10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Manado

Destinasi wisata yang siap menyuguhkan pemandangan yang tidak dapat Anda lupakan yakni Kota Manado. Manado menyimpan destinasi wisata yang sungguh indah. Selain menyuguhkan berbagai objek wisata yang menarik, Manado juga menyimpan wisata kuliner yang siap menggoyang lidah Anda.

Berbagai jenis wisata kuliner khas Kota Manado siap menyambut Anda. Berbagai kuliner khas seperti Kawok, Paniki, Sambal Dabu, Nasi Kuning Saroja, dan berbagai varian kuliner lainnya dapat Anda temukan di berbagai restoran di Pusat Kota Manado. Tidak sulit untuk menemukannya.

Bagi Anda yang berencana untuk menyambangi kota nan indah, Manado sangat disarankan untuk pelesiran ke sekitar kota Manado untuk menyantap kuliner khas Manado. Apabila Anda kesulitan untuk menemukan referensi, berikut akan di ulas beberapa tempat kuliner di Manado yang wajib untuk dikunjungi.

1. Café Ananas

Café Ananas

Lokasi: Jl. B.W.Lapian No.46, Tikala Kumaraka, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Wisata kuliner pertama yang wajib untuk dikunjungi yaitu Café Ananas. Anda dapat menikmati perpaduan kuliner khas Manado dengan berbagai jenis makanan western seperti Klappertaart, Lalampa, PanAnda, Kue Cucur, dan lainnya.

Café Ananas juga cukup nyaman untuk dikunjungi karena lokasinya cukup membuat Anda betah untuk duduk berlama-lama. Dari sisi harga Anda tidak perlu khawatir karena café ini menjual makananya secara ekonomis mulai dari Rp 3.000,-.

2. Rumah Makan Dego Dego

Rumah Makan Dego Dego

Lokasi: Jl. Wakeke 3 No.11, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Facebook.com (DegoDegoManadoCafe)

Rumah Makan Dego Dego ini menyajikan menu khas dari Manado. Anda dapat memesan Mie cakalang dengan perpaduan sambel bakasang dan sambel roa yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Perpaduan keduanya akan membuat lidah Anda bergoyang.

Rumah Makan Dego Dego juga menjamin setiap bahan makannya fresh dan menggunakan bahan-bahan yang premium. Bahkan rumah makan ini menyajikan sayuran yang dipisah dari menu utamanya. Hal itu dilakukan untuk menjamin makanan tetap fresh.

3. Kios Pelangi

Kios Pelangi

Lokasi: Jl. Wakeke, Wenang Utara, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Qupas.id

Tempat makan yang wajib Anda kunjungi selanjutnya yaitu Kios Pelangi. Kios pelangi menyajikan kuliner khas Manado seperti Mie Cakalang Kuah, Mie Cakalang Pedas, Mie Ayam, Nasi Kuning dan lainnya. Namun menu utama yang wajib Anda coba yaitu Bubur Tinutuan.

Bubur Tinutuan merupakan kuliner khas Manado yang terbuat dari bubur yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran. Umumnya sajian ini disuguhkan oleh Masyarakat Manado untuk sarapan di pagi hari dengan secangkir kopi hangat.

4. Soto Rusuk Ba Ko Petrus

Soto Rusuk Ba Ko Petrus

Lokasi: Jl.Achmad Yani No. 24, Karombasan Utara, Sario Tumpaan, Kec. Sario, Kota Manado. – Image Credit by Tripadvisor.com

Salah satu kuliner khas Manado lainnya yakni soto rusuk ba ko petrus. Menu ini sangat cocok Anda santap untuk makan siang. Makanan ini akan membuat tubuh Anda segar dan berstamina kembali setelah seharian beraktivitas.

Namun perlu Anda ketahui bahwa soto rusuk ba ko petrus terbuat dari daging babi. Jadi bagi Anda umat islam sebaiknya untuk memesan menu lainnya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000,- untuk dapat menikmati kuliner khas Manado ini.

5. Rumah Makan Arafah

Rumah Makan Arafah

Lokasi: Jl. A. A. Maramis, Kec. Mapanget, Kota Manado. – Image Credit by Facebook.com (Indah Lestari Kotambunan)

Wisata kuliner lainnya yang wajib untuk Anda kunjungi yaitu rumah makan arafah. Wisata kuliner ini sangat terkenal di Kota Manado. Olahan cakalang menjadi keunggulan dari rumah makan ini. Anda dapat memesan berbagai jenis olehan cakalang seperti Ikan cakalang fufu, ikan cakalang bakar, ikan cakalang goreng, dan olahan jenis cakalang lainnya.

Menu cakalang di sini semakin special karena dilengkapi dengan makanan khas dabu-dabu yang merupakan sambal khas masyarakat Minahasa. Harga yang ditawarkan di rumah ini juga cukup murah. Kuliner di rumah makan ini dibanderol mulai dari Rp 12.000,- hingga Rp 15.000,-. Harga yang cukup ramah di kantong.

6. Kios Tanta Marta

Kios Tanta Marta

Lokasi: Jl. Tikala Ares, Tikala Ares, Kec. Tikala, Kota Manado. – Image Credit by Intiwhiz.com

Kios Tanta Marta ini merupakan rumah makan yang cukup populer di Kota Manado. Pasalnya rumah makan ini didirikan sejak tahun 1962. Hal yang menarik dari Kios Tanta Marta yakni menyuguhkan kuliner khas Manado yaitu sayur rebung dengan sajian bumbu khas Manado.

Rumah makan ini cukup ramai dikunjungi khususnya pada saat weekend. Untuk itu siapkan diri Anda untuk mengantri ketika berkunjung ke tempat ini. Harga yang ditawarkan di kios ini juga cukup murah. Rumah makan ini membanderol makannya mulai dari Rp 5.000,-.

7. Nasi Kuning Saroja

Rumah Makan Saroja Manado

Lokasi: Jl. Diponegoro, Lawangirung, Kec. Wenang, Kota Manado. – Image Credit by Genpi.co

Mungkin bagi sebagian dari Anda nasi kuning terlihat tidak cukup menarik karena di pulau jawa kuliner ini umum disajikan sebagai sarapan sehari-hari. Namun, sebaiknya tepikan hal tersebut dan mulailah mencoba Nasi Kuning Saroja. Ketika pertama kali mencoba dijamin Anda langsung menyukainya.

Berbeda dengan nasi kuning di pulau jawa yang hanya memberikan irisan telur dan tempe orek, nasi kuning saroja umumnya disuguhkan dengan ikan cakalang, daging sapi, bawang goring, dan berbagai jenis lauk khas Manado. Harga yang ditawarkan juga cukup murah, Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 3.000,- hingga Rp 11.000,- saja.

8. Rumah Makan Pondok Maengket Teterusan

Rumah Makan Pondok Maengket Teterusan

Lokasi: Jl. Teterusan Mapanget, Kec. Mapanget, Kota Manado. – Image Credit by Kompasiana.com

Bagi Anda pecinta kuliner berbahan dasar ikan sangat direkomendasikan untuk mengunjungi rumah makan pondok maengket teterusan. Pasalnya di tempat ini Anda dapat menikmati ikan dengan bumbu khas kota Manado. 3 jenis kuliner khas dari rumah makan ini yaitu Ikan Mujair Bakar rica, ikan mujair goring, dan ikan mukair woku blanga.

Selain kuliner ikan goreng dan bakar yang khas, Anda juga perlu mencoba menu khas lainnya yakni cah kangkung dan dabu-dabu. Mengkombinasikan ikan bakar dengan cah kangkung dan dabu-dabu akan membuat lidah Anda bergoyang.

9. Mi Ayam Mas Topan

Mi Ayam Mas Topan

Lokasi: Jl. Stadion Klabat, Karombasan Utara, Kec. Wanea, Kota Manado. – Image Credit by Otakbuntu.com

Bagi pencinta mi ayam wajib hukumnya untuk mengunjungi Mi Ayam Mas Topan. Pasalnya kuliner ini cukup khas di Kota Manado. Citra rasa yang diberikan berbeda dengan mi ayam pada umumnya karena Mi Ayam Mas Topan memadukan citra rasa khas Manado serta penambahan toping pangsit ayam yang sangat lezat.

Nama Mi Ayam Mas Topan sendiri terinspirasi dari nama pemilik kedai ini. Selain menyuguhkan hidangan mi ayam, kedai ini juga menyediakan menu lainnya seperti ayam bakar, tahu telur, ayam lalapan, ketoprak, bakwan malang, dan berbagai jenis kuliner lainnya.

10. RM Regey

RM Regey

Lokasi: Jl. Bethesda No.72a, Sario, Kec. Sario, Kota Manado. – Image Credit by Manado.tribunnews.com

Wisata kuliner khas di Kota Manado yaitu RM Regey. Di destinasi ini Anda dapat menikmati suguhan sate khas Manado. Harga yang ditawarkan juga cukup murah. Bagi Anda yang tertarik mencobanya restoran ini menawarkan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 8.000 saja.

Namun bagi Anda umat islam dianjurkan untuk tidak mengunjungi tempat ini. Hal itu karena rumah makan ini menyuguhkan makanan khas berupa sate babi serta babi panggang. Kedua makanan tersebut merupakan hal yang dilarang oleh umat islam.

Itulah 10 wisata kuliner khas di Manado yang wajib Anda kunjungi ketika pelesiran ke Kota Manado. Tiap-tiap makanan di atas memiliki kekhasannya masing-masing. Untuk itu maka Anda harus mencobanya satu per satu guna mengetahui citra rasa unik, khas, dan membuat lidah Anda bergoyang.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Karawang
13 Wisata Kuliner di Karawang yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-Oleh Khas Karawang
7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer
Tempat Makan Serang
10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak