Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Bondowoso, Jawa Timur. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Bondowoso, merupakan sebuah kawasan yang masih berada di provinsi Jawa Timur dan menyimpan beragam jenis destinasi wisata. Meskipun panorama keindahan dari tempat-tempat wisata itu didominasi oleh hasil kekayaan alam seperti air terjun dan pegunungan, namun jangan salah nyatanya masih banyak wisatawan yang datang ke lokasi ini.

Dilihat dari garis kontur Bondowoso tidak memiliki satupun garis pantai, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa wisata pantai tak akan Anda temui di wilayah ini. Sementara itu selain keindahan-keindahan alam yang memanjakan mata, ada segelintir kisah sejarah yang cukup menarik untuk ditelusuri. Jadi Anda bisa berlibur sekaligus belajar sejarah kuno.

Terkadang dengan adanya beberapa pilihan lokasi wisata membuat Anda bingung untuk memilihnya. Apalagi jika semua memiliki daya tarik yang cukup kuat, maka bisa dipastikan kebimbangan akan menyelimuti Anda. Nah, untuk memberikan sedikit referensi bagi Anda yang ingin ke Bondowoso, silahkan simak ulasan tempat wisata berikut ini.

1. Kawah Ilalang

Kawah Ilalang
Image Credit: Paradisebondowoso.blogspot.com

Menyesuaikan namanya wisata Kawah Ilalang merupakan tempat yang luas dan berbentuk menyerupai kawah, namun dipenuhi tanaman ilalang. Mengunjunginya akan membuat Anda sangat tenang dan nyaman karena udaranya masih sejuk serta asri. Lokasinya ada di Sempo, Bondowoso dengan harga tiket Rp 5.000.

Fasilitas yang tersedia hanyalah background dari pemandangan alami yang jika diambil dengan posisi tepat maka akan menampilkan bak hamparan permadani berwarna putih kehijauan. Tentunya hal tersebut bisa memberikan kesan tersendiri bagi Anda, karena tidak akan bisa ditemukan pada tempat lain.

Lokasi: Curah Macan, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

2. Bukit Seranding

Bukit Seranding
Image Credit: Bumiparapetualang.blogspot.com

Bukit Seranding berada tepat di Kecamatan Tlogosari, Bondowoso yang memiliki ketinggian kisaran 300 mdpl saja. Panorama yang dapat dilihat jika Anda berada di atasnya sangat memanjakan mata. Bahkan Anda bisa mengabadikannya dengan ponsel dengan latar belakang alam sekitar yang cukup memukau.

Apabila Anda tertarik Bukit Seranding buka 24 jam non stop dan tidak membebankan biaya sedikitpun kepada para wisatawannya. Hanya saja, belum ada pengelolaan yang baik untuk menyediakan fasilitas bagi orang-orang yang berada disana.

Lokasi: Gudeng Seng, Maskuning Wetan, Kec. Pujer, Kab. Bondowoso.

3. Kawah Gunung Ijen

Kawah Gunung Ijen
Image Credit: Republika.co.id

Gunung ijen sangat tenar dengan adanya kawah yang bersemayam di dalamnya dan menjadi salah satu objek wisata yang cukup di segani. Namanya Kawah Gunung Ijen, memberikan tampilan pemandangan blue fire yang berada di ketinggian 2.443 mdpl, dan dikelilingi oleh dinding kaldera setinggi 300-500 meter.

Fakta menariknya lagi destinasi ini dinobatkan menjadi danau kawah terbesar seluruh dunia, yakni dengan luas 5.446 hektar. Lokasinya masih berada di sekitar Bondowoso, dengan harga tiket masuk berkisar Rp 150.000. Jika berkunjung kesana Anda harus berhati-hati karena karena suhunya sangat ekstrem.

Lokasi: Curah Macan, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

4. Pohon Pelangi

Pohon Pelangi
Image Credit: Winnetnews.com

Berlibur ke lokasi wisata tak lengkap rasanya jika tidak berfoto dengan background pemandangan destinasinya. Nah di Kecamatan Sumberwringin, Bondowoso ada sebuah lokasi yang sangat cocok untuk dijadikan spot foto, yakni Pohon Pelangi. Keindahan dari warna-warna pepohonan itu terbentuk secara alami.

Fenomena tercipta dari getah-getah pohon yang menetes keluar dan mengenai permukaan pohon sehingga membentuk sebuah lapisan dengan warna yang berbeda-beda. Seperti merah, biru, ungu, dan jingga. Perpaduan warna itu sangat mirip dengan pelangi yang muncul setelah hujan reda di atas awan.

Lokasi: Sumberwringin , Kec. Sumberwringin, Kab. Bondowoso.

5. Rawa Indah Almour

Rawa Indah Almour
Image Credit: Kemendesa.go.id

Desa Alas Sumur, Bondowoso juga mempunyai destinasi wisata tak kalah keren dengan tempat lain yakni Rawa Indah Almour. Dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000 Anda sudah bisa menikmati keindahan ciptaan tuhan. Disana ada sebuah jembatan kecil yang sering menjadi lokasi orang untuk bersantai.

Sementara itu, di tempat ini juga menyediakan beberapa fasilitas cukup keren. seperti hunting foto, flying fox, perahu untuk berkeliling danau, dan lokasi pemancingan.

Hanya saja jika mau mencoba Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 5.000-Rp 15.000 saja per orangnya. Dijamin Anda bisa mendapatkan kesenangan tanpa harus menghambur-hamburkan uang.

Lokasi: Alassumur, Kec. Pujer, Kab. Bondowoso.

6. Taman Bunga Villa Afdeling

Taman Bunga Villa Afdeling
Image Credit: Berwisata.id

Berkunjung ke Jampit, Bondowoso akan sangat berkesan jika Anda tak melupakan kunjungan ke Taman Bunga Villa Afdeling. Objek utama yang ditawarkan adalah taman bunga dengan berbagai jenis yang cukup luas dan di tengahnya ada bangunan villa yang mempunyai desain indies.

Meskipun hanya ada beberapa fasilitas disana seperti spot foto dan villa, namun setiap periodenya masih banyak pengunjung yang berdatangan. Hal itu disebabkan karena kesejukan udara di sekitar yang membuat nyaman, dan keindahan bunga yang cocok untuk menjadi background foto dari orang-orang.

Bukan hanya itu saja, untuk masuk pun Anda tidak perlu membayar. Jadi lakukanlah kesenangan Anda untuk menikmati suasana tenang untuk melepas beban pikiran karena rutinitas pekerjaan.

Lokasi: Jampit, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

7. Alun-Alun Bondowoso

Alun-Alun Bondowoso
Image Credit: Timesindonesia.co.id

Seperti halnya kota lain yang mempunyai lapangan luas untuk melakukan berbagai aktivitas. Alun-Alun Bondowoso adalah tempat wisata berikutnya yang sangat rekomendasi bagi Anda yang ingin sekedar nongkrong untuk menikmati berbagai hidangan kuliner. Lokasinya ada di Kotakulon, Bondowoso.

Di tempat ini Anda juga bia melakukan kegiatan lain selain bersantai, yakni bersepeda, jogging, dll. Apalagi jika Anda datang waktu malam hari pasti menemukan pemandangan banyak orang yang nongkrong bersama teman-temannya ataupun pasangannya.

Lokasi: Kauman, Kotakulon, Kec. Bondowoso, Kab. Bondowoso.

8. Pemandian Tasnan

Pemandian Tasnan
Image Credit: Tripjalanjalan.com

Mengajak keluarga berlibur ke Desa Taman, Bondowoso jangan lupa mampir ke Pemandian Tasnan. Sebab disini Anda bisa menemukan beberapa fasilitas seperti kolam renang, tempat bersantai, spot foto, dsb. Dengan mengeluarkan uang Rp 10.000 untuk masuk Anda sudah bisa menikmati layanan yang disediakan.

Objek wisata satu ini sangat banyak pengunjung di setiap harinya, apalagi pada hari weekend. Pastilah kolam renang yang ada tidak akan muat oleh pengunjung yang berdatangan silih berganti. Oleh karena itulah jika ingin suasana agak sepi, carilah hari yang tidak spesial.

Lokasi: Desa Taman, Pasnan, Kec. Grujugan, Kab. Bondowoso.

9. Bosamba Rafting

Bosamba Rafting
Image Credit: Tempatwisata.pro

Seperti yang telah dipaparkan tadi bahwa Bondowos kaya akan destinasi wisata alamnya. Salah satunya adalah Bosamba Rafting, air terjun keren yang bisa Anda sambangi di Desa Taman Krocok, Bondowoso.

Destinasi wisata yang berhubungan dengan air ini sangatlah cocok bagi Anda yang hobi menantang adrenalin. Disana Anda bisa mencoba permainan rafting di tengah derasnya aliran sungai berbatu yang akan membuat hati berdebar. Sementara itu untuk biayanya sendiri tidak akan menyulitkan Anda nantinya.

Lokasi: Desa Koanyar, Taman, Kec. Taman Krocok, Kab. Bondowoso.

10. Bukit Mahadewa

Bukit Mahadewa
Image Credit: Bukitmahadewa.business.site

Siapa sih yang tidak ingin liburan dengan harga tiket masuk sekitar Rp 3.000 saja. Dijamin Anda pun mau untuk mencobanya, Bukit Mahadewa adalah destinasi yang masuk list detsinasi. Pemandangan alam pegunungan di Bondowoso, bisa Anda saksikan jika menaiki bukit ini.

Disana ada sebuah papan berbentuk love yang akan membantu Anda memperjelas dalam menikmati keindahan alam itu. Bukan hanya itu saja, tempat ini juga begitu direkomendasikan untuk wisatawan yang suka bersepeda karena rutenya sangat menantang untuk ditaklukan.

Lokasi: Kupang, Kec. Curah Dami, Kab. Bondowoso.

11. Pegunungan Hyang

Pegunungan Hyang
Image Credit: Debsdiscoveridea.wordpress.com

Lagi-lagi penampilan panorama alam yang akan membuat Anda takjub. Pegunungan Hyang yang mempunyai puncak gunung Argopuro akan memberikan penawaran pemandangan cantik nan eksotis untuk Anda.

Meskipun letaknya ada di dataran tinggi, namun Anda tidak perlu khawatir jika harus berjalan kaki untuk sampai di lokasi. Sebab akses jalan menuju kesana sudah diperbaiki sehingga bisa dilalui oleh kendaraan. Dengan begitu Anda tidak perlu capek untuk menikmati kecantikan dari kekayaan alam Indonesia yang satu ini.

Lokasi: Kab. Bondowoso.

12. Kawah Wurung

Kawah Wurung
Image Credit: Maps.google.com @andrian pratama

Kawah Wurug merupakan objek wisata yang juga akan memberikan kepuasan tentang keindahan alam bagi Anda. Bahkan disana Anda pastinya akan terpsona dengan perpaduan bunga dan rerumputan hijau yang ada di sekitar lokasi.

Berlokasikan di Desa Kalianyar, Bondowoso dan tiket masuk sekitar Rp 3.000 saja Anda sudah dapat merfresh pikiran. Perlu di ketahui juga bahwa Kawah Wurug ini masih dalam pengelolaan Perum Perhutani, sehingga tak heran jika keadaannya sangat terawat.

Lokasi: Margahayu, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

13. Puncak Scorpio

Puncak Scorpio
Image Credit: Catatanyusril027.blogspot.com

Beralih ke Desa Sumber Canting, Bondowoso Anda bisa mengunjungi tempat wisata Puncak Scorpio. Disana ada berbagai fasilitas yang cukup lengkap, dan kabarnya masih dilakukan beberapa renovasi pembangunan demi kenyamanan wisatawan.

Saat Anda mengunjunginya cuaca sedang cerah maka beberapa gunung kokoh nan tinggi yang ada mengelilingi Bondowoso bisa disaksikan. Anda juga bisa berfoto dengan background pemandangan itu ataupun di papan tulisan raksasa bertuliskan Puncak Scorpio.

Lokasi: Arak Arak I, Sumbercanting, Kec. Wringin, Kab. Bondowoso.

14. Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar
Image Credit: Detik.com

Bondowoso memang salah satu wilayah yang sangat kaya akan destinasi alamnya. Begitu juga ada yang ada di Desa Andongsari, ialah Air Terjun Tancak Kembar. Panorama yang ditawarkan adalah pesona dari dua air terjun yang memiliki air sangat jernih.

Diberi julukan kembar karena ukuran dari dua air terjun itu hampir sama. Dikelilingi dengan pepohonan membuat keadaan sekitar menjadi lebih asri dan udaranya sejuk. Jika Anda cukup tertarik maka segera masukkan ke daftar list tempat wisata yang dibuat.

Lokasi: Andungsari, Kec. Pakem, Kab. Bondowoso.

15. Air Terjun Blawan

Air Terjun Blawan
Image Credit: Instagram.com @luciasantosoo

Air terjun Blawan memiliki keunikan yang terletak pada alirannya. Sebab airnya tidak mengarah lurus ke bawah namun ke samping, sehingga menghasilkan panorama yang cukup unik dan eksotis.

Dinilai memiliki air dengan tingkat kejernihan di atas standart rata-rata membuat Air Terjun Blawan selalu padat dengan pengunjung. Selain itu, disana juga memiliki kelengkapan fasilitas, dibandingkan wisata lainnya.

Lokasi: Rengahrejo, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

16. Batu So’on

Batu So’on
Image Credit: Voinews.id

Batu So’on yang berada di Cerme, bondowoso selalu disamakan dengan Stone Henge, wisata batu di Inggris. Memang bentuknya hampir mirip karena menawarkan pemandangan bebatuan besar yang berkesan seperti tersusun rapi ke atas.

Wisata ini bukan merupakan buatan manusia melainkan mukzizat dari Tuhan. Keunikan inilah yang sering menjadi alasan untuk mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Lokasi: Tenggina, Solor, Kec. Cermee, Kab. Bondowoso.

17. Bendungan Sampean Baru

Bendungan Sampean Baru
Image Credit: Instagram.com @onyekasetiawan

Pemandangan bebatuan tidak hanya terdapat di satu objek wisata saja, melainkan juga ada di Bendungan Sampean Baru. Lokasi tepatnya ada di Desa Pandak.

Meskipun hanya berbentuk seperti bendungan namun ribuan batu yang ada disana sangat cocok untuk menjadi spot foto. Apalagi jika waktu berkunjung Anda sore hari, bisa dipastikan jika sunsite akan muncul diantara objek foto yang diambil.

Lokasi: Tapen, Koanyar, Pandak, Kec. Klabang, Kab. Bondowoso.

18. Tasnan Forest

Tasnan Forest
Image Credit: Dianravi.com

Deretan hutan pinus yang dilengkapi dengan payung-payung bergelantungan dan fasilitas lain membuat Tasnan Forest menjadi objek wisata yang hits. Lokasinya ada di Grujukan, Bondowoso dengan harga tiket Rp 5.000.

Anda bisa menikmati kesejukan suasana hutan dengan duduk santai di kursi-kursi kayu yang disediakan. Bahkan kicauan dari bermacam-macam burung yang bertengger di pohon pinus akan menjadi irama yang cukup indah untuk di dengar.

Lokasi: Congkrong Timur, Taman, Kec. Grujugan, Kab. Bondowoso.

19. Air Terjun Gentongan

Air Terjun Gentongan
Image Credit: Lihatbwi.blogspot.com

Desa Kalianyar, Bondowoso ternyata juga menyimpan surganya dunia, yakni Air Terjun Gentongan. Aliran air yang dapat Anda lihat memang tidak cukup deras, namun adanya tebing karst dapat memberikan kesan yang sangat unik dan eksotis.

Bau belerang yang ada di Air Terjun Gentongan berasal dari Kawan Ijen yang katanya juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Percaya atau tidaknya itu kembali ke diri masing-masing yang terpenting ikut menjaga kelestariannya.

Lokasi: Kebunjeruk, Kalianyar, Kec. Sempol, Kab. Bondowoso.

20. Bukit Berlapis

Bukit Berlapis
Image Credit: Explorewisata.com

Bukit berlapis merupakan nama dari tempat wisata yang ada di Ijen, Bondowoso. Pemandangan dari perbukitan yang terselimuti oleh permadani berwarna hijau dan dihiasi beberapa cerukan berlapis membuat siapapun betah berlama-lama menatapnya.

Keindahan ini sudah banyak yang mengakuinya, sehingga tak heran jika Bukit Berlapis menjadi tempat wisata favorit. Jika sudah berkunjung ke tempat ini bisa dipastikan ada pikiran untuk mendatanginya lagi di waktu yang akan datang.

Lokasi: Kawasan Afdeling Watu Capil, Kec.Sempol, Kab. Bondowoso.

Itulah beberapa tempat wisata terfavorit dan terpopuler di Bondowoso yang bisa menjadi referensi liburan Anda. Meskipun kebanyakan destinasinya menyajikan panorama alam, namun tidak akan membuat Anda menyesal telah berlibur kesana.