11 Wisata Kuliner di Salatiga yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Salatiga

Tak bisa dipungkiri bahwa melakukan wisata kuliner merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Dengan berwisata kuliner, Anda bisa mencicipi kelezatan masakan dari daerah lainnya. Salah satu kota yang juga memiliki wisata kuliner menarik adalah Salatiga. Kota Salatiga merupakan salah satu kota yang berada di wilayah Jawa Tengah.

Kota ini memiliki cukup banyak makanan enak yang sayang untuk Anda lewatkan. Ditambah dengan hawa yang sejuk dari kota ini membuat wisata kuliner di Salatiga menjadi hal yang seru untuk dilakukan. Anda bisa mengexplore banyak makanan baru yang mungkin belum pernah dicoba sebelumnya.

Penasaran apa saja wisata kuliner terbaik yang ada di Salatiga? Berikut ini ada 11 tempat wisata kuliner di Salatiga yang wajib Anda coba jika berkunjung ke daerah ini untuk liburan.

1. Warung Sate Blotongan

Warung Sate Blotonga

Lokasi: Jl. Fatmawati No.119-121, Blotongan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga. – Image Credit by Kratonpedia.com

Bagi Anda yang berasal dari luar wilayah Jawa Tengah, mungkin sate blotongan masih sedikit asing di telinga. Sate Blotongan merupakan kuliner sate yang terbuat dari daging kambing. Dinamakan Blotongan karena sate lezat ini bisa Anda temukan dengan mudah di Blotongan, kota Salatiga.

Penyajian sate di tempat kuliner ini cukup modern dimana sate ditaruh di atas hot plate. Selain menjaga agar sate tetap hangat, penyajian di atas hot plate tersebut untuk menjaga cita rasa dari daging kambingnya. Kecap dan sambal sebagai bumbu sate disajikan secara terpisah dengan satenya.

2. Waroeng Kopi Prijaji

Waroeng Kopi Prijaji

Lokasi: Jl. Raya Salatiga-Kopeng, Mangunsari, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga. – Image Credit by Iptence.blogspot.com

Waroeng Kopi Prijaji berada di lokasi yang cukup pelosok sehingga menghadirkan suasana yang sedikit berbeda dari tempat kuliner kota. Warung ini cocok digunakan untuk bersantai karena suasananya yang romantis serta menyenangkan. Ada banyak sajian kopi yang bisa memanjakan lidah Anda.

Bahkan sajian menu tersebut selalu berganti-ganti sehingga membuat pelanggannya tidak pernah bosan untuk datang mencoba. Jika berminat untuk berkunjung, Anda bisa mulai datang pukul 16.00 hingga tutup pada pukul 23.00.

3. Waroeng Goenoeng Kopeng

Waroeng Goenoeng Kopeng

Lokasi: Jl. Raya Kopeng KM.13,5, Plalar Wetan, Kopeng, Kec. Getasan, Kab Semarang. – Image Credit by Diarykeluarga.blogspot.com

Berwisata kuliner di Salatiga rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Waroeng Goenoeng Kopeng ini. Pasalnya, ada berbagai macam menu masakan lezat yang bisa Anda coba di sini. Rasa dari segala menu pilihan tersebut dijamin dapat memanjakan perut kosong Anda.

Menu favorit pengunjung adalah berbagai olahan iga sapi seperti tongseng iga pedas, iga bakar, dan lain sebagainya. Kelezatan makanan di warung ini akan semakin bertambah dengan suasana alam dan hawa sejuk sekitar. Anda bisa mengenyangkan perut sekaligus merefresh pikiran di tempat ini.

4. Rumah Makan Es Cobra

Rumah Makan Es Cobra

Lokasi: Jl. Kalipengging No.4C, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga. – Image Credit by Wisataindonesia.xyz

Cobra menjadi nama salah satu kuliner yang disediakan rumah makan ini untuk menarik pengunjung. Es Cobra sendiri merupakan menu makanan berupa es campur. Menu ini merupakan menu andalan di rumah makan es cobra yang terdiri dari cincau, aneka ragam buah, serta kuah santan.

Rasa segar dari es ini memang paling cocok Anda santap ketika terik di siang hari. Tidak hanya es cobra saja, ada beberapa menu andalan lain yang bisa Anda cicipi seperti nasi pecel, nasi liwet, lontong opor, dan lain sebagainya. Jangan khawatir, meski rasanya lezat namun harganya terjangkau.

5. Ronde Sekoteng Jago Salatiga

Ronde Sekoteng Jago Salatiga

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.9, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga. – Image Credit by Travelingyuk.com

Ronde Sekoteng Jago Salatiga merupakan tempat makan enak yang bisa Anda kunjungi di malam hari. Hawa dingin malam hari dari kota Salatiga memang paling cocok jika ditemani dengan semangkok ronde sekoteng lezat.

Biasanya tempat ini mulai buka di siang hari yaitu sekitar pukul 14.00. Namun, Ronde Sekoteng Jago Salatiga akan ramai ketika sore menjelang malam. Pasalnya, waktu tersebut memang paling tepat untuk menikmati sekoteng.

6. Banyu Steak house Salatiga

Banyu Steak house Salatiga

Lokasi: Jl. Marditomo No.50, Sidorejo Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga. – Image Credit by Facebook.com @Banyu Steak House

Banyu Steak House merupakan tempat wisata kuliner yang cocok digunakan untuk bersantap dengan keluarga, teman, atau pasangan. Tempatnya yang bersih dan terawat menjadi daya tarik lain disamping kuliner steaknya yang lezat.

Ada berbagai macam steak yang dijual di sini misalnya seperti chicken blackpaper, chicken original, tenderloin blackpaper, tenderloin original, sirloin crispy, chicken crispy, chicken mushroom, dan lain sebagainya. Untuk minumannya sendiri tersedia menu seperti capucino float, avocado float, moca, orange, strawberry, dan lain-lain.

7. Warung Mie Juragan Salatiga

Warung Mie Juragan Salatiga

Lokasi: Jl. Diponegoro, Kelurahan No.57, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga. – Image Credit by Satuaspal.com

Mie merupakan salah satu kuliner yang memiliki penggemarnya tersendiri. Apakah Anda salah satu penggemar mie juga? Jika iya, maka Anda wajib mengunjungi Warung Mie Juragan Salatiga jika berkunjung ke kota ini.

Kuliner mie di warung ini sudah sangat terkenal baik oleh warga asli Salatiga maupun luar kota Salatiga. Rasa lezat dan gurih dari olahan mie di tempat ini memang menagihkan sehingga selalu ingin mencobanya lagi. Beberapa menu yang tersedia diantaranya mie kopyok, cwie mie, selad solo dan nasi ungu, mie ayam, dan lain-lain.

8. Hanna Resto Salatiga

Hanna Resto Salatiga

Lokasi: Jl. Kauman No.36A, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga. – Image Credit by Facebook.com @Hanna Resto

Hanna Resto merupakan tempat makan berkonsep keluarga dimana menyediakan fasilitas berupa tempat bermain anak. Di sini juga tersedia kolam renang outdoor dengan taman yang bersih dan tertata rapi. Jadi Anda tidak hanya bisa mengenyangkan perut saja namun juga bisa sekaligus bersantai.

Hanna Resto juga menyediakan koneksi wifi gratis yang cepat sehingga membuat Anda semakin betah berkunjung. Meski begitu makan di tempat ini tak kalah lezat. Ada beberapa menu andalan seperti sup iga, sup hanna resto, nasi goreng, nasi rawon, dan spesial tongseng pare.

9. Warung Nasi Rames Bu Djono

Warung Nasi Rames Bu Djono

Lokasi: Jl. Sukowati No.39, Kalicacing, Kec. Sidomukti, Kota Salatiga. – Image Credit by Kabarkuliner.com

Nasi Rames Bu Djono bisa menjadi tempat kuliner pilihan untuk Anda yang mencari kuliner lezat namun dengan harga yang terjangkau. Nasi rames yang ada di warung ini dihidangkan dengan berbagai macam lauk yang gurih dan lezat.

Jika berkunjung ke Salatiga, Anda wajib mampir ke warung yang berlokasi di Jalan Sudirman ini. Rasa lezat nasi rames akan membuat Anda puas setelah mencicipinya.

10. Rumah Makan Nasi Kuning Bagadang Manise

Rumah Makan Nasi Kuning Bagadang Manise

Lokasi: Jl. Kemiri 1 No.31, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga. – Image Credit by Facebook.com @Nasi Kuning Bagadang “Manise” Ambon

Sesuai dengan nama rumah makannya, Anda bisa menyantap nasi kuning sebagai teman begadang. Pasalnya, rumah makan ini dibuka mulai sore hari hingga tengah malam sehingga bisa dijadikan teman begadang.

Anda yang mencari kuliner malam bisa mencoba rumah makan ini. Nasi kuning yang berada di sekitar jalan Kemiri ini terkenal akan kelezatannya. Tidak hanya mengenyangkan saja, ada cita rasa lain yang bisa membuat Anda ingin mencobanya lagi.

11. Tahu Campur Pak Min

Tahu Campur Pak Min

Lokasi: Jl. Patimura No.58, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga. – Image Credit by Wiyono45.blogspot.com

Tempat wisata kuliner terakhir yang bisa Anda coba jika berkunjung ke Salatiga adalah Tahu Campur Pak Min. Banyak yang bilang bahwa tahu campur buatan Pak Min ini adalah tahu campur terenak yang ada di kota Salatiga.

Mahasiswa hingga pegawai kantoran menjadi pelanggan setia dari tahu campur ini sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Yang spesial dari tahu campur pak min adalah penyajiannya yang masih dalam keadaan hangat dimana tahu, bakwan, dan tempe baru digoreng setelah dipesan.

Itulah 11 tempat wisata kuliner terenak yang ada di kota Salatiga. Pilih menu favorit Anda dan coba sendiri kelezatan makanan di kota ini.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak