12 Tempat Kuliner Malam di Semarang Yang Enak & Murah

Kuliner Malam Semarang

Semarang adalah salah satu kota yang memiliki banyak sekali kekayaan alam dan kuliner. Berbagai destinasi wisata dapat Anda temukan dengan sangat mudah di kota ini, apalagi kulinernya. Hal yang  membuat Semarang selalu istimewa adalah karena kuliner pada malam harinya yang tak pernah sepi dari pengunjung.

Mengelilingi kota Semarang ketika malam hari adalah salah satu hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Selain dapat menyaksikan pemandangan kota yang menarik, Anda juga bisa menikmati berbagai wisata kuliner malam yang menggiurkan. Hampir di setiap pinggir jalan terdapat banyak sekali jenis kuliner yang patut untuk dicoba.

Maka dari itu, jika Anda memiliki waktu luang, berjalan-jalan di pusat kota Semarang ketika malam hari adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mencicipi berbagai kuliner khas yang sangat menarik. Jika Anda belum mengetahui tempat-tempat kuliner mana saja yang rekomended di Kota Semarang, maka simaklah sedikit ulasan berikut ini.

1. Trattoria Semarang

Trattoria Semarang

Lokasi: Jl. Gajahmada No.146, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Wisatadiindonesia.com

Ketika mengunjungi Semarang Anda tidak boleh melewatkan restoran Italia yang sangat terkenal ini. Apalagi jika Anda memang menyukai makanan yang memiliki cita rasa Italia dengan paduan suasana malam yang menenangkan.

Lokasinya berada di The Vee Building, Jalan Gajah Mada. Hampir semua menu yang ditawarkan adalah makanan Italia. Maka sebelumnya pastikan jika lidah Anda sesuai dengan berbagai menu yang disediakan. Tapi jika ternyata lidah Anda tidak mau menerima, maka ada beberapa menu lokal yang bisa dipilih.

2. Gudek Mbak Tum

Gudek Mbak Tum

Lokasi: Wonodri, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Image Credit by Reservasiku.com

Jika Anda menyukai konsep makan lesehan, maka Gudek Mbak Tum bisa menjadi pilihan yang tepat. Dibandingkan dengan warung lainnya, warung ini memiliki keistimewaan tersendiri, yakni pilihan lauknya yang lebih beragam. Anda bisa menemukan berbagai jenis sundukan, mulai dari telur hingga ikan.

Warung ini buka selepas maghrib sekitar pukul 18.00 WIB. Letaknya berada di Jalan MT Haryono, dan berada di pinggir jalan raya. Jika Anda ingin menikmati suasana malam yang sepi, maka sebaiknya jangan datang ketika awal buka. Anda bisa datang sekitar pukul 10 malam sambil memperhatikan lalu lalang masyarakat yang pulang dari kerja.

3. Cafe Riverview

Cafe Riverview

Lokasi: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.6, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Seputarsemarang.com

Keistimewaan yang dimiliki oleh cafe ini adalah selalu buka selama 24 jam. Jika di tengah malam Anda merasa kelaparan, maka langsung saja kunjungi tempat kuliner satu ini. Ada banyak menu yang bisa Anda pilih seperti iga penyet, ayam kremes, soto, dan masih banyak lagi.

Meskipun sebuah cafe, tempat yang berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan 6B ini juga menyediakan beberapa kuliner khas Semarang. Anda juga akan dimanjakan dengan tempatnya yang sangat nyaman. Apalagi cafe ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi sehingga Anda bisa betah berlama-lama.

4. Stove Syndicate

Stove Syndicate

Lokasi: Jl. Ngesrep Tim. V, Sumurboto, Kec. Banyumanik, Kota Semarang. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Tempat makan malam satu ini paling sering dikunjungi oleh mahasiswa karena selain menyediakan menu yang beraneka macam, harga yang ditawarkan juga terbilang terjangkau. Anda bisa menikmati cita rasa masakan Jepang di tempat ini. Tapi bukan berarti Anda tidak akan menemukan makanan lokal, karena ada beberapa menu yang bisa dipilih.

Lokasinya berada di dekat kampus, yakni di daerah Ngesrep Timur, Tembalang. Di depan tempat ini terdapat sebuah taman yang dikelilingi oleh lampu taman berkelipan. Anda bisa mendapatkan sensasi suasana malam yang menenangkan.

5. Soto Bangkong

Soto Bangkong

Lokasi: Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Image Credit by Seputarsemarang.com

Tempat kuliner yang terletak di Jalan Bridgen Katamso ini menyediakan soto bangkong, kuliner khas dari Semarang. Yang membuat tempat ini sangat istimewa adalah karena cita rasa yang disajikan sangat legendaris, apalagi memang warung ini sudah berdiri hampir 10 tahun lamanya. Maka Anda tidak akan pernah merasa kecewa dengan cita rasa yang ditawarkan.

Pada malam hari, warung ini akan sangat ramai pengunjung karena di sekitarnya terdapat beberapa destinasi wisata yang cukup menarik. Anda bisa menikmati malam sambil bercengkarama dengan para wisatawan yang berasal dari daerah lainnya.

6. Angkringan Blendok

Angkringan Blendok

Lokasi: Jl. Gajahmada No.138, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Busy.org @agungpriambodo

Berbeda seperti angkringan biasanya yang menyediakan tempat lesehan, angkringan satu ini menggunakan konsep kursi sebagai tempat duduk. Pengunjung dari angkringan ini didominasi oleh anak muda yang gemar menghabiskan waktu malam untuk nongkrong.

Menu yang disediakan oleh angkringan yang berada di area sekitar Gereja blendoek ini sangat bermacam-macam dan cukup terjangkau. Apalagi, tempat yang disediakan sangat strategis dan cocok dijadikan sebagai spot berfoto.

7. Nasi Liwet Bu Sami

Nasi Liwet Bu Sami

Lokasi: Pojok Matahari Simpang Lima, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Wisatadiindonesia.com

Warung yang berlokasi di Jalan Pandanaran, Simpang Lima ini sangat legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1980. Sebelumnya Bu Sami menjajakan dagangannya dengan berkeliling, akan tetapi karena banyak yang suka maka beliau mulai mendirikan warung.

Warung ini juga sangat populer di kalangan para wisatawan karena cita rasa nasi liwet yang dihadirkan berbeda dari yang lain. Ketika malam hari tiba, warung ini tidak akan pernah sepi pengunjung. Anda bisa menikmati sensasi makan berada di pinggir jalan yang sangat menantang.

8. Nasi Kucing Pak Gik

Nasi Kucing Pak Gik

Lokasi: Jl. Inspeksi, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang. – Image Credit by Dhiebash-rentcar.com

Jika membicarakan mengenai kuliner malam, maka tidak akan bisa terlepas dari yang namanya nasi kucing. Makanan legendaris tersebut sangat banyak disukai oleh masyarakat. Apalagi warung Pak Gik menyediakan banyak sekali pilihan lauk yang menggiurkan.

Lokasinya berada di Semarang Tengah, yakni Jalan Inspeksi. Warung ini baru mulai buka ketika tengah malam tiba. Meski begitu sensasi tengah malam di Semarang tetap mempesona dan tidak pernah sepi. Lalu lalang kendaraan masih akan terasa padat bahkan ketika tengah malam. Hal itu biasanya juga berasal dari para wisatawan.

9. Nasi Goreng Babat

Nasi Goreng Babat

Lokasi: Jl. Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang. – Image Credit by Kumparan.com

Anda mungkin sudah sering memakan nasi goreng, tapi mungkin belum pernah mencicipi nasi goreng babat. Babat memang merupakan lidah sapi yang diolah menjadi daging lezat. Jika Anda ingin menikmati kuliner malam nasi goreng babat, maka datang saja ke warung Pak Hengky yang berlokasi di Jalan Puri Anjasmoro, Blok K.

Cita rasa nasi goreng yang dihadirkan sangat berbeda dengan nasi goreng yang biasanya Anda nikmati. Rumor yang beredar  konon Pak Hengky memiliki resep turun temurun yang sangat dijaga sehingga tidak ada satupun nasi goreng yang memiliki rasa mirip dengan warung ini.

10. Tahu Petis Prasojo

Tahu Petis Prasojo

Lokasi: Pleburan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang. – Image Credit by Tripadvisor.com

Jika ketika malam hari Anda merasa lapar tapi tidak ingin menikmati kuliner berat, maka tahu petis prasojo adalah pilihan yang tepat. Hal yang membuat istimewa dari tahu petis ini adalah bumbunya. Selain lebih gurih, petis yang di sajikan juga lebih kental.

Selain tahu petis, ada juga berbagai menu olahan tahu lainnya yang bisa Anda nikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Lokasinya berada di Simpang Lima, kawasan pusat kota. Anda bisa mengajak teman untuk menikmati suasana malam yang sangat indah.

11. Kampung Laut

Kampung Laut

Lokasi: Puri Maerokoco Tawang Mas, Jl. Puri Anjasmoro Raya, Tawangsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang. – Image Credit by Kotasemarang.blogspot.com

Apakah Anda pernah merasakan makan di atas laut? Jika belum dan ingin mencoba maka segera kunjungi wisata kuliner malam Kampung Laut. Lokasinya berada di pusat kota, yakni di Jalan Anjasmoro Tawang Mas. Pemandangan malam yang disuguhkan akan membuat Anda terbius dengan kecantikannya.

Menu-menu yang disediakan bermacam-macam. Mulai dari kuliner khas hingga makanan barat semua bisa Anda pesan hanya di Kampung Laut. Tempat makan ini juga memiliki sensasi sangat romantis sehingga cocok untuk Anda dan orang tersayang. Ketika malam hari, Anda bisa menyaksikan air laut yang memantulkan lampu-lampu warna-warni sangat indah.

12. Pesta Keboen

Pesta Keboen

Lokasi: Jl. Veteran No.29, Lempongsari, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang. – Image Credit by Wisatakuliner78.com

Jika Anda ingin menikmati restoran ala-ala nostalgia, maka Pesta Keboen adalah jawabanya. Konsep ruangan yang dihadirkan akan membawa Anda kembali ke era tahun 80-an. Semua furniture dan warna cat yang digunakan juga sangat mendukung konsep tahun 80-an. Beberapa menu yang ditawarkan juga sangat jadul, namun cita rasanya tetap menawan.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini maka langsung saja datang ke Jalan Veteran 29. Anda bisa menikmati pemandangan malam yang sangat indah melalui sela-sela jendelanya. Berbagai lampu taman yang ada di sekitar restoran ini juga bisa semakin membawa Anda bernostalgia pada kenangan lama.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner malam yang bisa Anda kunjungi. Setiap tempat menyediakan berbagai pilihan menu unggulan. Anda bisa memilih tempat kuliner yang paling sesuai dengan selera Anda.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Tempat Wisata Ngawi
14 Tempat Wisata Favorit di Ngawi
Tempat Wisata Nganjuk
15 Tempat Wisata Terbaik di Nganjuk
Tempat Wisata Tuban
13 Tempat Wisata Favorit di Tuban
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak