece ini. Center piece adalah bagian pertama yang akan ditemui pengunjung ketika datang ke lokasi ini. Lampu-lampu yang menghiasi center piece membuat pengunjung tertarik dan ingin segera berfoto disana.

2. Berfoto di Bangunan Zaman Belanda

Selain center piece, terdapat beberapa bangunan unik yang bisa digunakan untuk berfoto. Berfoto dengan latar belakang bangunan tua dari zaman penjajahan ini bisa menjadikan foto terlihat estetik. Beberapa Gedung zaman dahulu yang sering digunakan berfoto ini diantaranya Gedung Balai Kota, Kantor Pos Besar, Hotel Inna Dharma Deli dan Gedung Lontong Sumatera.

Kegiatan Menarik di Merdeka Walk
Image Credit: Google Maps (M Aldiansyah)

3. Berbelanja Souvenir untuk Keluarga

Selain berfoto, bagi wisatawan luar pulau yang paling penting adalah membeli oleh-oleh berupa makanan ataupun souvenir khas medan. Banyak sekali souvenir yang dijajakan di Merdeka Walk. Terdapat pula kaos khas Kota Medan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Harga souvenir cukup bervariasi, sesuai dengan kualitas barang yang akan dibeli para pengunjung.

4. Menikmati Keindahan Lukisan

Selain itu terdapat banyak lukisan yang disajikan di Galeri Seni Lukis. Lukisan-lukisan indah dipajang, menarik perhatian para pengunjung dan menambah keunikan nilai seni dari wisata ini. Jika berminat, wisatawan dapat membeli dan membawa pulang lukisan ini sebagai hiasan dinding rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Merdeka Walk Medan

Fasilitas di Merdeka Walk Medan
Image Credit: Instagram.com @sandi.ajoo

 1. Game Center

Fasilitas pertama yang tersedia di Merdeka Walk adalah Game Center bagi anak-anak. Orang tua yang membawa anak kecil pun dapat mengajak anaknya bermain disini. Game center yang tersedia cukup besar dan memiliki banyak jenis permainan, sehingga membuat anak betah bermain.

Game center ini tidak jauh dari pintu masuk bagian samping gerbang. Ketika libur sekolah, banyak anak-anak yang bermain disini.

2. Lokasi Gym

Lokasi wisata ini adalah solusi bagi keluarga besar yang ingin berlibur. Anak-anak dapat menikmati permainan dengan nyaman. Anak muda pun dapat menikmati musik atau berfoto. Begitu pula orangtua dapat menikmati indahnya tempat wisata sambil mencicipi kuliner khas yang enak.

Bagi masyarakat yang gemar berolahraga, wajib datang ke tempat wisata ini. Tempat ini menyajikan gym secara gratis bagi pengunjung. Terdapat banyak fasilitas gym yang sederhana dan bisa dimanfaatkan secara gratis. Sarana olahraga seperti jogging track pun terdapat disini. Pepohonan tua tertata rapi menambah indah lokasi ini.

Itulah beberapa hal menarik mengenai Merdeka Walk, tempat wisata yang sedang hits di Medan. Lokasi yang strategis, keunikan tempat, biaya masuk gratis dan fasilitas yang sangat lengkap menjadikan destinasi wisata ini favorit bagi masyarakat. Siapapun dapat berkunjung menikmati keunikan-keunikan sembari menikmati sajian kuliner yang terdapat di dalam lokasi wisata.