10 Wisata Kuliner di Banjarnegara yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Banjarnegara

Kota bersejarah, Banjarnegara mempunyai aneka wisata kuliner yang terkenal lezat. Inilah rekomendasi tempat kulineran di Banjarnegara yang wajib dicoba.

Banjarnegara adalah sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Banjarnegara memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Berbagai peristiwa sejarah yang penting bagi perjuangan bangsa Indonesia terjadi di Banjarnegara. Hal tersebut ditengarai oleh didirikannya monumen-monumen bersejarah, seperti Monumen Renville dan Monumen Perjuangan Gerilya.

Di samping itu, Banjarnegara juga memiliki pesona alam yang layak Anda kunjungi. Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu di antara banyaknya destinasi wisata. Adapun secara geografis, Dataran Tinggi Dieng masuk ke dalam beberapa wilayah administratif, di antaranya Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Selain destinasi wisata, Banjarnegara juga terkenal dengan kulinernya yang sangat khas. Banjarnegara memiliki ragam kuliner mulai dari minuman yang menyegarkan hingga makanan yang maknyus. Wisatawan yang singgah di daerah ini bisa melakukan perjalanan wisata kuliner di tempat yang direkomendasikan. Berikut daftar wisata kuliner di Kabupaten Banjarnegara yang bisa Anda pilih untuk memanjakan lidah Anda.

1. Bakso Bu Tomo

Bakso Bu Tomo

Image Credit: Foursquare.com @lulus_sd

Wisata kuliner yang pantang dilewatkan selanjutnya adalah Bakso Bu Tomo. Bakso Bu Tomo menyediakan menu spesial, yaitu bakso kupat. Bakso kupat merupakan bakso yang disajikan dengan potongan kupat/ketupat, mie, dan sawi dengan kuah bening yang sangat lezat. Oleh sebab itu, bakso kupat ini sangat cocok menjadi menu makan siang Anda.

Bakso kupat di kedai Bakso Bu Tomo sangat terkenal karena rasa baksonya yang enak dan sangat terasa dagingnya serta kuah beningnya yang super gurih. Anda bisa meracik kuah bakso kupat ini dengan tambahan cabai, saus, maupun kecap. Bakso kupat juga sangat cocok jika dinikmati dengan minuman pendamping dawet ayu khas Banjarnegara.

Lokasi: Jl. Mayjend Panjaitan, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara.

2. Rumah Makan Saung Bu Mansur

Rumah Makan Saung Bu Mansur

Image Credit: Brisik.id

Rumah Makan Saung Bu Mansur adalah rumah makan yang menjadi jujugan di kawasan Banjarnegara. Rumah makan ini menyediakan makanan yang sangat spesial dan tempat dengan suasana yang begitu nyaman serta menenangkan.

Menu spesial di rumah makan ini adalah berbagai olahan ayamnya, mulai dari ayam penyet, ayam goreng, hingga ayam bakar. Bumbu marinasi yang melumuri ayam begitu meresap sehingga rasanya sangat mantap. Apalagi ayam penyetnya yang terkenal memiliki tekstur yang sangat empuk, sangat cocok dilahap dengan sambal penyet yang nikmat.

BACA:  26 Wisata Kuliner di Solo yang Enak & Wajib Anda Coba

Di samping itu, Rumah Makan Saung Bu Mansur juga memiliki tempat makan lesehan outdoor. Saung yang menjadi konsep utama bangunan rumah makan ini didirikan di atas danau yang berisi berbagai jenis ikan yang cantik. Suasana yang ditawarkan sangat nyaman dipadukan dengan unsur-unsur alam yang akan membuat selera makan meningkat.

Lokasi: Parakancanggah, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara.

3. Combro Mak Tip

Combro

Image Credit: Putratravel.net

Makanan berbahan dasar parutan singkong ini memang merupakan makanan khas Jawa Barat. Akan tetapi, Banjarnegara juga memiliki makanan khas serupa. Letak perbedaannya adalah dari isi yang digunakan. Anda bisa mengunjungi Combro Mak Tip untuk mencicipi combro khas Banjarnegara ini.

Di Jawa Barat, sesuai namanya, combro (oncom di jero atau oncom di dalam) memiliki isian oncom. Namun, di Banjarnegara combro diisi dengan berbagai jenis isian, mulai dari tahu hingga bengkuang iris. Rasanya tidak kalah enak dan sangat cocok disantap dengan soto daging Krandengan.

Lokasi: Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara.

4. Warung Buntil Mbah Abu

Buntil

Image Credit: Instagram.com @dapoerimeh

Buntil Mbah Abu adalah salah satu buntil yang terkenal di Banjarnegara. Racikan bumbu yang diolah dari resep turun-temurun ini membuat rasa buntil ala Mbah Abu menjadi sangat enak. Untuk dapat mencicipi kenikmatan buntil ini, Anda bisa mengunjungi Warung Buntil Mbah Abu. Di sana, Anda bisa menyantap buntil dengan sepiring nasi panas atau nasi jagung.

Terdapat tiga jenis buntil di Banjarnegara, yaitu buntil gandhul, buntil talas, dan buntil singkong. Penamaan tersebut sesuai dengan bahan utama yang digunakan, yakni daun pepaya, daun talas, dan daun singkong. Sementara itu, isian buntil terbuat dari parutan kelapa yang dicampur dengan bumbu dan ikan teri yang gurih dan kuahnya terbuat dari santan.

Makanan berbahan utama daun singkong atau daun talas ini memang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Buntil dapat dinikmati oleh semua kalangan, baik anak-anak, orang dewasa, dan atau orang dengan status sosial tertentu. Buntil memang memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.21, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara.

5. Warung Kandang Kebo

Warung Kandang Kebo

Image Credit: Konfirmasitimes.com

Nama rumah makan yang satu ini cukup nyentrik, yaitu Warung Kandang Kebo. Tapi, tenang saja, Anda tidak akan menemukan kebo berkeliaran di rumah makan ini. Latar belakang penamaan Warung Kandang Kebo ini didasarkan pada tema restoran yang diangkat, yaitu tema pedesaan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Jika Anda singgah di Warung Kandang Kebo, maka nuansa pedesaan zaman dahulu akan begitu terasa. Hampir seluruh struktur bangunan ini terbuat dari kayu, sehingga mirip dengan kandang kebo yang tentunya sangat bersih. Suasana di sekitar Warung Kandang Kebo ini juga sangat asri karena ditumbuhi banyak pepohonan.

Adapun menu andalan di Warung Kandang Kebo adalah menu Paket Sego Kandang. Meskipun namanya tidak kalah nyentrik dengan nama restorannya, menu ini banyak digemari para pengunjung yang datang. Menu Paket Sego Kandang terdiri dari nasi, peyek, sayur lodeh, sambal, dan telur dadar. Harga yang dibanderol juga sangat bersahabat.

Lokasi: Jl. Banjarnegara-Pagentan, RT.02/RW.03, Kutayasa, Kec. Madukara, Kab. Banjarnegara.

6. Rumah Kopi 2 Banjarnegara

Rumah Kopi 2 Banjarnegara

Image Credit: Sijekpulsa.com

Apabila Anda penikmat kopi, Rumah Kopi 2 Banjarnegara harus Anda kunjungi. Di Rumah Kopi 2 Banjarnegara, Anda akan disuguhi dengan kopi-kopi organik yang ditanam di tanah Banjarnegara. Kopi organik tentu memberikan nilai lebih karena jauh lebih baik dengan kopi yang non-organik.

Terdapat dua pilihan utama kopi Banjarnegara yang ditawarkan, yaitu kopi arabika dan robusta. Rumah Kopi 2 Banjarnegara juga mengklaim bahwa proses pengolahannya menggunakan metode full wash, wine, dan natural. Selain minum di tempat, Anda juga bisa membeli bubuk kopi Banjarnegara untuk oleh-oleh.

Lokasi: Jl. Dipayuda No.2A, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara.

7. Mie Ongklok Pak Tugi

Mie Ongklok Pak Tugi

Image Credit: Hestikurniasih17.blogspot.com

Jalan-jalan ke Banjarnegara sangat disayangkan jika tidak mencicipi kuliner di Mie Ongklok Pak Tugi. Mie Ongklok Pak Tugi termasuk tempat kuliner yang tersohor dengan menu yang legendaris. Menu yang disajikan adalah mie ongklok khas Banjarnegara. Kuliner ini sangat cocok Anda nikmati selepas berpetualang ke Dataran Tinggi Dieng.

Mie ongklok merupakan mie yang disajikan dengan kuah kaldu yang kental dan kuah kacang yang gurih. Sayuran yang digunakan dalam setiap penyajian mie ongklok adalah sawi dan irisan kol. Sementara itu, penamaan mie ongklok tercetus karena proses pemasakan mienya dilakukan dengan cara dikocok sehingga dinamailah mie ongklok.

Lokasi: Jl. Raya Semampir, Semampir, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara.

8. Dawet Ayu Asli Hj. Munardjo

Dawet Ayu

Image Credit: Detik.com

Tempat wisata kuliner selanjutnya, yaitu Dawet Ayu Asli Hj. Munardjo. Dawet ayu ini sangat melegenda di Banjarnegara. Dawet Ayu Asli Hj. Munardjo merupakan salah satu dawet ayu yang paling enak di Banjarnegara. Oleh karena itu, kepopuleran Dawet Ayu Asli Hj. Munardjo terdengar hingga ke daerah-daerah lain.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Sragen yang Enak & Wajib Anda Coba

Dawet ayu menjadi kuliner yang identik dengan Banjarnegara. Pada tahun 2020 ini, dawet ayu bahkan menjadi salah satu nominasi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) dengan kategori minuman populer. Selama ini, dawet ayu memang menjadi ciri khas Banjarnegara yang hingga saat ini masih memiliki banyak penikmat setia.

Di Jawa Barat, nama kuliner yang serupa dengan dawet ayu dinamakan sebagai cendol. Rasa dan bentuknya hampir mirip. Namun, tentu saja pengaruh tangan siapa yang membuat dan bahan baku yang digunakan berpengaruh terhadap rasa dan tekstur. Cendol dari Jawa Barat cenderung lebih kokoh, sementara dawet ayu memiliki tekstur dawet yang lebih lembut.

Lokasi: Jl. M.T. Haryono No.12-22, Krandegan, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara.

9. Soto Krandengan Pak Aping

Soto Krandengan Pak Aping

Image Credit: Imadea.wordpress.com

Kuliner melegenda selanjutnya adalah Soto Krandengan Pak Aping. Soto Krandengan Pak Aping terbuat dari bahan utama daging sapi. Soto daging sapi ini biasanya disajikan dengan potongan ketupat. Lalu, diberi kuah kuning bersantan yang sangat gurih. Selain itu, soto daging ini juga diberi sayur pendamping, yaitu tauge dan taburan bawang goreng yang wangi.

Perjalanan Anda ke Banjarnegara tidak akan sempurna jika tidak bertandang ke warung makan Soto Krandengan Pak Aping. Soto daging di warung makan ini memiliki rasa yang sangat sedap karena pengolahannya memakai resep otentik dari pendahulunya. Dari segi tempat, Soto Krandengan Pak Aping juga sangat mudah ditemukan karena dekat Alun-alun.

Lokasi: Jl. Mayjend Soetojo No.35, Krandegan, Kec. Banjarnegara, Kab. Banjarnegara.

10. Tempe Mendoan Klampok

Tempe Mendoan

Image Credit: Rizkimalfiana.blogspot.com

Kuliner terakhir di Banjarnegara yang wajib kamu coba adalah Tempe Mendoan Klampok. Nama kuliner yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tempe mendoan bahkan sudah tersebar ke berbagai penjuru Indonesia. Tentu saja, di setiap daerahnya tempe mendoan diolah dengan racikan bumbu khas dan berbeda satu dengan yang lain.

Di Banjarnegara, Tempe Mendoan Klampok menjadi primadonanya tempe mendoan. Tempe mendoan di sini sangat fresh karena dibuat ketika dipesan. Oleh karena itu, rasanya nikmatnya menjadi berkali lipat karena dinikmati dalam keadaan masih panas.

Lokasi: Jl. Raya Banyumas-Banjarnegara No.172, Klampok, Kec. Purworejo Klampok, Kab. Banjarnegara.

Itulah deretan tempat wisata kuliner di Banjarnegara yang bisa memanjakan lidah Anda. Pada dasarnya, menjelajahi destinasi wisata sejarah maupun kebudayaan saja tidaklah cukup, jika tidak diimbangi dengan menjelajahi kekayaan rasa dari makanan khas yang lezat di Banjarnegara.