Waduk Jatibarang termasuk salah satu wisata alam favorit di Semarang yang menawarkan beragam kegiatan seru. Bendungan cantik yang memiliki goa unik dan pemandangan pegunungan yang menarik untuk dijelajahi.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 05.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Moch Ihsan, Jatibarang, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Meskipun menjadi destinasi wisata yang masih baru, namun nyatanya Waduk Jatibarang Semarang ini mampu menarik minat para traveler. Sebab waduk yang satu ini memiliki kombinasi yang cukup unik, karena terdapat goa serta pegunungan di sekitar area waduk.

Berlibur bersama dengan keluarga bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak budget ketika datang ke wisata alam waduk ini. Bukan hanya bisa menjadi destinasi wisata untuk keluarga, tapi wisata ini juga sering digunakan menjadi tempat nongkrong anak muda.

Nah, karena destinasi waduk ini cukup menarik minat banyak masyarakat, tentu lokasi ini memiliki daya tarik serta keunikan yang tidak dimiliki oleh waduk lainnya. Maka dari itu, Anda tidak boleh melewatkan liburan ke waduk Jatibarang Semarang.

Daya Tarik Wisata Waduk Jatibarang

Daya Tarik Wisata Waduk Jatibarang
Image Credit: Google Maps (Nurul Aza)

Setiap weekend dan liburan panjang, Waduk Jatibarang ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Untuk itulah, berikut ini ulasan mengenai daya tarik dari Waduk tersebut sebelum Anda datang ke sana.

1. Pemandangan Pegunungan

Siapa sih yang tidak suka dengan pemandangan pegunungan? Pemandangan dari pegunungan memang membuat mata semakin segar. Bahkan para pengunjung bisa melihat pemandangan tersebut sembari bersantai.

Pegunungan yang ada di Waduk Jatibarang Semarang ini seperti mengelilingi waduk. Sehingga tak heran dengan adanya pegunungan inilah yang membuat para wisatawan kagum dan betah jika datang ke wisata tersebut.

2. Terdapat Goa di Sekitar Waduk

Hal unik lainnya yang bisa ditemukan ketika datang ke wisata tersebut adalah terdapat goa. Goa ini sendiri selalu dirawat oleh warga sekitar. Selain itu, para pengunjung juga bisa melakukan interaksi dengan para penghuni yang ada di dalam gua.

Maksud dari para penghuni tersebut adalah kumpulan kera yang sudah mendiami goa tersebut selama beberapa tahun. Jika kebanyakan gua akan dihuni oleh kelelawar, namun berbeda untuk gua yang ada dalam Kawasan bendungan ini. Yang pastinya dapat membuat para traveler penasaran.

3. Memiliki Udara yang Segar

Berlibur ke salah satu destinasi wisata memang yang paling tepat adalah destinasi yang mempunyai udara segar. Biasanya destinasi seperti ini yang paling sering dicari oleh warga kota. Waduk Jatibarang Semarang bisa menjadi alternatif ketika datang ke Jawa Tengah.

Waduk yang satu ini mampu membuat siapa saja merasa tenang dengan udaranya yang segar. Dan yang pasti Anda akan terhindar dari hiruk pikuk perkotaan yang penuh dengan kemacetan serta asap kendaraan.

4. Semilir Angin Lembut dan Gemericik Air

Ketika datang ke waduk ini, para pengunjung akan disuguhkan dengan semilir angin lembut serta suara gemericik air. Suasana yang seperti ini pastinya membuat siapapun tidak ingin pulang dan ingin berlama-lama berada di waduk ini.

Terlebih lagi, dengan suasana yang ada di Waduk tersebut sangat cocok untuk anak-anak ataupun keluarga. Sehingga keluarga pun bisa menikmati bagaimana suasana seperti di pedesaan.

Alamat & Rute Menuju Wisata Waduk Jatibarang

Alamat Wisata Waduk Jatibarang
Image Credit: Google Maps (Lorenzo Lamas)

Apabila Anda dan keluarga berniat untuk datang berlibur ke Waduk Jatibarang, maka Anda bisa datang ke alamat Jalan Jatibarang, Kedungpani, Kota Semarang. Walaupun Waduk ini bertempatkan di pinggiran kota, jalan untuk menuju destinasi wisata ini tidak sulit.

Jika berniat menggunakan angkutan umum, maka harus memilih angkutan umum yang memiliki rute ke Goa Kreo. Rute ini juga sama jika para pengunjung berniat menggunakan taksi ataupun kendaraan pribadi.

Sedangkan jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke lokasi waduk, kira-kira sekitar 13 km jika berangkat dari pusat Kota Semarang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan Anda memilih jalur yang menuju Kalibanteng. Kemudian bisa memilih jalur menuju ke Jalan Abdul Rahman Saleh yang setelah itu menuju ke Desa Sadeng. Baru setelah itu, terdapat petunjuk lokasi wisatanya.

Harga Tiket Masuk Waduk Jatibarang Semarang

Harga Tiket Waduk Jatibarang
Image Credit: Google Maps (Marga Keris)

Para pengelola destinasi wisata ini memberlakukan tiket masuk, sehingga para pengunjung harus membayar tiket masuk tersebut untuk bisa masuk ke destinasi wisata Waduk Jatibarang. Untuk harga tiket masuknya cukup murah, karena per orang hanya mengeluarkan Rp 3.000 saja.

Namun, jika sudah memasuki wisata Waduk dan ingin memasuki beberapa tempat seperti goa akan dikenakan biaya lagi. Kemudian para pengunjung juga dikenakan biaya parkir, yang mana biaya parkir tersebut sangat terjangkau.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Waduk Jatibarang

Aktivitas Menarik di Waduk Jatibarang
Image Credit: Google Maps (Sutardi)

1. Duduk Santai Sembari Melihat Pemandangan

Seperti yang telah disebutkan, jika pemandangan dari wisata Waduk Jatibarang ini tidak bisa diragukan lagi. Kegiatan menarik yang juga sekaligus untuk beristirahat ialah duduk santai sembari melihat pemandangan yang ada di sekitar area waduk.

Apalagi di dalam area Waduk telah disediakan tempat duduk yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Bukan hanya bisa melihat bagaimana pemandangan, para pengunjung juga bisa melihat dan juga melakukan interaksi dengan kera yang hidup di goa.

2. Berfoto Ria dengan Latar Pemandangan Indah

Para wisatawan juga bisa melakukan kegiatan berfoto ria bersama dengan teman ataupun keluarga. Tentunya kegiatan yang satu ini cukup penting ketika datang ke destinasi wisata apapun. Wisata alam di Semarang yang memiliki latar pemandangan indah tentu menjadi tempat yang paling pas untuk dijadikan berfoto.

Memang betul jika waduk yang satu ini, menjadi wisata keren yang sangat instagramable. Maka Anda bisa mengambil selfie ataupun melakukan fotografi dan bisa di upload ke media sosial.

3. Kegiatan Memancing di Waduk

Sebagian orang yang sangat menyukai kegiatan memancing pasti akan betah jika datang ke Waduk Jatibarang Semarang. Bagaimana tidak, para pengunjung bisa membawa alat pancing sendiri untuk memancing ikan yang ada di dalam waduk.

Tak tanggung-tanggung, banyak pengunjung yang sudah berhasil memancing ikan dari ukuran yang kecil bahkan ukuran yang paling besar. Proses harimau mancing ikan ini akan jauh lebih seru karena bisa dilakukan dengan keluarga ataupun teman.

4. Menjelajahi Area Waduk dengan Menggunakan Perahu

Nah, jika Anda ingin menjelajahi area waduk yang cukup luas maka caranya ialah dengan menyewa perahu. Penyewaan dari perahu ini telah disediakan oleh pihak pengelola, untuk biaya penyewaan dari perahu ini cukup terjangkau.

Satu perahu bisa ditumpangi sebanyak 3 hingga 4 orang. Jadi biaya untuk penyewaan dari perahu tersebut akan lebih terjangkau sebab bisa dibagi oleh beberapa penumpang.

Para pengunjung juga tidak perlu khawatir, jika saja tidak ingin menjelajahi waduk secara menyeluruh maka bisa membayar setengah harga. Dan dan terdapat pula para pemandu yang turut serta ke dalam perahu, jadi tidak perlu cemas akan hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas yang Tersedia di Waduk Jatibarang Semarang

Fasilitas di Waduk Jatibarang Semarang
Image Credit: Google Maps (Romie Mocka)

1. Tersedia Warung Makan

Para pengunjung yang telah berkeliling di area waduk, tentu akan merasa kelelahan dan kehabisan tenaga. Untuk itu datang ke warung makan yang ada di area pinggiran Waduk Jatibarang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anda bisa menikmati menu makanan khas dari Semarang yang memiliki cita rasa lezat. Apalagi dengan warung makan yang sangat nyaman dan juga luas, sehingga para pengunjung yang membawa rombongan bisa dengan mudah mendapatkan tempat.

Selain itu, para pengunjung yang sebelumnya mendapatkan ikan dari kegiatan memancing. Bisa memberikan kepada ada orang makan untuk diolah dan Anda santap bersama dengan keluarga ataupun teman.

2. Fasilitas MCK

Fasilitas yang kedua di dalam Waduk Jatibarang ini adalah MCK. Fasilitas yang satu ini sangat dibutuhkan, sebab bisa jadi para pengunjung akan membutuhkan toilet saat berada di destinasi wisata.Fasilitas MCK ini cukup menguntungkan bagi para orang tua yang membawa anaknya. Anak-anak yang paling sering menggunakan toilet karena memiliki aktivitas yang cukup padat ketika bermain. Bisa jadi baju mereka kotor sehingga harus berganti baju.

Selain itu, dengan adanya fasilitas MCK inilah para pengunjung yang beragama Islam bisa mengambil wudhu apabila ingin melakukan ibadah sholat.

3. Lahan Parkir

Terdapat fasilitas lahan parkir yang sangat luas. Lahan parkir inilah yang menjadi tempat untuk memarkirkan kendaraan roda 4 roda seperti mobil pribadi, mobil Elf dan juga bus peserta kendaraan roda dua.

Fasilitas Waduk Jatibarang
Image Credit: Google Maps (Sigit Purnama)

4. Terdapat Halte

Di dekat Waduk ini juga terdapat halte pemberhentian kendaraan umum, jika memang para wisatawan ingin mencoba datang ke wisata ini dengan kendaraan umum seperti bus ataupun angkot. jaraknya tidak jauh dari wisata tersebut dan bisa dijangkau meskipun berjalan kaki.

5. Mushola yang Bersih

Waduk ini juga menyediakan mushola bagi para pengunjung yang beragama Islam. Para pengelola wisatawan selalu melakukan perawatan dan pembersihan untuk tempat ibadah tersebut. Selain itu, mushola ini juga menyediakan sarung, sajadah dan juga mukena untuk pengunjung yang tidak membawa peralatan salat sendiri.

Itulah sekilas informasi mengenai wisata Waduk Jatibarang yang ada di Semarang. Tidak lengkap rasanya jika melewatkan wisata alam waduk ini. Jadi pastikan untuk memasukkan Wisata tersebut ke daftar itinerary jika berkunjung ke Semarang.