13 Tempat Wisata di Trenggalek Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Trenggalek

Indonesia sebagai negara maritim memiliki kekayaan alam berupa pantai dan laut yang menawan. Salah satu daerah yang memiliki eksotisme maritim yaitu Kabupaten Trenggalek, yang mana sebagian wilayah ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Kabupaten yang berada di bagian barat daya Pulau Jawa ini terkenal sebagai destinasi wisata menarik karena terdapat banyak pantai yang menakjubkan. Selain itu juga kaya akan potensi wisata alam lain yang tidak kalah indah, seperti bukit, air terjun, hingga goa alami.

Berikut 13 rekomendasi tempat wisata di Trenggalek, yang bisa kamu jadikan referensi untuk liburan menyenangkan dan tak terlupakan. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Pantai Prigi

Pantai Prigi

Lokasi: Jl. Raya Pantai Tasikmadu, Ketawang, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Pegipegi.com

Eksotisme pantai yang mempesona dipadu dengan panorama pegunungan di kejauhan adalah keindahan alam yang disajikan Pantai Prigi. Pantai yang terletak di Kecamatan Watulimo ini terhubung dengan pantai selatan, namun ombaknya tidak terlalu besar seperti ombak pantai selatan lain.

Di Pantai Prigi kamu bisa jalan-jalan sambil berburu spot foto terbaik atau mencoba kuliner khas. Selain itu ada pula area camping, lapangan tenis dan fasilitas lain. Kamu juga bisa menyewa perahu yang disediakan jika ingin menikmati angin laut yang segar.

2. Hutan Mangrove Cengkrong

Hutan Mangrove Cengkrong

Lokasi: Jl. Pantai Cengkrong, 66382, Tirto, Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Flickr.com @ZahrahNida

Tempat wisata satu ini juga terletak di Kecamatan Watulimo. Hutan Mangrove Cengkrong menawarkan wisata alam dan wisata edukasi dengan ekosistem hutan bakau yang asri. Ada banyak tanaman bakau yang selain memiliki fungsi estetika juga berperan penting menjaga lingkungan dari abrasi.

Kamu bisa menyusuri jembatan kayu yang dibangun di antara pohon bakau. Kamu juga bisa menyewa perahu jika ingin menjelajahi sungai sambil mengenal flora dan fauna yang hidup di sana. Di tempat ini tersedia gazebo dan rumah di ujung jembatan untuk berfoto dan bersantai ria setelah kamu lelah menjelajah.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Lamongan Paling Populer

3. Pantai Damas

Pantai Damas

Lokasi: Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Iwarisan-kita.blogspot.com

Pantai Damas menyajikan panorama pantai yang masih alami dan asri. Garis pantai sekitar 2 km dengan hijaunya pepohonan di sepanjang pesisir akan memberikan efek relaksasi dan ketenangan. Kamu bisa menikmati angin pantai dan lembutnya pasir sambil berjalan-jalan di pesisir.

Fasilitas pengunjung yang terdapat di Pantai Damas relatif lengkap. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, memancing, bermain voli, bermain pasir, dan sebagainya. Selain itu tersedia perahu penduduk yang siap mengantarmu berkeliling pantai.

4. Bukit Gembes

Bukit Gembes

Lokasi: Masaran, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Ihategreenjello.com

Selain pantai, Trenggalek juga memiliki destinasi wisata lain yang wajib kamu kunjungi. Bukit Gembes yang terletak di Kecamatan Munjungan ini menawarkan keindahan lanskap pantai dan pegunungan dari atas ketinggian. Kalau beruntung, kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan. Saat malam pun Bukit Gembes menyajikan nuansa alam yang romantis.

Di tempat ini terdapat menara pohon yang bisa kamu gunakan untuk menyaksikan panorama spektakuler sekaligus merasakan kesejukan udara. Bukit Gembes juga memiliki banyak spot foto yang menarik dan instagramable dengan latar belakang panorama alam yang mengagumkan.

5. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Lokasi: Jl. Raya Pasir Putih, Gares Kidul, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Jejakpiknik.com

Jika kamu ingin mengunjungi pantai dengan pemandangan ideal berupa pasir yang putih menawan, nyiur melambai di sepanjang garis pantai, panorama laut biru dan pegunungan di kejauhan, semua keindahan itu tersedia secara alami di Pantai Pasir Putih yang masuk wilayah Kecamatan Watulimo ini.

Kamu bisa melakukan berbagai keseruan di tempat ini, seperti bermain pasir yang putih dan lembut, berenang di pantai yang ombaknya tenang, berlayar menjelajahi pantai, atau sekadar berjalan di bibir pantai. Di sini juga tersedia penginapan dan warung yang menyediakan berbagai kuliner.

6. Air Terjun Songgolangit

Air Terjun Songgolangit

Lokasi: Sukokidul, Pule, Krajan, Sukokidul, Kec. Trenggalek, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Ksmtour.com

Bagi kamu yang ingin menguji kekuatan fisik dengan mengunjungi tempat wisata alam, bisa mencoba singgah di Air Terjun Songgolangit. Destinasi yang terdapat di Kecamatan Pule ini bisa kamu nikmati keindahannya setelah berjalan lumayan jauh di jalur trekking yang masih alami.

BACA:  23 Tempat Wisata di Kediri Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kamu bisa merasakan air jatuh dari ketinggian yang menyegarkan. Suasana sekitar air terjun yang dipenuhi pepohonan hijau semakin menambah keasrian tempat ini. Alangkah lebih baik jika kamu mengunjungi Air Terjun Songgolangit ketika musim hujan, karena air yang jatuh akan lebih deras dan lebih mengagumkan.

7. Pantai Pelang

Pantai Pelang

Lokasi: Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Ksmtour.com

Pantai Pelang memberikan kamu paket lengkap untuk bermain-main dengan kesegaran air alami, yaitu air pantai dan air terjun. Objek wisata yang terletak di Kecamatan Panggul ini selain menyajikan pantai eksotis juga terdapat air terjun yang mengalir langsung menuju laut.

Dari bibir pantai kamu bisa menyaksikan pemandangan biru sejauh mata memandang. Kamu juga bisa berjalan menyusuri garis pantai untuk merasakan lembutnya pasir di sana. Di Pantai Pelang juga tersedia berbagai fasilitas untuk kegiatan camping, outbond dan aktivitas menyenangkan lainnya.

8. Jurug Waru

Jurug Waru

Lokasi: Krajan, Watuagung, Kec. Dongko, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Trenggalekview.blogspot.com

Curug Waru atau yang sering disebut Curug Waru Dongko merupakan air terjun alami yang terletak di Kecamatan Dongko. Selain eksotisme air jatuh dari ketinggian, kamu juga bisa menikmati keindahan batuan tebing yang unik dan memanjakan mata. Selamat berpetualang di lingkungan alami yang hijau, asri, dan menentramkan hati.

Tempat ini memiliki panorama alam yang sangat pas dijadikan spot foto menarik. Kesegaran air Curug Waru bisa kamu rasakan dengan mandi di telaga yang terdapat di kaki air terjun. Selain menyegarkan tubuh, kejernihan airnya juga bisa menyegarkan pikiran.

9. Pantai Taman Kili-Kili

Pantai Taman Kili-Kili

Lokasi: Bendogolor, Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Semenanjung-senja.blogspot.com

Pantai yang juga terletak di Kecamatan Panggul ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Pelang. Keindahan panoramanya pun tidak kalah dari Pantai Pelang. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan berjalan santai di pesisir sambil menikmati udara pantai yang segar, atau memilih berenang di ombak yang relatif tenang.

BACA:  16 Tempat Wisata di Pacitan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Pantai Taman Kili-Kili merupakan tempat penangkaran dan konservasi penyu. Kamu bisa belajar dan menggali informasi tentang penyu di habitat alaminya. Jadi, selain merasakan asyiknya berwisata dan menikmati keindahan pantai, kamu sekalian mendapat ilmu baru tentang biota laut.

10. Goa Lowo

Goa Lowo

Lokasi: Kambe, Watuagung, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Ksmtour.com

Goa Lowo, berasal dari kata bahasa Jawa “lowo” yang memiliki arti “kelelawar”. Tidak salah memang, karena ada banyak sekali kelelawar yang menjadikan goa ini sebagai habitat alaminya. Goa yang terletak di Kecamatan Watulimo ini konon disebut-sebut sebagai salah satu goa yang paling besar seantero Asia Tenggara.

Kamu bisa menyaksikan keindahan batuan goa (stalaktit dan stalakmit) yang menakjubkan. Di Goa Lowo juga terdapat banyak fasilitas untuk kegiatan yang mengasyikkan, misalnya area outbond, spot foto estetik, dan sebagainya.

11. Bukit Banyon

Bukit Banyon

Lokasi: Widoro, Gandusari, Kw. Ladang, Karanganyar, Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Superadventure.co.id

Kabupaten Trenggalek juga memiliki daerah perbukitan yang eksotis, salah satunya Bukit Banyon yang terletak di Kecamatan Gandusari. Tempat ini sangat cocok dikunjungi jika kamu menggemari hiking dan fotografi. Kamu bisa merasakan udara segar dan sejuk dari atas ketinggian.

Di Bukit Banyon, kamu bisa menjadi saksi keindahan golden sunrise dan golden sunset dari atas Bukit Banyon. Selain itu, ketinggian bukit akan membuatmu seakan-akan berada di atas awan. Ada juga gardu pandang yang bisa kamu jadikan termpat selfie dengan background yang menakjubkan.

12. Rumah Apung

Rumah Apung

Lokasi: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Humassetda.trenggalekkab.go.id

Selain pantai, kamu juga bisa bermain-main air di tempat wisata Rumah Apung yang berada di Kecamatan Trenggalek ini. Meskipun tergolong objek wisata baru, namun tempat ini jangan sampai kamu lewatkan saat berlibur ke Trenggalek.

Wisata Rumah Apung memberikan kesempatan bagi kamu untuk menikmati keindahan flora dan fauna bawah air beraneka ragam. Kamu bisa melakukan snorkeling atau diving didampingi pemandu ahli untuk menyaksikan terumbu karang dari berbagai spesies yang sangat indah.

13. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso

Lokasi: Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek. – Image Credit by Netz.id

Pantai Karanggongso yang juga terletak di Kecamatan Watulimo ini merupakan salah satu destinasi wisata paling favorit di kalangan pelancong. Kamu bisa berjalan santai sepanjang garis pantai sambil menikmati semilir angin laut yang menyegarkan.

Karena ombaknya yang relatif tenang, aman bagi kamu yang ingin berenang atau bermain air. Kamu juga bisa menyewa perahu motor yang disediakan jika ingin mengeksplorasi Pantai Karanggongso. Saat senja tiba, kamu akan ditawarkan keindahan paripurna golden sunset di tengah laut.

Itulah beberapa tempat wisata di Trenggalek yang wajib kamu saksikan secara langsung keindahannya. Karena sebagian besar merupakan tempat yang masih alami, pastikan kamu turut menjaga kebersihan dan keasriannya. Minimal dengan tidak membuang sampah sembarangan.