Danau Siombak salah satu danau buatan terluas yang menarik dikunjungi di Medan Marelan, Kota Medan, Sumatra Utara. Danau ini berada di antara sungai Deli dan Terjun, menyuguhkan panorama alam yang memukau, wahana air dan tempat kulineran.

Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 08.00-20.00, Alamat: Jl. Ps. Nippon No.Ujung, Paya Pasir, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Danau Siombak merupakan salah satu destinasi yang cukup populer di Medan, Sumatera Utara. Danau cantik ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara karena panorama alam yang indah dan tiasa duanya.

Wisata alam ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Medan karena sekali datang ke tempat ini pengunjung akan terasa berat untuk meninggalkannya. Pemandangan danau yang menaik didukung suasana asri menjadi tempat yang tepat untuk menghilangkan penat.

Selain dimanjakan dengan pesona alamnya, pengunjung yang datang ke Danau Siombak tidak akan kecewa karena di tempat ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan. Maka tidak heran jika danau cantik ini menjadi tujuan wisata saat musim liburan tiba.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Siombak

Daya Tarik Danau Siombak
Image Credit: Google Maps (Erlianto 123)

1. Danau Buatan yang Luas

Tidak seperti Danau Toba yang merupakan danau terbentuk oleh aktivitas alam, Danau Siombak justru merupakan danau buatan yang terbentuk oleh aktivitas galian tanah. Namun, danau ini memiliki panorama dan besarnya yang tidak kalah dengan danau Toba. Danau ini memiliki luas sekitar 40 hektar serta kedalaman danau sekitar 15 meter.

Konon, sebelum terbentuk sebuah danau terdapat aktivitas penggalian tanah pada tahun 80-an. Galian tersebut rencananya akan dimanfaatkan sebagai jalan tol yang menghubungkan Belawan, Medan dan Tanjung Morawa. Namun juga tersebar mitos, bahwa danau ini dulunya sebuah lahan pertanian tetapi dihancurkan oleh pasukan Bekho dan muncul genangan air hingga menjadi danau.

2. Suasana Alam Masih Asri

Daya tarik sebenarnya dari objek wisata ini adalah suasana yang asri dan tenang. Sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Medan, danau ini memiliki kawasan yang sangat tenang dan asri sehingga cocok dijadikan tempat tujuan bagi pengunjung yang membutuhkan tempat untuk relaksasi pikiran.

Panorama pohon hijau dengan ranting-ranting yang menjulur ke bawah memberikan kesan bahwa tempat ini masih alami dan terjaga keasliannya. Belum lagi jika cuaca sedang cerah berawan maka dan sinar matahari memantul ke permukaan danau akan menghasilkan pemandangan berbeda. Maka jangan heran tempat ini menjadi destinasi liburan baik degan keluarga maupun sahabat.

Daya Tarik Dimiliki Danau Siombak
Image Credit: Google Maps (Andri Jasman Daulay)

3. Pemandangan yang Memukau

Pemandangan alam yang ada di taman wisata ini menjadi pemikat setiap pengunjung yang datang. Hamparan air danau yang begitu luas akan menjadi pemandangan pertama saat Anda datang ke tempat indah ini. Ketika angin bertiup air danau akan menghasilkan ombak kecil namun beriringan menuju tepian.

Belum lagi perbukitan yang mengelilingi danau ini terbentang dengan sangat indah sehingga tampak seperti pagar alami. Akan sangat indah jika waktu sore hari atau ketika matahari akan tenggelam karena langit akan berubah warna jingga dan menjadi latar yang sangat menawan. Oleh sebab itu, para pengunjung terkadang menyempatkan tinggal untuk menyaksikan momen tersebut.

4. Berada di Antara 2 Sungai

Perlu diketahui bahwa Danau Siombak terletak diantara dua sungai besar yaitu antara sungai Deli dan sungai Terjun. Kedua aliran sungai tersebut dianggap sebagai muara karena memiliki aliran yang cukup tenang, dalam dan luas. Dan karena letak sungai itulah membuat banyak pengunjung penasaran dan tertarik untuk melihatnya secara langsung dengan mendatangi objek wisata ini.

Menariknya lagi muara tersebut memiliki air yang berbeda padahal jika diteliti lebih lanjut, aliran sungai tersebut airnya mempunyai sedikit rasa asin dan payau sehingga akan berpengaruh pada makhluk hidup di sekitarnya. Namun, hal tersebut tidak berdampak pada tanaman bakau yang terdapat di sekitarnya bahkan tetap hidup dan tumbuh subur.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Danau Siombak

Alamat Danau Siombak
Image Credit: Google Maps (Aan Necis)

Taman wisata danau ini berada di Medan, Provinsi Sumatera Utara tepat ada di Paya Pasir jalan Pasar Nippon Nomor Ujung, Kecamatan Medan Marelan. Objek wisata alam ini berada di lokasi yang cukup strategis karena ia bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor dengan mudah baik itu roda dua maupun roda empat. Jarak dari pusat kota menuju danau sekitar 18 km dengan jarak tempuh sekitar 1-1,5 jam.

Rute menuju danau ini tidak terlalu sulit, Anda bisa mengikuti jalur besar dari Marelan Raya. Pilih jalan lurus hingga sampai jalan Pajak Marelan dan ikuti jalur hingga bertemu dengan Gapura Museum Kota yang menjulang tinggi dan cukup besar. Dari gapura tersebut Anda akan bertemu gapura lain yang di dalamnya terdapat tulisan ‘Selamat Datang di Danau Siombak’.

Setelah melewati gapura selamat datang, akan ada dua jalan bercabang atas bawah. Meskipun jalur bercabang atas menggunakan nama Siombak sebagai jalan perlu diketahui bahwa jalan tersebut adalah jalur menuju Museum. Sedangkan jalur bawah yaitu jalan Nippon adalah jalan yang sebenarnya menuju danau.

Dari jalan Nippon, jalan lurus melewati jalan Belawan dan Yos Sudarso hingga Anda bertemu dengan persimpangan. Pilih jalur kiri lalu jalan lurus menuju jalan Pasar Nippon, kemudian jalan lurus sampai Anda bertemu lokasi danau tersebut dan parkirkan kendaraan milik Anda di tempat yang sudah disediakan. Jika kesulitan menghafal rute, Anda tak perlu khawatir karena ada papan petunjuk jalan menuju lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Siombak

Harga Tiket Danau Siombak
Image Credit: Google Maps (Erra Lyana Lubis)

Harga tiket masuk Taman Wisata Danau Siombak sangat terjangkau yaitu hanya sekitar Rp.2.000 per orang. Dengan membayar tiket masuk Anda sudah bisa menikmati sajian alam yang indah dan suasana asri dari danau tersebut.

Sementara itu, bagi pengunjung yang membawa kendaraan, harus membayar tarif parkir. Tak perlu khawatir karena biaya parkir ini sangat terjangkau seperti tarif tiket masuk. Untuk parkir kendaraan roda dua Anda cukup membayar Rp 2.000 saja sedangkan untuk roda empat dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Namun harga tersebut bisa saja berubah tergantung kebijakan pengelola setempat.

Objek wisata ini buka setiap hari dan juga buka pada hari libur nasional. Namun, mengingat kondisi pandemi saat ini pengunjung yang datang dibatasi. Sementara itu, objek wisata ini buka mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Dengan waktu yang sangat lama ini, pengunjung bisa menikmati dan berlibur di kawasan danau hingga puas.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Siombak

Aktivitas Dilakukan di Danau Siombak
Image Credit: Google Maps (Andri Jasman Daulay)

1. Menikmati Pemandangan

Salah satu kegiatan yang sederhana namun layak dilakukan ketika datang ke taman wisata ini adalah menikmati pemandangan alamnya. Ada banyak kursi yang menghadap ke danau, dimana pengunjung bisa menikmati panorama alam dengan tenang dan leluasa. Kegiatan satu ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang membutuhkan udara segar dan suasana baru.

2. Bersantai di Gazebo

Bersantai di gazebo atau pondokan adalah kegiatan yang direkomendasikan bagi pengunjung. Anda bisa bersantai sambil berbaring menikmati hawa di sekitar danau tanpa khawatir terpapar sinar matahari dan hujan karena gazebo sudah ditutupi dengan atap yang rapat di setiap sisinya.

Terdapat cukup banyak gazebo di kawasan Danau Siombak ini yang sengaja disediakan oleh pengelola untuk menaruh tas atau tempat istirahat pengunjung. Namun gazebo tersebut tidak gratis, karena harus menyewa terlebih dahulu sebelum menggunakannya. harga sewa per satu gazebo ini bervariasi yaitu antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

 3. Naik Perahu

Jika ingin aktivitas yang menyenangkan pengunjung bisa naik perahu menyusuri danau. Ada banyak pilihan perahu yang bisa dinaiki mulai dari perahu dayung, perahu motor, paddle boat, speed boat dan bumper boat. Dengan pilihan yang beragam ini pengunjung bisa menyesuaikannya dengan kapasitas dan kebutuhan misal naik sendiri, bersama anak, keluarga atau dengan teman.

4. Memancing

Di danau ini pengunjung juga bisa memancing ikan dan hasilnya bisa dinikmati. Terdapat dua jenis pemancingan untuk anak-anak dan orang dewasa. Sambil memancing pengunjung bisa menikmati suasana dan pesona yang terdapat di danau tentram ini.

5. Naik Sepeda Air

Bosan naik perahu, pengunjung bisa bermain wahana air yaitu menaiki sepeda air. Wahana satu ini akan memberikan pengalaman yang berbeda dan mengesankan. Sebelum naik wahana ini pastikan Anda berani dan tidak takut air maupun takut ketinggian.

Aktifitas di Danau Siombak
Image Credit: Google Maps (Pater Chandra Alam)

6. Wisata Kuliner

Lelah bermain air, pengunjung bisa menikmati suguhan kuliner untuk mengisi perut dan melepas dahaga. Sebagai destinasi wisata yang ramai dan banyak diminati oleh masyarakat khususnya warga Medan, danau ini memiliki cukup banyak rumah makan atau warung yang menyediakan beragam hidangan sehingga pengunjung tidak perlu repot membawa bekal dari rumah.

7. Berfoto-Foto

Berlibur tidak afdol jika tak berfoto-foto, apalagi jika tujuan wisatanya adalah Danau Siombak ini. Ada banyak spot menarik yang bisa dijadikan tempat atau background foto karena pengelola juga menambahkan beberapa ornamen lain sebagai pemanis di kawasan wisata tersebut.

8. Outbound

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa mencoba beberapa olahraga menantang seperti outbound. Kegiatan satu ini cocok untuk semua kalangan apalagi anak-anak karena umumnya mereka senang mencoba hal baru. Olahraga outbound ini juga dilengkapi dengan peralatan keamanan sehingga aman untuk dicoba.

9. Berenang

Meskipun berlibur ke danau dengan ukuran yang cukup besar dan dalam bukan berarti pengunjung hanya bisa melihatnya saja. Bagi yang tertarik untuk merasakan kesegaran air di tengah terik matahari bisa berenang di kolam-kolam yang disediakan oleh pengelola sehingga bisa berenang dengan aman.

10. Naik Komedi Putar

Kegiatan yang bisa dilakukan di danau ini adalah naik komedi putar. Pengunjung bisa menikmati pemandangan lebih menyeluruh dengan menaiki wahana tersebut yang berputar searah jarum jam sehingga.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Siombak Medan

Fasilitas di Danau Siombak
Image Credit: Google Maps (Tasuaike)

Danau Siombak tidak hanya mempunyai pemandangan yang memukau namun juga ditunjang berbagai fasilitas. Adapun fasilitas tersebut mulai dari berbagai wahana permainan, tempat sewa perahu hingga kolam renang. Menariknya fasilitas tersebut tidak hanya aman namun juga ramah terhadap anak-anak.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan pengunjung tersedia juga fasilitas lain berupa toilet, gazebo, tempat parkir, penginapan dan rumah makan. Dengan adanya fasilitas tersebut, pengunjung bisa berlibur dengan nyaman dan menyenangkan.

Demikian informasi mengenai daya tarik, alamat, harga tiket masuk dan kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Wisata Danau Siombak. Objek wisata alam tersebut sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas untuk menunjang kegiatan setiap pengunjung yang datang sehingga mampu memberikan kesan liburan tak terlupakan.