Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kota Manado, Sulawesi Utara; Map: Cek Lokasi

Rasanya hampir semua orang mengenal nama Bunaken, terlebih masyarakat Indonesia. Bukan hanya masyarakat Indonesia saja, suguhan yang ditawarkan oleh Bunaken mampu menjadikannya dikenal luas oleh masyarakat dunia. Seperti cercahan kecil yang berasal dari Bunaken yang berupa pantai bernama Pantai Bunaken ini dengan sejuta keindahan yang tidak bisa diungkapkan hanya dengan kata-kata.

Pantai cantik yang berada di kawasan Pulau Bunaken menawarkan pesona keindahan diatas rata-rata. Lokasinya sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat khusus bagi yang mendambakan liburan di tengah suguhan alam eksotis. Tidak hanya itu saja, pantai ini juga cocok disambangi bagi para pecinta olahraga menyelam. Beragam hal yang terdapat di pantai asal Sulawesi ini bisa dikatakan sempurna

Wisatawan yang datang tidak akan menjumpai sisi sekecilpun pemandangan yang tidak menarik. Di sepanjang mata memandang hanya terlihat keindahan yang akan membuat wisatawan berdecak kagum. Pasir putihnya bak gumpalan gula disapu manis dengan gelombang kecil dari lautnya yang biru. Airnya yang jernih juga seakan tidak malu menampakkan ikan-ikan kecil lengkap dengan terumbu karang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Bunaken

Daya Tarik Pantai Bunaken
Image Credit: Instagram Taman Nasional Bunaken

Jika membahas mengenai daya tarik dari Pantai Bunaken tentu merupakan hal yang sangat mudah untuk dibahas. Pasalnya, obyek wisata alam ini sudah mendunia bahkan menjadi destinasi favorit oleh para wisatawan mancanegara. Sehingga jika ditanya mengenai daya tariknya merupakan suatu kemudahan. Berbagai kelebihan yang menjadi daya tarik dari pantai ini akan memanjakan para pengunjungnya.

1. Ikan-ikan Kecil dan Terumbu Karang

Anda bukanlah merupakan seorang penyelam sejati jika belum merasakan menyelam disini. Pantai yang berada di Pulau Bunaken ini menyimpan kemegahan biota laut dari airnya yang jernih. Beragam spesies ikan-ikan kecil dapat wisatawan temukan saat menyelam disini. Bukan hanya ikan-ikan kecil saja, paus dan lumba-lumba juga bisa wisatawan lihat. Selain itu, terumbu karangnya pun masih sangat terjaga.

2. Pasir Putih dan Gradasi Air Laut

Layaknya pemandangan yang tiada ujung, begitulah hal yang disuguhkan oleh laut dari Pantai Bunaken. Pemandangan luasnya lautan dengan gradasi warna biru dan hijau tosca akan memandu para wisatawan untuk merasakan lembutnya pasir yang tersebar di bibir pantai ini. Walaupun tempatnya tidak terlalu besar, panorama alam yang disuguhkan memang sangat memukau siapa saja. Menakjubkan bukan?

3. Gunung Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua ini sebenarnya merupakan sebuah daratan yang bentuknya hampir menyerupai gunung, oleh karena itu pulau ini seringkali disebut gunung. Wisatawan yang termenung dengan pesona luasnya hamparan laut dari pantai ini pasti dapat dengan mudah menemukan Gunung Pulau Manado Tua. Sehingga, keindahan lautnya akan semakin terpancar berkat keberadaan dari gunung satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Bunaken
Image Credit: Instagram KameraS

Keinginan penuh untuk berkunjung kesini bukan merupakan suatu jenis penyakit yang harus diwaspadai, hal ini tandanya anda sedang mabuk karena keindahan Pantai Bunaken. Oleh karena itu, mengetahui persis lokasi dari obyek wisata alam ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Pantai eksotis ini berada di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara tepatnya di Kecamatan Wori, Kota Manado.

Rute untuk menuju ke pantai ini bisa terbilang sulit atau tidak tergantung dari para pengunjung. Wisatawan bisa memulai perjalanan dari Kota Manado dengan menuju ke Bandara Internasional Sam Ratulangi. Perjalanan ini akan memakan waktu selama kurang lebih 1 jam 30 menit. Memang terbilang lama, tapi di sepanjang perjalanan wisatawan tidak akan bosan karena suguhan yang ditawarkan.

Setelah sampai di Bandara Internasional Sam Ratulangi, wisatawan bisa meneruskan perjalanan menuju ke pelabuhan ITC Marina Plaza yang berlokasi di Manado. Karena lokasi pantai yang berada berseberangan dengan Pulau Sulawesi mengharuskan para wisatawan untuk menyeberangi lautan menuju Pulau Bunaken lalu menemui pantai yang dituju. Terdengar sedikit merepotkan memang.

Wisatawan yang menempuh perjalanan dari pelabuhan menuju Pantai Bunaken akan memerlukan waktu selama 45 sampai dengan 60 menit perjalanan. Penyeberangan ini dilalui dengan cara menggunakan perahu kecil yang bisa dinaiki oleh beberapa orang penumpang. Wisatawan juga tidak akan merasa bosan, sebab luasnya warna air laut biru akan menghiasi mata para wisatawan selama menuju lokasi tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Bunaken
Image Credit: Instagram Tripkoo ID | Travel Portal

Pantai Bunaken yang sudah menjadi destinasi wisata alam kelas dunia ini menyajikan pemandangan yang tiada tandingannya. Jika harus ditukar oleh beberapa nominal uang sebagai biaya transportasinya bukanlah merupakan suatu masalah. Terlebih jika biaya transportasi ini sudah mencakup alat menyelam yang bisa wisatawan manfaatkan untuk olahraga menyelam selama berada di pantai ini.

Wisatawan bisa mempersiapkan dana mulai dari Rp 150.000 sebagai biaya sewa perahu dari pelabuhan menuju pantai. Adapun untuk wisatawan yang tidak ingin merasa kerepotan bisa menyewa paket liburan seharga Rp 800.000. Paket ini sudah termasuk beragam fasilitas bagi wisatawannya seperti mobil yang sudah dilengkapi AC, pemandu wisata, makanan, parkir, air mineral hingga peralatan untuk menyelam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Bunaken

Aktivitas di Pantai Bunaken
Image Credit: Instagram Bunaken Tour | Tour Manado

1. Melayang Bersama Ikan-ikan Kecil dan Terumbu Karang

Satu kegiatan yang paling wajib dilakukan ketika anda menyambangi Pantai Bunaken ialah menyelam. Seakan merupakan ritual wajib, wisatawan tidak akan merasa rugi jika menyelam disini. Wisatawan bisa melihat cara ikan-ikan kecil melayang dan bersembunyi di balik terumbu karangnya yang masih sangat terjaga kealamiannya. Corak warna cerah dari ikan-ikan kecil ini terlihat layaknya kupu-kupu di air.

2. Menyusuri Setiap Jengkal Keindahan Pantai

Layaknya pantai-pantai kebanyakan yang memiliki momen pasang surut air laut, begitupun yang terjadi dengan pantai ini. Saat malam hari tiba wisatawan bisa menyusuri lautnya yang sedang surut sembari melihat obyek laut seperti karang. Ditemani semilir angin malam yang sejuk, wisatawan akan merasa sedikit terhipnotis saat menyusuri pasir pantai ini ketika malam hari. Penasaran? Rasakan saja!

3. Menikmati Sunset Dibalik Gunung Pulau Manado Tua

Menutup rangkaian perjalanan di pantai ini dengan cara menikmati sunset merupakan suatu kegiatan yang sangat tepat dilakukan. Wisatawan bisa mempersiapkan kursi kecil di atas pasir putihnya yang lembut lalu duduk diatasnya sembari menatap lukisan megah yang dipoles oleh Sang Kuasa. Belum lagi jika ditambah oleh pemandangan Gunung Pulau Manado Tua yang semakin menambah pesona indah.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Bunaken
Image Credit: Google Maps Arto Moro Bunaken

1. Arto Moro Bunaken

Penginapan yang bergaya tropikal ala-ala pantai ini memang sangat cocok berada di sekitaran Pantai Bunaken. Disini juga tersedia cafe dengan harga makanan yang ramah dikantong. Lokasinya yang berada di pintu gerbang Bunaken mampu memikat siapa saja untuk bermalam disini. Fasilitas yang disediakan pun tidaklah main-main, penginapan ini memiliki area parkir gratis, restoran, ruangan ber-AC.

2. Two Fish Resort Bunaken

Penginapan selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai tempat bermalam para pengunjung pantai ialah Two Fish Resort Bunaken. Penginapan ini terlihat sangat asri didukung oleh rimbunan pepohonan yang dibiarkan tumbuh. Selain itu kolam renangnya yang luas menjadi daya tarik tersendiri para pengunjungnya. Dengan bermalam disini, pengunjung akan merasa sangat puas oleh sajian alamnya.

3. Bunaken Sea Garden Dive Resort

Penginapan yang berbentuk layaknya bungalow ini juga tidak ingin kalah dari penginapan sebelumnya. Berkonsep alami dengan pepohonan dan rerumputan yang menghiasi hampir seluruh areanya menciptakan udara sejuk yang begitu lekat terasa. Sajian makanan bercita rasa lezat, kamar dengan desain apik dapat wisatawan rasakan selama menginap di Bunaken Sea Garden Dive Resort.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Bunaken
Image Credit: Google Maps Simon Rajagukguk

Obyek wisatanya yang sudah terkenal hingga ke telinga mancanegara menjadikan Pantai Bunaken memiliki fasilitas yang sudah tergolong lengkap dan memadai. Beragam fasilitas yang tersedia disini layaknya fasilitas berkelas bukan seperti fasilitas kecil lainnya. Wisatawan akan benar-benar dimanjakan oleh fasilitas yang tersedia di pantai satu ini. Berikut beragam fasilitas yang tersedia di Bunaken.

Menyelam bersama biota bawah lautnya merupakan kegiatan menarik yang bisa dilakukan disini. Wisatawan dapat menyewa fasilitas alat-alat menyelam lengkap dengan kamera underwaternya yang tahan air. Sehingga wisatawan dapat menyelam sembari mengabadikan momen. Guide pun akan menemani. Bagaimana tidak menarik bukan jika pantai ini sudah difasilitasi oleh hal penting tersebut.

Selain peralatan menyelam, wisatawan juga bisa merasakan fasilitas wahana berupa perahu dan speedboat. Keberadaan fasilitas ini bisa wisatawan manfaatkan untuk menyusuri luasnya lautan pantai ini. Tidak sampai di situ saja, beragam penginapan dengan berbagai tipe juga sudah tersedia disini. Jadi, wisatawan hanya tinggal memilih hendak menyewa penginapan bertipe apa sesuai fasilitas pengunjung.

Itulah beberapa rangkuman kecil mengenai Pantai Bunaken. Pantai berkelas internasional yang sudah sangat mendunia. Sudah sepatutnya kita sebagai warga Indonesia bangga dengan keberadaan Bunaken. Bahkan, Bunaken pun ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2005 silam. Tugas kita selanjutnya ialah menjaga semua hal yang terdapat di Bunaken ini. Mantap!