Bagi Anda yang sedang berkunjung di Tulungagung, jangan sampai melewatkan wisata kuliner yang terkenal enak dan memiliki harga ramah di kantong.

Wisata kuliner tidak bisa dilepaskan dari kegiatan kita selama berkunjung ke suatu daerah. Selain untuk mengenal kuliner daerah tersebut, dengan berwisata kuliner tentu perut bisa jadi kenyang. Sesuai dengan istilah ‘perut kenyang, hati senang’, mood kita pun bisa jadi lebih baik setelah makan.

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Terletak di barat daya kota Surabaya, kota ini akan dilewati jika traveler hendak bepergian ke Jawa Tengah; terlebih jika berangkat dari Malang atau Blitar dengan menggunakan kereta api atau bus.

Kali ini kita akan membahas lokasi-lokasi untuk berwisata kuliner di kota Tulungagung. Jadi, bagi Anda yang sedang berada di kota ini, atau mungkin berencana untuk berlibur ke Tulungagung, yuk catat lokasi-lokasi untuk makan di Tulungagung!

1. Ayam Lodho Pak Yusuf

Ayam Lodho Pak Yusuf
Image Credit: Travelblog.id

Ayam lodho adalah salah satu kuliner khas Tulungagung. Sajian ayam panggang berkuah dengan cita rasa pedas cocok disantap dengan nasi hangat. Walaupun banyak restoran di Tulungagung yang menyajikan ayam lodho, tapi Ayam Lodho Pak Yusuf yang berlokasi di barat Pasar Ngemplak ini tetap menjadi incaran para pencinta kuliner.

Selain terkenal karena daging ayamnya yang bertekstur lembut dan empuk, ayam lodho Pak Yusuf terkenal dengan bumbu rempahnya yang nendang. Nasi uduk yang gurih semakin menambah kenikmatan makan di warung yang bahkan membuka cabang di kota Trenggalek ini.

Warung Ayam Lodho Pak Yusuf ini buka dari pukul 7 pagi hingga 10 malam. Harga tiap porsinya adalah Rp 20.000; tergolong harga yang murah untuk ayam lodho, sehingga tak heran jika warung Pak Yusuf ini menjadi salah satu tujuan wisata kuliner terkenal di kota Tulungagung.

Lokasi: Jl. KHR Abdul Fattah No.88, Botoran, Kec. ngemplak, Kab. Tulungagung.

2. Tiga Dapoer Batavia

Tiga Dapoer Batavia
Image Credit: Tempatkulinerdiindonesia68.blogspot.com

Tiga Dapoer Batavia menjadi destinasi wisata kuliner di Tulungagung selanjutnya yang patut dicoba. Pasalnya selain harga yang murah untuk kelas restoran, Tiga Dapoer Batavia menyajikan masakan dengan cita rasa yang luar biasa.

Menu yang disajikan di restoran ini sebagian besar adalah menu Indonesia, seperti nasi ayam bumbu rujak, nasi timbel ayam, nasi gurame sambal matah, serta nasi gurame songo roso.

Selain itu restoran ini menyediakan menu fusion seperti nasi tom yum gai, nasi chicken katsu, dan nasi BBQ chicken steak. Bagi pengunjung yang berbudget pas-pasan, coba pilih menu dari Paket Makmur. Harga maksimalnya adalah Rp 25.000, sudah termasuk teh.

Tiga Dapoer Batavia juga melayani pesanan catering untuk berbagai acara. Wedding, meeting, atau keperluan lain pun bisa memesan menu dari restoran ini. Tidak hanya itu, dengan interiornya yang bertemakan Batavia (Jakarta tempo dulu), banyak pengunjung yang menggunakan restoran ini sebagai lokasi foto prewedding.

Lokasi: Jl. Mastrip, Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

3. Warung Pecel Bu Kitun

Warung Pecel Bu Kitun
Image Credit: Gusjek.blogspot.com

Lapar saat mendekati jam tidur kadang bikin bingung, terlebih pada malam hari tidak banyak warung yang bisa dipilih. Coba kunjungi Warung Pecel Bu Kitun. Walaupun lokasinya agak masuk gang dan tidak terletak di pinggir jalan besar, lokasi warung tidak jauh dari Alun-Alun Tulungagung sebagai pusat kota, yaitu sekitar 2,2 km.

Buka dari pukul 21.00-03.00, Warung Pecel Bu Kitun menjual nasi pecel, nasi campur, dan bubur pecel. Lauk yang tersedia pun bermacam-macam, mulai dari tempe dan tahu, bakwan jagung, sate telur puyuh, dsb.

Dengan porsi yang lumayan besar, uniknya harga makanan di sini hanya dijual mulai Rp 3.000. Namun, harga tersebut belum termasuk dengan lauk tambahan yang bisa Anda pilih. Wah, tentunya harga ini sangat murah, terlebih jika Anda sudah terbiasa tinggal di kota-kota besar.

Lokasi: Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

4. Waroeng Kampoeng AG One

Waroeng Kampoeng AG One
Image Credit: Waroengkampoeng-agone.com

Ingin makan dengan suasana lesehan? Kunjungi saja Warung Kampoeng AG One. Berada di kawasan Kedungwaru, Warung Kampoeng AG One menyediakan ratusan menu dengan kualitas rasa yang juara.

Mulai dari menu gurame, kakap, hingga bebek bakar dan cumi-cumi, warung ini menyediakan menu tersebut dengan harga standar. Siapkan budget lebih jika Anda ingin mencicipi olahan hasil laut seperti kepiting dan ikan kerapu.

Salah satu rekomendasi di Warung Kampoeng AG One ini adalah sop buntut. Untuk minuman, coba cicipi Es Timnas, yang terbuat dari kelapa muda, alpukat, kelengkeng, tape katan, stroberi, serta es krim. Hmm, segarnya!

Lokasi: Jl. MT Haryono No.77, Kedungwaru, Bago, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

5. Warung Jadoel Winna Joglo

Warung Jadoel Winna Joglo
Image Credit: 2Ppos.asia

Masih dengan konsep rumah makan bergaya ‘jadoel’, warung ini menampakkan suasana Jawa yang kental. Dari furnitur hingga hiasan dindingnya membuat suasana makan di rumah makan Jawa semakin terasa.

Tidak jauh berbeda dengan destinasi sebelumnya, banyak sekali menu yang bisa Anda pilih. Mulai hidangan ayam, daging, hingga seafood.

Lokasi: Jl. Jayeng Kusuma No.177, Trimulyo, Ngujang, Kec. Kedungwaru, Kab. Tulungagung.

6. Bakso Klenger Mas Agus

Bakso Klenger Mas Agus
Image Credit: Roshvisual.com

Bakso Klenger Mas Agus cukup terkenal di kota Tulungagung walaupun begitu bakso ini sebenarnya adalah cabang dari bakso Mas Agus yang ada di kota Kediri. Lalu, apa sih istimewanya makan bakso di warung ini?

Uniknya, di warung bakso ini yang berulang tahun bisa makan gratis; demikian pula bagi pengunjung yang bernama Agus. Pengunjung yang ingin bisa merasakan bakso Mas Agus secara gratis harus menunjukkan identitas (Kartu TAnda Penduduk) sebagai bukti bahwa mereka sedang berulang tahun atau bernama Agus.

Harga bakso di warung Bakso Klenger Mas Agus ini tergolong sedang. Tidak terlalu murah tapi tidak mahal-mahal juga. Harga seporsi bakso di Bakso Klenger Mas Agus ini tidak melebihi Rp 20.000. Menu yang disajikan ada bakso iga, bakso klenger, dan bakso mercon. Selain itu, warung Bakso Klenger Mas Agus ini juga menyediakan bakso frozen.

Minuman yang disajikan pun bervariasi. Baik dari minuman klasik warung seperti es teh, minuman dingin seperti milkshake, jus buah, dan float, juga tersedia dengan harga yang murah. Untuk pencinta buah-buahan, warung ini menyediakan sop buah jika ingin merasakan buah dengan cara yang berbeda.

Lokasi: Jl. Supriadi No.210, Bago, Tamanan, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

7. Nirwana Bambu

Nirwana Bambu
Image Credit: Gotravelly.com

Rumah makan yang terletak di daerah Ngunut ini juga menawarkan konsep lesehan yang nyaman. Bangunannya didesain dengan menggunakan bambu, ditambah dengan taman dan kolam di sekitarnya.

Menu yang disajikan ada lebih dari 400 menu. Sebagai menu spesial, ada gurami berenang, ayam panggang Mbah Nah, dan nasi goreng spesial. Sedangkan untuk minuman, ada tiga menu yang direkomendasikan, yaitu jus pelangi, smoothie alpukat soklat, serta es teler Nirwana.

Lokasi: Jl. Raya Demuk-Kalangan No.117, Kalangan, Kec. Ngunut, Kab. Tulungagung.

8. Warung Foodman

Warung Foodman
Image Credit: Tripadvisor.com

Tempat makan ini menyajikan menu masakan kekinian dipadukan dengan interior yang sederhana tapi Instagramable. Cicipi kelezatan nasi balap dan gurami geprek dalam kemasan rice bowl. Kalau masih belum cukup, hidangan ayam, bebek, atau lele siap disajikan di hadapan Anda.

Berbagai menu makanan ringan juga tersedia di Warung Foodman ini. Minuman-minuman hits seperti brupresso, cheese tea, dan beragam mocktails siap menyegarkan hari Anda.

Lokasi: Jl. Pahlawan No.97, Rejoagung, Kec. Kedungwaru, Kab. Tulungagung.

9. Jepun View Resto

Jepun View Resto
Image Credit: Kompas.com

Ingin berkunjung ke tempat makan yang menyediakan free karaoke? Jepun View Resto tempatnya. Dengan berbagai menu mulai dari nasi goreng, steak, seafood, serta ragam hidangan ayam seperti ayam KungPao dan ayam asam manis, restoran ini cocok dijadikan sebagai destinasi kuliner Anda.

Lokasinya yang strategis serta lahan parkir yang luas turut menjadi alasan dibalik banyaknya pengunjung restoran ini.

Lokasi: Jl. Mayor Sujadi, Jepun, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

10. Sate Kambing Pak Nyoto

Sate Kambing Pak Nyoto
Image Credit: Yowandarahmawati04.wordpress.com

Penggemar sate dan gule kambing wajib mencoba sate dan gule kambing di tempat ini. Sate Kambing Pak Nyoto sangat direkomendasikan karena rasanya yang nampol, dagingnya yang empuk, serta bumbunya yang meresap.

Seperti yang sudah disebutkan, selain sate tempat ini juga menjual gulai kambing. Nasi gulai ditawarkan dengan harga Rp 15.000 per porsinya. Sedangkan untuk sate, untuk 10 tusuk diberi harga Rp 30.000. Untuk minuman yang tersedia di tempat ini hanya minuman standar khas warung seperti es sirup, es teh, atau teh hangat. Harga untuk minumannya standar, yaitu Rp 3.000.

Terletak di kawasan Kutoanyar, warung ini buka dari pukul 08.00-22.00. Hindari datang pada saat jam makan siang karena warung akan penuh dengan pengunjung. Waktu yang disarankan untuk berkunjung adalah di bawah 12.00 atau antara pukul 14.00-18.00.

Lokasi: Jl. W.R. Supratman, Kutoanyar, Kec. Tulungagung, Kab. Tulungagung.

Itulah daftar wisata kuliner di Tulungagung yang terkenal enak. Bagi Anda para pencinta wisata kuliner, yuk manjakan lidah Anda dengan mencicipi menu-menu yang disajikan di spot-spot untuk kulineran yang disebutkan di atas. Karena Tulungagung bukan termasuk kota besar, dijamin harga makanan relatif lebih murah. Jadi, kantong tetap aman dan tidak akan jebol!