Gresik memiliki wisata kuliner khas yang terkenal enak dan dapat memanjakan lidah Anda, cocok bagi mereka yang ingin mencoba hal baru.

Gresik menawarkan berbagai jenis wisata. Anda bisa mengunjungi beberapa tempat bersejarah dan  budaya. Selain itu, daerah ini juga terkenal karena pondok pesantren sehingga sering disebut sebagai kota santri. Tentu saja, satu jenis wisata yang tidak lupa adalah kuliner. Anda dapat mencoba beberapa sajian khas dari Gresik.

Kuliner di Gresik terdiri dari berbagai jenis. Turis bisa mencoba masakan khas wilayah pesisir terutama seafood. Karena lokasi Gresik di daerah pantai utara, kuliner seperti bandeng dan olahan laut dapat ditemukan dengan mudah. Selain itu, kuliner tersebut juga sudah tersebar ke beberapa tempat terutama dekat dengan lokasi wisata.

Yang menarik dari Gresik adalah makanan khas seperti sego roomo dan nasi krawu. Makanan tradisional tersebut menjadi ciri khas Gresik. Anda mungkin mudah menemukan kuliner umum atau restoran cepat saji. Akan tetapi, kuliner yang memang hanya ada di Gresik wajib menjadi agenda pokok. Turis harus mencoba dan merasakan langsung makanan tersebut. Berikut daftar wisata kuliner favorit di Gresik yang patut Anda coba.

1. Sego Roomo

Sego Roomo
Image Credit: Idntimes.com

Salah satu wisata kuliner di Gresik adalah Sego Roomo. Namanya unik tetapi rasanya sangat lezat. Makanan ini berasal dari desa Roomo yang menjadi asal muasal kuliner tersebut. Jika dilihat sekilas, Anda akan menyangka bahwa ini adalah bubur karena tekstur sangat lembut dan mirip bubur.

Kuliner disajikan di atas daun pisang. Setelah itu, nasi diberi kuah sehingga tampak kuning. Kuah tersebut sangat gurih dan mempunya ciri khas tersendiri. Setelah itu, Anda bisa memilih lauk dan kerupuk merupakan yang terbaik. Kuliner ini menjadi salah satu makanan yang harus dikunjungi dan dicoba saat berada di Gresik.

Lokasi: Jl. KH. Hasyim Asy’ari, Kebungson, Kemuteran, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

2. Nasi Krawu

Nasi Krawu
Image Credit: Bisnis.com

Jika membahas kuliner khas Gresik, nama nasi Krawu tidak boleh terlewatkan. Kuliner ini sudah terkenal dan menjadi daftar menu yang wajib dicoba. Pengunjung bisa menemukan nasi krawu di beberapa tempat saat berada di Gresik. Selain itu, harganya sangat terjangkau sehingga cocok untuk kuliner keluarga.

Nasi Krawu sebenarnya tampak sederhana yaitu nasi dengan serundeng, sambal, dan suwir. Pengunjung bisa memilih lauk seperti belut goreng, ati ampela, babat, semur, tahu goreng, dan lainnya. Yang menarik adalah nasi Krawu memiliki berbagai variasi tergantung dimana Anda mencobanya.

Nasi krawu hanya ada di Gresik. Di beberapa daerah dimana orang Gresik berkumpul, ada juga yang menjual nasi krawu. Tentu saja, rasanya berbeda jika Anda mencoba langsung di tempat asal. Makanan ini cocok untuk makan siang dan malam.

Lokasi: Jl. KH. Abdul Karim Trate, Trate, Karangpoh, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

3. Nasi Karak

Nasi Karak
Image Credit: Gresiknews.co

Gresik juga memiliki kuliner khas untuk sarapan. Namanya adalah nasi karak yang sering berwarna merah pekat. Makanan ini berasal dari nasi yang sudah lama dan kering. Anda jangan dulu berburuk sangka mengenai nasi aking. Nasi karak memang sengaja dibuat seperti itu.

Komposisinya terdiri dari nasi, parutan kelapa, dan tempe goreng. Nasi karak ada yang terbuat dari nasi putih lalu dicampur beras merah, biasanya beras ketat. Makanan ini cocok untuk sarapan karena sederhana dan mudah dibuat. Namun, Anda harus berkunjung ke desa-desa di Gresik untuk mencobanya.

Makanan ini sudah mulai jarang terutama di daerah perkotaan. Anda mungkin masih menemukannya di pasar-pasar tradisional. Ada beberapa pembuat dan penjual nasi karak yang menambahkan variasi lain untuk menarik pelanggan.

Lokasi: Jl. Proklamasi No.11, Pekauman, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

4. Sop Ikan Manyung

Sop Ikan Manyung
Image Credit: Ksmtour.com

Gresik berlokasi di pantura artinya memiliki batas langsung dengan laut. Kuliner di daerah tersebut juga memiliki ciri khas laut. Salah satunya adalah sop ikan manyung. Jika sedang berkunjung di area sekitar pantai dan kota, Anda bisa menemukan menu ini. Selain itu, beberapa tempat juga masih menjual sop ikan manyung.

Sop ikan ini memiliki ciri khas tersendiri. Ikan dibakar terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu rempah agar menjadi sop. Tekstur ikan yang lembut dan gurih memberikan rasa tersendiri. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan pelengkap seperti kerupuk dan lainnya. Kuliner ini sangat direkomendasikan untuk para turis yang berkunjung ke Gresik.

Lokasi: Jl. Harun Thohir No.99, Sumberrejo, Pulopancikan, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

5. Bandeng Pak Elan

Bandeng Pak Elan
Image Credit: Jatimnet.com

Kuliner berbahan dasar ikan yang lain adalah Bandeng pak elan. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini didirikan oleh pak Elan yang sudah berjualan kuliner bandeng sejak tahun 50an. Saat ini, tempat makan yang menyediakan kuliner ini sudah lebih dari satu karena resep dan usaha diwariskan ke generasi selanjutnya.

Gresik memang cocok untuk budidaya bandeng. Anda akan menemukan banyak sekali kuliner laut termasuk bandeng pak elan. Khusus untuk makanan ini, Anda mendapatkan olahan bandeng yang khas dan berbeda. Karena citarasa yang enak, banyak orang merekomendasikan tempat makan ini sehingga menjadi terkenal.

Lokasi: Jl. Veteran No.69, Injen Timur, Gapurosukolilo, Kec. Kebomas, Kab. Gresik.

6. Warung Apung Rahmawati

Warung Apung Rahmawati
Image Credit: Youtube.com (Wahib Betric)

Berkunjung ke Gresik belum lengkap tanpa makan di Warung Apung Rahmawati. Secara sekilas, tempat makanan ini tidak berbeda jauh dengan usaha restoran sejenis. Anda akan melihat rumah makan dengan konsep apung. Suasananya sangat nyaman dan cocok untuk wisata kuliner bersama teman dan keluarga.

Tempat ini memiliki beberapa menu andalan. Bagi yang suka ayam bakar, Warung Apung Rahmawati menyediakannya dengan bumbu dan sambal yang lezat. Selain itu, masih ada menu lain seperti ikan gurami dan kepiting serta seafood. Menu ikan gurame terdiri dari beberapa varian. Anda cukup memesan menu yang paling diinginkan di warung makan ini.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin S.H. No.109, Kebomas, Ngipik, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

7. Martabak Usus Gresik

Martabak Usus Gresik
Image Credit: Ajarmasak.com

Anda bisa menemukan makanan martabak dimana saja dari pinggir jalan hingga rumah makan besar. Hal yang sama juga terjadi di Gresik. Akan tetapi, kota ini memiliki martabak yang tidak biasa. Makanan tersebut diberi nama martabak usus Gresik. Isinya adalah telur, bihun, dan usus ayam pedas. Dari isi tersebut, muncullah nama makanan yang kini menjadi ciri khas Gresik

Makanan ini tersedia di banyak tempat. Pengunjung bisa menemukan di jalan-jalan utama dan lokasi wisata. Pada umumnya, penjual siap menjajakan martabak usus di sore hari hingga malam. Anda bisa berkunjung ke tempat wisata publik misalnya alun-alun Gresik. Setelah itu, beberapa penjual martabak usus tersedia disana.

Lokasi: Jl. Sindujoyo No.96, Telogopojok Satu, Kemuteran, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

8. Angkringan Jogokariyan

Angkringan Jogokariyan
Image Credit: Gudeg.Net

Jika membahas angkringan, Anda pasti mengingat kota jogja dan sekitarnya. Akan tetapi, usaha angkringan sudah dikenal luas bahkan hingga Jakarta dan banyak kota di jawa termasuk Gresik. Anda akan menemukan berbagai penjual angkringan dengan menu yang tidak berbeda jauh. Akan tetapi, Angkringan Jogokaryan menawarkan hal berbeda.

Usaha ini tidak dilakukan di pinggir jalan. Yang menarik, pengunjung seolah sedang berada di sebuah rumah makan. Angkringan ini menawarkan konsep bersih, elegan, dan nyaman. Anda tidak perlu khawatir mengenai menu dan harga. Semuanya tersedia dengan harga terjangkau. Inilah tempat yang pas untuk bersantai ria di malam hari.

Lokasi: Jl. Jawa No.208, Karanggondang, Yosowilangun, Kec. Manyar, Kab. Gresik.

9. Pucokie House

Pucokie House
Image Credit: Pariwisataku.com

Bagi yang suka es krim Pucoki House adalah tempat yang wajib dikunjungi. Lokasinya berada di area yang mudah dijangkau. Pengunjung bisa memesan dan menikmati beberapa es krim dengan rasa yang lezat.

Es krim menjadi kuliner pelengkap setelah Anda lelah berkeliling Gresik. Pucoki House menawarkan suasana yang nyaman untuk bersantai sembari menyantap es krim. Berbagai varian rasa tersedia dan pengunjung cukup memilih mana yang mereka kehendaki.

Lokasi: Jl. Baja Ⅹ No.8, Ponganganrejo, Yosowilangun, Kec. Manyar, Kab. Gresik.

10. Warung Cak Selem

Warung Cak Selem
Image Credit: 7Terbaik.com

Tempat wisata selanjutnya adalah warung cak Selem. Tempat ini menyediakan bebek goreng dengan nasi. Menu tersebut menjadi andalan untuk menarik pengunjung. Anda bisa juga memesan beberapa varian misalnya bebek tanpa tulang. Ini menu khusus untuk anak dan orang tua bahkan siapapun bisa menyantapnya.

Warung ini sangat terkenal dan berlokasi di area yang bisa dikunjungi darimana saja. Anda wajib menempatkan warung Cak Selem ke dalam daftar kuliner yang wajib dikunjungi saat di Gresik. Tentu saja, nasi bebek di rumah makan ini juga tersedia dengan variasi lain termasuk pedas dengan sambal yang khas.

Lokasi: Jl. Gubernur Suryo No.60, Karangturi, Kroman, Kec. Gresik, Kab. Gresik.

Itulah rekomendasi wisata kuliner favorit di Gresik yang wajib Anda cicipi jika berkunjung. Beberapa dari mereka adalah wisata yang bisa didapat dengan mudah karena tersebar di banyak tempat. Selain itu, wisata tertentu hanya tersedia di rumah makan atau restoran seperti Warung apung. Saat berkunjung ke Gresik, Anda bisa menggunakan panduan ini untuk mendapatkan kuliner yang lezat.