Belum lengkap rasanya jika kita sedang berkunjung ke Sulawesi Selatan, tapi tak berwisata ke Gowa. Di kabupaten ini banyak sekali tujuan wisata yang bisa kita datangi untuk melepas lelahnya pikiran kita dari sibuknya aktivitas setiap hari. Pada zaman dahulu, Gowa memang dikenal sebagai kerajaan maritim yang sangat berpengaruh pada abad ke 15.

Gowa adalah salah satu kabupaten yang menjadi pemasok utama kebutuhan masyarakat di Kota Makassar. Karena di Gowa masih banyak lahan yang belum terjamah pembangunan kota besar, sehingga bercocok tanam masih menjadi sebagian besar aktivitas warga masyarakat Gowa. Di samping itu, potensi alam yang subur dan kaya juga menjadi salah satu penyebabnya.

Tidak salah jika Anda yang ingin melihat pemandangan hijau atau bermain ke wahana alam yang ada di Gowa utamanya Malino. Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Semua tempat wisata yang ada di Gowa tidak ada yang merusak ekosistem aslinya, sehingga kekayaan sumber daya alam di Kabupaten Gowa masih aman dari ancaman dan kerusakan yang mungkin disebabkan oleh tangan jahil manusia. Untuk lebih jelas, simak 22 tempat wisata di Malino, Kabupaten Gowa yang lagi hits dikunjungi wisatawan.

1. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa
Image Credit: Wikipedia.org

Dalam perjalanan menuju Malino, terlebih dahulu Anda bisa berwisata ke museum Balla Lompoa. Di sini terdapat koleksi sejarah, etnografi, numismatik, dan heraldik. Beberapa diantaranya ada mahkota yang terbuat dari emas murni, gelang tangan berbahan emas yang berbentuk naga dan rantai emas seberat 270 gram. Semua itu beberapa peninggalan kerajaan Gowa.

Museum ini menjadi salah satu favorit para wisatawan karena peninggalan yang masih tergolong lengkap dengan struktur dan kondisi yang sangat terawat. Bisa dibilang kalau kita berkunjung ke museum ini, kita serasa dibawa ke zaman kerajaan Gowa. Anda bisa berfoto ria dan mengabadikan momen Anda ketika berkunjung ke museum Balla Lompoa.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. K. H. Wahid Hasyim No.39, Sungguminasa, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

2. Lembah Hijau Camp & Resort

Lembah Hijau Camp & Resort
Image Credit: Instagram.com @erniadiman93

Lembah hijau camp and resort berada di daerah Bunga Malino dengan ketinggian tempat sekitar 1500 mdpl. Di desain sebagai lokasi berkemah dengan nuansa alam yang eksotis. Terdapat banyak pilihan wahana pendukung yang bisa digunakan saat liburan di sana. Suguhan pemandangan alam yang masih asri dan bersih menjadi daya tarik utamanya.

Berbagai hal menarik bisa dilakukan, mulai dari yang biasa hingga yang paling ekstrim. Bagi Anda yang gemar fotografi, bisa memanfaatkan panorama alamnya untuk dijadikan sebagai pilihan objek yang cantik. Sedangkan, bagi Anda pecinta kegiatan alam yang menantang bisa memilih wahana seperti sky bike, ayunan, dan juga arum jeram.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

3. Hutan Pinus Malino

Hutan Pinus Malino
Image Credit: Idntimes.com

Hutan pinus yang disulap menjadi wahana wisata ini, tak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Baik pada musim liburan atau pada hari kerja. Karena di hutan pinus Malino ini, kita dimanjakan dengan fasilitas dan akomodasi yang lengkap. Hutan ini  juga sering digunakan untuk acara atau kegiatan komunitas lokal.

Bagi pengunjung yang baru datang kesini, akan sangat senang untuk berkeliling menggunakan kuda yang ditawarkan oleh warga lokal. Kita bisa mengetahui dan mempelajari aktivitas warga lokal sambil jalan-jalan mengendarai kuda. Selain itu, bagi anak-anak hutan pinus ini juga bisa menjadi salah satu wahana bermain yang seru.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

4. Taman Wisata Holyland Malino

Wisata Holyland Malino
Image Credit: Google Maps (Hari purnomo)

Bangunan taman ini memiliki desain bergaya kastil Eropa dengan lokasi yang berada di kawasan wisata Malino, Gowa, Sulawesi Selatan. Dibangun sebagai bentuk replika holyland yang ada di Israel. Suasana sekitarnya sangat nyaman dan asri dengan pepohonan hijau yang mendominasi.

Berbagai kegiatan menarik bisa Anda lakukan di sana, seperti jogging, berfoto, dan menikmati nuansa rohani dari setiap sudut arsitektur gereja tua yang ada. Jika Anda merasa penat, juga bisa melakukan meditasi ataupun Yoga. Buka setiap hari tanpa batasan jam, tiket masuknya Rp.50.000 untuk dewasa dan Rp.25.000 bagi anak-anak.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lonjoboko, Kec. Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

5. Malino Highlands

Malino Highland
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Sesuai dengan namanya, Malino Highlands terletak di pegunungan tinggi. Tepatnya berada di tengah perkebunan teh di Malino. Berada di atas perkebunan hampir seluas 900 hektar, Malino di gadang-gadang akan menjadi salah satu landmark dunia. Anda bisa menikmati teh yang berasal dari perkebunan ini.

Sejauh mata memandang, yang Anda lihat adalah hijaunya dedaunan perkebunan teh dan gunung-gunung yang menjulang di ujung perkebunan. Suasana yang segar ini, didukung oleh pelayanan dari pengelola wisata tersebut. Para pelayan yang memakai kostum seperti pelayan Jepang ini juga menyajikan teh ala Jepang.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

6. Butta Toa Bulutana

Butta Toa Bulutana
Image Credit: Facebook.com @malino.indah

Butta Toa Bulutana menjadi sebuah situs sejarah yang berhubungan dengan masa pemerintahan kerajaan Gowa. Lokasinya berada tepat 6 kilometer dari pusat kota Malino. Keberadaannya juga menjadi bukti peradaban tertua yang pernah ada di kawasan tersebut.

Banyak hal menarik yang bisa dilakukan di sana, seperti berfoto atau mempelajari setiap puing peninggalan yang ada. Terdapat dua rumah adat sebagai spot utama yang masih terawat dan berdiri kokoh. Terkait biaya tiket masuk tidak ada informasi yang pasti.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bulutana, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

7. Goa Jepang

Goa Jepang
Image Credit: Instagram.com @tourmakassartoraja

Goa Jepang merupakan salah satu destinasi yang hits di kawasan wisata Malino. Lokasinya berada di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Situs ini merupakan saksi sejarah penjajahan Jepang yang pernah terjadi. Penampakan luarnya hanya terlihat seperti sebuah lubang berbentuk horizontal.

Berbeda dengan kebanyakan goa yang ada di Indonesia, di sini tidak didominasi oleh bebatuan kapur yang membentuk stalaktit dan stalakmit runcing. Ukurannya lebih kecil dan sempit dibandingkan tempat yang serupa. Tiket yang harus dibayar untuk masuk kawasan tersebut sekitar Rp.15.000,- saja.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

8. Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala
Image Credit: Indonesiakaya.com

Air terjun dengan tinggi lebih dari 100 meter ini memiliki tebing curam dan terjal. Namun, para pengunjung dapat melihat indahnya pelangi di dasar air terjun Takapala ini. Selain itu, dibalik air terjun ini juga ada gua yang bisa dijelajahi. Tentunya harus dengan pengawasan dan dampingan dari petugas setempat.

Fasilitas yang memadai dan harga tiket masuk yang terjangkau, menjadi salah satu tujuan wisata para wisatawan domestik maupun manca negara. Anda yang suka  fotografi, pasti sangat menyukai lokasi ini. Selain tersedia lokasi foto yang menarik, Anda juga bisa menikmati berbagai wisata kuliner di sekitar air terjun.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

9. Taman Anggrek Malino

Taman Anggrek Malino
Image Credit: Facebook.com @nir.wana

Taman ini merupakan salah satu tempat budidaya tanaman bunga anggrek terbesar yang ada di daerah Malino. Luas lahan yang digunakan sekitar 54×64 meter persegi. Beberapa jenis yang ditanam diantaranya, Vanda, Oncidium, Cymbidium, Anggrek Bulan, dan juga Katalia.

Selain berwisata juga bisa membeli anggrek dengan kisaran harga mulai dari Rp.200.000 hingga Rp.900.000. Catatan penting yang harus diingat bagi Anda yang merencanakan liburan di sini adalah untuk tetap menjaga dan tidak merusak fasilitas apapun yang telah disediakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

10. Air Terjun Lembanna

Air Terjun Lembanna
Image Credit: Winnetnews.com

Air terjun ini menjadi favorit para pencinta alam. Jadi jangan heran jika banyak tenda-tenda di sekitar air terjun ketika musim liburan tiba. Bagi yang tidak punya tenda, Anda bisa tidur menumpang di rumah warga. Jangan khawatir, warga di sekitar sudah terbiasa dengan para wisatawan yang ingin menginap di rumah mereka.

Wisata ini sebenarnya ditemukan secara tidak sengaja oleh warga sekitar yang mencari lahan bercocok tanam. Dan menemukan lokasi ini karena berada di antara dua gunung dan memiliki sumber air sendiri. Dekat dengan lokasi air terjun ini, terdapat pula hutan pinus yang dapat Anda gunakan untuk istirahat sementara.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

11. Agrowisata Stroberi Malino

Agrowisata Stroberi Malino
Image Credit: Google Maps (Adrianus Wolawuan)

Agrowisata Stroberi Malino berada di daerah Pattapang, Sulawesi Selatan. Luas kawasan yang dimiliki sekitar 200 ha. Panorama sekelilingnya tersaji dengan begitu indah. Pepohonan dan juga kesejukan yang ditawarkan menjadi satu nilai lebih yang banyak menarik perhatian pengunjung.

Di sini Anda bisa melakukan kegiatan petik buah stroberi yang masih segar langsung dari batangnya. Akses menuju lokasi mudah ditemukan bahkan dengan fasilitas transportasi umum. Menurut beberapa informasi tidak ada biaya tiket masuk untuk dibayarkan saat berkunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

12. Air Terjun Ketemu Jodoh

Air Terjun Ketemu Jodoh
Image Credit: Google Maps (Allank90)

Potensi wisata di Sulawesi Selatan memang menyimpan banyak keindahan, seperti salah satunya air terjun Ketemu Jodoh. Keindahan alam yang alami dan asri menjadi daya pikat utama bagi pengunjung yang datang. Itulah sebabnya tempat ini tidak pernah sepi.

Terdapat sebuah mitos yang melekat bersama dengan namanya, yaitu mengenai cerita pertemuan seorang lelaki dengan gadis di lokasi tersebut. Tidak sedikit dari pengunjung yang berharap sama seperti yang kejadian tersebut. Walaupun juga banyak yang datang murni karena ingin menikmati keindahan alamnya.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

13. Air Terjun Parang Bugisi

Air Terjun Parang Bugisi
Image Credit: Twitter.com @Shamutsha

Air terjun ini dekat dengan perkampungan warga Parang Bugisi. Tepatnya terletak di tengah hutan kawasan Malino. Meskipun tidak memiliki ketinggian yang terlalu tinggi, tempat ini masih menjadi daya tarik wisatawan lokal dan luar negeri. Warga lokal juga masih gencar melakukan promosi agar pengunjung berdatangan ke air terjun Parang Bugisi.

Wisata ini memang masih kurang menarik dibandingkan air terjun yang lain karena memang fasilitas yang masih kurang memadai, meskipun sudah lengkap. Hanya karena air terjun ini kurang tinggi, sehingga para wisatawan banyak beralih ke wisata air terjun yang lain. Namun jika Anda mencari ketenangan dan tanpa gangguan, Anda bisa datang kesini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bulutana, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

14. Air Terjun Salewangan

Air Terjun Salewangan
Image Credit: Instagram.com @taufiqrahman92

Air terjun Salewangan berada di daerah Tinggi Moncong. Debit air yang dimilikinya terbilang cukup besar. Memiliki panorama tebing bebatuan yang menjulang tinggi dan megah dengan tumbuhan hijau yang menyelimutinya.

Untuk menuju lokasi diperlukan sebuah perjuangan yang lumayan sulit karena harus menuruni sekitar 1000 anak tangga. Medannya juga lumayan terjal, sehingga Anda benar-benar diharuskan untuk tetap waspada.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

15. Air Terjun Biroro

Air Terjun Biroro
Image Credit: Makassarguide.com

Saat berkunjung ke Malino, jangan lupa untuk singgah ke air terjun Biroro. Lokasi wisata air terjun ini terletak di tengah hutan sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk sampai ke lokasi. Anda dapat berkunjung untuk menikmati kesejukan di sekitar air terjun yang dikelilingi pepohonan yang tampak asri.

Jangan lupa untuk mengabadikan setiap kegiatan liburan Anda agar dapat dibagikan ke teman atau keluarga yang belum pernah berkunjung ke Malino.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

16. Danau Tanralili

Danau Tanralili
Image Credit: Twitter.com @bobola008

Danau ini terletak di sekitar daerah kaki Gunung Bawakaraeang yang megah dan menakjubkan. Keindahannya tidak kalah seperti halnya di Ranukumbolonya Semeru. Terbentuk akibat peristiwa alam berupa longsoran dengan wujud berupa  cekungan yang cukup dalam.

Rute yang dilalui lumayan menantang dan cukup terjal. Lama perjalanan yang harus ditempuh dari desa terdekat Lengkese yaitu sekitar 3 jam. Biaya yang perlu disiapkan adalah sekitar Rp.10.000 untuk parkir dan registrasi.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manimbahoi, Kec. Parigi, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

17. Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng
Image Credit: Google Maps (Haerul Ikbal)

Gunung Bawakaraeng menyimpan sejuta pesona alami yang banyak diminati. Keberadaannya banyak dimanfaatkan sebagai sumber utama penyimpanan air di Kabupaten Gowa. Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di tempat tersebut.

Sebagian besar Masyarakat meyakini bahwa tempat ini dahulu menjadi titik pertemuan para wali. Mitos tersebut kemudian berkembang luas terutama di kalangan penganut sinkretisme. Banyak dari mereka yang juga melakukan kegiatan haji di puncak gunung tersebut.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

18. Air Terjun Bahagia

Air Terjun Bahagia
Image Credit: Twitter.com @konjenmakassar

Air terjun bahagia merupakan bagian dari pesona tersembunyi yang berada di jarak 2 kilometer dari pasar Malino. Akses mudah ditemukan dengan banyak petunjuk arah yang berada di setiap bahu jalan. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua atupun roda empat.

Rincian biaya yang diperlukan meliputi tiket masuk sebesar Rp.2000,- dan untuk parkir dikenakan tarif sukarela. Pengelolaan masih dilakukan secara mandiri oleh warga sekitar. Datang dan nikmati pesona alam yang alami dan jauh dari polusi.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bulutana, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

19. Air Terjun Parangloe

Air Terjun Parangloe
Image Credit: Instagram.com @rsyahrulhs

Bentuknya bertingkat dengan susunan batu yang menghiasinya merupakan keunikan dari air terjun Parangloe. Berada sekitar 20 kilometer ke arah pusat Kota Makassar. Keindahan alamnya begitu mempesona dan masih alami.

Berbeda dengan yang lain, tinggi tebingnya hanya 20 meter saja. Pengelolaanya dilakukan langsung oleh pemerintah daerah. Tingkat keamanannya juga sangat terjamin. Namun, tidak dianjurkan datang saat musim hujan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Belapunranga, Kec. Parangloe, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

20. Lembah Ramma

Lembah Ramma
Image Credit: Facebook.com @lembahramma

Lembah Ramma berada pada ketinggian tempat sekitar 1.700 hingga 1.800 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di kaki Gunung Bawakaraeng dan Lampobattang. Kebanyakan yang datang berkunjung adalah seorang pendaki.

Udara di sana Cukup dingin dan segar dengan pepohonan yang menghiasinya. Penduduk sekitar juga sangat ramah. Selain itu juga banyak penginapan yang tersedia di sekitar lokasi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

21. Lembah Biru Malino

Lembah Biru Malino
Image Credit: Pinterest.com @Oyoenk

Keindahan tempat ini tidak perlu diragukan lagi. Pemandangan alam yang asri serta udara yang sejuk menjadi alasan para wisatawan datang kemari. Lembah biru ini memiliki pemandangan biru ketika pergantian hari, hal ini disebabkan karena kabut yang turun dari gunung, sehingga menyebabkan warna langit seolah-olah berwarna biru.

Wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga dan pasangan muda yang ingin berwisata sambil berbulan madu. Selain nuansa yang romantis, hawa sejuk yang cenderung dingin ini sangat mendukung untuk terus berdua. Jadi sangat sayang ketika berada di Malino, namun tidak mampir kesini.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Patene, Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

22. Gunung Gamping

Gunung Gamping
Image Credit: Libasnews.co.id

Sebagai sebuah kawasan wisata taman dan bangunan bersejarah, Gowa juga memiliki kekayaan alam lain seperti gunung gamping. Anda juga akan dimanjakan dengan hijaunya pohon pinus yang berjejer rapih dan menjulang tinggi di setiap sudutnya. Suasana tropis yang ditonjolkan menjadi satu daya tarik bagi pengunjung untuk singgah.

Udaranya sangat sejuk dan lumayan dingin dengan rentang suhu sekitar 10 hingga 26 derajat celcius. Satu informasi penting yang harus diingat, saat Anda datang pada musim hujan usahakan untuk berhati-hati karena medan yang dilalui licin dan cukup membahayakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Itulah 22 rekomendasi tempat wisata di Malino yang bisa Anda kunjungi ketika Anda berada di Sulawesi Selatan. Beberapa titik tujuan wisata tersebut di atas tidak memiliki jarak tempuh yang terlalu jauh. Fasilitas di Malino juga sudah sangat lengkap, akses lokasi yang bisa ditempuh menggunakan berbagai macam kendaraan dan tersedia berbagai penginapan yang ditawarkan dengan harga relative murah. Jadi, siap liburan ke Malino?