15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Tasikmalaya

Tasikmalaya salah satu kota yang ada di Jawa Barat dengan julukan Sang Mutiara dari Pariangan Timur. Selain sebagai kota wisata Tasikmalaya juga menyimpan kekayaan wisata kuliner yang nikmat, menggugah selera dengan citarasa khas.

Jika Anda berkunjung ke kota Tasikmalaya hukumnya wajib untuk mencicipi aneka kuliner khasnya. Kuliner yang masih mempertahankan cita rasa sejak zaman dahulu ini memadukan bumbu-bumbu khas masakan sunda yang diolah sedemikian rupa menjadi masakan khas.

Citarasa kuliner Tasikmalaya ada manis, pedas, asin dan gurih yang bercampur menjadi perpaduan nikmat. Mulai dari kuliner legendaris sampai kuliner hitz kekinian ada di Tasikmalaya. Penasaran seperti apa rasa dari makanan khas Tasikmalaya berikut ulasannya untuk Anda.

1. Bubur Haji Zaenal

Bubur Haji Zaenal

Lokasi: Jl. R. Ikik Wiradikarta No.33, Tawangsari, Kec. Tawang, Kota. Tasikmalaya. – Image Credit by Beritabaik.id

Pedagang bubur ayam di Tasikmalaya jumlahnya ada banyak. Tetapi yang paling terkenal dan jadi rekomendasi ada Bubur Haji Zaenal. Tempat makan Bubur Haji Zaenal sudah berdiri dari tahun 1969. Cita ras bubur encer dengan banyak toping pelengkap di atasnya.

Toping pelengkap diatas bubur ada suwiran daging ayam, ati ampela, daun bawang, cakwe, dan berambang goreng. Semangkuk lengkap bubur ayam dibandrol dengan harga 15 sampai 20 ribu rupiah saja. Bubur Ayam Haji Zanal enak, lembut, gurih dan kaya toping.

2. Pecel Oranye

Pecel Oranye

Lokasi: Jl. Empang No. 27, Empangsari, Tawang, Cihideung, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Travelingyuk.com

Berburu wisata kuliner selanjutnya di Tasikmalaya masih di tempat makan yang legendaris ada Pecel Oranye. Warung makan pecel ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dari tahun 1925. Pecel Oranye khas dengan citarasa bumbu pecel manis, asin dan asem yang disiram diatas sayuran.

Harga se porsi pecel hanya 15 ribu rupiah saja. Selain pecel ada juga menu lain seperti lotek, karedok, dan gado-gado. Lokasi pecel oranye sangat mudah di cari karena ada di seberang Hotel Selamat.

3. Nasi Cikur Penyerutan

Nasi Cikur Penyerutan

Lokasi: Jl. Panyerutan, Nagarawangi, Kec. Cihideung, Kec. Tasikmalaya. – Image Credit by Putratravel.net

Makanan khas Tasikmalaya ada nasi cikur penyerutan. Kedai milik Ny Iyen ini adalah salah satu tempat makan yang sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 8 pagi saja.

Seharinya warung Ny Iyen bisa menghabiskan beras 12 kg, belum lagi jika hari minggu bisa sampai 15 kg beras habis dalam sehari. Pelanggan nasi cikur penyerutan ini datang dari berbagai penjuru kota sampai ke Garut, Ciamis, Banjar dan Bandung.

4. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman

Lokasi: Jl. Pataruman, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Travelingyuk.com

Tasikmalaya juga punya tempat makan soto yang khas yaitu Soto Ayam Pataruman yang ada di Kecamatan Cihideung. Warung makan soto ayam pantaruman buka sejak 1960-an. Disini Anda bisa memilih jenis isian untuk sotonya ada paha, ceker, dada, ati ampela, kepala bahkan kulit.

Ayam yang dipakai untuk isian soto berupa daging ayam kampung yang nikmat. Karena menggunakan daging ayam kampung citarasa soto jadi lebih gurih dan menggugah selera.

5. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja

Lokasi: Jl. Garut – Tasikmalaya, Mangunreja, Kec. Mangunreja, Kab. Tasikmalaya. – Image Credit by Travelingyuk.com

Kupat Tahu Mangunreja legendaris karena sudah berjualan sejak zaman penjajahan Belanda. Kupat tahu ini dahulu dijual dengan cara dipanggul berkeliling sekarang pengelolanya tempatnya sudah memasuki generasi ke tiga.

Dalam satu porsi kupat tahu mangureja ada potonga kupat, tahun, bumbu, sayuran, yang disiram dengan bumbu kacang kental. Proses masaknya masih menggunakan cara tradisional dengan kayu bakar sehingga tetap menghasilkan aroma yang khas.

6. Mie Bakso Laksana

Mie Bakso Laksana

Lokasi: Jl. Pemuda No.5, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Travelingyuk.com

Setelah tadi kita berburu wisata kuliner legendaris sekarang saatnya berburu wisata kuliner favorit banyak orang. Mie Bakso Laksana salah satu tempat makan bakso di Tasikmalaya yang terkenal dikalangan masyarakat karena citarasanya yang enak.

Mie bakso laksana hadir dengan tampilan sederhana dengan porsi 1 mangkuk mie, satu mangkuk bakso dan kuah, dan satu mangkuk pangsit. Yang menjadi ciri khas dari Bakso Laksana adalah adanya sambal bawang yang disajikan sebagai bumbu sambal mie bakso.

7. Kedai Pelangi

Kedai Pelangi

Lokasi: Jl. Tawang Sari, Tawangsari, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Trend.koropak.co.id

Kedai Pelangi adalah warung makan mie ayam yang ada di Tasikmalaya dengan tampilan mie yang unik karena berwarna-warni. Mie ayam pelangi punya komposisi mie berwarna kuning, putih, merah dan hijau. Bahan yang dipakai untuk pewarna mie adalah bahan alami yang didapat dari sayuran.

Satu porsi mie ayam pelangi dibandrol dengan harga 12 ribu sampai 15 ribu rupiah. Selain mie pelangi di kedai ini menyediakan mie cokelat dari bahan cokelat bubuk, aneka sosis bakar, bakso jumbo tulang muda dan ramen pelangi.

8. Mie Baso Cicim

Mie Baso Cicim

Lokasi: Empangsari, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Dutabaksotasikmalaya.blogspot.com

Tempat makan mie bakso unik selanjutnya ada Mie Bakso Cicim dengan keunikan yang terletak pada bakso goreng dan lacupannya. Lacupan sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dibuat menyerupai otak-otak.

Bakso cicim tersedia dalam dua varian yaitu bakso yamin dan bakso kuah. Kedua varian memiliki cita rasa yang enak dan nikmat. Mie Bakso Cicim ini masuk dalam daftar tempat makan hits di Tasikmalaya.

9. Nasi TO Tasik

Nasi TO Tasik

Lokasi: Empangsari, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Travel.tempo.co

TO adalah kependekan dari tutug oncom. Tutug Oncom adalah masakan khas sunda yang terbuat dari nasi dan oncom yang ditumbuk. Bahan yang dipakai untuk nasi TO ada nasi putih, bawang putih, oncom, bawang merah, kencur, cabai, kemangi, gula dan garam.

Satu porsi nasi TO Tasik disajikan dengan aneka lauk tambahan seperti telur goreng, oseng sayur, bihun, mentimun, daging ayam dan lainnya. Nasi TO Tasik ini nikmat disantap untuk menu sarapan.

10. Raja Sate Maranggi

Raja Sate Maranggi

Lokasi: Jl. Taman Harapan No.5, Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Business.google.com

Sate Maranggi olahan sate khas Tasikmalaya yang terbuat dari daging sapi dengan potongan yang besar-besar. Daging sapi ditusuk kemudian di bakar lalu disiram dengan bumbu kecap. Sate Maranggi ini nikmat santap dengan lontong maupun nasi.

Tempat makan sate meranggi yang paling terkenal ada Raja Sate Maranggi. Satu tusuk sate dibandrol dengan harga 8 ribu sampai 9 ribu rupiah.

11. Waroeng Kopi Lawas E18

Waroeng Kopi Lawas E18

Lokasi: Jl. Empang No 18, Empangsari, Tawang, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Placeknow.com

Menikmati liburan di Tasikmalaya tidak ada matinya apalagi jika Anda dan teman-teman bisa ngopi di Waroeng Kopi Lawas E18. Warung kopi ini menyediakan kenikmatan kopi dari berbagai penjuru Nusantara.

Anda bisa memilih kopi mana yang sesuai dengan selera, selain kopi khas ada juga kopi yang bercitarasa buah di warung ini. Waroeng Kopi Lawas buka setiap hari dari jam 12 siang sampai jam 12 malam.

12. Takara Kitchen

Takara Kitchen

Lokasi: Jl. Paseh No. 8, Nagarawangi, Tuguraja, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Foursquare.com

Mau makan makanan khas Asia di Tasikmalaya, Anda bisa datang ke Takara Kitchen. Tempat makan yang menyediakan aneka makanan asia yang lezat dan nikmat. Menu andalannya ada ramen, berbagai jenis ramen bisa Anda temukan di tempat makan ini.

Harga menu makanan di Takara Kitchen sangat terjangkau mulai dari 15 ribu sampai 21 ribu saja. Buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Pencinta makanan Asia wajib datang ke Takara Kitchen.

13. Susu Murni Si Doel

Susu Murni Si Doel

Lokasi: Jl. Bkr, Kahuripan, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Mimimiladiary.blogspot.com

Selain tempat minum kopi khas di Tasikmalaya ada juga tempat minum susu khas. Minum susu mengandung protein, mineral, dan kalsium yang baik bagi kesehatan.

Susu segar disantap dengan aneka makanan pendamping jadi menu wajib yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Tasikmalaya. Susu Murni Si Doel buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.

14. Kafe Romie Susanti

Kafe Romie Susanti

Lokasi: Jl. KHZ Mustofa No.8, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Kulinerditasik.wordpress.com

Anak muda yang suka nongkrong ketika ke Tasikmalaya wajib coba nongkrong di Kafe Romie Susanti. Banyak anak muda Tasik yang juga menghabiskan waktu mereka disini sembari ngobrol dan makan.

Ada banyak makanan dan minuman enak yang bisa dipesan sesuai dengan selera Anda. Kafe Romie Susanti buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai 10 malam.

15. An’café

An café

Lokasi: Jl. Tarumanagara No.48, Tawangsari, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. – Image Credit by Idntimes.com

Masih seputar tempat nongkrong seru di Tasikmalaya, list terakhir ada An’café. Anda bisa menikmati makanan khas Jepang da Korea yang langsung makan dari panci panas.

Menu andalannya ada Mie Yabi dengan campuran nori, sayur, bakso, telur dan katus. An’café buka setiap hari dari jam 11 pagi sampai jam 8 malam. Harga yang terjangkau mulai dari belasan ribu rupiah.

Itulah 15 rekomendasi wisata kuliner di Tasikmalaya yang wajib dicoba ketika Anda berkunjung ke Tasik. Tasikmalaya punya tempat makan mulai dari yang legendaris sampai kekinian yang banyak dikunjungi anak muda.