Taman selalu menjadi salah satu pilihan tempat berlibur dengan budget ramah di kantong. Inilah rekomendasi taman keren di Kota Medan sebagai tempat bersantai dan mengisi akhir pekan Anda.

 Selain Jakarta dan Surabaya, Medan adalah merupakan kota yang besar setelah dua kota tersebut. Selain besar, kota medan memiliki tempat yang indah dan nyaman. Dengan penduduk yang banyak, Medan juga memiliki banyak tempat wisata yang selalu ramai dan dikunjungi oleh wisatawan.

Dari beberapa tempat wisata seperti situs bersejarah, wisata alam dan tempat wisata lainnya. Taman merupakan tempat terbaik untuk bersantai bersama kawan-kawan dan menghabiskan waktu bersama.

Selain bersantai, ada beberapa taman cantik di sekitar kota Medan ini memiliki banyak fasilitas yang lengkap. Jadi, berkunjung ke taman wisata di kota ini tidak akan membuat Anda menyesal pernah datang. Berikut daftar taman yang selalu ramai pengunjung.

1. Taman Labirin

Taman Labirin
Image Credit: Facebook.com @BobbyNasutionOfficial

Taman dengan keunikannya ini berada di Medan. Taman ini berada di ketinggian bukit bagian Barat Danau Toba. Taman ini tidak jauh dari perkotaan. Taman Labirin ini menjadi lokasi rekreasi terbaik di Medan. Dikunjungi oleh banyak keluarga yang membawa rombongan.

Taman labirin ini adalah sebuah taman yang disusun dengan banyaknya pepohonan. Pohon di taman ini tersusun dengan baik dan membentuk labirin dengan jalur berlika liku. Dapat bermain di taman labirin ini akan membuat momen seru Anda bersama teman atau keluarga.

Selain bersenang-senang di taman labirin ini terdapat beberapa fasilitas berupa pemandangan indah Danau Toba dari ketinggian bukit taman, banyak spot foto, ada café, penginapan dan jalur treck menuju ke hutan bagi Anda yang lebih suka berjalan-jalan menyusuri hutan.

Harga Tiket: Rp 1.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Merek, Kab. Tanah Karo, Sumatera Utara.

2. Taman Sri Deli

Taman Sri Deli
Image Credit: Goole Maps (Agus Hartoyo)

Dahulu taman ini awal mulanya dibuat sebagai tempat untuk bersantai para keluarga dari Sultan Deli. Dan seiring berjalannya waktu, kini taman ini sudah di tata ulang dan dirawat dengan indah dan rapi. Taman ini sangat cocok untuk menjadi tempat bersantai bersama keluarga di akhir pekan.

Terdapat kolam yang menambah asri taman ini. Selain itu juga ada fasilitas berupa tempat duduk dan istirahat, ada toilet dan tempat pembuangan sampah.

Taman ini selalu dipenuhi pengunjung setiap weekend. Pada bulan ramadhan di taman akan banyak menyediakan jajanan. Acara ini merupakan festival ramadhan. Dimana di setiap sudut terdapat penjual dan menawarkan berbagai macam keperluan sehari-hari.

Selain itu, ada takjil berupa menu berbuka yang sangat beragam. Setiap sorenya taman ini akan sesak oleh pengunjung yang datang berbelanja atau sekedar ngabuburit menunggu adzan magrib berkumandang dari Masjid Raya yang bersebelahan dengan taman ini.

Tidak hanya itu, di Taman ini juga kadang digelar beberapa acara konser, festival dan pameran-pameran yang seru dan meriah. Sehingga taman ini tidak pernah kehilangan pengunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sisingamangaraja, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

3. Taman Edukasi Avros

Taman Edukasi Avros
Image Credit: Goole Maps (Andry Tok)

Taman edukasi ini tidak hanya digunakan sebagai tempat bersantai dengan bermain outbond. Namun taman Edukasi Avros memiliki beberapa program dengan tema sekolah alam. Di sini Anda bisa membawa anak-anak dan belajar tentang alam seperti mengenal jenis-jenis buah, tanaman, tanaman obat, sayur-sayuran dan lainnya.

Di taman ini juga anak-anak akan diajarkan bagaimana merawat tanaman dan menjaga lingkungan sekitarnya. Taman Edukasi Avros ini juga akan memberikan beberapa wahana bermain seperti flying fox, halang rintang, paint ball, arung jeram, memanah dan permainan seru lainnya.

Taman ini adalah taman baru dengan banyak pengunjung yang datang. Taman ini mengikuti trend yang sedang viral saat ini. Sehingga tidak hanya muda mudi bersama keluarganya yang datang ke tempat ini. Tetapi juga banyak dari teman kelompok bekerja dalam rangka ghatering dan lainnya.

Di taman ini pun dapat disewa sebagai tempat garden party, acara reuni, pesat ulang tahun, pesta pernikahan dan lainnya. Tentunya taman ini memberikan penawaran dengan biaya yang terjangkau.

Taman ini berada di jalan Avros, itulah kenapa taman ini dinamakan dengan nama Avros. Sesuai dengan alamat taman ini. Taman ini hanya bersedia memberikan fasilitas kepada Anda sampai dengan pukul 18.00.

Di sekitar taman ini juga terdapat sungai Deli yang mengalir indah. Sungai ini dirawat dan selalu dibersihkan oleh pihak taman. Ada fasilitas umum seperti area outbond, ada rumah pohon, pojok edukasi, tempat camping dan fasilitas seru lainnya.

Anda juga bisa menyusuri sungai dengan kapal boat yang disewakan di pinggir sungai. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 untuk menyewa kapal ini. Jika takut air Anda bisa menyewa bogie car tour. Mobil unik ini dapat Anda gunakan untuk menyusuri taman tanpa harus lelah berjalan kaki.

Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk untuk menikmati keseruan di taman avros ini. Hal ini menjadi daya tarik bagi tempat ini.

Harga Tiket: 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Avros No.60B, Kp. Baru, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

4. Taman Cadika Pramuka

Taman Cadika Pramuka
Image Credit: Goole Maps (Darwis Pangarubuan)

Di taman ini terdapat danau buatan yang selalu ramai dikunjungi. Suasana yang asri dan rindang selalu membuat nyaman dan betah. Taman ini sangat populer di kalangan muda mudi dan masyarakat sekitar.

Ada jembatan gantung yang dapat dijadikan spot foto yang unik. Jembatan ini berada di tengah danau. Anda dapat melewati danau dan menyeberanginya dengan melalui jembatan tersebut.

Taman ini sudah ada sejak tahun 2012. Taman Cadika Pramuka sendiri memiliki luas kurang lebih 5.000 meter. Dimana di tempat yang luas ini terdapat lokasi yang sering digunakan untuk berkemah bagi anak-anak pramuka.

Taman yang menjadi pusat berkemah bagi anak pramuka ini terletak di Pangkalan Masyhur Medan. Taman Cadika Pramuka ini tidak hanya ditujukan bagi anak-abak pramuka yang ingin berkemah. Namun selalu terbuka untuk umum, bagi siapa saja yang ingin datang.

Di taman ini menyediakan banyak fasilitas bagi pengunjungnya. Fasilitasnya berupa tempat bermain bagi anak-anak, bangku taman untuk beristirahat dan bersantai, ada aula, musholla dan toilet.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

5. Taman Burung Cemara Asri

Taman Burung Cemara Asri
Image Credit: Goole Maps (Darwis Pangarubuan)

Dinamakan dengan nama burung, taman hits ini adalah salah satu taman terbaik yang selalu dikunjungi di akhir minggu. Pengunjung biasanya datang pada pagi hari untuk jalan-jalan atau pada saat sore sambil menikmati syahdunya mentari.

Selain itu, di taman ini juga Anda akan dapat melihat dan menyaksikan berbagai jenis burung yang terbang dengan bebas di sekitar Anda. Ada beberapa spot foto yang selalu menjadi daya tarik dimana pun berada. Di lokasi ini juga bisa dijadikan tempat bersantai saat sore bersama teman nongkrong Anda.

Anda juga dapat menikmati pesta kuliner setiap hari di sekitar taman ini. Di sini menyediakan berbagai macam menu makanan yang khas dan lezat. Makanan ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cemara Asri Boulevard Raya, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kota Medan, Sumatera Utara.

6. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini
Image Credit: Goole Maps (Bonifacius Suksmodardo Sulaksono)

Taman Alam Lumbini berada di kaki gunung Sibayak. Di taman alam ini terdapat sebuah replika pagoda mewah berwarna emas yang merupakan situs religi bagi penganutnya. Pagoda ini merupakan replika dari pagoda sheragon yang merupakan pagoda tertinggi.

Replika pagoda asal Myanmar ini memiliki luas dengan ketinggian 46.8 meter dan panjang sekitar 69 meter. Untuk berkunjung ke pagoda ini tidak hanya masyarakat yang beragama hindu saja, namun semua kalangan secara umum boleh memasuki bangunan pagoda ini.

Di dalam pagoda ini dijadikan spot foto dengan berbagai kemegahan. Seperti adanya patung gajah, lampion yang megah dan indah. Selain itu juga terdapat 108 jenis relik suci di dalam bangunan ini.

Di luar gedung ini terdapat lonceng yang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Spot foto lainnya di sekitar Taman Alam Lumbini yaitu adanya jembatan cinta dan ada taman bunga yang indah. Tidak hanya indah, lokasi taman alam ini terbuka untuk umum dan menjadi tempat favorit bagi semua pengunjung.

Di sekitar taman ini juga terdapat kebun stroberi yang dapat Anda petik dan makan sepuasnya. Untuk masuk ke kebun stroberi tersebut, Anda hanya akan membayar Rp 10.000 per orang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Barusjahe, Kec. Dolat Rayat, Kab. Karo, Sumatera Utara.

7. Taman T Garden

Taman T Garden
Image Credit: Goole Maps (Wedding Maxmial)

Taman yang berada di Jati Kusuma, Deli Serdang, Medan ini kini menjadi lokasi populer bagi pecinta liburan. Taman ini mengangkat tema romantis dengan konsep Pulau Dewata Bali.

Sekarang di Medan sudah ada tempat indah dan menarik untuk dijadikan sebagai tempat piknik dan bersantai bersama keluarga. Anda sudah tidak perlu berkunjung ke Bali untuk mendapatkan suasana menarik dan romantis seperti di T Garden ini.

Sayangnya taman ini hanya buka sampai pukul 17.00 saja. Anda tidak bisa berlama-lama di lokasi ini. Selain keindahan alam T garden, di sekitar taman ini juga terdapat kebun margasatwa yang akan menarik perhatian para pengunjung untuk datang. Masyarakat sekitar taman ini selalu datang dan meramaikan lokasi taman ini.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jati Kesuma, Kec. Namorambe, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Ada banyak spot foto yang menarik dan indah di taman ini. Ada beberapa fasilitas lainnya juga yang tersedia untuk pengunjung. Seperti flying fox, atau Anda bisa menyewa kuda dan berolahraga kuda di sekitar taman terkenal ini.